8 Jajanan Khas Ponorogo Kelezatannya Bikin Melongo


Fida  January 23, 2022  0 Comment

Ponorogo dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata serta keragaman budaya. Daerah yang dikenal dengan pertunjukan reog ini juga menawarkan berbagai makanan serta jajanan khas yang menarik untuk kamu coba. Saat berkunjung ke Ponorogo, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba salah satu dari banyaknya jajanan khas Ponorogo berikut ini.

1. Madumongso

madumongso
food.detik.com

Madumongso dikenal sebagai salah satu jajanan yang dapat dengan mudah dijumpai di beberapa daerah di indonesia. Jajanan yang satu ini juga merupakan salah satu jajanan khas Ponorogo yang cukup populer.

Banyak yang mengatakan bahwa madumongso merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman kerajaan. Saat ini madumongso sangat mudah dijumpai dan biasa dijual dengan kemasan yang unik dan menarik. Madumongso biasa dijual dengan kemasan berupa bungkus yang berwarna-warni. Jajanan yang satu ini sangat cocok dicoba bagi kamu yang sedang berkunjung ke Ponorogo maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kamu dapat membeli madumongso di berbagai pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Ponorogo. Tidak perlu khawatir soal harga, makanan ini biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Gotravelly

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

RM Bu Parti Spesial Garang Asem Pedas Khas Ponorogo

2. Jenang Mirah

jenang mirah
libur.co

Rekomendasi jajanan khas Ponorogo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah jenang mirah. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan yang dimasak bersama dengan santan kelapa dan juga Gula Jawa. Saat mencoba jenang mirah, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang khas serta cita rasanya yang cenderung manis.

Jenang mirah dapat dijumpai di berbagai toko roti maupun toko oleh-oleh di Ponorogo. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, jajanan yang satu ini juga berhasil membuat para wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Meskipun dikenal sangat khas, jajanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 15.000,- per kemasan. Tertarik untuk mencobanya?

3. Gethuk Golan

gethuk golan
guideku.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Ponorogo yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah gethuk golan. Pernahkah kamu mendengar sebutan jajanan gethuk golan sebelumnya? Jajanan tradisional yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong yang diolah dengan cara dikukus. Singkong terlebih dahulu ditumbuk dan ditambahkan dengan gula jawa untuk memberi rasa manis.

Getuk golan biasa disajikan dengan taburan kelapa parut dan juga siraman gula jawa. Saat berkunjung ke Ponorogo, kamu bisa menjumpai makanan tradisional ini di berbagai pasar tradisional. Tidak perlu khawatir soal harga, getuk golan biasa dijual dengan harga sekitar Rp 5.000,- saja per bungkus. Citarasanya yang khas dan unik membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

4. Lentho Garing

lentho garing
shopee.co.id

Lentho garing atau yang biasa disebut dengan thoring menjadi salah satu rekomendasi jajanan khas Ponorogo yang populer dan bisa kamu coba. Meskipun sebutan makanan ini masih jarang terdengar di telinga, tetapi makanan ini dibuat sesuai dengan namanya yakni lentho versi kering. Menarik sekali bukan?

Thoring menawarkan tekstur yang unik serta cita rasa yang khas sehingga tidak heran jika makanan ini banyak disukai masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Ponorogo. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau dan dikemas dengan kemasan praktis dan menarik sehingga tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh. Saat berkunjung ke Ponorogo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezatnya lentho garing.

5. Serabi Ponorogo

serabi ponorogo
ponorogo.go.id

Tidak perlu bingung menentukan jajanan khas Ponorogo yang bisa kamu coba, serabi Ponorogo menjadi salah satu rekomendasi tepat yang sayang untuk kamu lewatkan. Serabi merupakan jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan ditambahkan dengan beberapa bumbu sehingga menghasilkan cita rasa gurih. Jajanan yang satu ini juga memiliki bentuk khas yakni berupa lingkaran.

Dalam penyajiannya, serabi Ponorogo disajikan dalam dua bentuk yakni yang pertama disiram dengan kuah santan hangat dan ditambahkan dengan siraman saus gula jawa kental. Varian yang kedua adalah dengan cara menyajikan serabi bersama dengan taburan parutan kelapa serta saus gula merah. Kedua varian tersebut tentu memiliki kelebihan tersendiri. Meskipun terbilang legendaris dan mudah dijumpai, jajanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 3.000,- per porsi.

6. Es Dawet Jabung

es dawet jabung
arahkata.pikiran-rakyat.com

Tidak hanya makanan, ada banyak pilihan jajanan khas Ponorogo yang menarik untuk kamu coba salah satunya adalah Es Dawet Jabung. Minuman yang satu ini tidak hanya menawarkan sensasi manis dan segar tetapi juga memiliki isian dengan tekstur yang unik. Es Dawet Jabung sangat cocok dinikmati saat siang hari dan cuaca panas karena minuman yang satu ini dikenal sangat dingin dan segar.

Salah satu isian yang populer dari es dawet adalah dawet. Dawet dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Tidak hanya memiliki isian berupa dawet, jajanan yang satu ini juga memiliki isi yang lain yakni bubur ketan. Adanya tambahan berupa kuah santan dan juga saus gula jawa menjadikan minuman ini semakin lezat saat dinikmati. Menggugah selera bukan?

7. Es Cao

es cao
minumanterbaru.web.app

Tidak kalah segar dengan es dawet, es cao juga menjadi rekomendasi jajanan khas Ponorogo yang menarik untuk kamu coba. Es cao merupakan minuman yang disajikan dengan juruh atau sirup gula jawa sebagai pemanis. Minuman yang satu ini dikenal sangat segar dan cocok dinikmati saat siang hari.

Es cao memiliki beberapa isian yang ditawarkan diantaranya kolang-kaling dan juga cao. Saat berkunjung ke Ponorogo, tentu tidak sulit mencari tempat untuk membeli es cao khas Ponorogo. Kamu dapat membelinya di berbagai warung atau pasar tradisional. Satu gelas es cao hanya biasa dibanderol dengan harga Rp 2.000,-.

8. Tiwul

Jajanan Khas Ponorogo
solopos.com

Jajanan khas Ponorogo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah olahan tiwul. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan tradisional yang satu ini. Tiwul dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Makanan yang satu ini juga biasa dikonsumsi oleh masyarakat Ponorogo karena dikenal menyehatkan.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang tiwul dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para wisatawan yang datang ke Ponorogo. Tidak hanya menyehatkan, makanan yang satu ini juga dikenal gurih dan mengenyangkan.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi jajanan khas Ponorogo yang menarik untuk kamu coba. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Ponorogo, jajanan manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba?



Leave a Reply