Honeymoon Jogja ala Backpacker

wisata di jogja

therika21 | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Family Trip
04 Oct 2019


Honeymoon Jogja ala Backpacker
Honeymoon kami sebagai backpacker. Menyusun itinerary sendiri, melakukan perjalanan dengan kereta ekonomi, dan mengeksplore tempat wisata.

How to Get There

Hallo semua...tiga hari setelah pernikahan, tepatnya tanggal 4 September 2018, saya dan suami honeymoon ke sebuah kota yang sangat berkesan yaitu Jogjakarta. Kami awalnya tidak berencana untuk honeymoon ke Jogja, namun setelah kami pikir2, akhirnya kami pun memesan tiket kereta ke Jogja. Mumpung kami diberikan cuti oleh masing-masing kantor kami selama 5 hari.

wisata di jogja

Hari kepergian kami pun tiba. kami berangkat dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Jogjakarta. Kami berangkat siang pukul 13.20 dan sampai di Jogja pukul 21.54.

wisata di jogja

Perjalanan kami tempuh sekitar 7 jam dari Jakarta (Stasiun Pasar Senen)menuju Jogjakarta (Stasiun Tugu). Sedikit review tentang KA Jayakarta Premium. KA Jayakarta Premium merupakan salah satu kereta kelas ekonomi yang melayani jurusan Jakarta (Stasiun Pasar Senen) menuju Surabaya (Stasiun Surabaya Gubeng). Fasilitas kereta ini sendiri memiliki tempat duduk yang nyaman,AC, dan lubang charger. Jadi teman2 ga usah kuatir jika di perjalanan harus charge HP atau kamera. Selain itu, kereta nya juga bersih, adem, dan nyaman banget. Terima kasih kepada PT. KAI ya yang sudah membuat perjalanan kami jadi nyaman dan menyenangkan. Oh iya, untuk harga tiketnya sendiri per orang dikenakan 150.000.

Sesampainya di Jogja, kami pun memesan nasi kucing persis di depan stasiun Jogja, dan setelah itu, kami memesan taxi online menuju homestay. Taxi online atau ojek online di kota Jogja tidak terlalu sulit, hampir sama seperti Jakarta, kita harus jalan beberapa meter untuk naik taxi atau ojek online.

Kami menginap di sebuah homestay bernama HomeyHome yang terletak di daerah Bantul. Jaraknya sekitar 5 KM dari pusat kota. HomeyHome sendiri merupakan cabang dari Penginapan Pugeran. Tadinya saya ingin memesan Penginapan Pugeran, tapi ternyata di tanggal itu sudah full booked, jadi kami diarahkan untuk ke HomeyHome.

HomeyHome ini sebuah homestay yang menurut saya nyaman, dengan suasana seperti kost-kostan, namun bersih sekali lingkungannya, penjaganya sangat ramah, tersedia dapur dan air minum galon isi ulang. Kami memesan kamar dengan tarif 100.000 permalam, dengan fasilitas kamar berupa : AC, TV, kasur, dan kamar mandi dalam. Ukuran kamarnya pun cukup besar. Di HomeyHome juga tersedia penyewaan motor yang murah. Kalau pada umumnya penyewaan motor paling murah 75.000, di HomeyHome hanya 60.000, dan rata-rata motor yang disewakan adalah motor matic. Satu lagi, untuk kamu yang suka kucing, kamu pasti akan senang menginap di HomeyHome, karena banyak kucing ras yang dipelihara di sana.

What to Do

Hari pertama, kami mengunjungi Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko. Kami menggunakan motor menuju ke tempat wisata tersebut. Dan memang ini pertama kalinya kami mengunjungi tempat wisata tersebut. Kami membeli tiket dengan sistem paket, dengan harga 75.000 kami sudah dapat mengunjungi Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko, ditambah dengan angkutan PP dari Candi Prambanan menuju Ratu Boko.

prambanan

Pintu masuk Candi Prambanan

prambanan

Setelah membayar tiket, kami pun langsung masuk dan berkeliling mengeksplore bagian dalam Candi Prambanan. walaupun weekday, namun Candi Prambanan tetap ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Saya sendiri sangat kagum dengan kemegahan Candi Prambanan, sudah ratusan tahun berdiri, namun masih tetap kokoh. 

prambanan

prambanan

prambanan

prambanan

Bagian dalam Candi Prambanan.

