19 Tempat Wisata Pantai di Blitar yang Paling Bagus dan Hits


Reni  August 2, 2018  3 Comments

Wisata Pantai di Blitar – Menyebut kota Blitar, apa yang ada dalam pikiran kita? sontak kita akan ingat Presiden Indonesia pertama yang menghabiskan masa kecilnya disini. Ya, Blitar adalah kota dan sekaligus kabupaten yang lekat dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat bersejarah di kota ini di akhir pekan sekaligus bertandang ke beberapa destinasi wisata yang dimiliknya.

Anda para pecinta pantai dan ingin mengunjungi pantai indah disini? Banyak lho pantai indah di Blitar mulai dari yang umum sampai yang baru-baru ini ditemukan dan terletak di kabupaten ini. Jadikan destinasi pantai di Blitar sebagai tempat tujuan wisata yang menarik di akhir pekan dengan keunikan masing-masing yang dimilikinya.Berikut referensi wisata pantai Blitar yang bisa Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya bersama keluarga

 

1. Pantai Jolosutra

Pantai Jolosutra

jejakpiknik.com

Bagi kalian yang ingin menikmati pantai dengan suasana yang bersih, rapi, and sepi, pantai Jolosutra adalah jawabannya. Pantai ini berlokasi di desa Ringinrejo kecamataan Wates. Jika di tempuh dari pusat kota Blitar, Anda bisa menempuh perjalanan selama 45 menit untuk sampai di pantai yang terletak di teluk kecil ini. Kenapa Blitar begitu kaya akan pantai? Sebab kota atau kabupaten ini di bagian selatan langsung berbatasan dengan Samudra Hindia.

Gotravelly

Pantai Umbul Waru Yang Eksotis

Lezatnya Kuliner Bakso Pak Irul Di Kebonrojo Kota Blitar Jawa Timur

 

2. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

pasirpantai.com

Jika pantai Jolosutra berpasir hitam, lain halnya dengan pantai tambakrejo yang hadir di tengah-tengah kita dengan warna pasir yang berwarna kecoklatan. Pantai ini adalah pantai favorit yang berlokasi di Tambakrejo Wonotirto yang bisa di tempuh dengan jarak lebih kurang 30 menit dari pusat kota Blitar.

Pantai Tambakrejo hadir dengan pasir yang indah. Ombaknya pun terbilang sedang dan aman, dengan bibir laut yang dangkal. Bagi Anda and si kecil yang ingin bermain-main di bibir pantai ini, cukup aman. Tersedia begitu banyak warung makanan di kanan kiri pantai dan adapula ruang ganti bagi para wisatawan. Dijamin, Anda akan merasakan serunya wisata pantai Blitar yang satu ini.

3. Pantai Pasetran Gondomayit

Pantai Pasetran Gondomayit

jejakpiknik.com

Dari namanya, Anda mungkin merasakan pantai ini adalah pantai yang serem dan menakutkan. Pantai Pasetran Gondomayit bisa Anda temukan satu desa dengan pantai sebelumnya yaitu Pantai Tambakrejo. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Tambakrejo yang bisa Anda jumpai dengan melalui bukit dan sungai kecil ke arah timur. Beda sekali dengan namanya dimana di pantai ini Anda akan mendapati keindahan alami pantai yang luar biasa.

4. Pantai Serang

Pantai Serang

jejakpiknik.com

Wisata pantai Blitar yang satu ini berlokasi di desa Serang, Panggung Rejo. Dari pusat kota, Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit lamanya dengan menggunakan sepeda motor. Apa yang menarik dari pantai ini adalah pasirnya yang hitam warnanya, sepi, dan bersih sekali. Anda akan merasakan betapa menariknya tempat wisata yang satu ini untuk dikunjungi bersama anak-anak dan aman untuk dijadikan tempat bermain. Anda tidak perlu khawatir akan ombaknya sebab pantai ini cenderung tenang ombaknya.

Baca juga :  15 Tempat Outbound Jogja yang Recommended, Terbaik!

