10 Istilah di Cafe Atau Resto yang Wajib Kamu Ketahui


prita  September 23, 2022  0 Comment

Ada sejumlah istilah di cafe atau resto yang wajib untuk kamu ketahui, khususnya bagi kamu yang suka nongkrong di café atau makan di resto. Café dan resto adalah tempat yang biasa dikunjungi oleh orang-orang saat hendak menyantap suatu hidangan. Bahkan, saat ini pergi ke café ataupun resto juga sudah menjadi sebuah tren tersendiri karena ngga Cuma jadi tempat untuk makan, café dan resto sekarang sering jadi tempat yang dipilih untuk melakukan banyak kegiatan.

Sekarang, banyak orang yang memilih café atau resto untuk menjadi tempat bertemu dengan teman-teman atau mengadakan pertemuan bersama rekan kerja. Banyak juga orang-orang yang datang ke café juga resto untuk sekedar menghabiskan waktu dan menikmati berbagai fasilitas. Nah, untuk kamu yang akan makan di café ataupun resto, pastinya kamu akan menemukan banyak istilah yang mungkin belum kamu ketahui. Sebelum berkunjung, ketahui dulu ya istilah yang sering ditemukan di café dan resto berikut ini.

Istilah Cafe atau Resto yang Harus Kamu Tahu:

1. Dine In

Dine in
celebrities.id

Dine In menjadi istilah di cafe atau resto pertama yang wajib untuk kamu ketahui. Dine In menjadi istilah yang cukup umum ditemukan di banyak tempat makan yang memiliki arti makan di tempat.

Jika kamu pergi ke sebuah café ataupun restoran dan berniat untuk makan langsung di café atau restoran tersebut, maka kamu bisa memilih pilihan dine in. di beberapa restoran atau café, biasanya pelayan akan menanyakan jumlah orang yang akan makan di tempat tersebut dan kamu bisa memilih meja yang tersedia.

Baca juga :  10 Gedung Tertinggi di Indonesia Beserta Info Lengkapnya
Gotravelly

Nongkrong Cantik Di Nara Coffee, Super Instagramable!

Pertama Nongkrong Di Bento Kopi MERR, Langsung Ketagihan!

2. Take Away

Take Away
be.dunigroup.com

Istilah di cafe atau resto yang tak kalah umum ditemukan adalah take away. Take away merupakan kebalikan dari dine in. Jika dine in berarti makan di tempat, maka take away artinya kamu akan membawa pulang makanan tersebut.

Pilihan take away biasanya akan ditanyakan pada pengunjung saat baru mendatangi café atau restoran tersebut. Beberapa café dan restoran juga memiliki kasir dan tempat pemesanan khusus untuk pengunjung yang ingin melakukan take away.

3. Buffet

Buffet
food.detik.com

Pernahkah kamu mendengar istilah buffet? Buffet juga menjadi salah satu istilah di cafe atau resto yang cukup umum digunakan. Buffet merupakan istilah yang merujuk pada konsep penempatan makanan di sebuah restoran yang diletakkan pada sebuah meja panjang.

Di Indonesia, istilah buffet ini dikenal sebagai istilah prasmanan. Di restoran yang menawarkan konsep buffet, pengunjung bisa memilih sendiri menu yang diinginkan. Kamu pun tak perlu menunggu pelayan datang untuk mengantarkan makanan ke meja, tapi kamu sendiri yang mengunjungi meja buffet untuk mengambil menu yang kamu inginkan. Biasanya kasir akan menghitung total tagihan saat pengunjung selesai memilih makanan yang mereka ambil dari meja buffet.

4. Close Bill

Close Bill
blog.provey.id

Istilah di café dan resto yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah Close Bill. Bill merupakan sebuah nota yang berisikan tagihan dari semua makanan dan minuman yang telah dipesan di café atau restoran. Maka, close bill berarti bahwa orang tersebut sudah selesai melakukan pemesanan dan tidak berniat untuk menambah pesanan makanan ataupun minuman.

Kamu bisa melakukan close bill bila kamu sudah tidak ingin memesan lagi di café atau resto tersebut. Jika kamu ingin melakukan close bill, kamu bisa langsung memberi tahu pelayan atau kasir di tempat tersebut.

