17 Tempat Wisata Magelang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  May 3, 2018  0 Comment

Tempat wisata Magelang semakin lama semakin banyak menarik perhatian para wisatawan. Tempatnya yang dikelilingi oleh lima gunung menjadikan Magelang sebagai tempat wisata yang berpotensi. Berikut 17 tempat wisata di Magelang.

1. Sentra Kebun Durian Candimulyo

Sentra Kebun Durian Candimulyo

durian-candimulyo.blogspot.co.id

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sangat menyukai buah berduri dengan aromanya yang khas. Candimulyo merupakan salah satu kecamatan di Magelang yang sangat terkenal akan buah duriannya. Maka, tak heran banyak para pecinta durian yang mengunjungi tempat ini untuk mencari kebun durian. Durian yang dihasilkan dari Candimulyo memiliki kualitas yang tinggi dengan rasa dan aroma yang susah untuk dilupakan bagi para pecinta durian.

Bagi Anda yang juga menginginkan sensasi memakan buah durian langsung ambil dari pohonnya, Anda juga bisa mengunjungi Desa Munung yang ada di Candimulyo. Di sana Anda akan menemui beberapa pohon durian yang tidak terlalu tinggi dan memiliki banyak buah durian. Jadi, Candimulyo sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengincar hasil durian terkenal di seluruh Indonesia.

Review kuliner

Si Kecil Nan Indah – Gunung Andong Magelang

Candi Borobudur

2. Citra Rafting Sungai Elo Progo

Citra Rafting Sungai Elo Progo

TripTrus.com

Citra Rafting Sungai Elo Progo merupakan salah satu tempat wisata menantang yang ada di Magelang. Bagi Anda yang menyukai hal-hal ekstrem dan berbau menantang, segera datang ke tempat ini. Di Citra Rafting Sungai Elo Progo Anda akan disuguhi pemandangan Sungai atau Kali Elo dengan dilengkapi beberapa peralatan rafting di sana.

Di sana Anda juga akan bertemu dengan para pendamping yang siap membantu dan menemani Anda menjelajahi Sungai Elo.

Rafting di Sungai Elo Progo memiliki panjang tempuh sekitar 10 sampai 11 kilometer. Anda akan diberikan durasi selama 3 jam merasakan arus dari Sungai Elo. Selama 3 jam Anda tidak hanya dipenuhi dengan hal menantang dari arus Sungai Elo saja dan bersiap untuk melihat pemandangan-pemandangan indah yang akan Anda lewati selama perjalanan rafting di Citra Rafting Sungai Elo Progo.

3. Bukit Sleker Asri

Bukit Sleker Asri

coretandjawani.blogspot.co.id

Obyek wisata di Magelang satu ini menjadi favorit dan banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Bukit Sleker Asri merupakan tempat wisata yang dipenuhi dengan pohon pinus. Hal tersebut berawal dari masyarakat di sekitar sana yang memanfaatkan hutan pinus dari Perhutani untuk dijadikan obyek wisata.

Baca juga :  Liburan Berkesan di 8 Wisata Pantai di Pekalongan

Masyarakat begotong royong membuat Bukit Sleker Asri menjadi tempat yang disukai oleh banyak orang. Rencananya Bukit Sleker Asri akan diberi fasilitas tambahan seperti rumah pohon, taman edukasi, dan juga flying fox.

4. Gardu Pandang Babadan

Gardu Pandang Babadan

rentalmobiljogja.id

Tempat ini sangat menarik dikunjungi karena merupakan tempat wisata alam yang dapat membantu Anda untuk menyaksikan merapi dengan jelas. Gardu Pandang Babadan memberikan tempat yang strategis untuk memantau aktivitas gunung merapi yang berjarak cukup dekat.

Selain itu, tempat wisata ini juga memberikan edukasi mengenai proses meletusnya Gunung Merapi. Anda akan diputarkan film teater volcano yang menampilkan letusan gunung merapi, percikan batu pijar, awan panas, dan juga hujan batu.

5. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

KSMTour.com

Anda pasti pernah mendengar kisah tentang Jaka Tingkir yang melihat para bidadari di sebuah air terjun. Konon Air Terjun Sekar Langit ini merupakan air terjun yang dimaksud di dalam cerita Jaka Tingkir.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan menyuguhkan pemandangan sangat indah di sekeliling air terjun. Namun, untuk sampai ke tempat itu Anda membutuhkan perjuangan yang cukup berat karena harus melalui jalan yang berliku dan curam. Akan tetapi, sangat sebanding dengan apa yang akan Anda lihat.

