Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

7 Makanan Khas Blitar Rasanya Cetar


sisil angelin  June 25, 2019  0 Comment

Blitar salah satu kota di Jawa Timur ini tidak hanya dikenal dengan makam Sang Plokamator saja, tapi juga banyak tempat wisata menarik di dalamnya. Belum lagi, kuliner khas yang menggugah selera. Mengunjungi Blitar tidak hanya cukup jalan – jalan saja, tapi juga harus mencoba berbagai masakan khas yang menggoyang lidah dan mengenyangkan perut. Nah berikut ini beberapa makanan khas Blitar yang harus dicoba saat berkunjung ke sini.

1. Rujak cingur

pesona.travel


Jawa Timur memang terkenal dengan makanan rujak cingur. Tidak hanya di Surabaya, rujak cingur Blitar pun juga menjadi makanan khas yang wajib dinikmati. Rujak cingur sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari lidah sapi. Kemudian ditambah dengan beberapa bahan lainnya, seperti kerahi, mentimun, lontong, taoge, tahu, tempe, kangkung, kacang panjang, bengkoang, nanas, mangga muda dan kedondong.
Bahan utama berupa lidah sapi dengan bahan – bahan tambahan lainnya kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, cabai, bawang goreng, garam, petis udang dan potongan pisang klutuk. Rujak cingur Blitar tentunya sangat enak dan gurih. Belum lagi, buat kamu yang suka pedas, rasanya sangat enak. Dijamin, lidah kamu akan dimanjakan oleh cita rasa menggugah selera ini. Untuk menemukannya juga tidak terlalu sulit, hampir setiap jalan ada penjual rujak cingur.

2. Nasi Ampok

Nasi Ampok merupakan makanan tradisional jaman dahulu. Di kota Blitar, nasi ampok merupakan makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, di beberapa kota lainnya sangat jarang ditemui nasi ampok ini. Nasi ampok sendiri merupakan nasi jagung. Nasi ini menjadi makanan pokok pengganti beras dengan bahan dasar jagung.
Bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa menamuinya di sekitaran alun – alun kota Blitar. Belum lagi, harganya yang sangat murah. Cuma 4 ribu saja, kamu bisa menikmati seporsi nasi ampok yang menggugah selera. Cukup bersahabat untuk liburan hemat, bukan?
Untuk menambahkan cita rasa nasi ampok, makanan ini akan sangat nikmat apabila disantap dengan sambal tomat, sayur rebus dan ikan asin. Kalau sudah lengkah, dijamin mulut kamu nggak akan berhenti mengunyah. Pastinya sangat mantap!

3. Tahu bumbu Lawu

Siapa yang tidak kenal dengan tahu bumbu? Masakan khas Jawa Timur yang berbahan dasar tahu dan disiram dengan saus kacang yang gurih. Nah, tahu bumbu Lawu menjadi makanan khas di Blitar yang sayang untuk dilewatkan. Tahu bumbu ini sama seperti tahu bumbu pada umumnya.
Tahu bumbu Lawu memiliki racikan dari potongan lontong, tauge, kerupuk, sambal, bawang goreng dan tahu setengah matang. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang menambah selera makan kamu. Mungkin tampilannya cukup sederhana, tapi rasanya juga sangat enak dan gurih.
Nah, tahu bumbu Lawu bisa kamu temui di Jalan Lawu Blitar. Tempat tersebut menjadi rekomendasi menikmati tahu bumbu dengan cita rasa khas Blitar.

