Jelajahi 20 Tempat Wisata di Goa, India Pesonanya Tiada Duanya


prita  November 24, 2021  0 Comment

Goa merupakan salah satu Negara bagian India yang tidak terlalu besar, namun memiliki keistimewaan tersendiri. Kawasan ini memang terkenal dengan destinasi wisata berupa pantai yang indah dan spektakulaer. Padahal tak hanya pantai, disini kamu juga bisa menemukan tempat wisata lainnya di Goa, India yang mempu menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Goa, kamu bisa menyimak daftarnya berikut ini.

1. Candolim Beach

Chandolim Beach
tourmyindia.com

Tempat wisata di Goa, India yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Candolim Beach. Pantai Candolim merupakan sebuah pantai yang diapit oleh kedai makanan, pub dan beberapa tempat perbelanjaan.

Berada di kawasan Goa Utara, pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan disana. Disini kamu bisa bermain banana boat, snorkeling, jet ski, parasailing, hingga scuba diving.

Gotravelly

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

2. Palolem Beach

Palolem Beach
thrillophilia.com

Palolem Beach juga menjadi salah satu tempat wisata di Goa, India yang wajib untuk kamu kunjungi. Pantai yang berlokasi di Canacona ini menjadi salah satu pantai paling indah di Goa.

Di sisi utara pantai dikenal lebih aman karena pasang surut agak lebih tenang. Namun, jika kamu ingin mencoba berbagai kegiatan air yang seru, kamu bisa berkunjung ke sisi selatan pantai karena pasang surutnya tidak pasti. Kamu yang hanya ingin bersantai pun bisa menyewa gubuk-gubuk di tepi pantai yang mewah dan menawarkan berbagai fasilitas yang membuatmu seolah berada di rumah.

3. Vagator Beach

Vagator Beach
thrillophilia.com

Berada di pinggiran utara Bardez Taluka, tepatnya di seberang Sungai Chapora, Vagator Beach menjadi salah satu tempat wisata terindah di Goa, India. Pantai Vagator ini juga terkenal di kalangan wisatawan karena menawarkan pemandangan yang menawan.

Vagator Beach ini dihiasi dengan tebing merah indah yang terdapat mata air tawar. Di sebelah kanan pantai ini terdapat Pantai ini tak hanya menawarkan pemandangan menawan untuk berlibur, namun disini juga dilengkapi dengan banyak kios kecil yang menjual pakaian, makanan dan berbagai souvenir cantik.

4. Butterfly Beach

Butterfly Beach
omnycanvas.com

Tempat wisata populer di Goa, India yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Butterfly Beach. Butterfly Beach ini berada di utara Palolem Beach dan untuk mencapainya kamu harus menaiki kapal fery dari Pantai Palolem. Namun, jika kamu tak ingin menaiki fery, kamu bisa mencoba trekking di sekitar hutan lebat di sekitar pantai.

Butterfly Beach ini juga dikenal sebagai Honeymoon Beach karena banyak pasangan yang datang kesini untuk berbulan madu karena lokasinya yang terpencil. Menariknya, saat air laut surut disini kamu bisa menyaksikan beragam biota laut yang indah, seperti ikan merah, ikan mas, landak laut dan teripang yang berkeliaran.

Sesuai dengan namanya, di pantai ini kamu juga bisa melihat jutaan kupu-kupu menari. Bahkan, kamu bisa meihat sekilas lumba-lumba yang berenang di tengah laut.

5. Ashvem Beach

Ashvem Beach
thegoavilla.com

Negara bagian Goa memang terkenal dengan keindahan pantainya yang akan memanjakan wisatawan. Salah satu pantai yang terkenal memiliki keindahan adalah Ashvem Beach.

