Tak Hanya Pantai, Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Lombok


Reni  December 17, 2019  0 Comment



Lombok yang eksotis ternyata tak hanya memiliki destinasi pantai saja, namun terdapat banyak air terjun terindah di Lombok yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Dari ketiga kabupaten di Lombok, yakni Lombok Timur, dan Lombok Tengah serta Lombok Barat, masing-masing memiliki destinasi wisata air terjun unggulannya masing-masing. Berikut ini adalah air terjun terindah di Lombok


1. Air Terjun Jeruk Manis atau Jukut atau Aik Temer

 Air Terjun Jeruk Manis
instagram.com/fortune_4rt


Air Terjun Jeruk Manis atau yang juga disebut sebagai Air Terjun Jukut dan ada juga yang menyebut sebagai Aik Temer ini letaknya berada di Lombok Selatan, di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Aik Temer ini tingginya sekitar 40 m. Letaknya di desa Kembang Kuning, kecamatan Sikur, kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya adalah 50 kilometer dari kota Mataram. Terdapat mitos yang boleh dipercaya atau tidak, bahwa menurut cerita turun temurun yang dipercaya oleh warga setempat bahwa airnya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan terutama guna menyuburkan rambut, tetapi untuk hal ini perlu dilakukan ritual tradisional terlebih dahulu yang dipimpin oleh seorang Pemangku adat di Desa Tete Batu.

Gotravelly

Air Terjun Nirwana Surga Tersembunyi Di Malang Selatan

Air Terjun Kali Pancur: Jalanannya Serasa Anak Alam Banget!

2. Air Terjun Mangku Sakti, Mangku Kodeq dan Kuda Sembrani

Air Terjun Mangku Sakti
instagram.com/lombokexperience


Berikutnya di desa Sajang, kecamatan Sembalun, terdapat Air Terjun Mangku Sakti. Air terjunnya berasal dari tebing batu yang berwarna putih dengan tinggi sekitar 30 meter. Airnya mengandung belerang, jadi tak heran jika airnya memiliki warna agak putih kehijauan dan tidak begitu jernih. Dikarenakan kandungan zat belerangnya tersebut maka air dari air terjun Mangku Sakti ini dapat dipergunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Tak jauh dari tempat ini terdapat dua air terjun lainnya yang lokasinya berdekatan. Hanya berjarak sekitar 100 meter terdapat Air Terjun Mangku Kodeq. Air terjun ini lebih kecil dengan ketinggiannya yang hanya sekitar 3 m saja. Sedangkan letak persisnya agak tersembunyi diantara tebing-tebing yang tinggi. Lalu sekitar 500 m ke arah bawahnya terdapat air terjun yang dinamai sebagai Air Terjun Kuda Sembrani. Ketiga air terjun tersebut lokasinya ada di desa dan kecamatan yang sama, yakni di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Meski jaraknya cukup jauh dari kota Mataram, yakni sekitar 175 kilometer, namun pemandangannya indah mempesona dan suasananya sejuk menenangkan sehingga sayang jika dilewatkan untuk tak dikunjungi. Waktu perjalanan untuk menempuh rute perjalanan dari kota Mataram hingga sampai ke ketiga air terjun di Lombok Timur ini ialah sekitar 4 jam berkendara.


3. Air Terjun Madu

Air Terjun Madu
instagram.com/langitlombok


Lalu masih di Kabupaten Lombok Timur, terdapat Air Terjun Madu. Lokasi tepatnya ada di dusun Birak, desa Bilok Petung, kabupaten Lombok Timur. Jarak waktu tempuhnya ialah sekitar 4 jam perjalanan darat dari kota Mataram, baik itu melalui rute Lombok Timur maupun melalui rute Lombok Utara, yakni berjarak sekitar 173 kilometer. Suasana objek wisata ini sangat asri, indah dan juga masih alami. Airnya juga terdapat kandungan belerang sehingga warna airnya adalah putih kehijauan. Bagi pengunjung yang bisa berenang, maka diperbolehkan untuk berenang di kolam air terjun yang berukuran cukup besar ini. Air terjun Madu ini memiliki tingkat kedalaman sekitar setengah meter sampai dua meter saja. Jadi cukup aman untuk direnangi. Keindahan panorama alam air terjun Madu di Lombok Timur ini mampu mengobati rasa lelah dan penat setelah mengelilingi Lombok.


4. Air Terjun Otak Kokoq Gading

Air Terjun Otak Kokoq Gading
backpackerjakarta.com


Kemudian di desa Montong Betok, kecamatan Montong Gading, masih di kabupaten Lombok Timur juga, terdapat sebuah air terjun yang unik setinggi hanya sekitar 5 meter saja. Keunikan air terjun yang lokasinya berada di dalam kawasan wisata pemandian Otak Kokoq Joben ini bukanlah karena ketinggiannya, namun karena air dari air terjun Otak Kokoq Gading ini asalnya keluar dari balik akar pohon Banjur yang telah berusia selama ratusan tahun lebih. Terdapat mitos juga mengenai khasiat airnya, yang masih banyak dipercaya hingga sekarang. Air terjun yang sepertinya mengandung berbagai zat berkhasiat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dan uniknya melalui buih airnya dapat menjadi indikator ada penyakit atau tidaknya. Pada saat air dari air terjun di Lombok ini mengenai badan seseorang yang memiliki penyakit, maka buih airnya yang menyentuh pada badan seseorang tersebut akan bisa berubah jadi berwarna putih yang nampak jelas, sebagai indikasi adanya penyakit.


