13 Dessert Khas Iran Dengan Rasa Klasik Yang Memanjakan Lidah


Reni  July 31, 2022  0 Comment

Orang Iran terkenal ramah. Mereka suka menjamu tamunya dengan dessert Khas Iran dengan rasa manis. Aromanya wangi yang khas sangat menggoda selera. Kue biasanya memiliki bahan yang hampir sama yakni menggunakan kacang kacangan seperti kacang pistachio, almond dan kenari. Mereka juga suka menambahkan air mawar atau  kapulaga sebagai aroma dan juga penambah rasa. Penasaran dengan rasanya? Yuk simak ulasna kami berikut ini

1. Koloocheh

koloocheh
figandquice.com

Kue khas iran ini terbuat dari tepung, yoghurt, telur, gula, garam, ragi, air hangat dan kenari. Adonan kemudian dibuat seperti kue. Kemudian di isi dengan cacahan kenari yang dicampur dengan kayu manis dan gula. Selain kacang kenari, bisa juga di isi dengan kurma cincang.

Setelah tertutup rapat, bagian atas kue di design dengan cetakan khusus kemudian dipanggang. Menghasilkan kue dengan bentuk yang unik, bikin siapa saja ingin mencomotnya segera.

Di Iran, Kolochech biasanya disajikan sebagai sarapan pagi atau dibuat camilan di hidangkan bersama teh hangat.

Gotravelly

Bittersweet By Najla, Pelopor Dessert Box No 1 Di Indonesia Yang Hadir Di Surabaya!

C FOR CUPCAKES AND COFFEE SEDIAKAN DESSERT LUCU

2. Faloodeh Shirazi

faloodeh shirazi
my-travelblog.org

Dessert Khas Iran yang satu ini banyak dijual di saat musim panas. Terbuat dari bihun mie kemudian direndam dalam sirup mawar dengan aroma wangi yang khas. Mie kemudian dihujani dengan jeruk nipis. Rasanya manis, segar dan asam paling enak dinikmati bersama es.

3. Ranginak

ranginak
tappersia.com

Kue Kurma khas Iran ini menjadi salah atu dessert kesukaan warga Iran. Ranginak terbuat dari kurma sebagai bahan utamanya karena di iran banyak sekali dihasilkan Kurma. Kurma kemudian dicampur dengan gula bubuk, mentega, kapulaga, kacang kenari, kayumanis dan tentu saja kacang pistachio.

Baca juga :  11 Minuman Khas Filipina Dengan Kesegaran Sempurna

Kue dengan rasa manis beraroma wangi ini teksturnya kenyal dan lembut. Rasanya tentu saja sangat menggoda lidah, kombinasi kacang picatchio, kenari dan kurma membuat siapa saja tak berhenti ngunyah.

4. Halva

halva
persiangood.com

Halva Dessert Khas Iran ini biasanya bisa dengan mudah dijumpai saat bulan ramadhan tiba. Terbuat dari tepung gandum dan mentega kemudian dicampur dengan gula, kayu manis, air mawar dan Kapulaga. Setelah itu adonan dicetak dan ditaburi kacang pistachio.

Halva bisa disimpan hingga berbulan bulan sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh buat keluarga di rumah atau teman di kantor. Dengan membawa Halva dijamin mereka pasti suka dengan rasanya. Setiap gigitnya membawa pikiran mereka ke negeri Persia.

5. Khorest Mast

khorest mast
tappersia.com

Khorest sendiri dalam bahasa Iran artinya direbus atau di kukus. Kue Korest Mast ini terbuat dari air mawar, safron, yoghurt, gula dan daging domba, sebuah kombinasi yang tak biasa tapi menghasilkan dessert yang enak.

Teksturnya lembut, aroma wangi air mawar dengan warna kuning safron membuat siapa saja terpikat untuk mencobanya. Rasanya memang benar benar eksotis. Apalagi jika ditambahkan cacahan kacang Pistachio ataupun kacang almond membuatnya hidangan ini terasa lebih mantap

6. Bastani Akbar Mashti

bastani akbar mashti
youtube.com

Sesuai dengan namanya Akbar Mashtai ada orang yang pertama kali membuat toko es krim yang satu ini di Iran. Es krim dengan tekstur lembut ini sangat digemari orang Iran. Didominasi rasa kacang pictachio. Ada juga kombinasi rasa air mawar dan juga kunyit, hmmm rasanya benar benar bikin penasaran, ya?

7. Qottab

qottab
aheadofthyme.com

Dilihat bentuknya sesaat mirip dengan pastel. Qottab yang berasal dari kota Yadz terbuat dari tepung gandum yang digoreng. Di isi dengan cacahan almond atau kenari.