4. Wajik Klentik

tokomesin.com

Wajik klentik menjadi salah satu oleh – oleh khas Blitar yang banyak diburu oleh para pelancong. Maka tidak heran, makanan khas Blitar ini selalu laris manis. Wajik klentik sendiri merupakan makanan yang berasal dari beras ketan yang dicampurkan dengan gula kelapa. Bahkan, untuk membuatnya semakin menarik, bungkus wajik klentik tidak pernah berubah sejak dahulu. Wajik klentik hanya dibungkus secara sederhana menggunakan daun jagung kering.
Rasa dari wajik klentik sengat gurih dan manis. Belum lagi, daun jagung kering yang membungkusnya akan menambah cita rasa dari wajik klentik. Sekali gigit, pasti ingin nambah terus. Belum lagi dengan tekstur kletik – kletik yang menyenangkan saat dikunyah. Bukan hanya untuk oleh – oleh saja, wajik klentik juga banyak disajikan pada acara hajatan atau acara penting lainnya. Jadi tidak salah beli wajik kletik saat mengunjungi Blitar?

5. Pecel

unileverfoodsolutions.co.id


Mungkin setiap kota di Indonesia bisa dengan mudah menemukan yang namanya pecel. Namun di Blitar, nasi pecel menjadi makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, nasi pecel di kota Blitar sedikit memiliki perbedaan daripada nasi pecel pada umumnya. Perbedaan yang paling menonjol terletak pada rasanya. Di mana, nasi pecel Blitar memiliki rasa yang tidak terlalu manis cenderung gurih. Selain itu, kacangnya dihaluskan dengan sangat lembut.
Bahan – bahan untuk nasi pecel di Blitar sama seperti pada umumnya. Di mana, ada kacang tanah sangrai, kencur, cabai rawit, bawang putih, daun jeruk purut, garam, gula merah dan asam Jawa. Untuk isian nasi pecel Blitar juga sama dengan yang lainnya, yakni kacang panjang, taoge, daun pepaya, sayur hijau dan rempeyek kacang atau teri.

6. Uceng goreng

putratravel.net

Uceng sendiri adalah sejenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai. Bentuk dari ikan yang satu ini adalah bulat memanjang dan memiliki ukuran kira – kira sebesar jari kelingking saja. Walaupun hanya ikan kecil saja, uceng bisa diolah dengan berbagai kudapan yang menggugah selera. Mulai dari uceng goreng, bothok uceng hingga sayur uceng.
Di Blitar sendiri terkenal dengan uceng gorengnya yang sangat gurih dan enak. Belum lagi, kamu menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal tomat pedas. Dijamin sekali mencoba, kamu akan terus ketagihan. Nah, salah satu tempat yang menyajikan uceng goreng ada Warung Uceng Sukaria yang ada di Jalan Cokropati.
Bukan hanya digoreng saja, uceng juga dijadikan peyek yang enak, renyah dan gurih. Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Cukup mencampurkan tebung sagu, beras , daun jeruk, santan dan uceng. Baru kemudian di goreng. Peyek uceng bisa jadi oleh – oleh kamu saat berlibur ke Blitar. Pastinya, peyek uceng bisa jadi camilan istimewa saat bersama keluarga.

7. Geti

Makanan khas Blitar yang terakhir sekaligus oleh – oleh saat berlibur ke sini adalah Geti. Mungkin bagi orang luar, nama ini sangat aneh dan asing terdengar. Geti sendiri merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari gula merah, kacang dan wijen. Bahkan, jajanan tradisional dari Blitar Ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.
Maka tidak heran, banyak wisatawan dan para pelancong datang ke Blitar untuk berburu jajanan tradisional ini. Bahkan, masyarakat Blitar pun juga sangat menyukai makanan yang satu ini. Pokoknya, geti adalah makanan khas Blitar yang paling banyak diburu.
Bukan hanya sebagai oleh – oleh saja, orang Blitar sendiri sering menyajikan geti pada acara – acara penting, seperti lebaran hingga acara pernikahan. Rasa dari geti sendiri sangat manis dan gurih. Saat mengunyahnya akan ada sensasi lengket – lengket di gigi. Tapi, tetap saja geti bikin nagih siapapun yang memakannya.
Itulah beberapa makanan khas Blitar yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Blitar. Masih banyak makanan dan minuman khas Blitar yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, saat berkunjung ke Blitar, jangan lupa sempatkan diri mencoba kuliner Blitar yang menggoda selera!



Leave a Reply