10 Tempat Wisata di Tunisia, Surga Dunia dengan Segala Keunikannya


sisil angelin  July 31, 2019  0 Comment

Tempat wisata di Tunisia termasuk negara di Afrika yang lokasinya berada di antara Aljazair dan Libya. Negara ini berada di barat Mesir dan di timur Maroko. Selain itu, Tunisia juga berada di dekat pantai laut Mediterania dan Pegunungan Atlas di ujung timur serta Gurun Sahara di ujung utara. Negara dengan ibukota Tunis ini menggunakan bahasa Arab.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Tunisia, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata terbaik di Tunisia yang dapat dikunjungi. Beberapa destinasi tersebut menawarkan keindahan alam. Selain itu banyak juga tempat wisata yang mengusung tema sejarah dan memiliki gaya arsitektur yang unik.Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata terbaik di Tunisia yang dapat dikunjungi.

Tempat Wisata di Tunisia

1. Djerba

Djerba
image credit : @columbussss

Djerba adalah kawasan wisata yang berupa pemukiman masyarakat Yahudi di Tunisia. Keberadaan umat Yahudi adalah bagian integral peradaban Tunisia. Djerba sendiri adalah sebuah pulau yang indah dengan bangunan bersejarah bernama Sinagoge El Ghriba yang menjadi daya tarik utama di Djerba. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh turis dari berbagai belahan dunia saat musim liburan. Pulau Djerba juga dikenal menawarkan panorama sunset yang indah.

Gotravelly

Berburu Kuliner Ayam Goreng Lezat Bu Bejo Do Kaki Gunung Lawu

Lumernya Mozarella Cheese Toast Di Kokokuno Surabaya, Nikmatnya Nggak Putus-Putus!

2. Sbeitla

Sbeitla
image credit : @mochilandosemfrescura

Tempat wisata Tunisia yang direkomendasikan selanjutnya adalah Sbeitla. Di sana, para wisatawan dapat melihat dan mengenal peninggalan kekaisaran Romawi. Dulu Sbeitla juga dikenal dengan Sufetula karena menjadi kawasan penghasil minyak zaitun. Bahkan kawasan ini adalah pusat industri olive oil di masa lalu.

Baca juga :  10 Taman Bunga Tulip Dari Seluruh Dunia Mulai Asia Hingga Eropa

Beragam infrastruktur mewah dapat dijumpai di kota ini seperti kolam pemandian mewah, alun-alun yang megah, teater, dan gapura-gapura besar sebagai ucapan selamat datang. Dengan kondisi ini, Sbeitla dikenal sebagai kota termakmur di Tunisia. Anda juga dapat menemukan kenyamanan melalui berbagai fasilitas yang memukau di kota ini.

3. Chott El Jerid

Chott El Jerid
image credit : @grazielladon

Chott el Jend adalah destinasi wisata berupa padang pasir yang dulu digunakan sebagai lokasi syuting film Star Wars. Gurun tersebut sangat luas yaitu mencapai 5 ribu km persegi. Secara geografis wilayah ini termasuk bagian padang gurun Sahara. Jika Anda termasuk penggemar Star Wars, gurun Chott el Jerid mungkin sudah tidak asing lagi karena ditampilkan sebagai lokasi Planet Tatooine.

Kegiatan yang populer dilakukan di gurun ini adalah safari gurun. Jika Anda ingin mencoba suasana baru menghabiskan liburan, cobalah menikmati ekspedisi safari gurun dengan menaiki unta kemudian menginap di tenda yang berada di sekitar gurun tersebut. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

4. Kairouan

Kairouan
image credit : https://thearabweekly.com

Kairouan menawarkan tur untuk melihat masjid-masjid di Tunisia yang bersejarah dan memiliki arsitektur unik. Kairouan sendiri adalah kota yang didirikan tahun 670 M dan sempat menjadi pusat studi agama. Sebagai pusat studi agama, kota ini sejak lama telah dipenuhi oleh pelancong dari berbagai penjuru dunia yang ingin menekuni agama di kota ini.

Pelancong tersebut tidak hanya pengunjung biasa yang hanya berniat melihat-lihat tetapi juga cendekiawan yang memiliki minat khusus terhadap pusat studi agama itu. Selain itu, arsitektur masjid dari abad ke-9 ini juga sangat menarik karena mengusung kejayaan arsitektur kota Kairouan di bawah Dinasti Aghlabid, pemimpin pemerintah Kairouan. Salah satu masjid yang terkenal di sana adalah Masjid Agung Kairouan karena termasuk masjid tertua di dunia.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Salatiga Wajib Dikunjungi Rekomended

5. Mahdia

Mahdia
image credit : https://www.lonelyplanet.com

Menurut sejarah, Mahdia pernah menjadi pusat politik Dinasti Fatimid pada abad ke-10. Dinasti tersebut membangun benteng terkuatnya yang dilengkapi sebuah gerbang hitam yang kini dikenal dengan nama Skifa el Kahla. Selain sebagai pusat politik Tunisia, masa Dinasti Fatimid juga membangun Zouila yang merupakan kota tempat berkumpulnya seniman dan kaum intelektual. 