Cuaca siang itu lumayan panas, namun ada angin bertiup sehingga panas pun tidak terlalu terasa menyengat di kulit kami. Saya pun senang karena lingkungan Candi Prambanan ini bersih dan kebanggan saya tersendiri karena banyak turis mancanegara yang datang untuk berwisata ke Candi Prambanan.  

Setelah mengeksplore Candi Prambanan, kami pun melanjutkan ke tujuan berikutnya, yaitu Keraton Ratu Boko. Kami menggunakan mobil yang sudah termasuk paket dari tiket masuk yang kami beli saat tiba di Candi Prambanan. Sekitar 10 menit kami sudah tiba di halaman Keraton Ratu Boko.

prambanan

Kali ini suami saya yang jadi model.hehehehe.

Setelah merobek tiket masuk, kami pun mulai memasuki kawasan Keraton Ratu Boko dan mulai mengeksplore. Ini adalah pertama kali saya dan suami mengunjungi Keraton Ratu Boko. Sehingga kami pun merasa senang dan penasaran mengunjungi tempat wisata ini.

prambanan

prambanan

Ini adalah foto di pintu masuk Kearton Ratu Boko.

prambanan

prambanan

prambanan

prambanan

prambanan

Setelah puas mengelilingin Keraton Ratu Boko, kami meutuskan untuk kembali ke Homestay untuk makan siang dan sore, karena kenyang sarapan pagi, maka kami pun menunda makan siang kami. Kami pun bergegas kembali dan mencari makan. Ternyata dekat homestay kami, ada tempat seperti foodcourt yang menjual berbagai makanan, kami pun singgah dsitu untuk beli ayam geprek. Kami pun sempat kaget, karena 1 porsi ayam geprek dan nasi sangat murah, yaitu 10.000 rupiah. Jika memakai keju, hanya tambah 2000 rupiah saja, jadi 12.000. Soal rasa, udah pasti enak bangettt....


kuliner jogja


kuliner jogja


Setelah makan malam, kami pun mandi dan beristirahat sebentar. Setelah itu, kami pun mengunjungi Malioboro untuk membeli oleh-oleh dan suami saya ingin makan gudeg asli Jogja. Sampai di Malioboro, saya singgha sejenak ke Hamzah Batik. Dulu saat saya masih mahasiswa, Hamzah Batik itu terkenal dengan nama Mirota Batik, saat study tour, saya berkunjung ke sana, sempat bingung mencari Mirota Batik, tapi menurut info pedagang di sana, Mirota Batik sudah berganti nama menjadi Hamzah Batik.

kuliner jogja

kuliner jogja

Itulah hari pertama kami di Jogja. 

Hari kedua, kami pun . berniat untuk bangun lebih pagi melihat sun rise dari ketinggian Jogja, yaitu daerah Mangunan. Kami berencana menunjungi sebuah tempat, yaitu Jurang Tembelan Jogja dan beberapa tempat lain yang searah Mangunan. Namun apa daya, kami bangun kesiangan, jadinya pukul 06.00 pagi kami pun baru berangkat. 

Cuaca pagi itu di Jogja sangat lah sejuk, tidak ada polusi, nyaman sekali. Tidak ada kemacetan juga, sehingga sekitar pukul 06.45 kita sampai di Jurang Tembelan. Harga tiket masuk Jurang Tembelan sangat murah, yaitu 2000 rupiah dan sudah termasuk biaya parkir motor. Sebelum mengeksplore, saya dan suami mengisi perut di warung dekat sana, kami memesan mie instant, gorengan, dan kopi panas. Walapun terletak di tempat wisata, warung2 di Jurang Tembelan ini tidak mengenakan harga yang tinggi, sehingga membuat kami senang dan respek dengan para pedagang di sana. Setelah sarapan, kami mulai mengeksplore Jurang Tembelan, yang penuh dengan spot-spot unik untuk selfie dan berfoto bersama.

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja




wisata di jogja

wisata di jogja

Itu beberapa foto yang kami ambil, sebenarnya banyak, hanya kurang lebih sama lah foto2nya. 

