10 Makanan Khas Makassar Enak Banget Wajib Coba Es Pisang Ijonya


Reni  March 27, 2018  0 Comment

Makanan khas Makassar – Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan juga orang tercinta Anda, tentunya akan sangat menyenangkan. Anda bisa menghabiskan liburan Anda untuk mengunjugi beberapa tempat yang belum pernah untuk Anda datangi, selain Anda bisa menyegarkan pikiran Anda dengan mengunjungi berbagai objek atau juga destinasi wisata yang ada disuatu daerah tersebut.

Pastikan jika Anda tidak ketinggalan juga untuk mencicipi lezatnya kulinernya, karena ada ungkapan yang mengatakan jika liburan Anda tidak akan sah jika Anda tidak mencicipi cita rasa kuliner dari suatu daerah.

Nah Anda tidak perlu jauh- jauh untuk menghabiskan waktu liburan Anda, Anda bisa mengunjugi beberapa tempat atau juga kota yang ada di Indonesia, seperti halnya kota Makassar.

Selain terkenal dengan keindahan panorama alamnya, di kota yang satu ini Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai hidangan kulinernya.

Memang Indonesia, selalu memiliki cara tersendiri untuk membuat para wisatawan yang berkunjung ke kota- kotanya betah dan juga ingin datang lagi dan juga lagi.Nah salah satunya adalah lewat makanan khas Makassar.

Tentunya ada banyak sekali pilihan dan juga menu makanan khas Makassar yang nantinya bisa Anda pilih dan juga nikmati bersama keluarga Anda atau juga orang- orang tercinta Anda. Nah berikut daftar menu- menu yang bisa Anda nikmati dan juga coba jika nantinya Anda berkunjung ke kota Makassar ini.

1. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo makassar

kaskus.co.id

Tahukah Anda jika makanan khas Makassar yang terkenal sekali dan juga bisa Anda dapati dibeberapa daerah lainnya di Indonesia, karena rasanya yang sangat lezat adalah es pisang ijo. Nah menu yang satu ini sangatlah cocok jika Anda coba pada saat cuaca sedang panas- panasnya. Menu yang satu ini juga akan menghilangkan dahaga Anda setelah Anda seharian berkeliling untuk menikmati objek wisata yang ada dikota Makassar ini. Anda tidaklah perlu khawatir untuk menemukan makanan khas Makassar es pisang ijo ini, karena Anda akan mudah menemukannya disetiap sudut kota Makassar. Es pisang ijo ini merupakan jenis minuman yang terbuat dari pisang raja yang sangat manis dan juga disiram dengan kuah santap sedang serta juga dibuat dengan campuran tepung terigu sebagai kulit luar dari pisang rajanya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Israel, Enak dan Sehat

review kuliner

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Coto Makassar

Coto Makassar

netralnews.com

Nah setelah Anda mencicipi menu yang segar- segar, maka kini saatnya Anda wajib mencoba makanan khas Makassar untuk santap siang atau juga santap malam Anda. Nah makanan yang satu ini adalah coto Makassar. Ini merupakan menu atau juga hidangan yang sudah sangat terkenal dan juga disukai oleh banyak wisatawan. Tahukah Anda jika coto Makassar ini bisanya dihidangkan dengan burasa atau juga ketupat, dan juga dicampur dengan jeroan dengan kuah yang sangat segar. Jeroan tersebut, merupakan jeroan dari daging sapi yang sudah terlebih dahulu dimasak dengan bumbu atau rempah- rempah khas Makassar.

3. Konro Sop

Konro Sop

dwiananta.com

Anda tidak akan pernah kehabisan ide makanan jika Anda berkunjung ke kota Makassar ini, karena banyak sekali makanan khas Makassar yang bisa untuk Anda nikmati. Slah satunya adalah konro. Tahukah Anda jika konro ini merupakan jenis makanan yang terbuat dari iga sapi dan juga daging sapi. Nah biasanya daging sapi ini akan direbus dengan menggunakan asam jawa, kayu manis, serta juga masih banyak lagi rempah- rempah lainnya yang akan membuat cita rasa konro ini sangat lezat. Selain itu konro ini juga memiliki warna kuah yang hitam, dimana warna hitam tersebut berasal dari buah kluwak, namun meskipun demikian tetap nikmat.