6. Candi Mendut

Candi Mendut

id.wikipedia.org

Jika Yogyakarta memiliki Candi Borobudur yang bisa menjadi obyek wisata sekaligus merupakan salah satu keajaiban dunia di Indonesia maka, Magelang juga memiliki banyak candi yang tidak kalah menarik. Salah satu candi yang terkenal dan populer di Magelang adalah Candi Mendut.

Di dalam candi tersebut terdapat altar dengan tiga arca Budha yang sangat dijaga dan dirawat dengan baik. Anda juga akan dipandu oleh pendamping sembari menceritakan sejarah dari Candi Mendut.

7. Candi Pawon

Candi Pawon

Idsejarah.net

Selain Candi Mendut, Magelang memiliki Candi Pawon yang juga bisa Anda kunjungi saat berada di Magelang. Candi ini sarat akan nilai sejarah yang mampu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tidak hanya itu, di bagian dinding Candi Pawon memiliki ukiran dan pahatan bermotif sulur dengan bentuk tepi berliku-liku. Tidak hanya para wisatawan, Candi Pawon juga sering dikunjungi oleh para siswa sekolahan sebagai tempat study tour.

8. Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang

Mapio.net

Hampir setiap kota yang mungkin pernah Anda kunjungi pasti memiliki alun-alun kota yang dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu dan juga wisata kuliner khas kota tersebut. Magelang pun memiliki alun-alun kota yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai di sana.

Baca juga :  20 Tempat Wisata di Jawa Tengah Indah Namun Tidak Terkenal

Alun-alun Magelang menjadi salah satu tempat favorit para anak mudah untuk bernongkrong ria sambil berselfie. Alun-alun ini memiliki obyek foto menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Di sana terdapat menara air yang merupakan salah satu peninggalan pada zaman Belanda dan masih berfungsi dengan baik sampai sekarang. Selain itu, Alun-alun Magelang juga sering digunakan sebagai tempati diselenggarakannya konser-konser band maupun acara-acara besar di kota Magelang. Jangan juga melewatkan kuliner yang dijual di sekitaran Alun-alun Magelang.

9. Taman Badakan

Taman Badakan

jateng.tribunnews.com

Taman Badakan merupakan tempat wisata anak-anak yang cukup ramai dikunjungi. Fasilitas yang memadai disediakan untuk anak-anak yang berkunjung sehingga, anak-anak merasa betah dan ingin berkunjung kembali ke Taman Badakan.

Di taman tersebut disediakan permainan seperti mobil-mobilan listri, odong-odongan, ayunan, dan masih banyak lainnya. Jika Anda dan anak merasa lapar, jangan khawatir karena di Taman Badakan juga tersedia penjual bakso yang akan menemani Anda dan anak di cuaca dingin kota Magelang.

10. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

WISATAne.com

Taman Kyai Langgeng cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Taman ini terletak tidak jauh dari pusat kota Magelang dengan memberikan kesejukan dan kenyamanan lingkungan yang menjadi keunggulan dari tempat wisata ini.

Tempatnya yang cukup luas memberikan fasilitas yang beraneka ragam untuk dinikmati. Seperti, wahana edukasi, wahana permainan, wahana air, wahana petualangan, dan wahana religius. Sehingga, Taman Kyai Langgeng ini selalu dipadati oleh para pengunjung untuk mencoba semua wahana yang disediakan.

11. Bukit Garden

Bukit Garden

tipswisata.co

Bukit Garden menjadi tempat pilihan kalangan anak muda untuk mengadakan piknik. Tempat ini memberikan pemandangan yang harus Anda kunjungi dan patut untuk diabadikan dalam kumpulan foto. Bukit Garden terdapat di kawasan jalur pendakian ke Merapi dan memberikan fasilitas pemandangan yang membuat obyek foto Anda terlihat keren.

Ketika sampai di Bukit Garden, Anda akan diberikan pemandangan berupa hutan pinus yang indah dan menentramkan pikiran. Selain itu, Bukit Garden menyediakan spot yang cukup seing dan terkenal untuk dikunjungi yaitu, rumah kurcaci.

