25 Tempat Wisata Alam di China, Pesonanya Tiada Tara


sisil angelin  November 6, 2020  0 Comment

China atau Tiongkok ini adalah negara terbesar ke 3 di dunia, dan memiliki penduduk terbanyak di dunia. Selain menjadi negara terbesar, dan penduduk terbanyak, China juga mmeiliki banyak sekali wisata yang menarik ada pegunungan, sungai, danau, bagunan bersejarah, dan beberapa wisata yang ada di China ini masuk dalam keajaiban dunia, dan masuk dalam daftar UNESCO loh. Makanya jangan heran jika banyak sekali wisatawan memilih untuk berlibur ke China. Nah mau tau apa saja sih wisata di China? Kalian simak artikel berikut GoTravelly bakal bahas 10 tempat wisata alam di China yang wajib kamu kunjungi, dan pastinya bikin liburan kamu berkesan saat berada di China.

1. Great Wall – Beijing

great wall
tripadvisor.co.id

wisata alam di China yang ada diurutan pertama ini memang sangat terkenal di dunia yaitu sebagai tembok terbesar di China, dan menjadi ikon negara China. Great Wall ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang memiliki panjang benteng sekitar 8.851 km. Great Wall ini dibangun saat Dinasti Ming, dan Great Wall dibangun dulunya untuk tempat berlindung serta mengintai untuk warga China.

Namun kini Great Wall menjadi salah sau wisata yang terkenal sekali di China, dan saat anda di Great Wall anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari atas Great Wall. Selain pemandangan alam yang indah anda akan takjub dengan panjangnya Great Wall. Saat berada di Great Wall kalian wajib banget naik kereta gantung yang ada di Great Wall, tiket untuk naik kereta gantung ini sekitar 120 Yuan. Dari kereta gantung ini kalian juga akan dibuat takjub dengan indahnya Great Wall dari ketinggian.

Gotravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Kuromon Market, Tempat Hunting Kuliner Dan Belanja Souvenir Di Osaka

2. Li River Cruise – Guangxi

 Li River Cruise
chinadiscovery.com

Jika anda suka sekali dengan pemandangan alam yang indah, dan sangat asri maka kalian bisa berkunjung ke Li River Cruise. Saking indahnya Li River Cruise tak jarang pelukis, dan photographer datang ke Li River Cruise untuk mengabadikan indahnya Li River Cruise.

Li River Cruise ini mememiliki panjang sekitar 80 km lebih, dan sungai yang mengalir ini membentang luas dari Yangshou – Guilin. Tidak hanya sungai yang jernih Li River Cruise juga memiliki bukit-bukit yang indah, pepohonan yang hijau, dan pedesaan yang menambah keindahan alam yang ada dikawasan Li River Cruise. Jadi saat kalian berlibur ke China jangan lewatkan untuk melihat betapa cantiknya pemandangan yang ada di Li River Cruise.

3. Giant Panda – Chengdu

giant panda
rd.com

Negeri Bambu ini memang terkenal sekali memiliki panda yang lucu-lucu. Giant Panda ini cocok banget untuk kamu yang lagi cari wisata keluarga di China. Karena di Giant Panda kalian bisa melihat banyak sekali anak panda yang hidup di Giant Panda, dan tingkah lucu anak panda di Giant Panda menghibur wisatawan saat berada di Giant Panda. Hal ini tentunya sangat menyenangkan bagi keluarga anda, apalagi kamu yang lagi berlibur dengan buah hati. Menariknya selain melihat panda yang lucu kalian bisa melihat pepohonan, dan rumput hijau yang ada di Giant Panda.

4. Huangshan Mountain

huangshan mountain
topchinatravel.com

Huangshan Mountain ini memang memiliki view yang keren banget, dan di Huangshan Mountain terdapat bebatuan yang memiliki ukiran peninggalan sejak 1.500 tahun lamanya masih tidak diketahui siapa orang yang mengukir bebatuan disekitar Huangshan Mountain, Hal ini juga yang menarik wisatawan untuk menyaksikan langsung bagaimana ukiran bebatuan yang ada di Huangshan Mountain.

