Tips

7 Tips Nyaman Travelling Dengan Kereta Api

Tips nyaman travelling dengan kereta api – Travelling adalah kegiatan bepergian atau perjalanan menuju tempat tertentu untuk tujuan tertentu. Umumnya kata ini digunakan bagi para wisatawan yang bepergian mengunjungi tempat-tempat wisata. Jadi tidak heran jika kata ini pun juga bisa digunakan untuk mengungkapkan hobi seseorang.

Bagi penyuka travelling atau seorang traveler, perjalanan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis transportasi salah satunya adalah kereta api. Bepergian menggunakan alat transportasi apapun sebenarnya tidak masalah, karena yang terpenting adalah rasa nyaman saat perjalanan tersebut. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan terutama menggunakan kereta api, berikut akan kami bahas 7 tips nyaman travelling dengan kereta api.

7 Tips Nyaman Travelling Dengan Kereta Api

1. Datang Sebelum Waktu Keberangkatan

Menggunakan transportasi umum dengan pemesanan tempat duduk menggunakan tiket tentulah sudah dengan waktu yang ditentukan secara pasti. Jika Anda terlambat atau melebihi waktu yang ditentukan, maka hanguslah tiket Anda. Untuk itu datang sebelum waktu keberangkatan sangatlah penting untuk kenyamanan perjalanan Anda.

Ketidaknyamanan dalam perjalanan dapat dimulai dari manajemen waktu yang tidak baik, sehingga Anda sendiri akan merasa bingung, cemas dan emosi sendiri karena terlambat atau harus berkejaran dengan waktu. Sehingga benar-benar sediakan waktu untuk beristirahat sebelum bepergian agar bangun tepat waktu dan dapat tiba di stasiun paling tidak 30 menit sebelum kereta berangkat.

2. Menggunakan Tas Seperlunya

Tips nyaman travelling dengan kereta api – Gunakanlah tas seperlunya saat perjalanan menggunakan kereta api, dilihat dari berapa lama Anda bepergian dan kebutuhan yang akan Anda bawa. Usahakan tidak menggunakan banyak tas karena itu akan membuat Anda sendiri tidak nyaman karena barang bawaan yang begitu banyak. Jika perjalanan tidak memakan waktu lama Anda bisa menggunakan satu tas ransel sedang / besar dan satu tas kecil untuk membawa tiket, dompet, handphone dan barang berharga lain.

Tas ransel bisa Anda letakkan di atas tempat duduk, sehingga Anda akan sangat nyaman duduk dengan hanya menggunakan satu tas kecil berisi barang berharga dan keperluan penting yang sewaktu-waktu Anda perlukan.

3. Penentuan Posisi Duduk

Hindari duduk dekat dengan bordes (sambungan gerbong). Duduklah sesuai arah kereta perjalanan, misal kereta berjalan ke arah barat, maka usahakan memiliki posisi duduk yang menghadap ke barat juga. Posisi searah dengan laju kereta ini dapat menghindarkan dari rasa mual dan kamu juga dapat menikmati pemandangan diluar jendela menjadi lebih nyaman.

Penentuan posisi duduk untuk kenyamanan ini bisa Anda rencanakan jika dapat memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Karena jika Anda memesan tiket beberapa hari sebelum keberangkatan, sudah banyak kursi yang telah dipesan.

4. Menghindari AC Langsung

tips nyaman travelling dengan kereta api
beritatrans.com

Kereta yang dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC bisa kamu nikmati selama perjalanan, tapi akan lebih baik jika kamu menghindari AC secara langsung. Jangan memilih posisi duduk di bawah AC karena selain tidak baik bagi kesehatan, Anda juga akan tidak nyaman karena terlalu dingin.

5. Dekat Dengan Jendela Jauh Lebih Nyaman

Menikmati pemandangan adalah salah satu cara untuk menghadirkan kenyamanan dalam perjalanan. Hal ini menjadi alasan Anda untuk memilih posisi duduk di dekat jendela. Selain memiliki manfaat dapat melihat pemandangan selama perjalanan, duduk dekat jendela juga memudahkan kamu menggunakan colokan listrik untuk keperluan charge handphone, kamera dan semacamnya.

