10 Goa Terpanjang Di Asia Tenggara, Sebagian Besar Ada di Negara Kita


Reni  June 21, 2022  0 Comment

Kawasan Asia Tenggara memang dikenal dengan alamnya yang begitu eksotis, Anda bisa mendapati ada banyak tempat wisata berupa laut, gunung, hingga gua yang ada di Asia Tenggara. Kali ini akan dibahas mengenai goa-goa yang ada di Asia Tenggara, atau lebih tepatnya adalah Goa terpanjang di Asia tenggara. Goa-goa tersebut tentunya merupakan goa hasil ciptaan alam yang kemudian ditemukan oleh manusia dan karena bagian dalamnya yang begitu panjang akhirnya banyak menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia datang untuk menjelajahinya secara langsung. Berikut ini beberapa Goa terpanjang di Asia tenggara :

1. Goa Lawa Di Jawa Timur

goa lawa
kec-watulimo.trenggalekkab.go.id

Goa pertama yang masuk ke dalam daftar Goa terpanjang di Asia tenggara adalah Goa Lawa yang ada di daerah Trenggalek, Jawa Timur. Goa ini memiliki  panjang keseluruhan mencapai 50 km. Lawa dalam bahasa Jawa dilafalkan sebagai Lowo yang berarti Kelelawar. Goa ini berada sejauh 30 km dari pusat kota  Trenggalek atau tepatnya berada di Desa Watuagung yang ada di Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Karena adanya sungai bawah tanah maka goa yang bisa dijelajahi oleh wisatawan hanya sekitar 859 m saja, sedangkan untuk menjelajahi keseluruhan goa tentunya harus melakukan penyelaman di sungai bawah tanah tersebut yang tentunya berbahaya. Goa ini ditemukan pada tahun 1931 dan dinobatkan sebagai Goa terpanjang di Asia tenggara oleh dua orang ahli goa dari Prancis, Gilbert Mantovani dan juga Kingston Kho yang melakukan penelitian di tahun 1985.

Gotravelly

Menyusuri Pantai Goa Cina Malang, Sepi Banget!

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

2. Shuanghe Cave Di Tiongkok

shunghae cave
ecns.cn

Goa kedua yang menjabat sebagai salah satu Goa terpanjang di Asia tenggara adalah Shuanghe Cave atau Goa Shuanghe yang berlokasi di Tiongkok. Shuanghe Cave berlokasi tak jauh dari kota Wenquan yang berada di Kabupaten Suiyang, Provinsi Guizhou, Negara Tiongkok. Keseluruhan panjang dari goa ini mencapai 283.284 meter. Di dalam goa tersebut ada banyak sekali hal menarik yang ditemukan seperti misalnya sumber air hingga fossil panda raksasa pun ditemukan di dalamnya. Hingga saat ini belum semua titik di dalam goa yang dijelajahi oleh peneliti, jika terus ditelusuri bisa jadi ada banyak fossil hewan lainnya yang ditemukan di dalamnya.

3. Goa Air Jernih Di Malaysia

goa air jernih
travel.kompas.com

Selanjutnya ada goa Air Jernih yang tidak hanya dinobatkan sebagai salah satu Goa terpanjang di Asia tenggara namun juga menempati posisi ke 9 goa terpanjang di dunia. Goa Air Jernih ini berada di Taman Nasional Gunung Mulu, Sarawak di Negara Malaysia. Goa ini memiliki panjang sekitar 224 km, maka tak heran jika goa ini termasuk ke dalam goa terpanjang di dunia. Jika Anda berkesempatan datang ke Sarawak maka jangan lupa untuk menjelajahi goa yang satu ini.

4. Goa Tabuhan

goa tabuhan
tribunnewswiki.com

Meski goa ini bukanlah yang terpanjang di Asia Tenggara, namun ada banyak hal unik yang membuat goa ini termasuk ke dalam Goa terpanjang di Asia tenggara. Goa ini terkesan mistis dengan bebatuan di dalamnya yang bisa mengeluarkan bunyi nyaring seperti suara gamelan, oleh karena itulah goa ini disebut Goa Tabuhan. Goa ini berada di Pacitan, Jawa Timur. Di dalamnya juga ditemukan berbagai peralatan batu yang usianya mencapai 10.000 tahun.