Dari atas Huangshan Mountain kalian bisa menyaksikan betapa indahnya pohon pinus, awan yang indah, dan betapa megahnya Huangshan Mountain. Jika kalan suka sekali dengan aktivitas hikking maka jangan lewatkan untuk mendaki indahnya Huangshan Mountain dengan membayar tiket masuk sekitar 230 Yuan. mendaki indahnya Huangshan Mountain memang menjadi pengalaman yang tidak telupakan.

5. Teracotta Army – Xian

teracotta army
thoughtco.com

Teracotta Army yang masuk dalam situs arkeologi terbesar di dunia ini merupakan penemuan yang sangat booming pada tahun 1987. Jadi Teracotta Army ditemukan oleh seorang petani, penemuan itu berupa patung tentara yang ada dibawah tanah sejak 2000 tahun lamanya, dan Teracotta Army ini menggambarkan bagaimana tentara Qin Shi Huang yang menjadi kaisar pertama di China berkuasa. Karena Teracotta Army sangat terekenal didunia, makanya tak jarang wisatawan rela jauh-jauh datang ke China untuk melihat langsung bagaimana Teracotta Army. Jadi saat kalian berada di China jangan lewatkan untuk melihat Teracotta Army.

6. Yuanyang Rice Terraced Fields

Yuanyang Rice Terraced Fields
easytourchina.com

Jika kamuu berada di Negeri tirai bambu maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kawasan Yunnan China. Karena dikawasan itu terdapat Terasering yang bernama ‘Yuangyang’. Terasering ini memiliki pemandangan yang sempurna, sekilas persis dengan lukisan. Terasering Yuangyang ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun, dan Terasering Yuangyang juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Jadi untuk pemandangan yang ada di Terasering Yuangyang tidak perlu diragukan lagi, karena indah banget guys ada hamparan sawah yang hijau, kuning, dan beberapa pepohonan yang ada di sekitar Terasering Yuangyang terlihat hidup subur dikawasan ini. Jadi saat berkunjung ke China pastikan kalian berkunjung ke Terasering Yuangyang.

7. Potala Palace – Lhasa

Potala Palace
tibetanreview.net/

Potala Palace ini merupakan istana yang memiliki lebih dari 1.000 kamar, dan Potala Palace ini merupakan tempat tinggal Dalai Lama. Potala Palace ini menjadi rumah peninggalan langka, dan masuk dalam kitab buddha yang ditulis sebagai Emas, dan hadiah dari Khaisar China. Untuk melihat langsung megahnya Potala Palace kalian harus berjuan menaiki banyak anak tangga, dan meskipun cukup melelahkan semua ini akan terbayar dengan pemandangan Potala Palace yang indah. Saat berada di Potala Palace kalian akan merasakan sensasi berada di Kerajaan.

8. Yangshuo

Yangshuo
travelinspires.org

Wisata alam di Cina yang ada diurutan kedelapan ini adalah Yangshuo yang terkenal sekali dengan pemandangannya yang indah, dan ada sejarah yang ada sejak 1400 tahun di Yangshuo. Kota ini dibangun pada tahun 590, dan jauh dari kota Guilin. Yangshuo ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjngi di China karena pemandangan hijau berupa pepohonan, dan bukit bisa kalian lihat sekaligus dalam 1 lokasi di Yangshuo. dikawasan Yangshuo terdapat Yulong Bridge yang menjadi jembatan tertua di Yangshuo, biasanya di Yilong Bridge wisatawan akan berfoto, dan masyarakat yang tinggal di Yangshuo biasanya besepeda di Yulong Bridge.

9. Tian Chi

 Tian Chi
topchinatravel.com

Tian Chi ini adalah danau terindah yang ada di China, dan sudah diakui wisatawan luar negeri menjadi danau terindah di China. bahkan memilikki sebutan ‘Heaven Lake’, Makanya jangan heran jika Tian Chi selalu ramai dengan pengunjung yang suka sekali dengan pemandangan danau yang biru, bukit-bukit tinggi, dan pepohonan yang hijau membuat siapa saja kagum dengan pemandangan yang ada di Tian Chi. Jika ingin menginap dikawasan Tian Chi juga memiliki banyak sekalo hotel yang mengarah langsun ke tepi danau, Hal ini tentunya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan saat berlibur di China.

