10 Tempat Berenang di Alam Bebas Terbaik di Indonesia


prita  June 26, 2020  0 Comments

Belakangan ini memang lagi hits berenang di infinity pool yang tersedia di hotel-hotel berbintang. Selain infinity pool, menghabiskan waktu dengan berenang di alam terbuka juga tak kalah seru, lho. Tak hanya membuat badanmu lebih segar, pikiranmu juga akan menjadi lebih segar dengan memandang keindahan alam disekitarnya yang luar biasa. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati berenang di alam bebas, 10 spot ini bisa kamu jadikan jujugan sebagai tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia.

1. Danau Labuan Cermin, Berau

Danau Labuan Cermin
ksmtour.com

Tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia yang pertama ada di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau. Kolam renang alami ini dijuluki sebagai Danau Labuan Cermin.

Sesuai dengan namanya, Danau Labuan Cermin ini memiliki air berwarna biru yang sangat jernih dan bersih seolah cermin. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun sehingga menimbulkan suasana yang tenang dan segar. Hal ini tentunya akan menambah sesansi seru saat berenang disini.

Gotravelly

Vihara Buddha Tidur Mojokerto: Terbesar Di Indonesia!

Explore Shinjuku, Kawasan Hectic Tokyo Dengan Pemandangan Kota Yang Menakjubkan

2. Kalibiru, Papua Barat

kalibiru papua barat
akurat.co

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan spot berenang yang satu ini. Sungai Kalibiru ini bisa dibilang menjadi hidden gem nya Papua. Pasalnya, keindahan sungai ini benar-benar luar biasa seperti ada di negeri dongeng.

Sungai indah ini menjadi salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan. Sama halnya dengan Danau Labuan Cermin, Kalibiru juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi sehingga menghadirkan suasana tenang dan sejuk. Hal ini dikarenakan sungai ini berada tersembunyi di balik hutan yang lebat. Tentunya, saat berenang disini kamu bisa merasakan sensasi seru yang berbeda dan mampu membuatmu lupa waktu.

3. Gua Kristal, Kupang

gua kristal kupang
eljohnnews.com

Gua Kristal yang berada di Kabupaten Kupang ini juga menjadi salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia. Gua ini menyimpan kolam alami yang airnya sangat jernih kebiruan dan sangat bersih.

Untuk mencapai ke kolam alami ini memang dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, namun itu semua akan terbayar setelah tiba di kolamnya. Kejernihan air di kola mini tentu akan membuatmu lupa akan lelahnya perjalanan yang kamu tempuh untuk mencapai tempat ini. Karena kejernihan airnya pula yang membuat dasar gua ini terlihat sangat jelas.

4. Gua Hawang, Maluku Tenggara

 Gua Hawang
phinemo.com

Tak hanya Gua Kristal di Kupang saja yang menyimpan kolam alami tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia, Gua Hawang di Kabupaten Maluku Tenggara ini pun memiliki kolam alami yang tak kalah indah.

Kolam alami yang berada di dalam Gua Huwang ini sangat jernih dan terlihat kebiruan. Tak hanya itu, kolam ini juga menawarkan pemandangan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Tentunya pemandangan tak biasa ini akan membuat pengalamanmu berenang di alam bebas terasa istimewa. Meskipun banyak cerita mistis yang beredar di daerah sini, namun berenang di kolam alami ini tentu akan membuatmu lupa akan segala cerita mistis.

5. Gua Rangko, Manggarai Barat

 Gua Rangko
florespristinetour.com

Masih seputaran kolam alami di dalam gua. Kali ini kamu bisa menemukan salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia di Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Kolam alami ini berada di dalam Gua Rangko atau masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Gua Buaya.

Meskipun namanya Gua Buaya, kamu tak perlu khawatir akan bertemu buaya disini karena di gua ini sama sekali tidak ada buaya. Tentunya kamu bisa berenang dengan tenang di kolam alaminya dengan pemandangan stalakmit dan stalaktit yang indah disini. Istimewanya lagi, gua ini masih jarang ditemui oleh wisatawan sehingga kamu bisa merasakan airnya yang jernih dan bersih juga suasana yang tenang dan damai.

