10 Sup Khas Perancis, Creamy Dan Lembut di Mulut


prita  May 27, 2022  0 Comment

Sup khas Perancis bisa menjadi salah satu pilihan kuliner yang wajib untuk dicoba saat kamu berlibur ke Perancis. Sup memang menjadi salah satu hidangan penting bagi masyarakat Perancis karena masakan Perancis biasanya terdiri dari tiga hidangan, mulai dari hors d’œuvre atau hidangan pembuka, plat principal atau hidangan utama dan fromage atau hidangan penutup.

Disini sup biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka karena sup dipercaya mampu meningkatkan selera makan. Nah, sebelum berkunjung ke Perancis, ketahui dulu yuk sup khas Perancis yang memiliki cita rasa nikmat. Apa saja? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Soupe au Pistou

Soupe au pistou
cookidoo.international

Sup khas Perancis yang pertama adalah Soupe au Pistou. Soupe au pistou ini disebut mirip dengan minestrone khas Italia yang cukup terkenal.

Sup ini dibuat dari wortel, kentang, kacang-kacangan, kacang polong, kacang panjang, labu dan ragam sayuran lainnya. Sebagai tambahannya, sup ini diberi pistou yang merupakan saus kental yang terbuat dari daun kemangi, minyak zaitun dan bawang putih. Kadang juga sup ini diberi tambahan keju parut atau tomat. Soupe au Pistou ini biasa disajikan pada musim panas dalam kondisi hangat, yang mana pada musim panas juga stok sayuran sedang banyak-banyaknya.

GoTravelly

Raja Bakso Prasmanan, Ragam Varian Baksonya Bikin Ketagihan

De Baghraf Hotel, Pilihan Hotel Nyaman Di Tengah Kota

2. Soupe de poisson a la rouille

Soupe de poisson a la rouille
zeste.ca

Soupe de poisson a la rouille juga menjadi salah satu sup khas Perancis yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Menariknya, sup ini memiliki julukan yang unik, yaitu poor man’s dish atau hidangan untuk orang miskin.

Soupe de poisson a la rouille ini dibuat dari ikan putih yang diolah dalam kaldu kemudian diberi bawang putih, tomat, minyak zaitun, kunyit dan bumbu lainnya. Agar cita rasanya makin nikmat, sup ini biasanya dinikmati bersama dengan kentang dan hati ikan monkfish. Soupe de poisson a la rouille juga sering disajikan sebagai makanan pembuka dalam keadaan panas.

3. Soupe a l’ail

soupe a l’ail
ricardocuisine.com

Selanjutnya, kamu bisa mencicipi soupe a l’ail sebagai salah satu sup khas Perancis yang lezat. Soupe a l’ail merupakan sup bawang putih yang disajikan dengan telur rebus dan irisan roti baguette dalam minyak zaitun.

Konon, sup ini berasal daeri daerah Occitanie dan Provence di Perancis. Banyak juga yang mengatakan jika soupe a l’ail ini mirip dengan sopa de ajo, sup khas Spanyol. soupe a l’ail ini biasanya disajikan pada acara khusus, misalnya pada jamuan makan bangsawan.

4. Soupe a l’oignon

soupe a l’oignon
latimes.com

Sup khas Perancis yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah soupe a l’oignon. Awalnya sup ini merupakan hidangan petani yang sederhana karena bahan untuk membuatnya pun cukup sederhana.

Soupe a l’oignon dibuat dari bawang bombay yang dikaramelisasi dan kaldu daging, kemudian diberi potongan kecil roti panggang yang renyah dan keju di bagian atasnya. Setelah itu, sup ini akan dipanggang di oven sehingga keju di bagian atasnya meleleh dan menjadi kerak emas. Soupe a l’oignon ini akan terasa sangat nikmat bisa dinikmati dalam keadaan hangat.

5. Vichyssoise

Vichyssoise
preppykitchen.com

Vichyssoise merupakan salah satu sup khas Perancis yang memiliki tampilan sangat sederhana sehingga membuat banyak orang ragu dan bertanya-tanya apakah sup ini enak. Namun, tentu saja semua keraguan itu akan hilang setelah kamu mencobanya.

