Ini Dia 10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022


prita  October 18, 2022  0 Comment

Pada Maret 2022 lalu, World Happiness Report merilis daftar negara paling bahagia di dunia. Untuk menentukan ukuran kebahagiaan suatu negara memang bukan menjadi hal yang mudah karena tidak ada sebuah standart yang pasti. Meskipun begitu, ada berbagai aspek yang bisa menjadi sebuah ukuran apakah masyarakat di negara tersebut merasa bahagia atau tidak.

Aspek tersebut diantaranya adalah tentang kualitas kesehatan, harapan hidup, stabilitas keuangan, kebebasan dan hubungan sosial. Semua aspek tersebut juga memiliki pengaruh atas skala kebahagiaan.

Dari 156 negara, Indonesia menduduki peringkat ke-87 sebagai negara paling terbahagia di dunia. Hal tersebut tentunya membuat beberapa diantara kita yang membayangkan bagaimana rasanya hidup di negara dengan peringkat teratas sebagai negara paling bahagia. Negara mana sajakah? Berikut adalah daftarnya.

1. Finlandia

Finlandia
kids.nationalgeographic.com

Finlandia tentu masih menempati peringkat teratas sebagai negara paling bahagia di dunia sejak tahun 2018. Dengan evaluasi hidup rata-rata, Finlandia mendapatkan nilai sebesar 7,8.

Hal ini berawal dari kebiasaan masyarakat Finlandia yang sangat menghargai pekerjaan guru. Disana guru diberikan fasilitas, pelatihan dan pendapatan yang sangat baik karena itulah pendidikan di Finlandia sangat berkualitas dan menjadi negara yang paling melek huruf. Dari kualitas pendidikan yang baik inilah Finlandia juga berhasil menekan angka kemiskinan, kejahatan dan mengutamakan kejujuran. Menariknya, di Finlandia juga terdapat peraturan yang memberlakukan jam kerja fleksibel di beberapa bidang pekerjaan.

Gotravelly

Cafe Jalan Tengah: Hidden Gem Paling Rekomended Untuk Work From Cafe

Nongkrong Cantik Di Nara Coffee, Super Instagramable!

2. Denmark

Denmark
commonwealthfund.org

Negara paling bahagia di dunia di urutan kedua ada Denmark. Seperti yang kita ketahui, Denmark memiliki sistem pemerintahan monarki tertua di dunia sehingga membuat negara ini tak kalah saing dari negara lainnya.

Melalui gaya hidup yang menekankan pada pendidikan, budaya dan program sosial yang berlaku, Denmark berhasil memperoleh standar hidup yang tinggi. Siapapun yang tinggal di Denmark akan dikenakan kewajiban pajak penuh hingga 52,07 persen dari penghasilan mereka. Meskipun pajaknya terbilang cukup tinggi, setiap warganya akan memperoleh akses kesehatan berkualitas. Bahkan, fasilitas kesehatannya jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

3. Islandia

Islandia
internasional.kompas.com

Islandia turun peringkat menjadi yang ketiga di tahun ini sebagai negara paling bahagia di dunia. Islandia dikenal memiliki lanskap gletser dan laut yang indah, namun negara ini juga dikenal sebagai negara yang damai dan aman dengan tingkat kepercayaan yang tinggi pada pemerintahannya.

Menariknya, Islandia merupakan sebuah negara yang tidak memiliki angkatan militer. Setiap warga negaranya diwajibkan untuk menjaga perdamaian dan memiliki rasa toleransi yang tinggi. Untuk itu, di Islandia jarang terdengar adanya unjung rasa besar-besaran, konflik maupun kejahatan.

4. Swiss

Swiss
travel.okezone.com

Negara paling bahagia di dunia di urutan keempat ditempati oleh Swiss. Sudah bukan rahasia lagi jika Swiss merupakan salah stau negara dengan biaya hidup paling tinggi di dunia.

Tinggal dan bekerja di Swiss tentunya akan menawarkan kualitas hidup tinggi, baik dari segi ekonomi, lingkungan, keamanan, kesehatan, pendidikan hingga stabilitas politiknya. Apalagi didukung dengan lanskap Pegunungan Alpen yang indah, tentu siapapun tertarik untuk bisa merasakan sensasi tinggal ataupun berkunjung ke Swiss.