Baca juga :  7 Cafe Hewan di Dunia Mengajak Berinteraksi dengan Hewan Hewan lucu

5. Close Order

Close Order
pos.toasttab.com

Café atau resto pastinya memilki jam operasional masing-masing. Saat jam operasional café atau restoran tersebut akan berakhir, biasanya mereka tidak menerima lagi pesanan dari pengunjung atau yang dikenal dengan istilah close order.

Kalau café atau resto tersebut telah mengumumkan close order, itu berarti kamu tidak bisa lagi melakukan penambahan pesanan. Close order biasanya disampaikan oleh pelayan restoran kepada para pengunjung beberapa saat sebelum restoran atau café tersebut akan ditutup.

6. Waiting List

Waiting List
touchbistro.com

Istilah café dan resto yang tak kalah penting untuk kamu ketahui adalah waiting list. Saat kamu mengunjungi café atai resto yang sedang penuh oleh pengunjung dan semua meja masih penuh, biasanya pelayan café atau restoran akan menawarkan waiting list.

Waiting list ini berarti kamu harus menunggu beberapa saat hingga ada meja kosong di café atau restoran tersebut. Kalau jumlah pengunjung yang masuk dalam waiting list lebih dari satu, pelayan biasanya akan mencatat nama pengunjung yang lebih dulu sampai. Kamu hanya perlu menunggu sampai namamu dipanggi saat ada meja yang tersedia.

7. Reserved

Reserved
studybahasainggris.com

Reserved merupakan salah satu istilah di café dan resto yang juga cukup sering ditemui di meja. Reserved ini menandakan kalau meja atau tempat tertentu sudah bisa dipesan atau direservasi oleh seseorang.

Biasanya, pelayan akan memberikan tanda reserved pada meja yang sudah dipesan. Tanda ini menunjukkan bahwa meja tersebut tidak bisa digunakan oleh pengunjung lain meskipun masih kosong. Untuk itu, kalau kamu melihat tanda ini di meja, maka kamu harus mencari meja lainnya.

8. Appetizer

Appetizer
orami.co.id

Istilah di café dan resto yang wajib kamu tahu selanjutnya adalah appetizer. Saat melihat daftar menu di café maupun resto, umumnya kamu akan melihat pilihan menu dalam berbagai kategori, salah satunya adalah menu appetizer.

Appetizer merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut menu-menu pembuka yang tersedia di café atau restoran. Menu yang masuk dalam kategori appetizer ini biasanya disajikan dengan porsi kecil dan ditujukan sebagai hidangan pembuka selera serta perangsang nafsu makan sebelum hidangan utama disajikan. Appetizer juga terbagi menjadi dua jeni, yaitu cold appetizer seperti salad buah atau hot appetizer seperti croquette.

9. Maincourse

Istilah di Cafe Atau Resto
epicurious.com

Setelah menyantap appetizer, biasanya pengunjung café atau restoran akan lanjut untuk memesan main course. Main course ini merupakan salah satu istilah di café atau resto untuk menyebut menu-menu yang menjadi hidangan utama. Menu main course ini biasanya disantap saat makan siang atau makan malam.

Baca juga :  7 Tips Bikepacker, Jalan Jalan Aman Dengan Motor Kesayanganmu

Porsi pada menu main course ini akan lebih besar dibandingkan dengan porsi pada hidangan appetizer. Pilihannya juga beragam dan satu porsi main course akan terdiri dari karbohidrat seperti nasi, kentang atau pasta dan dilengkapi dengan protein seperti daging yang juga dilengkapi dengan sayuran.

10. Dessert

Dessert
insanelygoodrecipes.com

Istilah di café dan resto yang terakhir adalah dessert. Setelah menyantap main course, biasanya hidangan selanjutnya yang biasa disantap adalah dessert.

Dessert adalah istilah untuk menyebut menu yang menjadi hidangan penutup atau pencuci mulut. Di beberapa tempat, dessert juga dikenal dengan istilah the final course. Biasanya dessert berupa sajian manis. Ada dua macam dessert yang biasa disajikan di berbagai café atau restoran, yaitu cold dessert dan hot dessert. Cold dessert adalah dessert yang disajikan dalam suhu dingin, seperti es krim, puding atau mousses. Sementara hot dessert adalah dessert yang disajikan dalam suhu hangat seperti apple pie.



Leave a Reply