Baca juga :  10 Rekomendasi kuliner Enak dan legendaris di Delhi

Dessert khas Iran ini bisa kita jumpai tiap hari, biasanya disajikan saat ada pesta atau saat perayaan tahun baru.

8. Masghati

Dessert Khas Iran
uniqop.com

Desssert Khas Iran yang satu ini bertekstur lembut dengan warna warni yang menggoda mata. Terbuat dari cairan susu dikombinasikan dengan pati dan dan gula. Adonan kemudian di dinginkan sehingga cairan mengeras. Suguhan kemudian di potong potong dengan berbagai bentuk.

Untuk rasa yang lebih bervariasi, hidangan ini biasanya dicampur dengan air mawar, safron, kapulaga, delima, kapulaga dan berbagai macam kacang kacangan yang sudah di cincang.

Seperti hanya Qottab, Masghati ini biasanya dihidangkan saat pesta atau perayaan khusus. Di saat perayaan, Masghatti biasanya di dekorasi secara khusus dengan bentuk yang beragam membuatnya nampak lebih spesial.

9. Noon Khamei

noon khamei
youtube.com

Noon Khamei Dessert khas Iran yang satu ini bentuknya mirip kue Sus. Lengkap dengan taburan gula halus di atasnya. Pastry khas Iran berbentuk kerang di isi dengan Krim kocok yang lembut. Rasanya manis dan lumer di mulut.

Noon Khameni ini sebenarnya kue khas rumahan, tapi kamu tak usah khawatir jika ingin mencobanya banyak toko kue yang menjualnya. Kue ini paling enak disajikan dengan teh khas Iran.

10. Zoolbia – Bamieh

zoolbia - bamieh
littleferarrokitchen.com

Dessert khas Iran yang satu ini biasanya banyak dihidangkan saat bulan Ramadhan. Bahannya cukup sederhana memadukan tepung, gula, yoghurt, baking soda, Safron dan juga minyak. Adonan kemudian ditambahkan dengan safron dan air mawar kemudian digoreng.

11. Kue Yazdi

kue yazdi
cookpad.com

Terbuat dari Campuran tepung, telur, minyak, yoghurt dana susu. Untuk rasa dan aroma yang wangi biasanya ditambahkan air mawar atau kapulaga. Karena orang Iran suka dengan Safron, terkadang dalam kue ini di tambahkan pula Safron sehingga warnanya nampak begitu segar.

Baca juga :  7 Variasi Martabak di Indonesia dengan Rasa Menggugah Selera

Kue ini kemudian dicetak dalam cetakan kaleng logam. Saat ini biasanya dicetak dalam kertas muffin. Setelah matang ditaburi cacahan kacang pistachio, kacang almond bisa juga ditaburi wijen.

Sesuai dengan namanya, Kue ini berasal dari kota Yadz. Bisanya dihidangkan saat perayaan keagamaan ataupun pesta.

12. Nan-e barbari

nan-e barbari
bakefromscratch.com

Barbari sendiri dahulunya sebutan tidak baik untuk etnis Hazara. Merekalah yang dipercaya pertama kali membuat roti tradisional ini hingga hingga ke seluruh Iran.

Roti Nan ini banyak ditemui di daerah Asia tengah, berupa roti pipih yang dihidangkan bersama cacahan daging. Di Iran Nan-e Barbari ini bentuknya sama lonjong dan pipih terbuat dari tepung gandum. Atasnya diolesi dengan glasir tepung.

Sebelum di oven dalam tandoor, yakni oven tradisional yang terbuat dari tanah liat, roti terlebih dahulu ditaburi dengan biji wijen, poppy atau nigella. Roti yang lembut denga bagian dalam berongga ini biasanya dinikmati waktu sarapan dan biasanya dihidangkan hangat langsung dari oven. Enak dinikmati bersama keju, krim, yoghurt atau sayuran segar.

13. Sohan

sohan
dreamstime.com

Sohan Dessert khas Iran ini memiliki tekstur yang renyah. Dengan rasa mentega yang gurih. Bahannya terbuat dari tepung gandum, gula, telur, kapulaga, air mawar dan mentega. Di atasnya kemudian ditaburi dengan cacahan kacang psitachio atau almond dalam jumlah yang banyak.

Untuk mendapatkan dessert ini, datanglah ke Kota Religius, Qom karena dari sinilah kue yang gurih, manis dan renyah ini berasal. Kue Sohan paling enak dihidangkan bersama the khas Iran.

Itulah tadi beberapa dessert khas Iran yang manis, enak dengan aroma khas air mawar atau kapulaga. Masih banyak dessert lainnya yang enak dari berbagai wilayah di Iran yang enak dan manis.  Bagaimana guys, tertarik untuk mencobanya ketika berkunjung ke Iran?



Leave a Reply