17 Tempat Wisata Jawa Barat Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  May 3, 2018  0 Comment

Tempat wisata Jawa Barat selalu disinggahi oleh para warga Ibukota yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau sekedar melepas beban akibat seminggu penuh disibukkan oleh berkas-berkas pekerjaan di kantor.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Nusantara yang beribukota Bandung. Selain Paris van Java, ia memiliki beberapa kota terbesar, antara lain Bogor, Bekasi, Depok, Cirebon dan sebagainya. Saking luasnya, provinsi tersebut menyimpan beraneka objek wisata yang tidak bisa dihitung satu per satu. Mulai dari tempat nan menawarkan wisata alam, hiburan, edukasi, kuliner hingga belanja.

Kecantikan provinsi yang mempunyai semboyan “Gemah Ripah Repeh Rapih” itu juga tidak perlu diragukan. Pasalnya, ia dikelilingi oleh pegunungan, sehingga menghadirkan lansekap yang elok lagi menawan dan udara nan sejuk. Apalagi, zona wisata di kawasan tersebut mempunyai pesona masing-masing, seperti:

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Mytrip123.com

Berada di Desa Pangandaran, pesisir ini terkenal akan keindahan lautnya. Bahkan, ia pernah dinobatkan menjadi pantai terbaik di Jawa Barat. Daya tarik Pantai Pangandaran terletak pada pasir putihnya yang halus dan air lautnya nan jernih. Di tepi pantai, terdapat deretan perahu nelayan yang menambah kesan menarik.

Aktifitas yang dapat dilakukan di sana, yaitu berenang, memancing, menyewa sepeda, naik perahu pesiar hingga bermain paralayang. Ketika senja tiba, para wisatawan biasanya menunggu kehadiran sang surya nan hendak kembali ke peradabannya.

Review kuliner

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Porkys Label, Makanan Non Halal Dengan Harga Miring Di Bekasi

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

INITEMPATWISATA.com

Pantai yang berlokasi di Sukabumi ini sangat cocok bagi yang ingin mencari ketenangan. Sebab, suasananya sangat sepi dan belum begitu dieksplor. Meski letaknya agak terpencil, tapi perjalanan jauh Anda akan terbayar oleh hamparan pasir nan bersih dan panorama laut yang memukau. Ombak di pesisir tersebut juga cukup besar serta kuat, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk surfing atau berselancar.

Pemandangan lain yang dapat Anda temui di Pantai Ujung Genteng ialah kawanan penyu yang setiap bulan Agustus bertelur di sana. Ada pula sebuah bukit bernama Bagbagan yang memperlihatkan lansekap Perkebunan Teh Surangga dan Pelabuhan Ratu.

Baca juga :  Udara Sejuk di 10 Tempat Wisata di Ciwidey Menjadi idola Wisatawan

3. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Wiki-wisata.blogspot.co.id

Disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Indonesia, Cukang Taneuh merupakan area lembah dan sungai yang berjarak kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Kali di objek wisata ini sangat istimewa karena airnya merefleksikan nuansa hijau dari pohon-pohon di sekitar. Tidak heran bila ia menjadi salah satu destinasi yang populer di Jawa Barat.

Di samping menikmati keindahan sungainya, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru, seperti arung jeram serta body rafting.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

dakatour.com

Tidak hanya tersohor akan cerita rakyatnya, yaitu Sangkuriang dan Dayang Sumbi, Tangkuban Perahu ternyata dikenal memiliki lanskap yang menarik di kalangan para turis. Gunung tersebut mempunyai kawah yang berjumlah sepuluh buah. Tiga di antaranya, Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Mereka biasa mengakses spot-spot itu dengan menapaki anak tangga yang disediakan atau menyewa kuda beserta pemandunya untuk mengelilingi lereng gunung.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Anekatempatwisata.com

Menjadi bagian dari Gunung Patuha, kawasan ini berupa kawah dengan danau vulkanik. Sesuai namanya, ia memiliki permukaan yang berwarna putih, bersisian dengan air danau nan bernuansa kehijauan. Menariknya, warna permukaan danau itu dapat berubah-ubah pada suhu atau waktu tertentu. Keberadaan kabut asap tipis yang mengandung belerang menjadikan Kawah Putih Ciwidey kian eksotis. Wajar bila ia kerap dijadikan lokasi pengambilan foto pre wedding dan beberapa adegan film.

