8 Wisata Dekat Candi Borobudur, Wajib Masuk Bucketlist!


Fida  April 15, 2023  0 Comment

Candi Borobudur dikenal sebagai salah satu ikon wisata Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Candi yang telah didirikan sejak sekitar tahun 800-an Masehi ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Tidak hanya wisatawan lokal, Candi Borobudur juga ramai didatangi wisatawan mancanegara. Setelah berlibur ke Candi Borobudur, tidak ada salahnya jika kamu melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi beberapa wisata yang memiliki lokasi berdekatan dengan Candi Borobudur. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 8 rekomendasi wisata dekat Candi Borobudur yang tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata dekat Candi Borobudur :

1. Svargabumi Borobudur

svargabumi borobudur
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Svargabumi Borobudur bukan? Svargabumi Borobudur merupakan salah satu wisata dekat Candi Borobudur yang populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Tempat wisata yang satu ini dikenal menyuguhkan sawah atau penghijauan yang luas.

Svargabumi Borobudur sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menjumpai banyaknya spot menarik dan instagramable yang dapat digunakan untuk berfoto.

Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,- untuk anak-anak dan Rp 30.000,- untuk orang dewasa. Kamu tidak perlu khawatir karena selain indah, wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya toilet, kantin, hingga mushola.

Jika ingin datang dan menghabiskan waktu berlibur di Svargabumi Borobudur, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Borobudur – Ngadiharjo Ngarang Lor, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Mumbai Sering Dijadian Lookasi Shooting Film

2. Punthuk Setumbu

punthuk setumbu
alodiatour.com

Rekomendasi wisata dekat Candi Borobudur berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didatangi adalah Punthuk Setumbu. Wisata yang satu ini dikenal menyuguhkan indahnya pemandangan sunrise atau matahari terbit. Pemandangan matahari terbit di pagi hari akan tampak semakin indah dengan perpaduan pemandangan pegunungan serta Candi Borobudur.

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit yang indah, maka kamu dapat datang sekitar pukul 04.00 pagi. Selain wisatawan lokal, Punthuk Setumbu juga selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam. Untuk menuju ke puncak, pengunjung harus melakukan trekking terlebih dahulu.

Punthuk Setumbu menawarkan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 20.000,- per orang. Kamu dapat melepas penat sekaligus menenangkan diri dengan mengunjungi Punthuk Setumbu yang berlokasi di daerah Kurahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

gereja ayam
nativeindonesia.com

Saat mencari rekomendasi wisata dekat Candi Borobudur, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Bukit Rhema Gereja Ayam. Tempat yang satu ini merupakan tempat wisata religi sekaligus wisata edukasi yang dapat kamu datangi. Dibangun sejak tahun 1992, Bukit Rhema Gereja Ayam masih memiliki bangunan yang kokoh dan terjaga hingga saat ini.

Untuk wisatawan lokal, tiket masuk menuju ke Bukit Rhema Gereja Ayam dibandrol sekitar Rp 25.000,- per orang. Pengunjung perlu melakukan trekking dengan jalanan yang menanjak untuk tiba di lokasi wisata. Jika tidak ingin berjalan kaki, kamu dapat menaiki Jeep dengan biaya sewa sekitar Rp 15.000,- per orang untuk pulang pergi.

Berlibur ke Bukit Rhema Gereja Ayam tentu akan membuatmu kagum. Informasi mengenai cerita sejarah yang menarik juga akan kamu dapatkan dari pemandu wisata. Lengkap sekali bukan?

Baca juga :  Wisata Religi 10 Tempat Bersejarah Umat Budha

4. Bukit Barede

bukit barede
nativeindonesia.com

Ada cukup banyak pilihan wisata dekat Candi Borobudur yang indah dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Bukit Barede. Bukit yang satu ini terletak di kawasan Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya yang tidak jauh dari Candi Borobudur menjadikan wisata ini dapat sekaligus kamu datangi saat berlibur ke Candi Borobudur.

Dari bukit ini, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit atau sunrise. Indahnya pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan pegunungan dan penghijauan yang luas tentu sangat memanjakan mata.

Bukit Barede sudah dilengkapi dengan area parkir yang luas serta beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti banyaknya tempat duduk, adanya toilet, hingga mushola. Suasananya yang masih sangat asri dan alami juga akan membuatmu betah dan enggan pulang. Bagaimana, tertarik untuk menyusuri indahnya Bukit Barede?

5. Junkyard Autopark & Cafe

junkyard autopark and cafe
travel.kompas.com

Junkyard Autopark & Cafe dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang sedang mencari wisata dekat Candi Borobudur. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan berbagai karya dengan tema mobil dan motor klasik bekas. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik dan instagramable.

Terdapat berbagai kegiatan seru yang menarik untuk kamu coba seperti mencoba wahana ontang anting, kora-kora, hingga menaiki ATV. Selain itu, wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan adanya cafe atau tempat makan. Kamu dapat menghabiskan waktu berlibur mencoba berbagai kegiatan seru serta menikmati kuliner lezat. Saat berada di sekitar Candi Borobudur, ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mampir dan menghabiskan waktu di Junkyard Autopark & Cafe.

6. CitraElo Rafting

citraelo rafting
tripadvisor.co.id

Selain menikmati indahnya pemandangan alam, kamu juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru dan menantang. CitraElo Rafting merupakan salah satu wisata dekat Candi Borobudur yang menawarkan sensasi arung jeram. Meskipun cukup menantang, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu profesional selama arung jeram berlangsung.

Baca juga :  Terpesona 10 Tempat Wisata Negara Cyprus

Mengunjungi CitraElo Rafting bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Untuk mencoba sensasi olahraga air arung jeram, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Sendangsono, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

7. Bukit Dagi

bukit dagi
tribunjogjatravel.tribunnews.com

Ingin menikmati indahnya pemandangan alam yang sekaligus berpadu dengan megahnya Candi Borobudur? Bukit Dagi menjadi tujuan tepat yang tidak boleh kamu lewatkan. Bukit yang satu ini terletak di ketinggian 275 meter akan memberikanmu pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Selain itu, suasana yang sejuk dan segar juga dapat dirasakan oleh pengunjung.

Di bukit ini, kamu dapat bersantai sekaligus melepas penat. Keindahan Bukit Dagi tentu sayang untuk kamu lewatkan.

8. Candi Pawon

candi pawon
regional.kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata dekat Candi Borobudur yang tidak boleh dilewatkan yakni Candi Pawon. Candi yang satu ini dikenal dengan cerita sejarahnya sehingga mampu menarik perhatian wisatawan. Selain itu, bangunan candi yang megah dan terawat juga menjadikan wisata ini wajib kamu datangi.

Di Candi Pawon, kamu dapat berlibur sekaligus mengetahui banyak hal baru mengenai sejarah. Datang dan menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga di Candi Pawon tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

source : https://www.youtube.com/@ikamedia6127

Nah, itulah daftar 8 yang dikenal indah dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply