10 Tempat Wisata di Teheran Bikin Liburanmu Lebih Berkesan


Reni  March 27, 2019  0 Comment

Pada kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata di Teheran. Teheran adalah ibukota Iran. Posisi negara Iran adalah terletak antara Teluk Persia dengan Laut Kaspia. Negara Iran tersebut berbatasan dengan negara Irak, juga negara Turki, dan negara Armenia, serta negara Azerbaijan, dan juga negara Turkmenistan, serta negara Afghanistan dan juga negara Pakistan. Mata uang yang berlaku di Iran adalah real.

Setiap tahunnya negara Iran ini dikunjungi oleh sekitar 5 juta orang wisatawan dari berbagai negara. Cuaca di Iran meliputi empat musim, yakni ada musim panas dan musim saljunya juga. Negara Iran selain pantai juga memiliki kawasan pegunungan. Para wisatawan yang datang ke Iran selain berkeliling ibukota Teheran biasanya juga mengunjungi kota-kota lain di Iran yakni seperti kota Hamedan, juga kota Isfahan, serta kota Qom, juga kota Shiraz dan lain sebagainya. Iran dulunya dikenal sebagai Persia dengan riwayat sejarahnya yang sudah terkenal ke seantero dunia. Pada salah satu kota tertua di Iran, yakni kota Hamedan, terdapat reruntuhan dari zaman Medes, sedangkan di kota Isfahan yang cantik terdapat banyak bangunan dengan arsitektur yang indah, di kota tersebut juga terdapat pasar malam yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan dan selalu ramai. Sedangkan di Qom yang adalah kota yang paling disakralkan di Iran ini para wisatawan muslim syiah bisa melaksanakan kunjungan wisata religi. Adapun Shiraz adalah kota dengan taman yang memiliki banyak koleksi bunga mawar, di kota ini para wisatawan juga bisa mengunjungi reruntuhan Persepolis. Sedangkan di Teheran para wisatawan bisa sepuasnya menjelajah berbagai museum yang ada di kota ini, terdapat sekitar 61 museum di kota Teheran. Teheran juga disebut sebagai kota seribu kubah dan juga kota taman karena banyak terdapat taman di kota ini, selain juga karena banyak terdapat bangunan berarsitektur dengan kubah, termasuk juga pada bangunan masjid-masjid yang terdapat di kota Teheran ini.


1. Jembatan Tabiat

Jembatan Tabiat
akdn.org


Jembatan Tabiat tersebut menghubungkan dua buah taman yang terpisahkan oleh jalan raya. Jembatan yang berkelok ini adalah karya arsitek Iran Leila Araghian pada saat usianya masih 26 tahun. Jembatan Tabiat ini diresmikan pada tahun 2014. Para wisatawan termasuk wisatawan perempuan dapat secara aman melakukan wisata malam di kawasan ini, karena kejahatan terhadap wanita seperti pemerkosaan akan dihukum mati, dan waktu terbaik untuk mengunjungi jembatan Tabiat ini adalah pada sore dan malam hari, yakni ketika sunset atau waktu terbenamnya matahari tiba sehingga gemerlap lampu kota Teheran terlihat cantik. Ada aturan berpakaian yang wajib dipatuhi oleh para wisatawan selama berkunjung ke Iran ini, yakni berpakaianlah yang layak dan sopan, yakni bagi lelaki dengan menggunakan celana panjang dan bagi wanita memakai kerudung kepala.

Review tempat wisata

Ice Cream 1 Dollar Orchard

Serunya Menonton Atraksi Coconut Ball Di Jonker Street Night Market

2. Menara Milad

Menara Milad
irandiamondtour.com


Menara Milad juga adalah salah satu ikon wisata yang lainnya dari kota Tehran yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Menara tersebut adalah termasuk salah satu dari enam menara yang tertinggi di dunia. Menara ini memiliki tinggi sekitar 435 meter. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan perkotaan hingga pegunungan di sekitar dari menara ini.

3. Menara Azadi

Menara Azadi
mavili.com.tr


Menara yang lainnya lagi sebagai ikon wisata di Teheran adalah menara Azadi. Di bawah menara Azadi ini terdapat taman hijau yang cantik. Kota Teheran memiliki banyak taman sehingga juga disebut sebagai kota taman.

