Nilai Tukar Rupiah Melemah? Berikut Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri


sisil angelin  October 17, 2018  0 Comment

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan pikiran anda kembali agar lebih segar adalah dengan cara berlibur. Ada berbagai macam pilihan berlibur yang bisa anda pilih. Selain mengunjungi kota-kota yang ada di Indonesia, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan traveling ke luar negeri dan Tips traveling Hemat luar negeri ajib kamu baca.

Tetapi biasanya liburan ke luar negeri tidak semudah yang ada di bayangan anda terutama apabila nilai tukar Rupiah tengah melemah. Pastinya Anda harus mencari akal untuk bisa mengatasi hal tersebut. Tidak bisa dipungkiri apabila melemahnya nilai tukar Rupiah ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih.

Dan harus memikirkan beberapa kali untuk memutuskan travelling ke luar negeri. Tunggu dulu! Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Nilai tukar Rupiah melemah? Berikut tips traveling hemat ke luar negeri yang bisa anda terapkan. Jika anda memiliki budget yang cukup untuk melakukan traveling ke luar negeri, hal tersebut bisa menjadi pilihan terbaik karena dengan berlibur ke luar negeri wawasan Anda juga akan semakin bertambah.
Terlebih lagi Anda juga akan melihat kebiasaan penduduk negara tersebut sehingga secara tidak langsung akan mengajarkan anda untuk berpikir terbuka. Langsung saja simak ulasan di bawah ini Bagi anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri saat nilai tukar Rupiah melemah. Berikut Tips Travelling Hemat ke Luar Negeri

1. Ubah tujuan travelling anda

Ubah tujuan travelling anda

lonelyplanet.com

Apabila anda telah merencanakan travelling ke luar negeri seperti ke Eropa ataupun ke Amerika ataupun negara lainnya yang menggunakan mata uang Dolar, Maka jangan ragu untuk mengubah tujuan travelling anda Terutama ketika nilai tukar Rupiah melemah.
Saat melakukan rupiah melemah maka pastinya pengeluaran Anda ke luar negeri terutama di negara maju juga akan semakin meningkat dan Hal inilah yang justru akan membuat anda akan mengalami Kedodoran sendiri dan bahkan kehabisan tabungan untuk membiayai kehidupan Anda selama berada di negara tersebut.

Baca juga :  10 Tips Backpacker ke Nepal Biar Tetap Nyaman

Keliling Di Luasnya Singha Park Chiang Rai

Kunjungan Ke Saung Angklung Udjo

2. Memilih negara berkembang

Memilih negara berkembang

Anekatempatwisata.com

Liburan ke Eropa ataupun Amerika memang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia tetapi apabila nilai tukar Rupiah Tengah melemah maka hal tersebut justru akan menyulitkan anda untuk sampai ke negara tersebut terlebih lagi anda hanya memiliki dana yang pas-pasan bukan tidak mungkin anda justru akan kehabisan uang selama berada di negara tersebut.
Tetapi anda tetap bisa melakukan liburan ke luar negeri dengan cara memilih destinasi traveling ke negara-negara berkembang. Negara berkembang di kawasan Asia yang bisa anda kunjungi seperti India, Thailand Vietnam, Filipina dan negara berkembang lainnya bisa menjadi pilihan terbaik. Karena faktanya negara berkembang juga tidak kalah menariknya dari negara maju. Secara tidak langsung Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran.

3. Carilah negara maju di mana mata uangnya Tengah melemah

Carilah negara maju di mana mata uangnya Tengah melemah

NusantaraNews.co

Bagi Anda yang tetap menginginkan liburan ke negara maju seperti yang ada di Eropa maka anda tetap bisa melakukannya yaitu dengan memilih destinasi liburan di negara maju di mana mata uang negara tersebut Tengah melemah terhadap dolar. Memang ternyata tidak semua negara di Eropa memiliki mata uang yang selalu menguap terhadap dolar.
Ada juga beberapa negara di Eropa yang sering sekali mengalami mata uang yang melemah seperti Swedia, Hungaria dan yang lainnya. Di sinilah Anda harus lebih rajin untuk menemukan informasi terkait dengan mata uang negara tersebut Apakah tengah melemah ataukah Tengah menguat.