Tujuan berikutnya, yaitu Lintang Sewu Jogja. Hampir sama kaya Jurang Tembelan, tempatnya juga ga begitu jauh dari Jurang Tembelan. Masuk bayar 2000, sudah temasuk parkir juga. Tempatnya sepi, di beberapa spot selfie dikenakan biaya sekitar 2000 rupiah, namun karena weekday dan sepi, maka tidak dikenakan biaya. Ini saya share beberapa foto-foto di sana.wisata di jogja


 

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

Lintang Sewu ini juga sebenarnya termasuk tempat wisata baru, jadi memang belum terlalu ramai, apalagi kalo weekday. So far sih ya bersih tempatnya, nyaman, dan juga toiletnya bersih dan banyak, jadi aman kalau mau ke toilet, tidak perlu antri lama-lama. 


Setelah mengunjungi Lintang Sewu, kami pun ke daerah pantai, yaitu Parangtritis. Waktu kecil saya pernah berkunjung ke sana, namun karena suami belum pernah ke sana, maka kami pun sepakat untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis. Di Pantai parangtritis ini tidak bayar msuknya, hanya bayar parkir motor saja 2000 rupiah.

wisata di jogja
Tidak banyak aktivitas yang kami lakukan, hanya duduk saja dan menikmati keindahan pantai yang sepi saat weekday.

Kami pun tidak lama juga di Pantai parangtritis, lalu kami kembali ke Jogja, namun sebelumnya, kami pun berkunjung ke Tempo Gelato, tempat kuliner Ice Cream Gellato yang terkenal. Hari itu cukup ramai di sana, dan akhirnya kami pun dapat tempat duduk yang bagus sekali dan instagramable. Harga Ice Cream cukup terjangkau ya, mulai dari 25.000 saja. Soal rasa, menurut ku, sangat enak dan porsinya juga lumayan banyak sesuai dengan harga.

wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja


Tibalah ahri terakhir di Jogja, pagi itu kami berencana ingin ke Candi Borobudur dan Gereja Ayam, namun, jarak untuk ke sana sangat jauh, sedangkan kami akan kembali ke Jakarta pada pukul 18.00. Akhirnya suami saya memilih untuk istirahat di homestay sampai pukul 12.00. Saya pun akhirnya pergi sendiri berkeliling kota Jogja dengan ojek online. Ga usah kuatir teman2, ojek online di sini ga susah kok. Sekaligus saya membili oleh2 bakpia untuk keluarga lain di rumah. Sebelum berbelanja, saya mampir ke Taman Sari Jogja.

wisata di jogja

wisata di jogja


Bermodalkan memint bantuan orang lain, saya pun berhasil mendapat foto di Taman Sari walaupun tidak banyak. Oh iya, untuk harga tiket masuknya yaitu sebesar 5000 rupiah per orang. Untuk parkir kendaraan, nanti akan di arahkan untuk parkir di Depan Keraton Jogja, karena memang Taman Sari ini letaknya masuk ke dalam gang. Dan saat saya ke sana, memang lumayan ramai oleh turis lokal dan mancanegara. 

Akhirnya setelah mengitari kota Jogja dan berbelanja Bakpia, kami pun check out dari homestay dan sambil menunggu pukul 18.00, kami mengunjungi rumah salah satu teman suami saya, jadi lumayan kami ada tempat singgah untuk istirahat.

Itulah pengalaman honeymoon kami. Sederhana tapi berkesan, saya dan suami benar2 mendapat quality time berdua saja. Tidak perlu mahal, yang penting waktu berkualitas. Terima kasih Jogja untuk kenangan dan keindahannya.

 

Tips and Trick

Nah..buat teman2 yang baru saja menikah dan ingin honeymoon dengan biaya murah namun bukan murahan, yuk simak tips dari aku nihh :

  1. Honeymoon tidak harus ke tempat yang jauh menggunakan pesawat. Bisa juga menggunakan kereta api. Kereta api sekarang kondisinya sudah sangat bagus. Baik itu kelas eksekutif ataupun ekonomi.
  2. Carilah homestay atau penginapan yang nyaman. Kalau aku pribadi sih yang peting ada AC dan kamar mandi di dalam.
  3. Jika ingin ke wisata alam, aku sarankan untuk berangkat pagi agar bisa menikmati pemandangan sebelum ramai pengunjung lain
  4. Siapkan snack untuk bekal di jalan
  5. Tidak peru bawa barang terlalu banyak
  6. Berangkat sepagi mungkin agar dapat mengunjungi wisata lainnya
  7. Tidak usah ragu bertanya kepada penduduk lokal
  8. Jaga kebersihan di tempat wisata
  9. Jaga kesopanan di manapun

Where to Stay
Homeyhome Bantul
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.