Mengenal Lebih Dekat Tradisi Imlek di 7 Kelenteng Terbesar di Indonesia


sisil angelin  February 2, 2019  0 Comment

Sebentar lagi mendekati perayaan Imlek, Biasanya saat Imlek vihara akan dihiasi dengan dekorasi merah khas imlek, dan salah satunya vihara akan dicat ulang, agar setiap pengunjung yang merayakan Imlek akan menikmati kentalnya nuansa Imlek di Vihara. Nah guys kali ini saya akan membagikan beberapa Kelenteng terbesar di Indonesia dan paling terkenal di Indonesia. Pastinya pas banget untuk kamu kunjungi bersama keluarga saat perayaan Imlek. Klenteng Terbaik di Indonesia bisa jadi destinasi wisata religi

1. Kelenteng Kwan Sing Bio

kelenteng Kwan Sing Bio

Wikipedia.org

Kelenteng Kwan Sing Bio ini memang sudah terkenal dan menjadi salah satu Kelenteng terbesar di Asia Tenggara. Kelenteng Kwan Sing Bio ini memiliki luas sekitar 4 hektare, bisa kebayang kan guys gimana luasnya Kelenteng Kwan Sing Bio?

Selain kelenteng ini besar, kelenteng ini juga memiliki fasilitas yang lengkap diantaranya ada tempat untuk beristirahat, tempat makan, dan biasanya saat Imlek akan di gelar beberapa acara di area Kelenteng Kwan Sing Bio. Kelenteng Kwan Sing Bio ini berlokasi di Jalan R.E. Martadinata No. 1, Desa Karangsari, Kecamatan Tuban. Jadi saat Imlek pastiin deh kalian mampir ke Kelenteng Kwan Sing Bio.

Review wisata

Berkunjung Ke Kelenteng Kwan Sing Bio, Klenteng Terbesar Se Asia Tenggara

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

2. Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi

 Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi

WomanBlitz

Kelenteng yang kedua ini berada di Palembang. Yang menarik dari Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi yaitu pengunjung bisa mengunakan perahu kayu yang disediakan oleh vihara untuk menikmati indahnya pemandangan Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi.

Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi ini biasanya akan di dekorasi dengan pernak-pernik imlek salah satunya adalah lampion, dan Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi akan dicat setiap tahunnya. Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi ini juga dipercaya bisa mengabulkan setiap orang yang berdoa meminta kesembuhan. Nah dari pada penasaran yuk langsung datang ke Jln Perikanan, No.10, Ulu, Palembang.

3. Vihara Surga Neraka

 Vihara Surga Neraka

cimahicity.com

Vihara yang satu ini berada di Kalimantan dan menjadi salah satu Vihara tertinggi di Kalimantan Barat. Vihara Surga Neraka ini menjadi pusat perkumpulan orang Tionghoa yang ada di Singkawang atau Kalimantan Barat.

Vihara Surga Neraka ini juga memiliki tempat yang tenang karena masih jauh dengan pusat kota, Jarak vihara ini dari pusat kota sekitar 12 kilometer. Vihara Surga Neraka ini juga dipercaya sebagai surga dan neraka dan banyak sekali patung dewa-dewa yang di percaya oleh orang Tionghoa membawa hokky. Kalo kamu lagi merayakan Imlek di Kalimantan Barat pastikan kamu mampir ke Vihawa Surga Neraka yang terletak di Kampung Sempalit.

4. Kelenteng Xian Ma

Kelenteng Xian Ma
celebesonline.com

Kelenteng Xian Ma sendiri memang besar dan memiliki 6 tingkat lantai. Yang unik ialah bangunan ini memiliki arsitektur yang cantik dan selalu memukau pengunjung yang berda di Kelenteng Xian Ma. nuansa merah dan emas yang ada di Kelenteng Xian Ma membuat suasana Imlek semakin ketal.

Yang unik ialah di setiap lantai dilengkapi patung Dewa-dewa yang berbeda-beda salah satunya ada Dewa Raja Langit dan Namo Maitreye. Untuk kamu yang ingin mengajak keluarga ke Kelenteng ini bisa datang ke Lokasi Kelenteng Xian MA yang berada d Jln. Sulawesi, Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Kelenteng Cu An Kiong

Kelenteng Cu An Kiong

aspertina.net

Kelenteng terbesar di Indonesia yang ke lima ini berada di Jawa Tengah dan menjadi salah satu Bangunan Kuno yang berdiri sejak abad ke 16, yang menarik meskipun bangunan ini sudah ada di abad ke 16, bangunan Kelenteng Cu An Kiong ini masih rapi, bersih, dan terlihat kokoh. Kelenteng Cu An Kiong juga memiliki bangunan kayu yang berwarna-warni memberikan kesan artistik. di Kelenteng Cu An Kiong terdapat patung Dewi Laut yang bernama Makco Thian Siang Sing Bo. Kamu berada di Jawa Tengah maka pastikan datang ke Jln. Dasun No. 19, Soditan, Lasem, Kabupaten Rembang ya.

6. Kelenteng Hok Tiek Hian

 Kelenteng Hok Tiek Hian

IndonesiaKaya.com

Kelenteng Hok Tek Hian ini berada di Kota Surabaya dan beralamat di Jln. Dukuh No.21. Kelenteng Hok Tek Hian ini menjadi sejarah dan dibangun sejak tahun 1899 oleh Tentara Tartar pada zaman Kaisa Ku Bhi Lai Khan.

Kelenteng Hok Tek Hian juga memiliki arsitektur yang keren yaitu memiliki Pagoda bertingkat tujuh. Yang unik dari Kelenteng Hok Tek Hian ialah pengunjung isa melihat pertunjukan wayang potehi pada acara-acara besar salah satunya adalah imlek.

7. Kelenteng Tay Kak Sie

Kelenteng Tay Kak Sie

wahanawisata.com

Kelenteng Terbesar di Indnesia ini berada di Semarang. ini diangun sejak tahun 1746 dan sangat terkenal di Jawa Tengah. Yang menarik dari Kelenteng Tay Kak Sie ialah terdapat banyak patung yang ada di abad 19 dan disini juga terdapat replika perahu Laksamana Cheng Ho. Kamu lagi di Jawa tengah maka wajib banget datang ke Kelenteng Tay Kak Sie ang berlokasi di Jalan Gg. Lomboko No. 62, Purwodinatan, Semarang.




Leave a Reply