10 Jajanan Khas Karawang Rasanya Nendang


Fida  July 28, 2022  0 Comment

Karawang merupakan salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain dapat menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisatanya, kamu juga dapat mencoba berbagai jajanan khas Karawang yang dikenal unik.

Ada banyak pilihan jajanan khas Karawang yang disajikan dengan bentuk serta cita rasa yang khas. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi jajanan khas Karawang yang bisa kamu coba.

1. Serabi Hijau

serabi hijau
masakandapurku.com

Serabi tentu menjadi jajanan yang sudah tidak asing kamu dengar bukan? Serabi juga dikenal sebagai salah satu jajanan khas Karawang yang tidak boleh kamu lewatkan. Di Karawang, kamu akan menemukan jajanan serabi dengan warna khas yakni berwarana hijau. Oleh karena itu, jajanan ini disebut dengan serabi hijau.

Serabi hijau dapat dengan mudah kamu jumpai di beberapa pasar tradisional di Karawang. Selain menawarkan tekstur yang lembut, kamu juga akan dimanjakan dengan cita rasa khas dan lezat saat mencobanya. Saat berkunjung ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu dan mencoba lezatnya jajanan serabi hijau.

Gotravelly

Cofi Café – Gramedia Matraman

Menikmati Kuliner Di Kereta Ranggajati, Bonus Pemandangan Kece

2. Kue Gonjing

kue gonjing
libur.co

Jajanan khas Karawang berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah kue gonjing. Jika dilihat dari tampilannya, kue ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan kue pukis, tetapi sebenarnya berbeda.

Kue gonjing dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung dan juga kelapa. Kue ini juga disajikan dengan taburan gula di atasnya sehingga menawarkan cita rasa manis yang khas. Bagi pecinta pedas, kamu tidak perlu khawatir karena kue ini juga disajikan lengkap dengan saus khusus. Kue gonjing dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai pusat oleh oleh dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Bolu Kijing

bolu kijing
cookpad.com

Siapa yang suka jajanan dengan cita rasa cenderung manis? Jajanan khas Karawang yang satu ini wajib kamu coba. Jajanan dengan sebutan bolu kijing ini dikenal memiliki bentuk yang mirip dengan kijing atau kerang air tawar.

Sesuai dengan namanya, jajanan yang datu ini merupakan bolu dengan tekstur yang lembut. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kijing diantaranya tepung terigu, vanili, serta gula. Karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, jajanan yang satu ini hanya mampu bertahan 7 hari saja. Selain cocok untuk dinikmati langsung sebagai jajanan, bolu kijing juga cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dari Karawang.

4. Gandasturi

gandasturi
medan.tribunnews.com

Jajanan khas Karawang berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah gandasturi. Selain memiliki sebutan yang unik, jajanan yang satu ini juga memiliki tampilan serta cita rasa khas. Gandasturi dibuat menggunakan bahan utama kacang hijau.

Jajanan yang satu ini menawarkan tekstur kering di luar dan lembut di bagian dalam. Cita rasa yang ditawakan mirip dengan isian jajanan onde onde khas Jawa Timur. Gandasturi dapat kamu jumpai di beberapa pasar tradisional di Karawang. Uniknya jajanan gandasturi juga menjadikan banyak wisatawan penasaran dan ingin membelinya sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

5. Ali Agrem

ali agrem
rasalapar.com

Menikmati jajanan menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba sembari bersantai. Saat datang ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu jajanan khas Karawang yakni ali agrem. Pernahkah kamu mendengar sebutan jajanan yang satu ini?

Ali agrem merupakan jajanan dengan bentuk khas yakni bulat dan berlubang di bagian tengahnya menyerupai cincin. Jajanan yang satui ini dibuat dengan menggunakan tepung beras serta gula merah sebagai bahan utamanya. Setelah bahan tercampur, jajanan ini kemudian diolah dengan cara digoreng. Ali agrem juga biasa dipilih sebagai sajian dalam acara adat seperti khitanan, tujuh bulanan, pernikahan, dan lain lain.

6. Kue Semprong

kue semprong
medianesia.id

Kamu tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini bukan? Kue semprong merupakan salah satu jajanan khas Karawang yang juga cukup mudah dijumpai di beberapa daerah lainnya. Kue yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa manis.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue semprong diantaranya tepung beras, gula pasir, serta tambahan aroma bubuk kayu manis. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga juga cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Tertarik untuk mencoba jajanan yang satu ini?

7. Rengginang Ketan

rengginang ketan
masakandapurku.com

Rengginang ketan dikenal sebagai salah satu jajanan khas Karawang yang cocok dinikmati sebagai camilan saat bersantai. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Rengginang khas Karawang biasa disajikan dengan bentuk bulat gepeng maupun bulat seperti bola.

Di Karawang, kamu dapat menjumpai banyak varian rengginang, salah satunya yang dibuat menggunakan ketan merah. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa yang gurih serta tekstur yang renyah. Rengginang juga cocok dinikmati oleh semua kalangan. Karena dijual dengan kemasan praktis, tidak heran jika jajanan yang satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh oleh.

8. Opak Ketan

opak ketan
itrip.id

Suka olahan kerupuk? Tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu jajanan khas Karawang yakni opak ketan. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama ketan. Beberapa bahan lain yang digunakan untuk membuat opak ini diantaranya gula pasir, garam, dan juga kelapa parut.

Saat mencoba opak ketan, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih yang pas. Kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya opak ketan. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Karawang.

9. Gegeplak

gegeplak
tempatwisataindonesia.id

Pernah mendengar sebutan jajanan gegeplak? Gegeplak merupakan salah satu jajanan khas Karawang yang unik dan menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan beberapa bahan seperti kelapa muda, gula pasir, garam, serta pewarna makanan.

Kamu dapat dengan menjumpai jajanan gegeplak di berbagai toko oleh oleh di Karawang. Selain cocok untuk dinikmati langsung sebagai jajanan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membeli gegeplak sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

10. Kerupuk Bontot

Jajanan Khas Karawang
kompasiana.com

Satu lagi jajanan khas Karawang yang unik dan menarik untuk kamu coba yakni kerupuk bontot. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih.

Kerupuk bontot dibuat menggunakan bahan tepung terigu. Jajanan yang satu ini biasa dijual setengah matang dan kamu harus mengolahnya dengan cara menggoreng seelum disajikan. Karena dibuat dengan campuran udang dan bumbu lainnya, tidak heran jika makanan yang satu ini memiliki aroma yang menggugah selera.



Leave a Reply