10 Jajanan Khas Kotagede Yang Unik Dan Banyak Diburu Wisatawan


Fida  September 6, 2021  0 Comment

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika daerah yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Kotagede merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang menawarkan berbagai kuliner lezat serta banyaknya jajanan Khas Kotagede yang unik. Berkunjung ke daerah yang satu ini, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mencoba salah satu jajanan yang ditawarkan. Berikut daftar 10 rekomendasi jajanan khas Kotagede yang bisa Anda coba.

1. Yangko

yangko
kumparan.com

Salah satu jajanan khas Kotagede yang menarik untuk Anda coba adalah yangko. Jajanan yang satu ini termasuk jajanan tradisional yang khas dan menawarkan cita rasa lezat.

Sebutan yangko berawal dari kiyangko yakni ki tiang Kotagede. Ki tiang Kotagede berarti ini orang Kotagede. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan yang dikukus. Jajanan ini juga memiliki arti mempererat persaudaraan. Hal itu juga berhubungan dengan tekstur petani yang cenderung lengket. Saat berkunjung ke kawasan Kotagede, tidak ada salahnya untuk berburu yangko sebagai jajanan yang bisa Anda coba.

Gotravelly

Honeymoon Jogja Ala Backpacker

Nggak Sengaja Mampir Ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih Dan Sepi!

2. Krasikan

krasikan
masakandapurku.com

Jajanan khas Kotagede yang cukup populer dan bisa Anda coba adalah krasikan. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan yang diberi tambahan tepung ketan dan gula jawa.

Jika dilihat dari tampilannya, krasikan memiliki potongan kotak yang mirip dengan getuk. Jajanan yang satu ini juga memiliki warna khas yakni coklat. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat berasal dari campuran tepung dan ketan yang disangrai bersama dengan gula jawa. Anda dapat mencoba jajanan yang satu ini saat berkunjung ke daerah Kotagede.

3. Kipo

kipo
idntimes.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Kotagede yang sayang untuk tidak dicoba, salah satunya adalah Kipo. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik serta rasa yang menarik untuk dicoba.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan salah satunya tepung beras dan diisi dengan parutan gula jawa. Sebutan Kipo berasal dari cerita Sultan Agung yang menikmati kuliner ini dan bertanya “iki opo?”. Sejak saat itu, jajanan ini disebut dengan Kipo. Jajanan yang disajikan dengan alas daun pisang ini menawarkan kesan tradisional yang unik. Teksturnya yang khas serta cita rasa lezat yang ditawarkan menjadikan kipo sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Kotagede.

4. Jadah Manten

jadah manten
kuliner.ilmci.com

Jadah Manten menjadi salah satu kuliner berupa jajanan khas Kotagede yang populer dan menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini juga menjadi salah satu jajanan favorit di Kotagede yang banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan.

Jadah Manten dibuat dengan bahan ketan yang memiliki isian daging ayam dengan cita rasa gurih. Jajanan yang satu ini juga sangat cocok dinikmati bersama dengan 1 cangkir teh atau kopi. Anda juga akan dimanjakan dengan sensasi sedap karena jadah terlebih dahulu dibakar sebelum disajikan. Jajanan yang satu ini juga sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Kotagede.

5. Emping Melinjo

emping melinjo
m.merdeka.com

Tidak hanya menikmati banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, Anda juga dapat mencoba berbagai jajanan khas Kotagede. Salah satu jajanan yang sangat menarik untuk dicoba adalah emping melinjo. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini karena cukup mudah dijumpai di berbagai daerah.

Emping melinjo menawarkan keunikan dan cita rasa khas jika dibanding dengan emping lainnya. Anda juga akan dimanjakan dengan tekstur yang sangat ringan saat mencobanya. Menikmati jajanan lezat ini juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan asam urat. Selain cocok untuk dinikmati langsung, emping melinjo juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

6. Legomoro

legomoro
portaljogja.pikiran-rakyat.com

Legomoro menjadi salah satu jajanan khas Kotagede yang sangat menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Bahan utama pembuatan legomoro adalah ketan. Jajanan ini kemudian diikat dengan tali bambu dan 1 ikatan berisi 4 legomoro.

Jajanan khas Kotagede yang satu ini biasa digunakan dalam acara pernikahan dan dibawa oleh pihak laki-laki. Dalam bahasa Jawa, legomoro memiliki arti Atine Lego Le Moro Yo Lego. Kalimat tersebut memiliki arti yang datang membawa keridhoan dan yang didatangi juga mendapat keridhoan.

7. Getuk

getuk
orami.co.id

Salah satu jajanan khas Kotagede yang bisa Anda coba adalah getuk. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang unik dan lezat. Getuk dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong yang dihancurkan. Setelah diolah, bahan kemudian dicetak berbentuk kotak.

Hidangan ini tradisional yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat dan mengandung karbohidrat. Anda dapat menikmati lezatnya getuk bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Cita rasanya yang cenderung manis menjadikan siapapun tertarik untuk mencobanya.

8. Wajik

wajik
kumparan.com

Satu jajanan khas Kotagede yang sayang untuk tidak dicoba adalah wajik. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa manis dan dibuat dengan bahan utama beras ketan. Beras ketan diolah bersama dengan bahan lainnya seperti santan dan gula jawa.

Setelah olahan jadi, kemudian dicetak dalam loyang dan dipotong-potong. Tidak hanya cita rasanya yang lezat, jajanan yang satu ini juga memiliki tampilan yang mengkilat dan menggugah selera.

9. Kue Lumpur

kue lumpur
kompas.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Kotagede yang sayang untuk tidak dicoba, salah satunya adalah kue lumpur. Kue yang satu ini dikenal memiliki tampilan unik dengan toping kismis di atasnya. Anda akan dimanjakan dengan tekstur kue yang lembut serta cita rasa manis.

Saat berkunjung ke Kotagede, Anda dapat memutuskan untuk berburu kue yang satu ini. Selain cocok untuk dinikmati langsung, kue lumpur juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Anda tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya jajanan yang satu ini.

10. Kue Kembang Waru

Jajanan Khas Kotagede
food.detik.com

Salah satu jajanan khas Kotagede yang cukup populer adalah Kue Kembang Waru. Jajanan yang satu ini memiliki tekstur seperti bolu dan menawarkan cita rasa lezat.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan bentuknya yang unik yakni menyerupai bunga dan berkelopak. Jumlah kelopak pada jajanan ini adalah 8 yang melambangkan delapan jalan utama yakni matahari, bulan, bintang, air, tanah, angin, awan, dan samudra. Kue yang satu ini juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Kotagede.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi jajanan khas Kotagede yang bisa Anda coba. Jajanan manakah yang tampak menggugah selera dan paling ingin Anda coba?



Leave a Reply