9 Tempat Wisata Pantai di Tuban Buat Instagrammu Lebih Berwarna


Reni  August 7, 2018  0 Comment

Wisata Pantai Tuban- Tuban adalah salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur, banyak yang menyebut bahwa Tuban adalah Kota Wali, ini dikarenakan banyak terdapat makam para Wali dan dikabarkan bahwa ini adalah salah satu kota Jawa yang menjadi pusat penyebaran Agama Islam.

Tuban, bukan hanya menjadi tempat wisata religi, namun juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik, bahkan menyimpan sejumlah pesona alam yang amat luar biasa. Salah satu yang menarik adalah wisata pantainya.

Selain tempat wisata, di sini juga tersedia berbagai makanan dan minuman khas Tuban yang sangat pas untuk anda yang ingin wisata kuliner. Namun, kali ini kita hanya akan membasah wisata pantai Tuban. Lalu, apa saja wisata pantai Tuban yang bisa anda kunjungi? Berikut ulasannya:

1. Pantai Boom, Tuban

Pantai Boom

tubanid.blogspot.com

Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Tuban adalah pantai boom, uniknya ketika anda memasuki kawasan ini anda akan langsung menemukan pintu masuk yang bentuknya sangat unik yaitu berbentuk seperti layar perahu dengan hiasa hamparan taman.

Tahukah anda, bahka di taman ini tepatnya bagian depan, anda akan melihat dua bangunan yang berbentuk pendapa dengan prasasti yang berada di bagian dinding bangunan terkait sejarah pantai ini. Dulu, pantai ini menjadi jalur pelayaran niaga dan juga sebagai pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari dan juga Majapahit. Dan bahkan sampai pada masa penyebaran Agama Islam di Jawa.

Saat anda akan masuk, melalui pentu gerbang utama untuk membeli tiket, anda akan melihat keindahan karya arsitektur yang berbentuk relief tentara tar tar tepatnya di sebelah kiri gerbang dan anda juga akan melihat relief ronggolawe di sebelah kanannya.

Baca juga :  10 Klenteng Tertua di Indonesia Destinasi Wisata Religi Tenangkan Hati

Masih di pintu gerbang anda sudah melihat keindahan tempat wisata ini, lain lagi anda memasukinya, anda juga akan terus melihat keindahan pantai ini. Selain pintu masuk, tidak jauh dari situ and akan melihat sebuah sumber air tawar yang airnya terus saja mengalir, dulu katanya itu adalah sumur tua peninggalan Belanda, namun ada juga yang menyebutkan ini adalah peninggalan Wali.

Ketika memasuki kawasan pantai, anda akan melihat keindahan taman-taman yang masih alami, dengan hiasan pepohonan yang rindang. Di sini anda bisa melakukan aktivitas seperti jogging, jalan-jalan santai, atau hanya sekedar menimati suasana pantai.

Selain itu, di sekitar pantai ada jalan yang menjorok ke arah laut, anda bisa menjadikan jalan ini untuk akses menikmati panoram laut, anda juga bisa memanfaatkan gazebo untuk melihat pemandangan saat matahari baik terbit maupun akan terbenam. Yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan.

review kuliner

Tertawan Pantai Remen, Bali Nya Kota Tuban

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

2. Pantai Kelapa Payung, Tuban

Pantai Kelapa Payung

guneman.co

Sesuai dengan namanya, pantai ini terdapat banyak sekali pohon kelapa yang memberikan keindahan yang mana daunnya melambai-lambai di sepanjang pantai. Pantai ini berlokasikan di desa Panyuran, Kecamatan Palang yang jaraknya tidak cukup jauh, sekitar 6 km dari pusat kota. akan tetapi, pantai ini terlihat tersembunyi karena berada di sebuah perkampungan.

Di pantai ini, kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai nelayan, pantai ini juga sangat indah, teduh dan masih sangat alami. Selain itu juga, pantai ini dijadikan tempat untuk berkemah. Jadi sangat pas untuk anda yang ingin merasakan berkemah dengan teman.

3. Pantai Cemara dan Mangrove Center

Pantai Cemara dan Mangrove Center

gotuban.blogspot.com

Pantai ini sama juga dengan yang lainnya yang menawarkan keindahan yang sangat luar biasa, yang mana di tepi pantainya berjajaran pohon cemara yang sangat rindang. Di sini anda bisa berteduh sambil menikmati keindahan alamnya.

Baca juga :  10 Taman Bunga Tulip Dari Seluruh Dunia Mulai Asia Hingga Eropa

Selain pohon cemara, anda juga akan melihat begitu banyak mengrove yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur. Untuk bisa ke pantai ini, tidak perlu ada biaya, yang pastinya gratis. Namun anda hanya akan di kenakan biaya penggunaan listrik dan air bersih saja. ada banyak fasilitas yang tersedia, mulai dari gazebo, pondok dan sebagainya salah satunya Wi-Fi juga.

