10 Keju Terkenal di Belanda, Yuk Pecinta Keju Kumpul!


Jehan  November 29, 2022  0 Comment

Sejak dahulu, negara yang satu ini memproduksi banyak keju terkenal di Belanda dengan rasa lezat. Bahkan para arkeolog menemukan peralatan yang berusia 200 SM yang digunakan orang Belanda untuk membuat keju. Menarik, bukan?

Hingga saat ini Belanda dikenal memiliki varian dan jenis keju yang mendunia. Bentuk dan rasa dari keju Belanda bermacam-macam, bahkan beberapa diantaranya memiliki ciri khas rasa yang unik.

Apakah kamu pecinta keju? Apabila kamu berencana ke Belanda, jangan lupa untuk mencoba keju-keju yang ada di Belanda ya! Berikut 10 keju terkenal di Belanda yang dapat kamu coba.

1. Gouda

gouda
wisconsincheese.com

Keju Gouda menjadi salah satu king keju Belanda yang cukup popular di dunia. Keju yang memiliki tekstur sedikit keras ini diproduksi dari susu sapi dengan metode tradisional dengan status Protected Geographical Indications (PGI). Gouda memiliki kandungan lemak susu sebesar 48%.

Keju Gouda biasa disajikan dalam beberapa usia kematangannya. Saat matang di usia empat minggu, disebut sebagai Jonge kass. Jonge kass memiliki tekstur yang sangat lembut, di dalamnya memiliki kandungan yang relatif sedikit, jadi sangat cocok bagi siapa saja yang intoleran dengan laktosa tinggi. Keju di usia ini juga sangat enak dimakan bersama sandwich.

Selain itu ada Belegen kass, di mana usia keju Gouda mencapai umur dua bulan. Biasanya keju di usia ini dinikmati dengan buah atau anggur. Keju yang memiliki bentuk roda pipih dengan aroma sedikit buah dan butterscotch ini memiliki rasa manis yang juga cocok dimakan langsung sebagai camilan. Semakin tua usia dari keju akan membuat Gouda memiliki tekstur yang semakin renyah dan rasa yang semakin kuat.

2. Edam

edam
heavenly-holland.com

Keju Edam merupakan keju Belanda yang memiliki tekstur semi keras dengan kandungan lemak sekitar 40%. Keju yang berasal dari Belanda Utara ini memiliki rasa asin yang cukup lembut di lidah. Selain itu, Edam juga memiliki sifat kematangan yang hampir sama dengan keju Gouda. Apabila keju ini memiliki tekstur yang keras, maka menunjukkan usia kematangan yang semakin bertambah.

Baca juga :  11 Makanan Khas Palembang yang Enak Banget Wajib Dicoba

Keju Edam diproduksi dengan bentuk bulat yang sempurna. Saat kamu melihat keju ini, kamu akan menemukan lapisan lilin kuning atau merah pada sisi luarnya. Keju ini sangat cocok dinikmati bersama buah pir, apricot, dan apel. Keju ini dapat kamu temukan dengan mudah saat berkunjung ke Amsterdam.

17 Kota di Belanda yang Mempesona

Belanda Punya Minuman Khas yang Enak Loh!

3. Leideskaas

leideskaas
t24hs.com

Keju Leideskaas merupakan keju yang cukup unik dan berbeda dari keju Belanda lainnya. Keju yang berasal dari kota Leiden ini menjadi salah satu keju tua di Belanda. Apabila kamu tertarik dengan rasa baru, kamu harus mencoba keju Leideskaas. Keju ini memiliki tekstur yang berkerut dan terlihat kering yang menarik untuk dicoba.

Keju Leideskaas menjadi salah satu keju terkenal di Belanda dengan rasa unik nya. Ada yang mengatakan bahwa keju ini memiliki rasa yang mirip dengan Gouda, namun saat siapa saja mencoba merasakan keju ini akan menemukan rasa unik dari biji jintan. Jintan ditambahkan ke dalam keju Leideskass saat proses pembuatannya.

Meskipun dibilang mirip, keju Leideskaas memiliki tekstur yang lebih rapuh dan rasa asin yang lebih kuat dari pada keju Gouda. Kematangan keju Leideskaas memiliki usia sekitar 6 bulan. Semakin waktu bertambah, rasa dari biji jinten akan semakin menguat. Apabila kamu datang ke Leiden, maka kamu harus mencoba keju yang satu ini!

4. Maasdam

maasdam
tasteatlas.com

Maasdam merupakan keju yang terkenal di Belanda dengan tekstur semi keras. Keju ini merupakan salah satu keju tradisional yang terbuat dari susu sapi pasteurisasi. Maasdam memiliki kandungan lemak sebanyak 45%.

Selain itu, keju Maasdam juga memiliki tekstur lembut dan memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga membuat keju ini bertekstur kenyal. Bentuk khas yang terlihat dari keju Maasdam adalah lubang yang hampir mengisi seluruh bentuk keju.

Keju Maasdam memiliki usia kematangan yang relatif muda, matang di usia empat hingga 12 minggu. Jika kamu mencoba keju ini, kamu akan merasakan tekstur lembut di bagian luarnya, sedangkan dalam keju akan semakin keras.

Baca juga :  10 Keju Terkenal di Spanyol Mendunia, Pecinta Keju Harus Tahu!