6. Angel’s Billabong, Klungkung

angel's billabong klungkung
wemovedabroad.com

Meskipun namanya terdengar sangat internasional, namun tempat ini masih berlokasi di Indonesia, lho. Angel’s Billabong berada di kawasan Nusa Penida, Bali yang cukup terkenal dengan tebing-tebing dan lautannya yang indah.

Angel’s Billabong menjadi salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia karena menyuguhkan pemandangan lautan dengan ombaknya yang besar menghantam tebing-tebing indah. Spot kolam alami ini tentu mampu membuatmu betah berlama-lama berenang disini, apalagi kolam alami ini sangat instagramable untuk tempat berfoto.

7. Segara Anakan, Malang

segara anakan malang
macigo.com

Di Malang, kamu juga bisa menemukan salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia, yaitu Segara Anakan. Segara Anakan ini berada tersembunyi di di Pulau Sempu yang tertutup hutan belantara.

Segara Anakan telah terbentuk berjuta-juta tahun lalu dan saat ini menjadi cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit karang yang tinggi sehingga membuat ombak laut selatan yang besar tidak masuk. Tentunya kamu masih tetap bisa berenang di danau air asin ini dengan sedikit percikan ombak yang masuk melalui lubang pada bukit karang. Air dari Segara Anakan ini pun sangat cantik berwarna hijau toska berpadu dengan hijaunya hutan yang mengelilinya membuat suasana berenang di danau ini terasa menyenangkan.

8. Blue Lagoon, Sleman

 Blue Lagoon
explorewisata.com

Blue Lagoon yang satu ini berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan dikenal sebagai salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia. Kolam alami ini memiliki nama asli Pemandian Tirta Budi, namun dijuluki sebagai Blue Lagoon karena memiliki air yang jernih berwarna biru yang indah.

Pemandian ini menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata dan kesegaran airnya tentu menyegarkan tubuh. Air yang mengalir di pemandian ini berasal dari mata air asli yang bersih. Tak hanya itu, pemandian ini juga kelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun dan hijau sehingga menghadirkan suasana yang sejuk dan tenang.

9. Air Terjun Mata Jitu, Sumbawa

Air Terjun Mata Jitu
dejournal.id

Tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia yang satu ini bisa kamu temukan di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini mendapat julukan sebagai Queen Waterfall karena mendiang Putri Diana pernah berkunjung kesini dan menikmati liburan di kolam alami di air terjun ini.

Hal inilah yang membuat air terjun ini tak hanya terkenal oleh wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara. Disini, kamu bisa menikmati pemandangan cantik dari air terjun yang debit airnya deras dan turun melalui undakan batu stalakmit dan stalaktit. Airnya tentu sangat berning dan bersih serta membentuk kolam alami dibawahnya yang tak kalah menawan. Kolam alami ini dikelilingi oleh pohon-pohon rindang sehingga kegiatan berenang kamu terasa lebih seru dan segar.

10. Bah Damanik, Pematang Siantar

 Bah Damanik
paperkampung.com

Tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Bah Damanik. Kolam renang alami ini berlokasi di kawasan Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar. Tempat ini cocok sekali buat kamu yang ingin berenang di kolam alami dan jauh dari hingar binger perkotaan.

Susana alami yang segar masih terjaga keasriannya tentu bisa membuat pikiran dan tubuh kamu menjadi lebih segar. Airnya yang jernih tentu bisa membuatmu betah berlama-lama berenang disini. Tak hanya berenang atau berendam, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati sejuknya udara di kawasan ini sambil sesekali berfoto.



Leave a Reply

One Response
  1. winna says:

    Wuih gambarnya extrem-extrem banget, pengen nyemplung rasanya. Gmana nih jalan-jalan dalam kondisi sekarang ini ya? jadi sedih ga bsa kemana-mana