Anda bisa bermain air, karena di sini pantainya cukup dangkal, dan ombaknya juga tidak terlalu besar. Anda juga bisa berkemah di sini bersama teman atau keluarga. Sangat asyik bukan, jadi tunggu apalagi liburan ke pantai Tuban.

4. Pantai Sowan

Pantai Sowan

alampriangan.com

Pantai ini berlokasikan di Jl. Pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Wisata pantai di Tuban ini mempunyai pemandangan alam yang selain indah juga eksotis. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Wana Wisata Sowan. Di pantai ini juga terdapat kawasan hutan di tepi pantainya dengan luas sekitar 32 h. Ada banyak jenis pepohonan yang tumbuh dengan subuh di kawasan pantai ini, seperti pohon trembesi, pohon klampis, dan terakhir pohon mahoni. Dan tahu kah anda bahwa pantai ini di kelola oleh KPH Perhutani Tuban.

Adanya pepohonan ini membuat suasana pantai menjadi sejuk sehingga pas dijadikan sebagai tempat bersantai. Selain itu, anda juga bisa melakukan kemah di tempat ini.

5. Pantai Remen

Pantai Remen

esokharinanti.com

Pantai Remen, salah satu tempat wisata pantai di Tuban yang letaknya ada di Desa Remen Kecamatan Jenu. Sama seperti pantai lainnya, pantai ini juga menyudukan pemandangan yang sangat indah, yang mana pasirnya berwarna putih cerah. Selain itu, anda juga akan melihat danau besar dikelilingi oleh pohon cemara laut.

6. Goa Ngerong

Goa Ngerong

kanalindonesia.com

Selain pantai, goa juga menjadi salah satu objek wisata yang banyak di minati oleh para wisatawan. Di gao ini para pengunjung akan menyaksikan ruabuan kelelawar yang bergantungan di atap goa.

Baca juga :  Rekomendasi Pantai di Bogor yang Aksesnya Paling Mudah

Selain pesona keindahannya, goa ini juga menyimpan banyak mitos atau misteri yang sampai saat ini masih belum terkuak terutama tentang ikan tawes dan kura-kura putih yang terdapat di sebuah kolam keci di dalam goa.

Untuk bisa menyusuri goa, anda akan menaiki perahu karet sambil menikmati ribuah ikan di dasar sungai dan juga di atap ada kelelawar yang bergantungan. Dan di kedalaman sekitar 100 meter, anda akan melihat air terjun. Sunggug sangat menakjubkan bukan? Jadi jangan lewatkan objek wisata yang satu ini jika ke Tuban.

7. Goa Akbar

Goa Akbar

kanalwisata.com

Selain goa ngerong, anda juga bisa mengunjungi goa akbar yang katanya dulu pernah menjadi tempat tinggal Sunan Kalijaga sebelum bertobat menuju jalan yang benar sesudah beliau bertemu dengan Sunan Bonang.

Goa ini sangat banyak pengunjungnya, karena memang letaknya yang berada di belakang Pasar Baru, Tuban. Tempat ini dikelola dengan sangat baik, sehingga sudah lengkap dengan penerangan dan jalan paving. Dengan adanya penerangan, anda dengan mudah bisa menikmati keindahan dalam goa tersebut. Di sini tersedia fasilitas seperti mudhola, [aseban wali, tempat berwudhu dan sebagainya.

8. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

nurrochma.com

Goa ini sangat terkenal dengan ornamennya. Ornamen tersebut diantaranya stalaktit, stalakmit, pillar, gordyn, soda trav, flow stone dan banyak lagi yang tidak dimiliki oleh goa yang lain. Untuk bisa ketempat ini, memang cukup sulit, karena harus melewati hutan dan juga jaraknya sangat jauh serta berkerikil di sepanjang 2 km. Namun, anda akan tetap bisa ke tempat ini walaupun melelahkan karena keindahannya yang sangat luar biasa. Selain itu, goa ini mempunyai 9 ruangan, dilengkapi dengan ornamen bebatuan yang seragam.

9. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

gotuban.blogspot.com

Terakhir tempat wisata yang bisa anda kunjungi yaitu air terjun nglirip yang sangat populer di Kabupaten Tuban. Objek wisata ini mempunyai banyak keindahan yang sangat menakjubkan, mulai dari air sunganya yang berwarna biru tosca, air terjunnya yang memiliki ketinggian lebih 30 meter, dan banyak lagi.

Itulah beberapa tempat wisata pantai Tuban, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin berwisata.



Leave a Reply