Pantai yang berada di Goa Utara Distrik Pernem ini memang cukup strategis karena berada di Antara Pantai Morjim dan Pantai Mandrem. Ashvem Beach menjadi salah satu tempat wisata di Goa, India yang cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki hamparan pasir putih yang luas serta pohon palem eksotis yang tumbuh di pinggiran pantai ini. Disini kamu bisa memancing dan menikmati langsung nikmatnya hasil laut dari pantai ini. Namun, kamu yang ingin bersantai di tepian pantai ini pun juga bisa karena di pinggiran pantai ini banyak ditemukan café.

6. Galgibaga Beach

Galgibaga Beach
mouthshut.com

Tempat wisata di Goa, India yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Galgibaga Beach. Pantai Galgibaga ini memang disebut sebagai pantai paling sempurna dengan garis pantai yang tenang dan sempurna.

Pantai Galgibaga ini memiliki pasir berwarna keperakan dengan air jernih dan barisan pohon kelapa serta pohon pinus. Menariknya lagi, pantai ini juga menjati tempat bersarang Kura-kura Ridley Zaitun yang terkenal. Meskipun tidak ada kegiatan olehraga air yang bisa kamu lakukan disini, namun kamu masih bisa bersantai karena suasana pantai ini yang tenang.

7. Colva Beach

Colva Beach
tourmyindia.com

Berada di tepi desa pesisir yang kuno di Goa, Colva Beach ini merupakan tempat liburan yang megah bagi semua wisatawan. Pantai yang membentang sepanjang 2,4 kilometer ini memiliki pasir putih yang mencolok berpadu dengan ombak biru kehijauan serta barisan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Pantai Colva ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang indah. Saat kamu berkunjung kesini, kamu akan merasakan pengaruh Portugis terhadap daerah ini yang sangat signifikan, pasalnya sejak tahun 1600an orang kaya Inggris dan Portugis menganggap Pantai Colva ini sebagai tempat liburan utama. Maka tak perlu heran jika disini kamu akan menemukan banyak hotel, gazebo dan toko-toko kecil di sekitar pantai.

8. Grand Island

Grand Island
goatourspackage.com

Bila kamu pecinta olahraga air, maka kamu layak untuk datang ke Grand Island. Grand Island ini merupakan salah satu pulau yang menjadi salah satu tempat wisata populer di Goa, India.

Grand Island ini menawarkan banyak sekali kegiatan air yang seru dan bisa membuatmu ketagihan, seperti memancing, snorkeling dan scuba diving. Tentunya menyelam menjadi olahraga air paling favorit disini karena menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut. Tak hanya bisa menemukan ragam biota laut yang indah, namun kamu juga bisa menemukan Bangkai kapal yang sangat populer.

9. Chapora River

Chapora River
goatourspackage.com

Tempat wisata di Goa, India memang tak melulu soal pantai. Disini kamu juga bisa menemukan salah satu wisata susur sungai yang menarik untuk kamu coba, yaitu Chapora River.

Chapora River ini membentang di sepanjang bagian utara Goa dan akhirnya bersatu dengan Laut Arab. Sungai ini memiliki arus ir yang sempurna sehingga cocok untuk melakukan arung jeram atau bermain kayak. Bahkan, kamu bisa melakukan wisata dengan kapal pesiar sambil menikmati beberapa sajian nikmat di atas kapal. Ditambah lagi kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam saat menyusuri indahnya Sungai Chapora ini.

10. Anjuna Flea Market

Anjuna Flea Market
pinterest.com

Kalau kamu hobi berbelanja, kamu juga bisa menemukan salah satu tempat wisata belanja di Goa, India yang wajib untuk kamu singgahi, yaitu Anjuna Flea Market. Pasar ini cukup menarik karena hanya beroperasi pada pertengahan November hingga April.

Anjuna Flea Market ini dulunya merupakan pasar loak, namun sekarang pasar ini telah berubah menjadi salah satu pasar yang kerap dikunjungi wisatawan. Disini kamu akan menemukan kios-kios yang menjajakan aneka pernak-pernik, kios makanan dan minuman. Tak perlu khawatir soal harga karena harga disini cukup terjangkau.