6. Gunakan Pakaian Yang Nyaman, Terutama Untuk Bergerak

tips nyaman travelling dengan kereta api
sepenggal.info

Tips nyaman travelling dengan kereta api – Pakaian juga menjadi salah satu unsur yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan kenyamanan dalam perjalanan. Tidak perlu rapi, yang penting nyaman digunakan. Jika perjalanan Anda jauh dan memakan waktu yang cukup lama, Anda bisa menggunakan pakaian yang nyaman untuk tidur. Setelah sampai tujuan Anda bisa mengganti pakaian lain.

7. Siapkan Camilan, Makanan, Buku, Tontonan Atau Apapun Untuk Mengisi Waktu Luang Di Kereta

 tips nyaman travelling dengan kereta api
decode.uai.ac.id

Perjalanan di dalam kereta api yang memakan waktu cukup lama mungkin akan membuat Anda bosan. Selain mengisi kebosanan dengan menikmati pemandangan diluar jendela, Anda juga bisa menyiapkan cemilan, makanan, buku hingga tontonan yang bisa Anda nikmati saat perjalanan.

Tips Agar Nyaman Sebelum Travelling

1.Rencanakan Perjalanan Jauh-jauh Hari

Perencanaan sangat penting agar travelling Anda terasa nyaman. Tiket pesawat dapat Anda pesan dari 2 sampai 3 bulan sebelum perjalanan keberangkatan. Ada baiknya jika Anda memesan tiket tersebut maksimal sepekan sebelum waktu keberangkatan Anda. Selain lebih terencana, Anda juga dapat memilih kursi atau posisi duduk strategis sesuai keinginan.

2. Hindari Memesan Tiket di Peak Season (Musim Liburan)

Jika perjalanan yang Anda lakukan untuk berwisata, maka sangat disarankan untuk tidak memesan tiket pada musim liburan. Karena biasanya tiket akan dengan cepat terjual habis, selain itu kereta api akan penuh sesak jika masa-masa liburan yang sudah tentu akan sedikit mengurangi kenyamanan Anda saat perjalanan.

3. Cek Barang Bawaan Sebelum Memulai Perjalanan Dan Pastikan Tidak Ada Yang Tertinggal

Tips nyaman travelling dengan kereta api – Selalu cek barang bawaan sebelum bepergian, pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Tiket, dompet, handphone, kartu identitas sudah harus masuk ke dalam tas sebelum pergi, jangan panik dan sisihkan waktu untuk memeriksa keperluan sebelum perjalanan di mulai.

Pastikan juga Anda tidak lupa membawa tiket kereta api yang sudah Anda pesan. Beberapa hal penting yang sudah Anda siapkan sebelum perjalanan bisa hancur jika tiket kereta api Anda tidak terbawa di beberapa menit sebelum kereta api berangkat.

4. Siapkan Identitas Lengkap

Identitas sangat penting saat Anda melakukan perjalanan. Bepergian dengan kereta api, maka tiket yang Anda pegang haruslah sama dengan identitas Anda. Sehingga pastikan Anda membawa identitas lengkap di dalam dompet atau tas yang dapat Anda raih dengan cepat saat dibutuhkan.

5. Memanfaatkan Menu Restorasi

Tips nyaman travelling dengan kereta api – Bagi Anda yang tidak sempat menyiapkan makanan atau camilan, jangan khawatir. Karena Anda dapat memanfaatkan menu restorasi yang ada di dalam kereta api. Anda dapat langsung memesan menu khas restorasi kereta api melalui beberapa petugas yang menawarkan berbagai menu makanan atau camilan.

6. Saat Perjalanan, Nikmatilah Pemandangan Atau Suasana Di Sekitar Anda

Hal menarik dalam perjalanan menggunakan kereta api adalah pemandangan diluar jendela. Awalnya Anda akan menikmati suasana perkotaan yang cukup ramai dan kemudian menjadi suasana pedesaan yang masih asri, sawah dan pepohonan hijau yang menyenangkan untuk dinikmati.

Demikianlah beberapa tips nyaman travelling dengan kereta api yang dapat kami berikan untuk persiapan Travelling Anda menggunakan Kereta Api. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kenyamanan perjalanan Anda baik perjalanan untuk liburan atau pun untuk mudik ke kampung halaman.

Join The Discussion