Saat mencobanya kamu akan merasakan tekstur krim dan rasa manis, sedikit seperti mentega dan rasa kacang. Di usia mudanya, keju ini sangat cocok menjadi lapisan isi untuk sandwich atau dimakan langsung sebagai camilan.

5. Geitenkaas

geitenkaas
kaas.nl

Geitenkaas merupakan keju dengan bahan susu kambing yang memiliki tekstur lunak hingga semi keras. Keju ini memiliki warna pucat yang cukup creamy dan lembut. Rasa dari Geitenkas yang cukup tajam ini sangat cocok dimakan dengan roti hangat atau salad.Saat mencoba keju Geitenkaas kamu akan merasakan sensasi keju yang meleleh di mulut.

Keju ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi mencapai 50% hingga 60%. Keju ini memiliki proses pematangan minimal empat minggu. Saat berkunjung ke Belanda kamu harus mencoba Geitenkaas, karena keju ini menjadi salah satu dari keju terkenal di Belanda yang memenangkan beberapa kejuaraan internasional.

6. Boerenkaas

boerenkaas
truefoodies.com

Boerenkaas menjadi salah satu keju Belanda yang diproduksi menggunakan susu mentah yang tidak dipasteurisasi. Keju ini adalah jenis keju yang diproduksi home-made. Keju Boerenkaas terbuat dari susu kambing, domba atau kerbau. Selain itu juga ditambahkan bahan lain seperti rempah, biji-bijian sehingga akan menambah rasa yang intens dalam keju.

Keju Boerenkaas memiliki tekstur semi keras dengan rasa seperti karamel, butterscotch yang akan enak jika dinikmati dengan bir atau anggur merah. Jika kamu ke Belanda, kamu harus mencari keju Boerenkaas untuk dicoba. Keju yang diproduksi home-made ini menjadi keju yang tidak banyak diproduksi. Biasanya keju ini dapat ditemukan di pasar kecil yang ada di Belanda.

7. Beemster Classic

beemster classic
lfbr.ca

Beemster Classic dikenal sebagai keju bergaya Gouda dengan versi lama.  Keju ini terbuat dari susu sapi dengan usia kematangan menimal mencapai 18 bulan. Saat kamu perhatikan, keju ini memiliki tampilan yang cukup keras. Namun bagian dalam dari keju ini semi keras, dan memiliki tekstur halus serta lembut.

Di tahun 2014 Beemster Classic memenangkan medali di penghargaan World Cheese Awards, dan menjadi keju terlaris di AS. Aromanya yang kuat dan rasanya yang asin membuat keju Beemster Clasic sangat cocok dimakan bersama sandwich.

Baca juga :  7 Street Food Belanda Wajib Coba

Apa kamu tertarik mencoba keju terkenal di Belanda yang satu ini?

8. Leerdammer

leerdammer
stockfood.hu

Leerdammer salah satu jenis keju terkenal di Belanda yang terbuat dari susu sapi. Keju ini memiliki sejarah yang ditemukan pada tahun 1914 di peternakan Schoorewoerd. Namun saat ini keju Leerdammer di produksi di kota Leerdam.

Keju dengan tekstur halus, kenyal, dan lembut ini memiliki rasa light yang manis dan sedikit pedas. Secara tradisional keju Leerdammer memiliki usia matang 3 hingga 12 bulan. Semakin bertambah usia, keju ini memiliki tekstur terbuka dengan lubang.

Keju ini sering direkomendasikan untuk dinikmati bersama sandwich, salad, atau hidangan masak lainnya. Kamu dapat mendapatkan keju ini dengan ukuran yang cukup beragam sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

9. Rookkaas

rookkaas
goudacheese.co.nz

Rookkaas adalah jenis keju yang terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi. Dalam proses pembuatannya daging ini diasap dan ditambahkan bumbu asap di dalamnya. Rookkaas merupakan salah satu keju Belanda yang memiliki rasa smokey, karena rasannya yang seperti daging asap tersebut membuat keju ini seringkali dikira sebagai sosis.

Keju ini menjadi salah satu keju yang sangat direkomendasikan untuk dinikmati bersama bacon atau sosis. Keju Rookkaas cukup mudah kamu dapatkan saat berada di Belanda. Kamu bisa datang ke toko-toko yang menjual keju di Belanda. Sela

10. Schapenkaas

schapenkaas
goudsekaasshop.nl

Schapenkaas merupakan keju yang terbuat dari susu domba. Keju Schapenkaas ini menjadi salah satu jenis keju terkenal di Belanda yang seringkali dieskpor sehingga dapat kamu temukan dengan mudah di negara Eropa.

Jenis keju ini banyak dikenal biasanya dari Texel dari pulau Wadden. Kamu dapat menemukan keju ini dan mencicipinya saat berkunjung ke sana ya!

Apabila kamu ingin menikmati keju terkenal di Belanda, kamu dapat mampir ke market yang ada di Belanda. Namun jika kamu ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, kamu bisa mencoba berbelanja keju di pasar keju tradisional yang ada di kota kecil Woerden. Saat berada di sana, kamu dapat menikmati berbelanja jenis keju apapun dengan cara perdagangan yang tradisional dari para petani secara langsung.



Leave a Reply