Di sana, para wisatawan dapat menemukan kerajinan emas dan tenun sutera yang dibuat oleh para pengrajin dari Zouila. Karya seni di Zouila memiliki detail yang sangat memukau dan beberapa di antaranya sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau hiasan di rumah.

6. Carthage

Carthage
image credit : @katrin0812

Ini adalah sebuah kota yang terletak di kawasan pesisir. Carthage dulu pernah dijadikan sebagai markas kekaisaran Carthaginia. Di kawasan ini ada banyak situs bersejarah yang berkaitan dengan kekuasaan Romawi karena kota ini mewarisi kekuasaan Romawi.

Anda dapat berkunjung ke bangunan Sidi Bou Said yaitu bangunan berwarna putih dan biru yang berada di bagian desa. Desa ini bahkan dikenal sebagai replika desa Yunani. Wisatawan dapat singgah ke Café des Nattles untuk menikmati kopi sambil melihat panorama  pelabuhan. Banyaknya kapal pesiar yang berada di sana menyuguhkan pemandangan romantis saat matahari terbenam.

7. Hammamet

Hammamet
image credit : @ryniecka

Jika di Indonesia ada Bali, maka Tunisia memiliki Hammamet. Ini adalah sebuah kota pesisir yang berada di dekat Laut Mediterania. Bagi para pecinta olahraga air dan wisata pantai, Hammamet adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Di sana terdapat banyak hotel berbintang dan restoran terbaik di Tunisia. Selain menawarkan pantai, destinasi ini juga menawarkan energi positif dan kegembiraan melalui berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Bahkan karena keindahannya, beberapa selebriti dunia membangun rumah liburan mereka di kota ini.

Hammaet secara geografis berada di Semenanjung Cap Bon. Setelah puas menikmati waktu di pantai, Anda dapat berkunjung ke taman bunga melati. Di sana, berbagai souvenir dari bunga melati dapat dijumpai dengan mudah dan cocok dijadikan sebagai cinderamata. Beberapa objek wisata populer di kota ini adalah Medina, Kashbah Hammamet, dan juga Friguia Animal Park. Ada pula situs arkeologi Pupput yang sudah ada sejak 1 SM.

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Setelah Corona Dalam Negeri yang Menarik

8. Monastir

Monastir
image credit : https://en.wikipedia.org

Monastir atau Mistir adalah tempat wisata Tunisia berupa sebuah kota resort yang berada di pantai timur Tunissia. Monastir secara geografis berada di tepi laut Mediterania. Wilayah Monastir dan Hammamet termasuk area Sahel yaitu area di pantai timur Tunisia. Objek wisata unggulan yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Monastir antara lain adalah Medina, Masjid Raya Monastir, Museum Habib Bourguiba, Makam Sidi el-Mezeri, dan Pantai Al-Qurayyah.

9. Sousse

Sousse
image credit : https://www.kayak.com

Sousse berada di tepi Teluk Hammamet dan berjarak kurang lebih 140 dari ibukota Tunis menuju ke selatan. Sousse sampai saat ini menjadi salah satu kota yang masih menjaga kebudayaan Arab dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat di area Medina yang termasuk situs warisan dunia UNESCO. Di area ini ada beberapa landmark utama seperti Central Mosque, Ribat Castle, Carthaginian Catacomb, Casbah Museum, dan berbagai pasar tradisional. Destinasi wisata lainnya dapat dijumpai di pantai Laut Mediterania yaitu Port El Kantaoui.

10. Tunis

Tunis
image credit : https://erasmusu.com

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang paling mewakili Tunisia. Pasar rakyat, museum, teater terbuka, dan kafe di sana merupakan peninggalan nenek moyang Tunisia. Di Tunis, Anda dapat mengunjungi Bardo Museum yang menyimpan koleksi mosaic dari masa kekuasaan Romawi dan Carthaginian. Mozaik tersebut terbuat dari tanah liat, marmer, dan kaca.

Demikian beberapa tempat wisata Tunisia terbaik yang populer di kalangan wisatawan. Tempat tersebut dapat memberikan pengalaman liburan yang berkesan dan benar-benar merepresentasikan Tunisia. Selain asyik untuk liburan, destinasi tersebut juga akan mengajak wisatawan untuk mengenal lebih dekat negara ini.



Leave a Reply