4. Mencari promo tiket

Mencari promo tiket

TravelMore.co.id

Hal lainnya yang bisa anda siasati untuk mendapatkan biaya murah untuk liburan ke luar negeri saat nilai tukar Rupiah melemah adalah dengan mencari tiket pesawat promo. Ada banyak cara untuk memiliki tiket pesawat dengan harga yang terjangkau ke luar negeri Kendati rupiah Tengah mengalami penurunan.
Anda bisa mengunjungi situs penjualan tiket pesawat ataupun mendatangi travel fair yang diadakan secara langsung. Mencari promo tiket pesawat di situs penjualan tiket menjadi salah satu cara favorit bagi sebagian besar masyarakat. Selain itu Anda juga bisa membandingkan situs penjualan tiket pesawat ataupun situs maskapai penerbangan resmi untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang terjangkau itu.

Baca juga :  7 Tips Mencegah Corona Saat Traveling Ke Luar Negeri

5. Selalu mengikuti perkembangan kurs terbaru

Selalu mengikuti perkembangan kurs terbaru

kursdollar.net

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengikuti perkembangan kurs terbaru. Ternyata mengikuti pergerakan kurs memberikan banyak manfaat bagi anda terutama Bagi anda yang akan merencanakan liburan ke luar negeri.
Dengan mengikuti pergerakan kurs inilah Anda bisa menentukan rencana berlibur Anda ke luar negeri dengan keputusan yang tepat. Selain itu Anda juga bisa selalu mengikuti update berita ekonomi dari dalam maupun luar negeri.
Hal itu tidak lain untuk mendapatkan informasi terbaru yang akan mempengaruhi rencana liburan Anda ke luar negeri. Jadi mulai sekarang lebih rajin untuk mengupdate berita mengenai ekonomi ya.

6. Memilih akomodasi yang murah

Memilih akomodasi yang murah

Booking.com

Selain memilih tiket pesawat promo, Anda juga bisa memutuskan untuk memilih akomodasi yang murah. Hotel merupakan salah satu pilihan akomodasi yang akan memberikan kenyamanan tersendiri tetapi fasilitas tersebut juga akan mewajibkan anda untuk mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.
Terlebih lagi apabila anda berlibur sendirian maka biaya Hotel akan Anda tanggung sendirian. Pilihan lainnya untuk mendapatkan akomodasi murah adalah memilih akomodasi jenis hostle. Bagi para traveler hostel sudah tidak lagi asing di telinga mereka. Hal itu tidak lain karena akomodasi yang satu ini bisa anda sewa dengan biaya yang cukup terjangkau. Tetapi tingkat kenyamanan akan sedikit kurang karena anda akan berada di dalam ruangan dengan para traveller lainnya.

7. Menggunakan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit

cardflash.com

Apabila anda memiliki kartu kredit maka bisa memanfaatkan kartu kredit tersebut untuk rencana travelling Anda ke luar negeri. Hal itu tidak lain karena kartu kredit memang menawarkan beragam fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para pemiliknya.
Fasilitas tersebut antara lain adalah fasilitas untuk penerbangan seperti pembelian tiket pesawat promo hingga melakukan transaksi ke luar negeri jadi ketika anda melakukan traveling ke suatu kota di luar negeri Maka jangan ragu untuk menggunakan kartu kredit tersebut untuk menghemat biaya pengeluaran.

Baca juga :  10 Tips Travelling Pertama Kali ke Luar Negeri Wajib Baca

8. Membawa uang tunai

Membawa uang tunai

Kaskus.co.id

Ketika Anda memilih untuk berlibur ke luar negeri maka pastikan anda memiliki mata uang negara tersebut untuk pegangan anda selama berada di negara tersebut. Dengan memiliki mata uang negara tersebut maka akan memudahkan anda untuk melakukan transaksi. Tetapi ada baiknya untuk menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang negara tujuan secukupnya.
Selain itu Anda juga bisa mencari tempat penukaran mata uang yang menawarkan harga yang cukup terjangkau.

9. Tidak memilih restoran mahal

Tidak memilih restoran mahal

Marketeers.com

Jika anda seorang traveler dengan budget pas-pasan Maka jangan sekali-kali untuk melirik restoran mahal untuk mengisi perut anda. Memutuskan makan restoran mahal tentu akan mewajibkan anda untuk mengeluarkan biaya yang lebih tinggi pula.
Ada berbagai macam pilihan bagi Anda yang ingin tetap berlibur hemat ke luar negeri yaitu dengan memilih tempat makan di mana bukanlah restoran mahal. Di luar negeri pun juga terdapat para penjual kaki lima seperti yang ditemukan di Indonesia.
Sekarang Anda tidak perlu cemas lagi untuk melakukan traveling ke luar negeri dengan tips traveling hemat ke luar negeri di atas walaupun nilai tukar Rupiah melemah.



Leave a Reply