4. Museum Nasional Iran

Museum Nasional Iran
caoi.ir


Bagi wisatawan yang tak memiliki banyak waktu untuk menjelajah ke berbagai tempat wisata Teheran khususnya tempat bersejarah di Iran ini bisa mengambil jalan praktis dengan mengunjungi Museum Nasional Iran yang berada di kota Teheran ini. Adapun jam buka atau waktu kunjung museum Nasional Iran ini adalah mulai hari Minggu sampai Sabtu buka dari jam sembilan pagi waktu setempat hingga jam enam sore waktu setempat. Letak museum ini juga dekat dengan museum lainnya, yakni museum Moghadam, yang dapat ditempuh dengan hanya berjalan kaki saja. Bangunan museum ini adalah hasil rancangan arsitek Perancis yang bernama Andr Godard.

5. Istana Sadabaad

Istana Sadabaad

Pinterest

Istana ini merupakan salah satu dari 61 museum yang ada di kita Teheran. Luas istana ini adalah sekitar tiga ratus hektar dan merupakan tempat tinggal Reza Pahlevi. Sebenarnya istana Sadabaad ini merupakan kompleks istana, yang paling terkenal adalah istana putihnya yang bernama Sefid dan istana hijaunya. Terdapat sekitar delapan belas istana atau bangunan besar di komplek istana Sadabaad ini.

6. Istana Golestan

Istana Golestan

ikons.id

Istana Golestan ini tempat wisata Teheran paling terkenal juga adalah salah satu dari 61 museum di kota Teheran. Bangunan arsitekturnya sangat indah dengan dekorasi di tiap ruangannya yang khas Iran dengan mozaik dalam aneka warna dan bentuk. Banyak terdapat lukisan Persia di museum ini. Tamannya juga luas dan indah. Harga tiket masuknya adalah sekitar 98.000 toman atau setara dengan 25 US dollar. Usia istana ini sudah 400 tahun lebih. Lokasinya berdekatan dengan grand bazaar.


7. Museum Karpet Iran

Karpet Iran
surfiran.com

Wisatawan pencinta karpet juga wajib mengunjungi tempat wisata Teheran yang ini yakni museum karpet yang ada di kota Teheran ini. Banyak terdapat koleksi karpet aneka warna dengan corak dan keindahan masing-masing yang dapat dilihat di museum ini.

8. Museum Boneka dan Budaya Iran

Museum Boneka
ifpnews.com

Bagi wisatawan pencinta boneka juga sebaiknya tak melewatkan museum boneka khas Iran ini karena di museum ini terdapat koleksi boneka-boneka khas Iran, lengkap dengan baju unik khas tradisional Iran. Jam buka museum boneka dan budaya Iran ini adalah mulai dari jam sembilan pagi waktu setempat, hingga jam empat sore waktu setempat.

9. US Den of Espionage atau Museum Bekas Kedutaan Besar AS

Museum Bekas Kedutaan Besar AS

Traveller.com.au

Bekas tempat kedutaan besar Amerika Serikat ini adalah saksi bisu sejarah revolusi Iran. Di bekas kedutaan besar Amerika tersebut mahasiswa Iran menyandera para diplomat dan warga Amerika. Kini bekas kedutaan besar Amerika ini dijadikan sebagai museum, dengan waktu kunjung pada hari Sabtu sampai Kamis mulai jam sembilan pagi sampai jam satu siang lalu mulai buka lagi jam dua siang, kalau hari Kamis tutup pada jam lima sore, sedangkan pada hari Sabtu sampai Rabu buka hingga jam tujuh malam. Lokasi museum yang dulunya adalah kedutaan Amerika Serikat di Iran ini dekat dengan stasiun metro Taleghani, Teheran. Pada dinding luar museum ini terdapat aneka mural anti Amerika, sedangkan pada pagar di bagian dalam museum ini sudah dicat warna hijau.

10. Valiasr Street

Valiasr Street
apochi.com

Di sepanjang jalanan Valiasr yang letaknya tak jauh dari stasiun metro Tajrih kota Teheran ini terdapat pusat perbelanjaan dan café-café berderet yang bisa dikunjungi para wisatawan untuk melepaskan lelah dan melakukan wisata belanja. Jadi wisatawan dari atau kemudian bisa mengunjungi Tajrih bazaar atau pasar Tajrih kemudian atau setelah ke jalan Valiasr ini. Pasar Tajrih juga layak dikunjungi karena meski tidak seluas grand bazaar namun jualannya cukup lengkap dan beraneka ragam, bisa dibeli souvenir khas Iran di bazaar atau pasar yang tak jauh dari Valiasr street tersebut. Jalanan ini cukup rapi dan aman, banyak terdapat mobil bermerk terkenal yang berlalu lalang di sepanjang jalanan ini.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 10 tempat wisata di Teheran.



Leave a Reply