5. Belanda

Belanda
expatica.com

Belanda juga masuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia pada urutan kelima dalam dua tahun terakhir. Negara ini seolah sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan bila ingin merasakan tinggal di luar negeri pertama kalinya.

Selain terkenal ramah dan suka membantu, hampir sebagian masyarakat Negeri Kincir Angin ini cukup fasih berbahasa Inggris, terutama yang tinggal di kawasan perkitaan. Hal ini tentunya memudahkan pendatang untuk berinteraksi dengan warga lokal sekaligus belajar Bahasa Belanda.

Selain mendapat predikat sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia, Belanda juga mendapat predikat sebagai negara dengan anak-anak yang memiliki kebahagiaan terbaik di dunia.

6. Luksemburg

Luksemburg
visitluxembourg.com

Negara paling bahagia di dunia selanjutnya adalah Luksemburg. Menempati urutan keenam, negara yang berada di antara Belgia, Jerman dan Perancis ini merupakan sebuah negara kecil yang terkenal akan industri keuangannya yang maju. Selain itu, Luksemburg juga sebuah negara multikultural dengan banyak kelompok, mulai dari lokal hingga pendatang.

Hampir 47 persen populasi di Luksemburg ini adalah pendatang. Tak heran jika di negara ini mewajibkan bahasa Inggris, Perancis dan Jerman sebagai bahasa sehari-hari. Orang Luksemburg juga dikenal memiliki sistem pendidikan dan kekeluargaan yang baik. Setiap anak-anak dan remaja yang tinggal di negara ini tak hanya akan mendapatkan tunjangan, tapi juga fasilitas olahraga dan rekreasi yang memadai.

7. Swedia

Swedia
state.gov

Swedia berhasil mendapatkan skor 7,3 dalam laporan negara paling bahagia di dunia sehingga membuatnya menempati posisi ketujuh dalam daftar ini. Swedia merupakan sebuah negara yang berada di antara Denmark, Finlandia dan Norwegia, namun negara ini juga tak kalah saing dengan negara lainnya.

Berbeda dengan negara lainnya, orang-orang yang tinggal di Swedia dan bekerja di Swedia dituntut untuk lebih produktif tapi juga tetap mengutamakan keluarga. Di negara ini setiap orang memiliki kebiasaan untuk memulai segala aktivitasnya lebih awal dan memiliki jam kerja yang lebih panjang. Namun, saat sore hari mereka juga harus segera pulang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

8. Norwegia

Negara Paling Bahagia
timeout.com

Negara paling bahagia di dunia yang satu ini memang tak pernah keluar dari daftar 10 negara paling bahagia, yaitu Norwegia. Mendapatkan skor 7,3, ada banyak faktor yang mempengaruhi Norwegia selalu masuk dalam daftar.

Beberapa faktor yang menjadikan negara ini menjadi yang paling bahagia adalah keseimbangan hidup dan kerja, pendidikan, pengembalian pembayaran pajak dan keindahan alamnya. Tinggal dan bekerja di Norwegia tentu menawarkan banyak keuntungan, bahkan meskipun kamu adalah seorang pengangguran karena pengangguran di negara ini akan diberi tunjangan.

9. Israel

Israel
nationalgeographic.com

Siapa sangka jika Israel masuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia? Terlepas dari konfliknya dengan beberapa negara, Israel ternyata menempati urutan ke-9 dalam daftar ini. Bahkan menjadi satu-satunya negara di Asia yang menduduki 10 peringkat teratas negara paling bahagia tahun ini.

Di Israel, umumnya setiap orang memiliki kebebasan menentukan pilihan hidup dan mendapatkan dukungan sosial yang tinggi. Selain itu, ikatan kekeluargaan yang kuat dan solidaritas di antara masyarakat Israel menjadikan mereka merasakan hidup yang terjamin.

10. Selandia Baru

Selandia Baru
career-advice.jobs.ac.uk

Negara paling bahagia di dunia yang terakhir adalah Selandia Baru. Negara ini dikenal memiliki gaya hidup yang relatif santai sehingga membuatnya menempati peringkat 10.

Masyarakat Selandia Baru dikenal memiliki prinsip work life balance yang cukup kuat, baik dalam bekerja maupun berlibur. Negara ini juga memiliki lingkungan yang bersih dan stabilitas ekonomi yang jauh dari korupsi sehingga membuatnya cocok sebagai tempat bekerja, berbisnis, menimba ilmu hingga berlibur.



Leave a Reply