13 Tempat Wisata di Iran Bikin Liburanmu Tak Terlupakan


Reni  January 20, 2019  0 Comment

Tempat Wisata di Iran – Sebagai salah satu negara maju di daerah Timur Tengah, Iran memang masih kalah pamor ketimbang negara lain seperti Arab, UEA, Dubai. Tapi, ternyata usut punya usut negara yang dulunya dikenal sebagai “Persia” ini menyimpan beragam keindahan alam, dan tempat wisata di Iran yang tak kalah menakjubkan lho. Tak salah jika musim liburan tahun ini, Anda memasukkan Iran sebagai destinasi wisata berikutnya. Mau tahu daftar lokasi yang wajib dikunjungi? Berikut  daftar Tempat Wisata di Iran

1. Seribu Taman Di Kota Teheran

Seribu Taman Di Kota Teheran

jihandavincka.com

Sebagai salah satu kota yang ditata dengan sangat sempurna, Teheran yang merupakan Ibukota Iran dijuluki Kota Seribu Taman, karena sangat banyak taman indah yang memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari taman Sa’ee yang merupakan taman tertua di kota ini. Dipenuhi rimbun pepohonan dari berbagai varietas, ada juga beberapa spesies hewan yang diberi kandang dan sangat terawat, serta sejumlah tempat duduk nyaman yang siap jadi tempat melepas lelah Anda saat berjalan menyusurinya. Lalu Iranian Garden yang dipenuhi bunga-bunga Indah, Laleh dan Mellat Park yang juga tak kalah alami dan Akan membuat Anda betah berlama-lama disana

Gunung Suwati Nongkojajar – Tracking Singkat Bonus Sejuta Pesona

Jalan Jalan Seru Ke Kota Binjai, Sumatera Utara

2. Shemshak Ski Resort

Shemshak Ski Resort

skiofpersia.com

Bagi Anda yang hobi bermain ski, jangan lupa mampir di Shemshak Ski Resort yang terletak di Pegunungan Alborz Kota Teheran. Lokasinya yang merupakan terluas ketiga di Iran, masih sangat alami, dengan bentangan salju indah dan rute ski yang unik.

3. Istana Golestan Teheran

Istana Golestan Teheran

ioi2017.org

Masih di Kota Teheran, bagi Anda yang menyukai sejarah akan sangat penting mengunjungi istana masa kejayaan dinasti Qajar ini. Istana yang dibangun tahun 1524 ini dikelilingi benteng, dilengkapi kolam-kolam indah, serta arsitektur bangunan yang sangat megah bergaya timur tengah abad 19, sudah beberapa kali mengalami renovasi, dengan perpaduan dekorasi Victoria Eropa, namun tetap mempertahankan nilai sejarah kekhalifahan Islam zaman dahulu. Tak salah jika di tahun 2012 lalu UNESCO menetapkannya sebagai salah satu warisan dunia.

4. Museum Karpet

Museum Karpet

toptenteh.com

Dibuat tahun 1976 silam, museum ini dilengkapi sekitar 7000 buku ulasan tentang karpet. Banyak peneliti yang datang untuk melakukan penelitian dan memanfaatkan buku-buku tersebut. Anda juga akan dimanjakan oleh ratusan karpet di semua ruangan, dengan desain orisinil khas Timur Tengah.

5. Makam Saadi Di Kota Shiraz

Saadi

teukuid.blogspot.com

Di Kota Shiraz yang merupajan terpadat keenam di Iran ini, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Iran spektakuler dan tak terlupakan. Salah satunya adalah makam sastrawan paling ternama di Iran yaitu Abu Muhammad Muslih Al Din Bin Abdullah Shirazi atau dikenal dengan Saadi. Bangunan berkubah ini berbentuk paviliun, dimana dinding dan atapnya dipenuhi dengan puisi sastra hasil karya sang maestro salah satunya berjudul Golestan, yang mendunia. Bangunan ini juga memiliki arsitektur khas timur tengah dengan kubah indahnya, dan pastinya membuat Anda tak akan puas untuk terus memandanginya.

6. Masjid Nasir Al-Mulk

Masjid Nasir Al-Mulk

Merdeka.com

Umurnya boleh 150 tahun, namun pesonanya masih tak tergantikan, ya seperti itulah kesan pertama yang akan didapat saat Anda mengunjungi masjid Ikon Kota Shiraz, yang juga disebut sebagai “Pink Mosque” ini. Mozaik warna –warni yang dihasilkan dari dinding dan kaca bangunan luar Masjid, menghasilkan pantulan merah muda yang sangat indah di berbagai sudut masjid. Detail yang sulit pada bangunan yang penuh ornamen ini, pastinya membuat Anda terbelalak takjub. Ditambah pula sejumlah ceruk di dalam masjid yang membuatnya menjadi sangat khas. Alhasil tak pernah satu haripun masjid ini sepi pengunjung.