Yang menarik dari Pantai Serang ini adalah bagiannya yang seolah dibagi menjadi tiga bagian karena dipisahkan oleh bukit karang. Dari atas, Anda akan menyaksikan indahnya landscape pantai ini dan bisa Anda abadikan untuk foto.

5. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo

explorewisata.com

Wisata pantai Blitar yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Peh Pulo. Pantai ini hadir dengan warna pasir yang kecoklatan, bersih, dan indah. Berlokasi di Sumbersih, Penggung, pantai ini seperti halnya pantai Serang yang kaya akan karang dan bisa Anda saksikan keindahannya dari atas bukit. Ya, Anda bisa meng-eksplor betapa indahnya Pantai Peh Pulo dari atas bukit.

Perlu di ingat bahwa, pantai ini tidak seperti pantai-pantai sebelumnya yang kecil ombaknya. Ombak di pantai ini terbilang besar dan perlu hati-hati bagi Anda yang membawa serta anak-anak ber-wisata pantai Blitar tepatnya di pantai Peh Pulo ini.

Pantai Peh Pulo tersusun dari 3 gugusan pantai, yaitu pantai Wedhi Ciut, Wedhi Kembar, dan Wedhi Ombo yang bisa Anda eksplor keindahannya lebih jauh lagi.

6. Pantai Pangi

Pantai Pangi

tipswisata.co

Pantai Pangi bisa di bilang pantai yang sepi dari kunjungan wisatawan. Kenapa? yang jelas bukan karena tidak indah. Melainkan karena lokasinya yang cukup sulit di akses. Yang menarik dari pantai yang berlokasi di TumpakKepuh, Bakung ini memiliki pantai berwarna ke-abu-an yang indah dan bersih. Dari pusat kota, Anda bisa sampai di lokasi ini dengan menempuh jarak selama 40 kilometer dimana di sekeliling pantai terdapat begitu banyak bukit yang indah.

7. Pantai Gayasan

Pantai Gayasan

inilahblitar.blogspot.com

Wisata pantai Blitar yang satu ini berlokasi sama dengan pantai Pangi. Pantai ini berlokasi di desa TumpakKepuh, Bakung dengan warna pasir yang berwarna kecoklatan. Hati-hati saat mengajak anak-anak berwisata di pantai ini sebab pantai Gayasan memiliki ombak yang tergolong besar dengan jarak lebih kurang 1 kilometer dari pantai sebelumnya.

Yang menarik dari pantai ini adalah adanya sungai kecil di pinggir pantai. Anda sekeluarga bisa menikmati serunya bermain di air sungai itu atau di pantainya sehingga Anda akan merasakan serunya berwisata disini.

8. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

manusialembah.com

Pantai Umbul Waru adalah pantai yang tidak bisa Anda lewatkan saat ber-wisata pantai Blitar. Pantai ini berlokasi di desa Sidomulyo, Bakung. Yang menarik dari pantai Umbul Waru adalah akses jalannya yang sulit. Anda harus melalui sebuah tebing dengan cara menempuh tangga darurat. Untuk sampai di tempat parkirnya, Anda harus menempuh perjalanan sendiri agar sampai di tempat parkir dengan sedikit susah payah.

Akan tetapi, risiko selama perjalanan menuju pantai itu segera terbayar sudah sebab adanya air terjun yang begitu menawan di sebelah baratnya. Anda bisa menyaksikan keindahan air terjun itu dari dekat khususnya saat air terjun sedang surut.

9. Pantai Keben

Pantai Keben

youtube.com/watch?v=uzpD8a2a0pw

Sama seperti pantai Umbul Waru yang sulit di akses. Pantai ini berlokasi di Ngadipuro Wonotirto dengan akses perjalanan yang cukup sulit. Anda butuh perjuangan ekstra untuk sampai di pantai dengan pasir berwarna kecoklatan ini.

Baca juga :  27 Makanan Khas Jawa Timur Wajib Dicoba Rasanya Nagih Mas

Setibanya di pantai, Anda akan merasakan serunya berwisata di wisata pantai Blitar yang satu ini yang kaya akan pasirnya yang kecoklatan dengan ombak yang tenang, dan dengan pantai yang bersih dan indah.