5. Goa Gong

goa gong
nativeindonesia.com

Goa Gong juga bisa dikatakan sebagai salah satu Goa terpanjang di Asia tenggara dan juga dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Goa tersebut di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang begitu indah, bebatuan di dalamnya bisa mengeluarkan bunyi besar seperti gong. Goa ini berada di Desa Bomo, yang berjarak sekitar 140 km dari kota Solo.

6. Goa Dawung

Goa Terpanjang Di Asia Tenggara
pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Lagi-lagi Goa terpanjang di Asia tenggara terletak di kawasan Jawa Timur atau tepatnya di Hutan Dawung, Desa Piton yang lokasinya tidak begitu jauh dari Goa Tabuhan. Di dalam Goa Dawung ini terdapat sumber mata air yang jernih dan menjadi salah satu daya tarik goa tersebut.

7. Goa Kalak

goa kalak
kompasiana.com

Masih berada di kawasan Pacitan, Jawa Timur terdapat Goa terpanjang di Asia tenggara yang dikenal mistis yang diberi nama Goa Kalak. Konon Gua Kalak sering menjadi tempat pertapaan bagi orang-orang, salah satunya Raden Brawijaya yang berasal dari Kerajaan Majapahit adalah salah satu tokoh yang bertapa di goa tersebut. Goa tersebut dihiasi oleh stalakmit dan stalaktit yang tinggi. Bahkan di sebut-sebut bahwa Presiden Kedua Indonesia juga pernah melakukan pertapaan di goa tersebut.

8. Luweng Ombo

goa luweng ombo
cnnindonesia.com

Jika sebelumnya yang disebutkan Goa terpanjang adalah goa terpanjang secara horizontal, maka berikut ini ada Luweng Ombo yang merupakan goa terpanjang secara vertical. Goa ini juga berada di daerah Pacitan dan terbentuk sekitar 1,8 juta tahun yang lalu secara alami. Diameter mulut goa Luweng Ombo ini mencapai 50 meter dan semakin ke dalam diameternya semakin luas hingga mencapai 170 meter. Goa ini dinobatkan sebagai salah satu Geopark yang ada di daerah Gunung Sewu. Bagi Anda yang suka bertualang, maka Goa Luweng Ombo ini patut untuk dijelajahi namun harus dengan perlengkapan keselamatan yang lengkap dan didampingi oleh instruktur berpengalaman.

9. Luweng Jaran

goa luweng jaran
travel.kompas.com

Goa Luweng Jaran saat ini baru belasan kilometer saja yang berhasil dipetakan, karena posisinya yang susah dijangkau dan letaknya maka belum semua kawasan dalam Goa tersebut mampu dijelajahi. Goa Luweng Jaran juga merupakan goa yang terbentuk dari proses alami sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Goa ini berada dekat dengan daerah Wonosari.

10. Song Terus

goa song terus
tempatwisata.pro

Goa Song Terus merupakan salah satu kawasan Geopark di Gunung Sewu Pacitan, Gunung ini menarik perhatian bukan hanya karena menjadi salah satu Goa terpanjang di Asia tenggara namun juga karena menjadi saksi prasejarah di Pacitan. Goa tersebut merupakan pusat kehidupan manusia purba ribuan tahun yang lalu. Ada salah satu fosil manusia purba yang fenomenal yang ditemukan di dalamnya berusia 10 ribu tahun yang diberi nama Mbah Sayem yang merupakan pria berusia 40 sampai 50 tahun yang saat ditemukan sedang dalam posisi berbaring, di tangannya tergenggam alat dari batu dan tulang. Di sekeliling fosil Mbah Sayem juga terdapat banyak fosil kepala dari monyet ekor panjang.

Setelah diperhatikan ternyata sebagian besar Goa terpanjang di Asia tenggara berada di Indonesia atau tepatnya di daerah Pacitan, Jawa Timur, maka dari itu Pacitan sering disebut sebagai kota 1000 goa. Goa-goa tersebut tidak hanya panjang, namun juga indah dan memiliki keunikannya masing-masing. Untuk Anda yang suka dengan penjelajahan alam liar maka sebaiknya mencoba untuk menjelajahi goa-goa tersebut satu persatu ketika Anda sedang berada di daerah-daerah dimana Goa terpanjang di Asia tenggara ini terletak. 



Leave a Reply