12 Roti Paling Enak di Dunia Yang Wajib Untuk Kamu Coba


prita  October 27, 2021  0 Comment

Roti merupakan salah satu sajian pokok yang banyak dinikmati oleh seluruh orang di dunia. Roti memang sering dianggap sebagai pengganti nasi yang juga bisa mengenyangkan. Selain karena rasanya yang enak, roti juga memiliki kalori yang cukup untuk kebutuhan harian karena roti sangat kaya akan nutrisi bagi tubuh. Nah, berikut ini adalah daftar Roti paling enak di dunia

1. Crumpet, Inggris

Crumpet, Inggris
daringgourmet.com

Roti paling enak di dunia yang pertama adalah Crumpet yang berasal dari Inggris. Crumpet memiliki tampilan seperti pancake namun dengan tekstur yang lebih lembut dan lembab. Roti yang difermentasi dengan ragi ini biasanya disajikan dengan diolesi krim atau mentega. Biasanya crumpet dinikmati saat sore hari ditemani dengan secangkir teh atau sebagai menu sarapan.

Gotravelly

Kedai Roti John Legend: Tawarkan Roti John Dengan Ragam Topping Nikmat

Santai Di Cafe Kekinian Di Frut’s 99

2. Baguette, Perancis

Baguette, Perancis
thespruceeats.com

Jika berbicara soal roti paling enak di dunia, rasanya roti khas Perancis yang satu ini layak untuk masuk dalam daftar. Baguette merupakan jenis roti yang memiliki tekstur yang keras dengan ukuran yang panjang seperti tongkat. Biasanya Baguette ini disajikan sebagai makanan pendamping sup atau sebagai teman menikmati secangkir teh atau kopi. Di Perancis, baguette banyak ditemukan di toko-toko roti hingga di supermarket.

3. Pau Duce, Portugis

Pau Duce, Portugis
hawaiimagazine.com

Roti paling enak di dunia yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Pau Duce. Pau Duce merupakan sebuah roti manis yang berasal dari Portugis. Roti ini dibuat dari tepung terigu, susu, telur, gula dan ragi yang kemudian dipanggang menggunakan oven batu besar yang disebut dengan forno. Adonan roti ini akan digulung menjadi tujuh bagian yang kemudian dibentuk menyerupai bola yang kemudian diletakkan dalam satu Loyang yang telah diolesi mentega. Jika diperhatikan sekilas, roti ini mirip dengan roti sobek khas Indonesia. Biasanya masyarakat setempat menikmati Pau Duce ini dengan tambahan telur rebus dan dinikmati saat perayaan Paskah.

4. Roti Pitta, Yunani

Roti Pitta, Yunani
bbc.co.uk

Yunani juga memiliki sebuah roti paling enak di dunia yang khas, yaitu Roti Pitta. Roti Pitta ini hampir mirip dengan roti canai, dengan bentuk tipis berongga dengan rasa yang tawar. Roti Pitta ini biasanya dinikmati dengan kebab dan hummus. Di Yunani, roti Pitta ini dipanggang menggunakan tungku khusus yang masih tradisional seperti panggangan pizza dan biasanya roti ini dinikmati sebagai makanan pokok. Menariknya, Roti Pitta ini juga bisa diolah menjadi sandwich dengan isian Gyros dan saus Tzaziki.

5. Bagel, Polandia

Bagel, Polandia
theperfectloaf.com

Bagel tentunya juga masuk dalam daftar roti paling enak di dunia yang tak boleh dilewatkan. Meskipun saat ini bagel bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia, namun tak ada salahnya untuk mencoba langsung saat berkunjung ke negaranya, yaitu Polandia.

Bagel ini memiliki tampilan seperti donat, namun teksturnya lebih kering dan renyah saat digigit. Ada dua jenis bagel yang bisa kamu coba, yaitu Bagel Montreal dan Bagel Newyork. Bagel Montreal ini dibuat dari campuran malt, telur dan madu yang kemudian dipanggang dengan oven. Sementara Bagel Newyork juga sama, hanya ada penambahan garam dalam adonannya dan Bagel Newyork cenderung memiliki tekstur yang lebih garing.