10. Pantai Pasur

Pantai Pasur

id.worldorgs.com

Pantai di Blitar yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Pasur. Pantai Pasur ini berlokasi di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Blitar dan menjadi salah satu pantai yang populer di Blitar.

Pantaiberada di ujung paling barat Blitar dan berbatasan langsung dengan Tulungagung ini memiliki pasir hitam. Meskipun begitu sama sekali tidak mengurangi keindahan dari pantai ini. Pantai Pasur ini memiliki bibir pantai yang luas memanjang sehingga sangat memanjakan pengunjung. Meskipun begitu, anda harus ekstra hati-hati jika akan bermain disana karena ombaknya yang cukup besar.

11. Pantai Jebring

Pantai Jebring

campatour.com

Berwisata di Blitar, tentunya belum lengkap jika belum berkunjung ke Pantai Jebring ini. Pantai Jebring merupakan salah satu pantai di Blitar yang menawarkan pemandangan menawan dan bisa menyegarkan pikiran.

Sama halnya dengan Pantai Pasur, Pantai Jebring juga memiliki pasir hitam sebagai ciri khasnya. Dulunya, di pantai ini dilakukan kegiatan penambangan pasir besi, namun izin operasionalnya tidak lagi diperpanjang oleh pemerintah setempat sehingga dihentikan. Namun sekarang anda bisa melihat bekas sisa-sisa jejak penambangan pasir besi hitam dengan jelas. Disamping itu, ragam aktivitas bisa dilakukan di pantai ini, seperti berkemah. Jika ingin berkemah disini, anda tak perlu khawatir untuk mencari makanan karena di kawasan pantai ini sudah ada warung penjual makanan yang bisa anda beli.

12. Pantai Ngloncor

Pantai Ngeloncor

allnewsplatform.wordpress.com

Pantai di Blitar yang wajib masuk dalam daftar kunjungan anda selanjutnya adalah Pantai Ngloncor. Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan pasir hitam yang memiliki pemandangan indah dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya di Blitar.

Disebut sebagai Pantai Ngloncor karena pantai ini memiliki tebing yang menjorok ke lautan, yang mana dalam Bahasa Jawa disebut Ngloncor. Tebing ini yang menjadi ciri khas dari Pantai Ngloncor ini dan membuatnya berbeda dengan pantai lainnya di Blitar. Istimewanya lagi, pantai ini masih sangat alami dan akses untuk menuju pantainya tergolong penuh tantangan. Namun, pemandangan yang ditawarkan sungguh sangat menawan. Anda bisa menikmati indahnya air laut berwarna biru sambil bersantai diatas tebing.

13. Pantai Pudak

Pantai Pudak

jelajahblitar.com

Pantai Pudak juga menjadi salah satu wisata pantai di Blitar yang wajib untuk dikunjungi. Pantai yang berada di kawasan Ngadipuro, Blitar Selatan ini memiliki pasir berwarna putih yang alami dan bersih.

Keindahan pantai ini memang cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Meskipun begitu, perjalanan untuk menuju ke pantai ini sangat ekstrim dan dibutuhkan tenaga lebih untuk menuju kesana. Namun, pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini mampu menghapus rasa lelahmu begitu saja.

14. Pantai Dung Dowo

Pantai Dung Dowo

facebook.com

Berada di kawasan yang sama dengan Pantai Pudak, Pantai Dung Dowo juga wajib untuk anda kunjungi saat berlibur ke Blitar. Pantai ini juga berada di Desa Ngadipuro dan lebih dulu terkenal dibandingkan Pantai Pudak.

Pmasuk dalam daftar pantai di Blitar yang wajib untuk dikunjungi. Pantai ini diapit oleh dua karang besar yang membuatnya terlihat semakin indah dan menarik. Anda bisa duduk diantara bebatuan karang di tepian pantainya sambil menikmati pemandangan laut yang indah di depan mata.

Baca juga :  8 Makanan Tradisional Jawa Terkenal Paling Enak

15. Pantai Princen

Pantai Princen

travellersblitar.com

Pantai di Blitar yang satu ini juga masuk dalam daftar pantai yang lokasinya masih berada di Desa Ngadipuro. Pantai Princen ini merupakan salah satu pantai yang memiliki goa di bibir pantainya.