12. Kebun Strawberry

Kebun Strawberry

wisatajogjapilihan.blogspot.co.id

Magelang selain terkenal akan buah durian, ternyata menyediakan tempat wisata Kebun Strawberry. Bagi Anda pecinta strawberry, Magelang memiliki kebun yang dipenuhi dengan buah strawberry dan Anda bisa memetik secara langsung buah tersebut.

Strawberry yang sudah Anda petik bisa ditimbang lalu dibawa pulang untuk dikonsumsi. Tempat ini menyediakan buah strawberry dengan harga yang lebih murah daripada Anda membeli buah strawberry yang sudah dikemas. Selain itu, Anda juga akan diberi pengetahuan mengenai cara-cara menanam buah strawberry dan segala hal mengenai pertanian.

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Bangkinang, Cocok Menjadi Tujuan Berlibur

13. Ketep Pass

Ketep Pass

tempatwisatapilihan.com

Tempat ini jaraknya tidakt terlalu jauh dari Kebun Strawberry. Ketep Pass merupakan tempat wisata di Magelang yang selalu ramai dikunjungi, terutama pada saat hari libur. Di sini Anda bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang ada di Magelang dan juga terdapat museum mengenai Gunung Merapi di Magelang.

Di dalam museum terdapat beberapa koleksi yang bisa Anda lihat mengenai erupsi dan juga replika Gunung Merapi. Jalan yang ditempuh untuk menuju ke Ketep Pass cukup mudah dan tidak berkelok-kelok.

14. Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan

salatigaexplore.blogspot.co.id

Tempat wisata dengan pemandangan hutan pinus menjadi favorit kebanyakan orang zaman sekarang. Di Magelang, Anda bisa berkunjung ke Top Selfie Pinusan Kragilan untuk Anda yang mengincar pemandangan hutan pinus yang cantik.

Jejeran hutan pinus menjadi kesukaan orang-orang untuk mengambil selfie di tengah-tengah keberadaan pohon pinus. Anda perlu berkunjung ke tempat ini dan dijamin tidak akan menyesal.

15. Gereja Ayam

Gereja Ayam

wisatajogjaterbaru.com

Anda pasti sebelumnya pernah mendengar nama Gereja Ayam di salah satu movie kepunyaan Indonesia. Tempat wisata ini menjadi terkenal semenjak muncul di movie tersebut. Namun, bukan berarti tempat ini tidak terkenal sebelumnya.

Tempat ini sangat cantik dan indah untuk diabadikan, terutama pada saat matahari terbit dengan sudut pandang dari bawah ke atas. Gereja tersebut terlihat seperti ayam yang sedang berkokok di pagi hari. Sangat cantik untuk diabadikan.

16. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Nonikhairani.com

Punthuk Setumbu merupakan obyek wisata yang masih baru di Magelang. Belakangan ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan, terutama bagi orang-orang yang menantikan moment matahari terbit untuk ditangkap melalui kamera.

Ketika pagi hari, semburat merah dari matahari terbut menerangi bayang-bayang Candi Borobudur yang terlihat sangat menakjubkan. Selain itu, di Punthuk Setumbu terdapat rumah pohon berbentuk hati yang sangat cocok untuk dijadikan obyek selfie bersama matahari terbit. Tempat wisata ini dibuka dari pukul 04.00 pagi sampai dengan pukul 17.30 sore setiap harinya.

17. Rumah Kamera

tempat wisata magelang

wisatamagelang.com

Rumah kamera ini memiliki bentuk yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Rumah Kamera mempunyai bangunan dibentuk seperti kamera DSLR namun, dalam ukuran yang sangat besar. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Jika Anda berpikir bahwa di rumah ini terdapat kumpulan kamera-kamera maka, Anda salah. Karena tempat ini ternyata dipenuhi dengan lukisan-lukisan menarik karya pemilik Rumah Kamera.

Karya yang ditampilkan sangat indah dan memiliki detail menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung. Selain lukisan, Anda juga akan disuguhkan dengan kursi-kursi kecil yang memiliki bentuk unik dan bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak.

Cobalah untuk naik ke balkon Rumah Kamera. Maka, Anda akan disajikan pemandangan asri nan sejuk dari warna hijau di sekitar Rumah Kamera tersebut. Jadi, dari 17 tempat wisata tersebut, Anda bisa menentukan dari sekarang untuk menjadi destinasi pertama di tempat wisata Magelang.



Leave a Reply