10. Longji Rice Terraces (China)

longji rice terraces
en.wikipedia.org

Terasering Longji yang berada di Kawasan Guangxi ini menyuguhkan pemandangan Terasering yang tidak biasa. Karena dari jauh Terasering Longji terlihat seperti pulau yang tersusun rapi diatas lautan yang berwarna biru. Terasering Longji ini selalu menarik minat wisatawan untuk berkunjung saat berada di Kawasan Guangxi. Terasering Longji ini saat belum panen digenangi air hujan, membuatnya sekilas mirip dengan genangan air yang tersusun cantik. Makanya Terasering Longji selalu membuat siapa saja jatuh hati dengan pemandangan yang ia suguhkan. Terasering Longji juga sangat cantik jika disaksikan saat sunset.

11. Xiapu Mudflat

Xiapu Mudflat
trekearth.com

Wisata alam di China selanjutnya yang patut untuk Anda kunjungi adalah Xiapu Mudflat. Xiapu Mudflat ini adalah destinasi favorit para fotografer yang lokasinya berada di kawasan terpencil di sepanjang garis pantai China tenggara.

Xiapu Mudflat ini merupakan danau lumpur panas terbesar di Tiongkok dengan luas mencapai 40 kilometer persegi. Danau lumpur ini berada di garis pantai sepanjang 400 kilometer dan di sepanjang pantai terbentuk garis bagaikan belang harimau yang sangat indah.

12. Yalong Bay

Yalong Bay
flickr.com

Jika Anda menyukai wisata pantai, anda bisa berkunjung ke Yalong Bay. Yalong Bay juga masuk dalam daftar destinasi wisata alam di China yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Berlokasi di Provinsi Hainan, Yalong Bay ini menawarkan pemandangan alam tropis yang mempesona. Tak hanya menawarkan pemandangan pantai, disini wisatawan juga bisa menikmati ragam olahraga air seperti berenang dan berselancar. Selain itu, anda juga bisa hanya sekedar bersantai menikmati indahnya pasir putih yang lembut dan bersih berpadu sempurna dengan birunya air laut yang jernih dalam suasana yang tenang.

13. Jiuzhaigou Natural Reserve

Jiuzhaigou National Reserve
youtube.com

Jika berbicara soal wisata alam di China, rasanya belum lengkap jika belum mengulas tentang Jiuzhaigou Natural Reserve. Cagar alam ini merupakan warisan alam dunia yang sampai sekarang masih dilindungi dan dilestarikan.

Lembah Jiuzhaigou ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah dimana anda bisa melihat air terjun, sungai dan tebing yang fantastis. Tak hanya itu, kawasan geopark ini juga berisikan 74 tanaman langka, 18 hewan berharga dan fosil kuno. Bahkan, disini anda bisa melihat hewan liar langka seperti Panda Raksasa dan Monyet emas.

Kawasan ini sangat terkenal dengan deretan danau yang warna airnya sangat indah, hutan berwarna-warni, gletser dan puncak yang tertutup salju. Beberapa danau yang cukup populer disini Antara lain Five Color Pond, Danau Changhaizi, Danau Panda dan Danau Rhinoceros.

14. Zhangjiajie National Forest Park

Zhangjiajie National Forest Park
superchinatour.com

Anda yang suka menonton film Avatar pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata alam di China yang satu ini. Zhangjiajie National Forest Park ini merupakan sebuah taman hutan pertama di China dan Geopark Dunia yang telah terdaftar sejak tahun 2004.

Taman seluas 1.840 hektar ini memang tak perlu diragukan lagi keindahannya, maka tak perlu heran jika kawasan ini menjadi langganan pengambilan gambar beberapa film terkenal. Taman Nasional Zhangjiajie ini dibentuk oleh struktur geologis yang kompleks dan bentuk tanah yang aneh. Kawasan ini memang menjadi surga bagi pecinta petualangan karena selain menawarkan pemandangan bak surgawi dengan tebing vertikal yang tak terhitung jumlahnya, di kawasan ini juga terdapat sebuah skywalk yang bisa memacu adrenalin.

15. Yangtze River

Yangtze River
livescience.com

Yangtze River juga menjadi salah satu tempat wisata di China yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sungai ini membentuk tiga ngarai terbesar yaitu Qutang Gorge, Wuxia Gorge dan Xiling Gorge.

Sungai Yangtze ini alirannya sampai ke Chongqing dan Yichang dari Hubei, hilir melintasi Wushan Ranges dan satu-satunya rute air yang menuju ke Tiongkok Timur. Untuk menjelajah sungai indah ini Anda bisa menggunakan perahu yang akan membawa anda berkeliling sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar Sungai Yangtze.