11. Chapora Fort

Chapora Fort
thrillophilia.com

Tempat wisata di Goa, India yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang suka berwisata sejarah. Chapora Fort telah lama menjadi salah satu daya Tarik di Goa bagi para wisatawan.

Benteng Chapora ini dibangun pertama kali pada tahun 1717 di tepi Sungai Chapora sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah di sekelilingnya. Benteng ini mengarah langsung ke laut sehingga pemandangan dari bentengnya sangat indah. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk mejelajahinya atau sekedar berfoto sambil mengagumi keindahan pemandangannya.

12. Fort Aguada

Fort Aguada
thegoavilla.com

Selain Chapora Fort, kamu akan menemukan benteng lain yang merupakan warisan Portugis bernama Fort Aguada. Fort Aguada ini juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Goa, India yang wajib untuk kamu kunjungi.

Benteng yang dibangun pada tahun 1612 ini menghadap ke Laut Arab yang indah. Benteng Aguada dibangun untuk memberikan pertahanan terhadap Belanda dan Marathas yang datang untuk menyerang.

Benteng ini memiliki 79 meriam dan senjata pertahanan lainnya. Tak hanya itu, ada mercusuar tua yang berdiri di dalam benteng tersebut. Benteng Aguada ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

13. Bondla Wildlife Sanctuary

Bondla Wildlife Sanctuary
aravindgundumane.com

Tempat wisata di Goa, India berikutnya adalah Bondla Wildlife Sanctuary. Bondla Wildlife Sanctuary ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang menarik untuk seluruh anggota keluarga karena cukup berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Bondla Wildlife Sanctuary ini merupakan sebuah suaka margasatwa terkecil di Goa dan sangat terkenal di kalangan anak-anak serta pecinta lingkungan. Di suaka ini kamu bisa menemukan sejumlah spesies flora dan fauna. Spesies hewan dan tanaman yang bisa ditemukan disini beberapa diantaranya cukup langka di India. Area suaka ini hanya seuas 8 kilometer persegi, sehingga wisatawan bisa menjelajahinya dalam sehari.

14. Bhagwan Mahavir Sanctuary

Bhagwan Mahavir Sanctuary
thrillophilia.com

Bhagwan Mahavir Sanctuary ini merupakan habitat alami yang dilindungi dan juga menjadi salah satu tempat wisata terindah di Goa, India. Memiliki luas hingga 240 kilometer persegi dan berlokasi di Ghats India Barat, di perbatasan Goa dan Kanataka.

Bhagwan Mahavir Sanctuary ini disebut-sebut sebagai suaka margasatwa tersebsar di Goa dan menjadi rumah bagi Air Terjun Dudhsagar yang terkenal, Kuil Tambdi Surla dan Devil’s Canyon. Tak hanya itu, suaka ini juga menampung berbagai tanaman dan satwa lainnya yang unik serta khas.

15. Dudhsagar Waterfalls

Dudhsagar Waterfall
insider.in

Dudhsagar Waterfalls juga menjadi salah satu tempat wisata di Goa, India yang wajib untuk kamu kunjungi. Menempati peringkat pertama sebagai air terjun tertinggi di India, Dudhsagar Waterfalls ini memiliki ketinggian hingga 310 meter di atas permukaan tanah dengan empat tingkatan.

Pemandangan yang ditawarkan di sekitar air terjun ini memang sangat menawan. Air Terjun Dudhsagar ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini adalah sata musim hujan karena saat itu debit airnya akan deras. Kamu bisa berenang di sekitar air terjun ini dengan menyewa jaket pelampung yang disediakan.

16. Verna Springs

Verna Springs
whatshot.in

Tempat wisata di Goa, India yang satu ini tak hanya menawarkan pemandangan indah, namun juga memiliki cerita unik dibaliknya, wisata ini bernama Verna Springs atau yang juga dikenal sebagai Kesarval Springs.

