10 Hal Menarik Wajib Kamu Coba di The Great Barrier Reef Australia


prita  April 29, 2020  0 Comment

Australia memang memang memiliki sejuta wisata menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata alam, kuliner, belanja hingga berwisata sejarah. Tentunya Australia juga memiliki ragam wisata unik yang tak banyak dimiliki oleh negara lain, misalnya saja seperti Great Barrier Reef. Great Barrier Reef atau Karang Penghalang besar merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia. Jumlah karang disini berkisar 3000 karang dan 900 pulau yang membentang 2600 km. Great Barrier Reef berada di Laut Koral, tepatnya di lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Lalu, hal menarik apa saja yang bisa ditemui disana? Berikut ini adalah Hal menarik di Great Barrier Reef yang bisa kamu lakukan

Kegiatan di Great Barrier Reef Australia

1. Menyelam Bersama Paus Minke

menyelam bersama paus minke
blog.queensland.com

Hal menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Great Barrier Reef tentu saja menyelam. Namun, menyelam di perairan ini tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri karena Anda bisa menyelam bersama paus minke kerdil yang menjadi sebuah fenomena unik.

Fenomena migrasi paus minke kerdil ini berlangsung setiap tahun di bulan Juni hingga Agustus. Hewan ramah ini menempuh perjalanan ke utara menuju Pantai Queensland setiap musim dingin untuk berkembang biak, melahirkan dan berenang di perairan tropis. Paus ini akan mendekati penyelam sehingga akan menghadirkan pengalaman menyelam yang luar biasa.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Indah tapi Jarang Diketahui
Gotravelly

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

Explore Taman Bawah Laut Olele, Gorontalo

2. Berjalan di Dasar Laut

 Berjalan di Dasar Laut
seawalker.com.au

Jika berjalan di tepi daratan sudah terlalu biasa, Anda patut untuk mencoba berjalan di dasar laut. Berjalan di dasar laut tentunya bisa menjadi hal menarik yang bisa Anda lakukan di Great Barrier Reef.

Berjalan di dasar laut atau seawalker bisa menjadi pilihan aktivitas untuk menikmati keindahan bawah laut selain dengan menyelam. Anda akan memakai helm selam yang dirancang menutup kepala Anda seluruhnya dalam tabung yang terhubung di permukaan melalui selang udara. Permukaan helm ini sangat jernih sehingga Anda bisa dengan jelas melihat dan mengamati kehidupan bawah laut yang mengagumkan.

3. Menjelajah Bawah Air dengan Kapal Selam Mini

Menjelajah Bawah Air dengan Kapal Selam Mini
divecenterforsale.com

Menjelajah bawah laut dengan cara menyelam memang sebuah kegiatan yang bisasa, namun bagaimana jika menjelajah bawah laut dengan menggunakan kapal selam mini? Tentunya akan menghadirkan kesan yang berbeda.

Menumpangi kapal selam mini ini tentu lebih mudah dibandingkan harus bersiap-siap untuk menyelam ataupun snorkel. Karena ukurannya mini, kapal selam ini hanya berkapasitas dua penumpang dengan satu pemandu. Kapal ini berangkat dari pantai untuk menjelajah keindahan terumbu karang dan melihat ikan-ikan cantik di perairan ini.

4. Skydive

Skydive
thetourspecialists.com.au

Apabila Anda penyuka kegiatan yang memacu adrenalin, melakukan skydive adalah kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan Great Barrier Reef ini. Skydive akan membuat Anda menikmati terumbu karang, hutan dan pantai dari ketinggian higga 15.000 kaki. Tentunya kegiatan ini akan membuat Anda bisa menikmati pemandangan dari sudut yang berbeda.

Tak perlu khawatir jika Anda belum berpengalaman untuk melakukan skydive karena Anda akan ditemani oleh ahli terjun payung yang akan siap menemani Anda.

Baca juga :  10 Tempat Berenang di Alam Bebas Terbaik di Australia

5. Berlayar dengan Kapal Pesiar

Berlayar dengan Kapal Pesiar
prestigeharbourcruises.com.au

Bila Anda bermimpi untuk berlibur dengan menggunakan kapal pesiar, Anda tentu bisa mewujudkannya saat berlibur ke kawasan Great Barrier Reef ini. Anda dan keluarga bisa menyewa kapal pesiar pribadi lengkap dengan krunya.