16. Tiger Leaping Gorge

Tiger Leaping Gorge
chinahiking.cn

Destinasi wisata di China berikutnya juga berada di kawasan Sungai Yangtze, yaitu Tiger Leaping Gorge. Tiger Leaping Gorge ini merupakan sebuah ngarai yang dikenal sebagai ngarai paling dalam di dunia, namun menyempit menjadi “lompatan harimau” pada satu titik.

Ngarai ini memiliki panjang hingga 16 kilometer dan kedalaman hingga 4 kilometer. Ngarai ini juga menjadi kawasan hiking populer di Tiongkok karena memiliki pemandangan yang indah dengan fasilitas yang cukup lengkap. Anda bisa mencoba trekking di sepanjang jalan setapak yang telah disediakan, setelah lelah anda bisa merasakan sensasi menginap di penginapan etnis yang nyaman disana.

17. Yarlung Tsangpo Canyon

Yarlung Tsangpo Canyon
chinadaily.com.cn

Yarlung Tsangpo Canyon merupakan saah satu wisata alam di China yang paling menarik. Berada di Tibet, Yarlung Tsangpo ini merupakan ngarai terbesar dan terdalam di dunia dengan kedalaman 1.300 meter yang lebih dalam dari Tiger Leaping Gorge.

Yarlung Tsangpo Canyon memang cukup sulit untuk diakses, namun cukup terkenal sebagai tempat mendaki dan bermain kayak di tengah keragaman hayati yang hebat dan alam yang masih terjaga.

18. Meili Shan

Meili Shan
flickr.com

Destinasi wisata alam di China yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Meili Shan. Berada di Provinsi Yunnan, kawasan pegunungan ini menjadi rumah bagi banyak jenis hewan dan tumbuhan.

Pegunungan ini memiliki puncak bersalju di wilayah subtropis dan gunung ini dikenal sebagai salah satu bagian paling biodiversi di dunia. Puncak tertinggi di pegunungan ini adalah Puncak Kawagebo yang memiliki ketinggian lebih dari 22.000 kaki dan menjadi titik tertinggi di provinsi ini.

Kawasan pegunungan ini dianggap sebagai gunung suci bagi umat Buddha Tibet dan menjadi rumah bagi monyet berhidung pesek Yunnan yang saat ini menjadi primate non-manusia dengan hunian tertinggi di dunia.

19. Shilin Stone Forest Geological Park

Shilin Stone Forest Geological Park
christravelblog.com

Masih berada di Provinsi Yunnan, wisata alam di China yang satu ini juga dikenal sebagai tempat dengan pemandangan paling indah, yaitu Shilin Stone Forest Geological Park. Taman nasional ini memiliki pemandangan yang cukup unik karena menjadi rumah bagi formasi batu kapur yang berasal dari dua ratus juta tahun lalu.

Bentuk puncak karst bergerigi aneh ini merupakan hasil dari erosi angin dan air selama bertahun-tahun. Seluruh kawasan taman nasional ini luasnya mencapai 185 mil persegi dengan dua bagian utama hutan yang sayang sekali untuk dilewatkan jika anda berlibur ke Tiongkok.

20. Qinghai Lake

Qinghai Lake
pixabay.com

Wisata alam di China berikut ini juga tak kalah indah, yaitu Qinghai Lake atau yang juga dikenal sebagai Blue Lake. Qinghai Lake ini merupakan danau air asin terbesar di Tiongkok yang namanya berasal dari lokasi danau tersebut berada, yaitu Provinsi Qinghai.

Menariknya, danau ini juga berada di tengah-tengah jalur migrasi burung utama benua tersebut. Bahkan, beberapa spesies burung langka sering terlihat disini dan Kuda Przhevalsky, yaitu satu-satunya subspecies hidup dari kuda liar yang tersisa di dunia. Wisatawan bisa menikmati keindahan danau ini dengan menunggangi kuda atau berjalan kaki.

21. Zhangye Danxia

Zhangye Danxia
suara.com

Zhangye Danxia menawarkan pemandangan wisata alam paling indah di China dengan palet warna yang tersebat di formasi batuan yang mencolok. Bebatuan berwarna-warni ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia National Geological Park yang menjadi situs alami paling berwarna di Tiongkok.

