Terpukau Derasnya 10 Air Terjun Paling Indah di Sumatera


Fida  September 28, 2020  0 Comment

Berkeliling menikmati wisata alam di Indonesia menjadi hal menyenangkan yang bisa anda lakukan. Ada banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan indah sekaligus suasana tenang seperti pantai, laut, gunung, hingga air terjun. Saat berada di Sumatera, Anda bisa datang ke berbagai air terjun indah dan menakjubkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut Air Terjun Paling Indah di Sumatera dengan pemandangan memukau

1. Air Terjun Mursala

air terjun mursala
satyawinnie.com

Air terjun Mursala menjadi salah satu air terjun di Sumatera yang menawarkan pemandangan indah dan suasana yang tenang. Air terjun yang satu ini termasuk cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Air Terjun Mursala memiliki keunikan yakni airnya yang mengalir sangat deras dari tebing batu granit dan langsung mengalir ke laut Samudra Hindia.

Air Terjun Mursala memiliki ketinggian yakni 30 meter. Meskipun terbilang tidak terlalu tinggi, namun keindahan air terjun yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Di sekitar Air Terjun Mursala terdapat pulau-pulau kecil yang bisa sekaligus Anda jelajahi saat berada di sana. Aliran air yang deras dan jernih serta pemandangan alam yang luar biasa menjadikan tempat yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

air terjun paling indah

Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

2. Air Terjun Situmurun

air terjun situmurun
ksmtour.com

Pernah mendengar sebutan Air Terjun Situmurun? Air terjun yang satu ini menjadi air terjun di Sumatera yang cukup unik dan menarik untuk didatangi. Pasalnya, air terjun yang satu ini mengalirkan air langsung ke Danau Toba. Sebutan lain dari air terjun yang berada di kabupaten Toba Samosir ini adalah Air Terjun Binangalom.

Untuk menuju ke air terjun yang satu ini, pengunjung harus menaiki kapal dengan menyewa sendiri atau bersama rombongan. Air yang mengalir dari bukit barisan dengan tinggi 70 meter ini sangat memanjakan mata. Suasananya yang sejuk dan alami juga membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan Air Terjun Situmurun.

3. Air Terjun Aek Sijorni

air terjun aek sijorni
fimela.com

Saat berlibur ke Sumatera, sayang rasanya untuk tidak menikmati salah satu wisata alam yang ada di sana. Air Terjun Aek Sijorni menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa Anda datangi saat berada di daerah Tapanuli Selatan.

Karena keindahannya yang luar biasa, air terjun yang satu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan asing maupun penduduk lokal. Air Terjun Aek Sijorni memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah airnya yang selalu jernih meskipun saat musim hujan tiba. Karena airnya yang jernih dan pemandangan indah, salah satu air terjun di Sumatera ini sayang untuk Anda lewatkan.

4. Air Terjun Humogo

air terjun humogo
kompasiana.com

Air terjun humogo menjadi salah satu air terjun di Sumatera yang sayang jika tidak Anda datangi. Lokasinya berada di Desa Fadoro, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Jika Anda mengidamkan datang ke tempat wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan, Air Terjun Humogo bisa menjadi salah satu tujuan.

Untuk menuju kesana, pengunjung tidak perlu repot-repot karena akses jalan cukup mudah dilalui. Disediakan jalan setapak serta tangga yang sudah dicat warna-warni dan instagramable. Segar dan jernihnya aliran air terjun sayang untuk tidak dicoba. Pengunjung bisa merasakan sensasi pijat saat berada di bawah air terjun.

5. Air Terjun Dua Warna

air terjun dua warna
blog.airpaz.com

Air Terjun Dua Warna menjadi salah satu tempat wisata alam yang unik dan bisa Anda datangi. Lokasinya berada di daerah Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Sesuai dengan namanya, pengunjung bisa menikmati aliran air terjun yang terbagi menjadi dua warna.

Bukan hanya warnanya saja yang unik, aliran air terjun juga memiliki yang berbeda yakni hangat dan dingin. Meskipun lokasinya cukup terpencil dan diapit oleh hutan, tetapi tetap banyak wisatawan yang penasaran dan ingin datang ke Air Terjun Dua Warna. Tidak jarang wisatawan asing juga penasaran dan memutuskan untuk datang ke air terjun dengan panorama indah ini.

6. Air Terjun Hulu Banda

air terjun hulu banda
kidalnarsis.com

Air Terjun Hulu Banda menjadi salah satu air terjun di Sumatera yang menawarkan pemandangan indah. Lokasinya berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Air Terjun Hulu Banda berada di Sungai Batang Hulu Banda yang dikenal dengan alirannya yang sangat jernih.

Pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang sangat deras dan jernih serta panorama disekitarnya yang luar biasa. Adanya tebing dan pepohonan yang mengelilingi kawasan air terjun ini menjadikan suasana semakin sejuk dan alami. Jika Anda menginginkan untuk datang ke tempat wisata alam yang tenang, air terjun yang satu ini bisa menjadi tujuan yang tepat.

7. Air Terjun Nyarai

air terjun nyarai
jalanjalanyuk.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan keindahan Air Terjun Nyarai. Lokasi dari air terjun yang satu ini berada di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Air Terjun Nyarai menawarkan air dengan warna hijau yang indah dipandang. Tidak hanya itu, adanya tebing-tebing di sekitar air terjun juga menjadikan pemandangan semakin indah. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari berfoto, berenang, hingga berkemah. Adanya pepohonan juga membuat suasana semakin rindang dan sejuk. Air Terjun Nyarai jadi salah satu Air Terjun di Sumatera yang sayang untuk tidak Anda datangi.

8. Air Terjun Lembah Anai

air terjun lembah anai
indonesiakaya.com

Air Terjun Lembah Anai yang menjadi salah satu air terjun di Sumatera dengan pemandangan yang menakjubkan. Lokasinya yang berada di tepi jalan raya Padang – Bukittinggi menjadikan air terjun ini terbilang unik. Air Terjun Lembah Anai masuk ke dalam cagar alam Lembah Anai.

Karena keindahan pemandangan serta keunikannya, air terjun yang satu ini cukup populer di kalangan wisatawan. Tidak heran jika Air Terjun Lembah Anai selalu ramai pengunjung. Air terjun dengan ketinggian 60 meter ini memiliki pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

9. Air Terjun Langkuik Tamiang

air terjun langkuik tamiang
sengpaku.blogspot.com

Salah satu air terjun di Sumatera yang sayang untuk tidak didatangi adalah Air Terjun Langkuik Tamiang. Lokasi air terjun yang satu ini berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Keindahan yang dimiliki oleh air terjun dengan tinggi 100 meter ini tidak perlu diragukan lagi.

Bagi Anda yang hobi berpetualang, datang ke air terjun yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Adanya aliran yang lebih dari satu atau berjajar di tebing menjadikan pemandangan semakin memukau.

10. Air Terjun Lubuk Batang

air terjun lubuk batang
analisariau.com

Ada banyak sekali air terjun di Sumatera yang menawarkan pemandangan indah, salah satunya adalah Air Terjun Lubuk Batang. Air terjun yang satu ini beralamat di kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Jika dilihat, Air Terjun Lubuk Batang memiliki keunikan yang berbeda dengan air terjun lainnya. Pengunjung akan disuguhkan dengan air terjun yang diapit dengan dua tebing batu. Di sekitar air terjun juga terdapat pasir yang menyerupai pasir pantai. Hal itulah yang menjadikan Air Terjun Lubuk Batang sangat unik dan sayang untuk dilewatkan.



Leave a Reply