Pemandangan pantai yang ditawarkan juga masih sangat alami sehingga pengunung bisa menikmati indahnya Pantai Princen selayaknya pantai pribadi. Pemerintah setempat masih belum mengelola pantai ini dengan maksimal sehingga masih jarang pengunjung yang datang ke pantai ini. Pantai Princen ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur dengan suasana pantai yang tenang.

16. Pantai Serit

Pantai Serit

jelajahblitar.com

Pantai Serit menjadi salah satu pantai di Blitar yang masih alami dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini berlokasi di balik tebing sebelah barat Pantai Serang, di Kecamatan Panggungrejo, Blitar.

Lokasinya yang tersembunyi inilah yang membuat Pantai Serit jarang dikunjungi oleh wisatawan, pasalnya untuk menuju kesana pengunjung harus berjalan kaki mendaki tebing yang jaraknya sekitar 400 meter atau bisa juga berjalan memutari area tambak udang dan melewati lahan tebu. Namun anda tak perlu khawatir karena setelah itu semua lelah akan terbayar dengan keindahan pantai ini yang masih asri dan suasananya yang tenang sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

17. Pantai Benelan

Pantai Benelan

wonderfulngadipuro.wordpress.com

Pantai di Blitar yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Benelan. Pantai Benelan ini merupakan salah satu pantai berpasir putih di Blitar yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

 memiliki pemandangan yang indah dan kondisi pantainya yang masih bersih. Disini anda bisa bermain ombak di tepi pantainya dengan leluasa. Sayangnya, pantai ini masih belum dikelola dengan baik sehingga jika anda akan berkunjung kesini anda harus mempersiapkan perbekalan karena tidak ada warung di kawasan Pantai Benelan ini.

18. Pantai Banteng Mati

Pantai Banteng Mati

nazama.blogspot.com

 menjadi salah satu pantai di Blitar yang wajib untuk anda singgahi. Pantai ini juga masih berada di kawasan Desa Ngadipuro dan menjadi satu kawasan dengan pantai-pantai lainnya.

 menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan ombak khas pantai selatan yang besar namun tetap syahdu. Pantai Banteng Mati ini memang memiliki suasana yang lebih tenang dibandingkan dengan pantai lainnya, maka tak heran jika tempat ini cocok untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Akses untuk menuju ke Pantai Banteng Mati ini memang cukup sulit, namun akan terasa sangat menyenangkan bagi anda yang suka berpetualang. Apalagi pada akhir petualangan anda akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang sangat indah.

19. Pantai Bakung

Pantai terdekat

jelajahblitar.com

Pantai di Blitar yang terakhir adalah Pantai Bakung. berada di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah dengan pantai lainnya.

Pantai Bakung memiliki pemandangan khas dengan latar belakang perbukitan yang berjajar dengan indahnya. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki cekungan-cekungan berisikan air laut yang terlihat banyak terumbu karang serta biota laut lainnya. Pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini tentunya sangat memanjakan mata. Namun, butuh perjuangan lebih untuk bisa sampai ke pantai ini karena jalannya yang cukup ekstrim. Tentunya anda harus mempersiapkan kendaraan serta tenaga ekstra untuk menuju ke pantai ini.

Nama-nama pantai diatas hanyalah sebagian dari banyaknya pantai yang ada di Blitar khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Pantai tersebut bisa Anda jadikan lokasi tujuan untuk berwisata bersama teman-teman atau bersama sanak kerabat di akhir pekan.

Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai pantai yang bersangkutan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama berada di lokasi tujuan. Anda sekeluarga akan merasakan serunya weekend di pantai-pantai indah di Blitar yang sudah disebutkan diatas. Selamat berakhir pekan.



Leave a Reply

3 Comments
  1. Roro hera says:

    Berapa price perpaket wisata nya ya

  2. Arif says:

    yang paling dekat denga kota blitar pantai apa ya kak ?