Dengan menggunakan kapal pesiar, tentu Anda bisa mengunjungi pulau-pulau indah yang memiliki banyak kehidupan alam liar yang unik. Tak hanya itu, Anda juga bisa merasakan berlayar dengan kapal pesiar mewah dan luas dengan pemandangan lautan yang indah sebagai latarnya. Tentunya Anda bisa langsung melompat dari sisi kapal untuk merasakan pengalaman bersnorkel menikmati indahnya terumbu karang.

6. Tidur di Terumbu Karang

Tidur di Terumbu Karang
thetourspecialists.com.au

Tidur di terumbu karang atau Reefsleep Experience adalah salah satu hal menarik yang wajib Anda lakukan jika berkunjung ke Great Barrier Reef. Setelah seharian menyelam, bersnorkel atau berkeliling dengan perahu, tentunya Anda ingin melepas lelah sambil bersantai menikmati pemandangan indah.

Dengan tidur di terumbu karang, Anda bisa tidur sambil menikmati indahnya langit malam ditemani suara deburan ombak. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati malam yang hangat sambil memanggang ikan kemudian langsung menyantapnya.

7. Piknik di Pulau Pribadi

Piknik di Pulau Pribadi
tropicalnorthqueensland.org.au

Di Great Barrier Reef Australia Anda akan menemukan sebuah pulau kecil tak berpenghuni bernama Vlasoff Cay. Pulau ini adalah pulau pasir yang menyembul ditengah laut. Vlasoff Cay hanya muncul saat gelombang surut dan menawarkan pemandangan yang sangat cantik di sekelilingnya.

Disini Anda bisa berpiknik sambil menikmati aneka hidangan lezat ditemani pemandangan laut yang indah. Anda juga bisa berenang atau bersnorkel menikmati terumbu karang di lautan sekitar pulau ini.

8. Melihat Penyu Laut Menetas

melihat penyu laut menetas
inhabitat.com

Penyu laut memang dikenal sebagai salah satu hewan yang hampir punah. Di kawasan Great Barrier Reef Australia ini Anda juga bisa lho melihat secara langsung penyu laut yang bertelur.

Baca juga :  20 Danau Terindah di Australia Pesonanya Bikin Bahagia Jiwa Raga!

Anda bisa berkunjung ke Mon Repos Beach di Bindaberg dimana penyu-penyu laut memendam telur mereka di tepian pantainya. Biasanya mereka bertelur di antara bulan November dan Januari, lalu bulan Januari hingga Maret.

9. Berwisata dengan Seaplane

berwisata dengan seaplane
br.pinterest.com

Apabila Anda tidak cukup berani untuk melakukan Skydive, Anda bisa memilih berwisata dengan Seaplane. Dengan menggunakan pesawat air ini, Anda bisa menikmati Great Barrier Reef dari ketinggian sehingga Anda akan menyadari betapa besarnya terumbu karang ini.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat birunya laut, banyaknya pulau-pulau tersembunyi dan tempat tumbuhnya terumbu karang yang tidak tampak saat Anda berada di permukaan. Pesawat ini akan membawa Anda mengitari terumbu karang yang indah dan besar dimana akan terlihat lebih jelas jika dari udara.

10. Mengendarai Skuter Bawah Air

mengendarai skuter bawah air
greatadventures.com.au

Hal menarik terakhir yang bisa Anda lakukan jika berlibur di Great Barrier Reef Australia adalah mengendarai skuter di dalam air. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa.

Skuter ini bernama Scubadoo. Skuter bermotor kecil dengan kubah pandang yang luas berfungsi sebagagai helm selam lengkap dengan selang udara yang mengarah ke permukaan. Anda cukup naik skuter di perahu ponton yang berlabuh tak jauh dari pantai, kemudian masukkan kepala dalam kubahnya maka Anda bisa langsung menjelajah dengan skuter ini. Tidak susah untuk mengendari skuter ini karena Anda akan ditemani oleh pemandu selam selama perjalanan.

Tentunya masih banyak lagi hal menarik di Great Barrier Reef yang bisa Anda lakukan atau saksikan disana, tapi 10 kegiatan diatas adalah hal yang paling sering direkomendasikan untuk dilakukan. Selamat mencoba.



Leave a Reply