10 Jajanan Khas Aceh Cocok Dijadikan Oleh Oleh


Fida  October 10, 2021  0 Comment

Aceh menjadi salah satu daerah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke Aceh, ada banyak makanan dengan bumbu khas yang sayang untuk dilewatkan. Anda juga dapat mencoba beberapa jajanan khas Aceh yang sangat menggugah selera. Berikut daftar 10 jajanan khas Aceh yang bisa Anda coba atau dipilih sebagai oleh-oleh.

1. Keukarah

Keukarah
food.detik.com

Keukarah menjadi salah satu jajanan khas ada yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini dengan menggunakan bahan dasar tepung beras. Jika dilihat sekilas, keukarah memiliki tampilan yang menyerupai bongkahan bihun kering. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa makanan ini juga menyerupai sarang burung.

Anda akan dimanjakan dengan rasa manis dan tekstur renyah saat mencoba keukarah. Jajanan yang satu ini biasa disajikan dalam acara adat dan tradisional. Saat berkunjung ke Aceh, jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

paket  wisata murah

Pantai Lampu’uk Aceh

Pulau Banyak, Si Cantek From Aceh Singkil

2. Bakpia Aceh

Bakpia Aceh
cookingnesia.blogspot.com

Berbicara tentang jajanan khas Aceh, di Aceh menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Jajanan yang satu ini dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membeli bakpia Aceh di kawasan Pantai Kasih, Sabang. Tidak hanya membeli dan menikmatinya, pengunjung juga dapat melihat langsung proses pembuatan bakpia.

Bakpia Aceh menawarkan cita rasa lezat dan khas. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Aceh. Selain cocok dinikmati langsung, jajanan yang satu ini juga menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

3. Timphan

Timphan
id.wikipedia.org

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Aceh yang bisa dicoba, salah satunya adalah timphan. Tidak hanya namanya saja yang unik, jajanan yang satu ini juga memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang muda.

Timphan biasa disajikan dengan berbagai varian rasa diantaranya kelapa, srikaya, durian, dan ubi ungu. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan ini di berbagai acara besar seperti arisan, hajatan, dan hari raya. Cita rasa lezat dan teksturnya yang khas menjadikan siapapun wajib mencobanya saat berkunjung ke Aceh.

4. Bhoi

Bhoi
daerahkita.com

Mendengar sebutan jajanan bhoi? Salah satu jajanan khas Aceh yang satu ini merupakan kue bolu tradisional yang memiliki tampilan kering dengan tekstur lembut di dalam. Kue yang satu ini biasa disajikan bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Kue yang satu ini disajikan dengan bentuk yang sangat menarik diantaranya berbentuk bunga, binatang, ikan, dan lain-lain. Saat berkunjung ke Aceh, tidak ada salahnya untuk mencoba dan memilih bhoi sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Lepat

Lepat
yummy.co.id

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Aceh yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang, salah satunya adalah lepat. Jajanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar tepung ketan yang diolah dengan isian gula merah dan taburan kelapa parut oseng di bagian tengahnya.

Jajanan yang satu ini biasa dijumpai di acara perayaan-perayaan masyarakat. Citarasanya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini tidak boleh terlewat di berbagai acara.

6. Pisang Sale

Pisang Sale
shopee.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan pisang sale. Jajanan yang satu ini memang mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Pisang sale juga merupakan salah satu jajanan khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang.

Pisang sale khas Aceh dibuat dengan cara membaluri pisang dengan gula tebu, kemudian diasapkan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang khas. Pisang sale dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Aceh. Jajanan yang satu ini juga dijual dengan kemasan praktis dan harga yang terjangkau. Meskipun dikenal sudah ada sejak zaman dahulu, tetapi jajanan yang satu ini masih banyak dicari hingga saat ini.

7. Dodoi Breuh

Dodoi Breuh
jualanmakanan.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Aceh, Anda dapat memilih dodoi breuh untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini merupakan dodol yang dibuat dengan menggunakan beras ketan.

Dodoi breuh bisa dicetak pada loyang dan menyerupai bentuk bunga di bagian atasnya. Teksturnya yang sedikit kasar menjadi salah satu ciri khas dodol yang satu ini. Tidak jarang dodol breuh juga menjadi pilihan untuk disajikan dalam berbagai acara. Saat berkunjung ke Aceh, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya dodoi breuh.

8. Dodoi Teupong

Jajanan Khas Aceh
steemit.com

Dodoi memiliki arti dodol dalam bahasa Indonesia. Dodoi teupong merupakan dodol khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung. Jajanan khas Aceh yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan lezat. Teksturnya yang khas juga menjadikan dodol yang sakit ini cukup dan khas.

Hal unik lainnya adalah proses pembuatan jajanan yang satu ini memakan waktu sangat lama, sulit, dan melelahkan proses memasaknya yang lama menjadikan jajanan yang satu ini mampu bertahan lama dan tidak cepat basi. Biasanya dodol ini juga dipilih sebagai kue hantaran pengantin oleh masyarakat Aceh. Saat berkunjung ke Aceh, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba lezatnya dodol yang satu ini.

9. Bu Gring

Jajanan Khas Aceh untuk oleh oleh
catatansaifan.wordpress.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Aceh, Anda dapat memilih Bu Gring untuk dikonsumsi. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar nasi. Nasi diolah dengan cara dijemur hingga kering dan kemudian digoreng.

Setelah itu, nasi yang telah digoreng dicampur kan dengan gula karamel dan dicetak sesuai selera. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah dan cita rasa manis yang ditawarkan. Jajanan khas Aceh yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

10. Meuseukat

Jajanan Khas Aceh
cookpad.com

Meuseukat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mencoba jajanan khas Aceh. Meuseukat memiliki tampilan khas dengan warna kuning dan bentuk yang sangat menarik. Warna kuning yang ada berasal dari bahan yang digunakan yakni buah nanas.

Kue yang satu ini akan langsung meleleh di mulut saat dikonsumsi. Tidak hanya teksturnya yang khas dan tampilannya yang menggugah selera, meuseukat juga memiliki rasa yang sangat lezat.

Itulah daftar 10 jajanan khas Aceh yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Saat berkunjung ke Aceh, jajanan manakah yang terlihat paling menarik dan paling ingin Anda coba?



Leave a Reply