7. Wisata Kuliner Vakil Bazaar

Wisata Kuliner Vakil Bazaar

OrigIran

Selain dikenal sebagai pusat peradaban sastrawan, kota Shiraz juga sangat tersohor dengan wisata kulinernya yang beragam di kawasan Vakil Bazaar. Bagi Anda yang hobi makan, tentunya tak akan melewatkan beragam makanan menggugah selera. Mulai dari kebab, yang memang merupakan makanan khas Iran, namun di Shiraz, perpaduannya sangat komplit dan membuat lidah Anda menari. Lalu ada makanan bernama faloodeh yang wajib dicoba, terbuat dari bihun beku yang diberi kuah sirup khas Shiraz. Di kawasan ini juga terdapat lokasi selfie yang instagramable, salah satunya lorong yang menyambungkan Vakil Bath dan Masjid Vakil, dengan nuansa bangunan kuno tinggi dengan pencahayaan yang indah.

8. Tower Of Silence Kota Yazd

Tower Of Silence Kota Yazd

TripAdvisor

Destinasi selanjutnya yang wajib masuk daftar kunjungan Anda saat menyusuri tempat wisata di Iran, terletak di Kota Yazd atau sekitar enam jam perjalanan dari pusat Kota Teheran, Anda akan menemukan sebuah objek wisata gurun pasir dilengkapi sebuah kubah dan menara dari pasir di atas bukitnya. Pada zaman dahulu, lokasi ini merupakan tempat penguburan para pemuja api zoroaster. Mayat mereka, akan ditempatkan di puncak bukit, dan dibiarkan hingga burung pemakan daging melahapnya hingga habis. Pemandangan sunset di lokasi ini juga sangat indah, dan sayang untuk dilewatkan.

9. Old Town Kota Yazd

Old Town Kota Yazd

slate.com

Satu lagi lokasi wisata ciri khas Iran adalah beberapa kota tua yang menyimpan banyak sejarah tanpa harus diceritakan. Old Town Kota Yazd adalah salah satunya. Disini, hampir semua bangunan terbuat dari tanah merah, dengan arsitektur zaman dahulu dengan banyak lorong dan labirin sederhana namun kaya makna. Para penduduknya juga masih menerapkan adat lama, mulai dari cara berpakaian, hingga makan. Jika Anda pencinta fotografi, spot-spot menarik sangat mudah didapat disini. Jadi siap-siap dengan kamera terbaik saat hendak kesana.

10. Festival Ashura di Kota Yazd

Ashura

ETAPORAMA

Setiap tahunnya, di kota Yazd akan diadakan festival Ashura, untuk mengenang kematian Imam Husain. Semaraknya momen ini karena dilengkapi dengan tradisi menepuk dada sambil mendendangkan cerita bagaimana sang imam dibunuh. Selain itu juga ada air mancur berwarna merah khusus pada perayaan Ashura di daerah ini. Hampir seluruh masyarakat terlibat dalam gelaran festival tahunan yang mendunia tersebut, pastikan Anda salah satu yang berada pada momen spesial kota Yazd tersebut.

11. Museum Musik Kota Isfahan

Isfahan

TripAdvisor

Satu lagi tempat wisata di Iran yang sangat mendunia yaitu museum musik yang terdapat di Kota Sifahan. Didirikan tahun 2015, museum ini terdiri dari tujuh bagian ruangan dengan, masing-masing ciri khas. Mulai dari ruangan khusus alat musik nasional Iran, ada juga ruangan khusus alat musik dari setiap kota di Iran, ada juga alat musik instrumen, hingga cafe dengan alunan musik khasnya.

12. Air Terjun Isfahan

Isfahan

tishineh.com

Kekayaan alam Kota Isfahan juga diakui dunia, tak salah jika kota ini disebut sebagai surga Iran. Beberapa objek wisata alamnya yang indah adalah air terjun Niasar dan Semirom, dengan bentuk uniknya.

13. Saadatmand Craft Kota Qom

Saadatmand Craft Kota Qom

TripAdvisor

Berburu oleh-oleh dari Iran, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi Kota Qom, tepatnya Saadatmand Craft, yang menyajikan souvenir khas Iran, terutama batu-batu unik yang bisa Anda pesan untuk dijadikan cincin, kalung, atau gelang.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Iran yang menarik untuk diulik, tapi setidaknya 13 destinasi di atas sudah bisa menjadi alasan mengapa Anda harus datang ke Iran bukan? Sekarang tinggal tentukan tanggal berangkat, dan bersiaplah menjelajahi Persia Timur Tengah ini, untuk kenangan wisata penuh makna.



Leave a Reply