Disini anda bisa menikmati guratan warna merah, biru, kuning dan merah muda yang merupakan hasil dari endapan mineral lebih dari 24 juta tahun lalu yang berlapis bagaikan kue di atas satu sama lain. Menariknya lagi, bentuknya pun cukup luar biasa, mulai dari perbukitan, pilar dan jurang yang dipahat oleh angin, hujan dan waktu. Kajaiban alam ini kemudian menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010 lalu.

22. Shuanghe Cave

Shuanghe Cave
trip.com

Shuanghe Cave juga masuk dalam daftar wisata alam di China yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Gua yang baru-baru ini dinobatkan sebagai gua terpanjang di Asia dan keenam di dunia ini memiliki panjang hingga 145 mil.

Terdapat lebih dari 200 pintu masuk dengan ruang gua penghubung, air terjun dan sungai bawah tanah yang beberapa diantaranya menjadi rumah bagi udang gua dan ikan buta. Gua yang berlokasi di Provinsi Guizhou ini sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang dan ingin menjelajah salah gua terpanjang di dunia. Menariknya lagi, pemandangan yang ditawarkan di gua ini sangat indah dan memukau siapapun yang datang kesana.

23. Huangguoshu Waterfall National Park

Huangguoshu Waterfall
lonelyplanet.com

Wisata alam di China yang wajib untuk Anda kunjungi berikutnya adalah Huangguoshu Waterfall. Air terjun yang berlokasi di Provinsi Guizhou ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Asia dengan ketinggian mencapai 77.8 meter dengan lebar 101 meter.

Untuk menuju air terjun ini pengunjung bisa mengaksesnya dari segala penjuru, mulai dari atas, bawah, depan, belakang hingga samping. Air Terjun Huangguoshu ini memiliki aliran air 700 meter kubik per detik sehingga waktu terbaik untuk berkunjung adalah bulan Juni hingga Agustus.

24. Mukeng Bamboo Forest

Mukeng Bamboo Forest
mutfxo.co

Mukeng Bamboo Forest juga menjadi salah satu wisata alam di China yang layak untuk kamu kunjungi. Hutan bamboo ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan menjadi tempat trekking paling seru.

Anda bisa melalui jalur pendek yang berliku mulai dari hutan yang rimbun sepanjang dua mil persegi, melewati beberapa desa, danau dan pavilion. Karena keindahannya, kawasan hutan bambu ini menjadi lokasi pengambilan gambar beberapa film seperti Crouching Tiger dan Hidden Dragon. Salah satu spot yang tak boleh dilewatkan adalah Danau Xiu Nu, dimana sebuah danau indah berwarna hijau zamrud.

25. Taklamakan Desert

Wisata alam di china
desertification.wordpress.com

Wisata alam di China yang terakhir adalah Taklamakan Desert. Gurun pasir seluas 330.000 kilometer persegi ini berlokasi di Xinjiang selatan dan menjadi gurun paling kering, paling tinggi dan paling besar di Tiongkok. Bahkan, Taklamakan Desert ini menempati urutan kesepuluh di dunia sebagai gurun terbesar.

Dikelilingi oleh Pegunungan Tianshan, Pegunungan Kunlun dan Pamir di utara, selatan dan barat secara terpisah, kawasan ini merupakan tanah misterius yang penuh kemewahan. Jika dilihat dari jauh, gurun ini memiliki bukit pasir yang kompleks dan beragam. Anda bahkan bisa melihat batuan jamur yang dibentuk oleh angin yang luar biasa. Gurun Taklamakan memiliki iklim yang sangat keras dan sulit sehingga curah hujan tahunan rata-rata di bawah 100 mm sementara penguapan tertinggi hingga hampir 300 mm. Perbedaan suhu disini juga sangat berbeda di siang dan malam, di siang hari suhu mencapai 60 derajat Celsius dan malam bisa mencapai minus.

Nah itulah 25 tempat wisata alam di China yang wajib banget kamu kunjungi saat berada di China, Menurut kalian 25 tempat wisata alam di china yang ada diatas yang mana yang paling indah, dan ingin kalian kunjungi saat berlibur ke China? Kalian bisa jawab di kolom komentar yang ada dibawah ya! Semoga info ini bermanfaat untuk kamu yang lagi liburan di China.



Leave a Reply