Vichyssoise ini terbuat dari bawang prei, bawang bombay, kentang, krim dan kaldu ayam. Menurut sejarah, Vichyssoise ini dibuat oleh Jules Gouffe, yaitu seorang koki Perancis pada tahun 1859.

6. Garbure

Garbure
cookidoo.international

Sup khas Perancis yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Garbure. Garbure merupakan sup kental yang berasal dari barat daya Perancis dan menjadi salah satu hidangan yang cukup banyak digemari.

Garbure ini dibuat dari daging, keju, wortel, kol, bawang, kacang polong, daun thyme dan parsley. Daging yang digunakan pada sup ini biasanya daging sapi, namun tak jarang juga ada yang membuatnya dengan daging sapi. Sup ini disajikan sevara tradisional sebagai menu makan malam. Agar terasa lebih nikmat, sup ini disarankan dimasak menggunakan toupin, yaitu gerabah yang tinggi dan bundar.

7. Tourin

Tourin
lapetitnoisette.com

Tourin adalah salah satu sup khas Perancis yang juga cukup populer karena rasanya yang nikmat. Tourin ini dibuat dari bawang putih, bawang bombay, roux dan kaldu. Agar konsistensi sup semakin kental, biasanya diberi tambahan putih dan kuning telur.

Menariknya, tourin ini merupakan sup yang wajib dihidangkan untuk pengantin baru, lho. Meskipun begitu, semua orang juga bisa menikmati lezatnya tourin ini. Agar semakin nikmat, tourin ini biasa dimakan bersama sepotong roti panggang, keju atau daun peterseli.

8. Potage Parmentier

Potage Parmentier
umamigirl.com

Sup khas Perancis yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Potage Parmentier. Potage Parmentier ini terbilang menjadi salah satu sup yang unik karena bisa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin.

Potage Parmentier ini dibuat dengan bahan yang tak terlalu banyak, cukup menggunakan kentang, daun bawang dan bawang bombay yang diolah sampai konsistensinya halus dan lembut. sup ini terkadang juga diberi tambahan peterseli, brokoli, asparagus atau parsnip. Biasanya sup ini disajikan sebagai makanan pembuka, dinikmati bersama daging atau dimakan sebagai camilan sore.

9. Consomme

Consomme
thespruceeats.com

Consomme merupakan sup yang dibuat dari kaldu bening dan memiliki cita rasa yang kaya. Untuk memasak sup khas Perancis yang satu ini memang dibutuhkan keahlian khusus dan jam terbang yang tinggi agar bisa menghasilkan kaldu cair yang jernih tanpa lemak. Tak heran jika consomme ini disajikan pada acara-acara resmi sebagai hidangan pembuka. Sup ini juga akan terasa semakin nikmat jika dimakan dengan kuning telur, irisan sayur dan daging ikan.

10. Bisque

Bisque
nospoonnecessary.com

Sup khas Perancis yang terakhir adalah bisque. Bisque ini merupakan sup tradisional yang memiliki konsistensi kental.

Bisque dibuat dari krim, seafood, cognac, anggur dan ragam jenis rempah khas. Biasanya bisque ini diolah dua kali, yaitu dipanggang dan dididihkan dalam kaldu kaldu beraroma. Menurut sejarah, bisque ini pertama dikenal sebagai sup kerang dan menjadi hidangan nelayan pada abad ke-17. Sekarang, kamu bisa menjumpai bisque ini dengan kepiting, udang hingga lobster.

Nah, itulah tadi adalah daftar 10 sup khas Perancis yang dikenal paling lezat dan menggugah selera. Tak perlu jauh-jauh ke Perancis untuk bisa menikmatinya, karena kamu bisa pergi ke restoran Perancis yang ada di Indonesia untuk bisa mencicipi salah satu atau seluruh sup tersebut. Kira-kira, sup mana yang menurutmu paling nikmat dan paling ingin kamu cicipi?



Leave a Reply