6. Curug Cilember

Curug Cilember

Rekomendasi.org

Salah satu wisata air terjun yang lumayan terkenal di Jawa Barat ini terletak di Cisarua, Bogor. Keistimewaan Curug Cilember, yaitu ia terdiri atas tujuh penderasan yang berada dalam satu area. Untuk mencapainya, Anda bisa berjalan kaki melalui tangga-tangga yang cukup menantang.

Tempat pelesir ini tidak cuma menghadirkan pemandangan gerojokan nan menawan, melainkan area perkemahan dan taman kupu-kupu. Beragam fasilitas, seperti restoran, toko oleh-oleh, toilet dan mushala pun disediakan demi kenyamanan pengunjung.

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso

dakatour.com

Penderasan setinggi 80 meter dan selebar 100 meter ini menyuguhkan pemandangan alam yang amat memanjakan mata. Terdapat tiga air terjun nan indah yang saling berdampingan. Bila sang surya bersinar dengan cerah, kemungkinan Anda bisa melihat pelangi kecil di atasnya. Lokasi Curug Cikaso sendiri ada di Sukabumi, cukup dekat dari Pantai Ujung Genteng.

8. Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik

KSMTour.com

Bagi yang suka tantangan, rafting di Sungai Citarik, Sukabumi patut dicoba. Sebab, alirannya cukup deras, apalagi terdapat bebatuan besar dan kecil yang harus Anda hadapi agar sampai di tujuan. Meski diliputi perasaan yang mendebarkan, selama petualangan tersebut Anda akan disuguhi pemandangan alam nan indah dan suasana pedesaan yang begitu terasa, didukung oleh kicauan burung yang saling bersahut-sahutan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Indonesia yang Pernah Dikunjungi Artis Terkenal Dunia

Di samping menikmati arung jeram, Anda juga dapat menjajal aneka permainan yang tidak kalah seru, seperti Trekking dan Paint Ball.

9. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

wisatapalabuhanratu.com

Memiliki luas area kurang lebih 113.357 hektar, Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi habitat berbagai flora dan fauna, termasuk surili, macan tutul Jawa, elang Jawa serta hewan langka lainnya. Kawasan tersebut juga dihuni oleh masyarakat Kepuhan Banten Kidul dan Baduy. Sebagai objek wisata, ia menawarkan beberapa spot, seperti jalur penjelajahan, perkebunan teh, perkemahan, air terjun serta tempat pengamatan burung dan jamur yang bisa menyala (mengandung fosfor).

10. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Indonesiaexplorer.net

Tempat wisata Jawa Barat berikutnya adalah Kebun Raya Bogor, hutan buatan dengan luas 87 hektar yang telah ada sejak masa pemerintahan Prabu Siliwangi, tepatnya pada abad ke-15. Bentuknya lebih modern setelah dibangun kembali oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles di awal abad ke-19. Kini, ia dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan menjadi sentral penelitian, edukasi serta wisata.

Di dalam kebun itu tersimpan sekitar 15.000 jenis tanaman. Ada pula beberapa spot yang menarik untuk ditelusuri, seperti Jalan Kenari II, Monumen Lady Raffles, Taman Meksiko, Museum Zoologi, Taman Teijsman, Danau Gunting dan lain-lain.

11. Taman Safari

Taman Safari

Traverse.id

Dibangun pada lahan seluas 170 hektar, Taman Safari Cisarua telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat. Ia menjadi habitat beragam hewan dari dalam maupun luar negeri, antara lain singa, harimau, jerapah, gajah, aneka unggas, reptil serta masih banyak lagi. Ia juga digunakan sebagai tempat penangkaran beberapa hewan langka, termasuk jalak Bali.

Di kebun binatang itu, Anda bisa menyaksikan pertunjukan hewan-hewan terlatih, seperti Dolphin Show dan Wild West. Ada pula berbagai wahana untuk anak-anak, mulai dari sepeda air, kolam bola, sepeda layang, gajah terbang, Foam Ball, Space Shuttle, kincir raksasa hingga rumah hantu. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Taman Safari adalah berfoto dengan hewan dan mengikuti safari malam.

12. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

travellink-indonesia.com

Didirikan pada tahun 1992, Nusantara Flower Garden merupakan kawasan budidaya, edukasi serta wisata bagi para pecinta bunga, tanaman hias, perdu dan pepohonan. Tempat ini terdiri atas beberapa taman kecil yang didesain berbeda dan dipertemukan dengan jalur pejalan kaki. Ada berbagai fitur menarik yang dihadirkan, di antaranya jam raksasa, rumah kaca yang menyimpan koleksi tanaman unik dan labirin semak nan mirip dengan taman-taman di Eropa. Terdapat pula topiary (semak hias) yang dipangkas membentuk binatang, mulai dari burung sampai dinosaurus.

Baca juga :  7 Mall Mewah di Jakarta Tempat Nongkrong Para Sultan

13. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

alamwisataindah.blogspot.co.id

Merupakan objek wisata terpadu karena menawarkan wisata alam, keluarga dan edukasi dalam satu tempat. Berdiri di area seluas 264 hektar, Taman Buah Mekarsari menjadi tempat budidaya dan penelitian buah tropis paling besar di dunia. Ada kurang lebih 100.000 pohon dan 1.400 varietas buah yang dapat dijumpai di kawasan tersebut. Anda pun bisa mempelajari karakteristik dan cara budidaya buah serta sayuran tropis.

Selain itu, bagi yang membawa anak-anak wajib mendatangi kolam renang dan wahana kolam arus, Lazy River dengan panjang mencapai 600 meter. Di sana juga ada perosotan air setinggi 16 meter bernama Boomerang Slide yang bakal menguji adrenalin.

14. Kuntum Nurseries

Kuntum Nurseries

wirasel.com

Dikenal juga dengan nama Kuntum Farmfield, kawasan agrowisata di Kota Hujan ini merupakan destinasi yang tepat untuk anak-anak. Pasalnya, ia akan mengajak pengunjung untuk menambah wawasan tentang peternakan. Sehingga, si kecil bisa melihat dan mengenal berbagai hewan, seperti kambing, sapi, ayam, bebek, kuda poni, ikan dan lain-lain.

Bahkan, mereka juga diperbolehkan untuk memegang, berfoto dan memberi makan binatang-binatang tersebut. Selain itu, mereka pun dapat melihat bunga dan buah segar yang ditanam pada area itu.

15. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

yangakulakukan.blogspot.co.id

Pusat perbelanjaan ini tak hanya besar dan modern, namun juga mengusung konsep wisata keluarga. Ada berbagai macam wahana yang tersebar di tiga area utama, yaitu Magic Corner, Studio Central dan The Lost City. Anda juga bisa menonton pertunjukan menarik, seperti Kabayan Goes to Hollywood, Legenda Putra Mahkota serta The New Parade and Laser Show.

Di samping menikmati keseruan wisata kota, Anda dapat memasuki berbagai gerai di mall nan mewah, antara lain Baskin Robbins, Wendy’s, Coffee Bean, Studio Steak dan lainnya. Trans Studio Bandung juga menjadi lokasi penginapan berbintang 5, The Trans Luxury Hotel.

16. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

anekatempatwisata.com

Telah berdiri sejak 1928, Museum Geologi Bandung menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang terkenal di Jawa Barat. Ia menyimpan berbagai pajangan yang bakal menambah pengetahuan Anda tentang hewan, zaman prasejarah, fenomena alam, lapisan tanah dan batuan serta tata surya. Terdapat fasilitas multimedia yang menampilkan ilustrasi terjadinya peristiwa alam, seperti gempa bumi, tsunami dan gunung meletus.

17. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung

beritadaerah.co.id

Rumah ibadah ini memiliki arsitektur yang megah dengan menara setinggi 19 lantai. Anda dapat menaiki lift ke puncaknya guna melihat lansekap Kota Kembang, terutama saat malam hari. Keunikan Masjid Raya Bandung yang tidak dimiliki surau lain adalah adanya lapangan rumput sintetis yang kerap digunakan pengunjung untuk beristirahat dan berfoto.

Karena beberapa tahun belakangan provinsi tersebut ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, warga dan pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan potensi nan mereka punya guna menciptakan tempat wisata Jawa Barat yang menjadikan keindahan alam sebagai daya tarik.



Leave a Reply