4. Konro Bakar

Konro Bakar

gastronomy-aficionado.com

Nah tidak hanya konro sop saja yang bisa untuk Anda nikmati, Anda juga bisa menikmati konro bakar. Tahukah Anda jika makanan khas Makassar yang satu ini tidak kalah lezatnya, Nah konro bakar ini, merupakan daging iga sapi yang dibakar, dimana daging tersebut sudah diberikan atau diolesi dengan bumbu terlebih dahulu. Anda nantinya bisa menikmati konro bakar ini dengan siraman saus kacang, Warna konro bakar juga berwarna hitam karena menggunakan buah kluwak.

Baca juga :  20 Makanan Khas Riau Wajib Coba Soalnya Enak Banget

5. Pallubassa

Pallubassa

ginatea.wordpress.com

Masih banyak lagi olahan makanan khas Makassar yang bisa Anda nikmati bersama keluarga Anda. kali ini masih dengan menggunakan olahan daging sapi. Nah makanan yang satu ini dikenal dengan pallubassa. Anda bisa menikmati pallubassa ini dengan burasa atau sejenis lontong, dengan beberapa potong jeroan daging sapi yang diiris kecil dan juga diletakkan didalam mangkuk dan juga beberapa potongan daging sapi serta juga akan disiram dengan kuah yang sangat gurih dengan campuran beberapa rempah- rempah.

6. Pallumara

Pallumara

qraved.com

Selain pallubassa dimana makanan khas Makassar lainnya yang juga bisa untuk Anda nikmati adalah pallumara. Palumara ini hampir sama dengan pallubassa, perbedaannya hanya terletak pada penggunaan rempah- rempahnya. Tahukah Anda jika pallumara ini terbuat dari daging ikan, dan ikan yang biasa digunakan adalah jebis ikan kakap merah. Nah ikan tersebut dibumbui terlebih dahulu dan juga direndam atau dimasak dengan kuah yang kental yang berasal dari kemiri. Rasanya sangat nikmat yaitu perpaduan antara asam, pedas dan juga gurih.

7. Pallu Kacci

Pallu Kacci

terasimaji.blogspot.co.id

Tak hanya sampai disitu saja, bahwa masih banyak olahan dari daging ikan yang bisa juga Anda nikmati bersama keluarga Anda. Nah kali ini makanan khas Makassar yang terbuat dari olahan daging ikan tersebut adalah pallu kacci. Nah pallu kacci ini adalah salah satu hidangan dengan disajikan kuah yang berwarna kekuningan dengan menggunakan bahan dasar berupa ikan bolu atau ikan bandeng, atau juga bisa dengan menggunakan ikan cakalang, tuna dan juga ikan lainnya.

8. Nasi Kuning Ribunare

Nasi Kuning Ribunare

uknowmj.blogspot.co.id

Ternyata kota Makassar ini juga terkenal dengan nasi kuningnya atau lebih dikenal dengan nasi kuning ribunare. Nah yang uniknya dimana nasi kuning yang satu ini dilengkapi dengan lauk pauk berupa sayur nangka, paru goreng, semur daging, telur pindang, sayur labu siam, abon dan juga kentang kering. Sehingga dijamin Anda akan kenyang jika mengkonsumsi makanan khas Makassar yang satu ini.

Baca juga :  11 Makanan Khas Perancis Paling Rekomended Enak dan Elegan

9. Ikan Bakar Makassar

Ikan Bakar Makassar

nyamnyamyuk.wordpress.com

Meskipun Anda sudah sering makan ikan bakar dikota asal Anda, namun berbeda halnya jika Anda makan ikan bakar Makassar ini. Nah ikan bakar ini merupakan makanan khas Makassar yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Ikan yang digunakan biasanya berupa ikan bawal, ikan baronang, ikan papakulu, ikan kaci- kaci dan ikan sukang yang bisa dengan mudah untuk Anda temui di Makassar ini.

10. Sop Ubi

Sop Ubi

mulia-jek.com

Nah tahukah Anda jika makanan khas Makassar yang satu ini terbilang unik, jika biasanya Anda makan sop yang terbuat dari ikan dan daging. Namun di Makassar Anda bisa menikmati sop yang terbuat dari ubi. Sop ubi ini hampir sama dengan sop lainnya, hanya saja kuah sop ini dilengkapi dengan ubi dan juga aneka Kapurung

Makanan khas Makassar terakhir yang wajib untuk Anda santap adalah kapurung. Nah kapurung ini merupakan makanan yang terbuat dari sagu dengan dibentuk bulat- bulat kecil dan juga dihidangkan dengan saus kacang serta sayur mayur dan juga beberapa potong daging ikan yang sangat lezat.



Leave a Reply