Verna Springs ini merupakan sebuah mata air yang indah. Disebut sebagai Kesarval karena konon  ada elang yang bersarang di dekat mata air ini. Namun Elang tersebut kemudian hilang namun mata air menyembur keluar di Antara bebatuan besar serta pohon hijau. Verna Springs ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi, khususnya bagi kamu yang suka ketenangan sambil menikmati keindahan alam yang indah.

17. Arvalem Waterfall

Arvalem Waterfall
thrillophilia.com

Salah satu tempat wisata terindah di Goa, India yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Arvalem Waterfall. Air terjun cantik ini berada di Sanquelim, Goa Utara dan cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Harvalem Waterfall ini memiliki kolam alami yang cukup besar dan luasnya hampir seluas danau. Hal inilah yang membuat air terjun ini menarik dan indah untuk dikunjungi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Arvalem ini adalah saat musim gugur karena pemandangan yang ditawarkan sangat menawan.

Air terjun ini juga telah dikembangkan menjadi tempat wisata yang aman bagi pengunjung karena telah diberi pagar pelindung sehingga pengunjung tetap bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan jarak aman namun pemandangannya cukup indah. Terlebih, air terjun ini juga dikeliling Kuil Rudreshwar yang megah.

18. Sri Mahadeva Temple

Sri Mahadeva Temple
youtube.com

Kuil Sri Mahadeva merupakan salah satu kuil tertua di Goa yang dipersembahkan kepada Dewa Siwa. Konon, kuil ini dibangun oleh Menteri Raja Ramachandra dari Dinasti Yadava, Hemadri, namun memiliki pengaruh arsitektur Dinasri Kadamba.

Tempat wisata di Goa, India ini juga menjadi tempat suci di bagian dalamnya, yaitu adanya Shiva Linga yang dipasang di sebuah alas. Tak hanya itu, ada juga patung Nandi tanpa kepala yang dikenal sebagai kendaraan Dewa Siwa di bagian tengah yag dikelilingi oleh empat kolom. Masyarakat setempat percaya jika ada king cobra besar yang duduk secara permanen di dekat Shiva Linga.

19. The Church of Our Lady of Immaculate Conception

The Church of Our Lady of Immaculate Conception
travelexpert.wiki

The Church of Our Lady of Immaculate Conception ini merupakan sebuah kapel tertua di Goa yang berlokasi di Panjim. Kapel ini dibangun dengan gaya Barok Portugis dan berad di atas bukit.

Geraja ini juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Goa, India yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena diketahui menampung lonceng gereja terbesar kedua di Goa. Lonceng-lonceng ini diketahui telah berasal dari reruntuhan The Church of Our Lady of Grace yang ada di kota tua Goa.

Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1541 kemudian strukturnya digantikan pada tahun 1600an dengan yang lebih besar. Bangunan gereja ini dicat berwarna putih dengan tangga ganda zigzag ke puncak bukit. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dan saat malam hari gereja akan menyala dengan indahnya.

20. Bom Jesus Basilica

Bom Jesus Basilica
haolidify.com

Tempat wisata di Goa, India yang terakhir adalah Bom Jesus Basilica. Gereja ini merupakan salah satu gereja di Goa yang memiliki gaya bangunan ala barok.

Gereja yang dibangun pada tahun 1594 ini berada sekitar 10 kilometer dari Panjim. Gereja ini juga telah dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena keindahannya. Di dalam gereja ini kamu bisa melihat lantai yang terbuat dari mosaic marmer dengan bebatuan berharga sehingga memberikan tampilan yang indah. Interior dari gereja ini juga dihiasi dengan layar yang membentang dari lantai ke langit dengan gambar St Ignatius Loyola yang melindungi Bayi Yesus.



Leave a Reply