5. Air Terjun Ulem-ulem

Air Terjun Ulem-ulem
backpackerjakarta.com


Selanjutnya di Kabupaten Lombok Timur juga ada Air Terjun Ulem-ulem lokasi tepatnya ada di Desa Tete Batu, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Berjarak sekitar 50 Kilometer saja dari arah Kota Mataram. Rute perjalanan menuju ke air terjun ini cukup seru dan jadi pengalaman yang mengesankan, karena akan menempuh perjalanan dengan melewati tepi suatu hutan lindung yang masih terpelihara. Jika beruntung maka bisa juga dijumpai beberapa kera hitam yang sedang santai berlalu lalang di hutan lindung tersebut. Tak rugi berjalan jauh guna menemukan air terjun ini, pemandangan alamnya yang indah sudah menyambut. Kolam airnya aman untuk dipakai berenang atau bisa juga jika sekedar ingin bermain air.


6. Air Terjun Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Terjun Benang Kelambu
instagram.com/taqy_malik


Pemandangan Air terjun di Kabupaten Lombok Tengah ini indah dan memesona serta mampu membuat terpana dan berdecak kagum. Bayangkan saja, curahan air terjunnya sangat unik mengalir turun hingga menyerupai tirai yang ada di sela-sela rindangnya pepohonan gambung. Air terjun yang sumbernya dari mata air alami ini tingginya kurang lebih sekitar 40 meter dan memiliki sekitar dua lapis hingga tiga lapis tingkatan air terjun. Airnya juga mengalir tidak terlalu deras. Pengunjung bisa langsung merasakan sensasi dinginnya air dengan berdiri di bawah curahan air terjunnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di tempat yang indah memesona ini. Lokasi tepatnya air terjun Benang Kelampu ini adalah di dusun Pemotoh, desa Aik Berik, kecamatan Batu Keliang Utara, kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 30 Kilometer di sisi timur dari kota Mataram.


7. Air Terjun Putri Kembar

Air Terjun Putri Kembar
instagram.com/didukmiru


Lalu ada air terjun Putri Kembar. Lokasinya ada di kawasan Lombok Barat tetapi sedikit merapat ke wilayah Kota Mataram. Alamat tepatnya Air Terjun Putri yang memiliki jarak sekitar 17 Km dari kota Mataram ini adalah di Dusun Kerandangan, Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, kabupaten Lombok Barat. Salah satu rute untuk menuju tempat ini adalah dari Mataram, Gunung Sari, lalu ke Senggigi, dan kemudian sesampai di Dusun Kerandangan, harus berjalan kaki menyusuri hutan dengan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Dalam perjalanan tersebut akan ditemui juga tiga buah air terjun kecil, yakni ada Air Terjun Temburun Beriq, dan Air Terjun Goa Walet, serta Air Terjun Temburun Nyeboq. Biaya masuk ke destinasi air terjun Putri Kembar ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu Rupiah per orang. Terdapat lebih dari satu aliran air terjun di lokasi ini, yakni Tiga air terjun yang berhadapan dalam satu lokasi yang sama, yakni air terjun yang berada di sisi bagian kanan dan air terjun yang berada di bagian sisi kirinya dan aliran air terjun yang berada di tengahnya. Tinggi masing-masing dari air terjun tersebut adalah sekitar 10 meter dan juga 15 meter.


8. Air Terjun Batara Lelang

Air Terjun Batara Lelang
triptrus.com


Berada di kawasan Taman nasional Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, terdapat air terjun Batar Lelang. Airnya jernih dan hangat. Air terjun ini ada di hulu bagian atas, dibawahnya, satu aliran ada Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep.


9. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
instagram.com/sedangliburan


Rute menuju ke air terjun terindah di lombok ini melewati jalan yang berupa terowongan air. Lalu air terjunnya bertingkat-tingkat dengan ketinggian 42 meter ini. Sudah terdapat fasilitas toilet dan juga ruang ganti di tempat ini.


10. Air Terjun Sendang Gila

 Air Terjun Sendang Gila
instagram.com/elviracarmelitagumay


Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 60 Km, yakni di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Terdiri dari dua tingkatan dengan dua buah kolam setinggi sekitar 32 meter. Terdapat mitos bahwa airnya bisa membuat awet muda.


Itulah 10 air terjun terindah di Lombok yang indah dan menawan hati. Jangan lewatkan saat berkunjung ke Lombok.



Leave a Reply