6. Roti Limpa, Swedia

Roti Limpa, Swedia
thespruceeats.com

Roti Limpa merupakan salah satu roti paling enak di dunia yang berasal dari gandum dan tepung terigu. Roti Limpa ini memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit berempah. Rempah yang digunakan dalam pembuatan roti ini cukup beragam, seperti biji adas, jintan, kismis, kulit jeruk hingga molase atau tetesan air tebu. Roti khas Swedia ini memiliki bentuk yang agak bundar dengan garis miring diatasnya.

7. Ciabatta, Italia

Ciabatta, Italia
aheadofthyme.com

Ciabatta adalah salah satu roti khas Italia yang juga masuk dalam daftar roti paling enak di dunia. Ciabatta ini memiliki tetur berongga dan sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sandwich dengan memotongnya beberapa bagian lalu ditambahkan ham, sayuran, keju dan mayo. Ciabatta pertama kali diproduksi pada tahun 1982 oleh Arnaldo Cavallari menggunakan tepung bergluten tinggi.

8. Pane Ticinese, Swiss

Pane Ticinese, Swiss
lalunasulcucchiaio.it

Roti paling enak di dunia yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Pane Ticinese yang berasal dari Swiss. Roti ini memang dibuat dengan cara tradisional dan memiliki tampilan yang mirip dengan roti sobek khas Indonesia. Bentuknya pun bervariasi, ada yang memanjang hingga berbentuk bulat yang terdiri dari empat hingga enam bagian yang disatukan. Di Swiss, Pane Ticinese ini sangat digemari dan cukup populer, kamu pun juga bisa menemukannya di berbagai toko roti tradisional ataupun modern yang tersebar di Swiss.

9. Roti Canai, India

Roti Canai, India
bangka.sonora.id

Roti Canai tentu tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Tak heran jika sajian khas India ini menjadi salah satu roti paling enak di dunia yang banyak digemari. Roti Canai atau yang sering dikenal dengan roti Cane ini dianggap sebagai makanan pokok pengganti nasi. Hal ini dikarenakan roti cane terbuat dari tepung gandum utuh. Namun, saat ini sudah banyak pembuat roti canai yang mencampur bahan pembuatannya menggunakan tepung terigu.

Berbeda dengan roti lainnya yang menggunakan ragi sebagai salah satu bahannya, roti canai ini tidak menggunakan ragi dan memiliki bentuk yang tipis bundar. Cita rasa dari roti canai ini gurih dang cocok untuk dinikmati dengan berbagai makanan. Di India sendiri biasanya roti canai ini dinikmati dengan kari kambing.

10. Mantou, Tiongkok

Mantou, Tiongkok
gimmeyummy.com

Roti paling enak di dunia yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Mantou yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Mantau merupakan sajian roti yang dikukus dan berwarna putih. Jika diperhatikan sekilas, Mantou ini memiliki bentuk yang sama dengan bakpau, namun tentu saja keduanya berbeda.

Meskipun keduanya sama-sama terbuat dari tepung terigu dan ragi, namun mantau tidak memiliki isian seperti bakpau. Mantou sendiri banyak ditemukan dan disajikan sebagai streetfood atau sajian di restoran-restoran dimsum. Mantou terasa lebih nikmat jika dimakan selagi hangat dan ditambahkan dengan saus sambal.

11. Anpan, Jepang

Roti ternak di Dunia
chopstickchronicles.com

Tak ingin ketinggalan, Jepang juga menawarkan salah satu sajian roti tradisional yang dikenal dengan nama Anpan. Anpan ini berisikan pasta kacang merah atau Anpo yang pertama kali dibuat pada tahun 1875 oleh Kimura Yasubei. Sekarang, isian dari Anpan ini tak hanya kacang merah saja, melainkan disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung di Jepang, seperti Roti Anpan dengan isian ekstrak bunga Sakura dan chesnut.

12. Banana Bread, Amerika Serikat

Roti Paling Enak di Dunia
foodnetwork.com

Roti paling enak di dunia yang terakhir adalah Banana Bread yang berasal dari Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki rasa dan aroma pisang yang sangat kuat sehingga bisa menggoda siapapun untuk mencicipinya.

Banana Bread biasanya menjadi menu bekal favorit untuk ke sekolah atau untuk sarapan di pagi hari. Roti dengan tekstur lembut ini memiliki kandungan pisang yang sangat banyak sehingga membuatnya tak hanya lezat namun juga menyehatkan.



Leave a Reply