10 Candi Terkenal di Magelang Selain Borobudur Yang Bersejarah


Fida  May 14, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal dengan banyaknya pilihan tempat wisata di antaranya wisata alam hingga wisata bersejarah seperti Candi terkenal di Magelang. Saat berkunjung ke Magelang, Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan saat berada di Magelang adalah candi. Anda dapat mendatangi beberapa lokasi candi di Magelang dengan bentuk bangunan yang unik dan khas. Berikut daftar candi di Magelang yang bisa Anda kunjungi

1. Candi Losari

Candi Losari
travel.detik.com

Salah satu candi terkenal di Magelang yang cukup populer adalah Candi Losari. Candi yang satu ini berlokasi di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pengunjung akan dimanjakan dengan bentuk candi yang masih sangat alami saat berkunjung ke Candi Losari.

Candi yang satu ini ditemukan di tengah kebun salak pada tanggal 11 Mei 2004 silam. Hal itu kemudian ditindaklanjuti dan ditemukan satu bangunan candi yang masih utuh. Bangunan candi tersebut berukuran 3 x 3 meter dan menghadap ke barat. Candi Losari menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Magelang.

Gotravelly

Lezatnya Sop Senerek Khas Magelang

Sate Ayam Merah Dan Sate Kulit Dari Sate Ratu

2. Candi Ngawen

Candi Ngawen
tripadvisor.com

Tidak hanya Candi Borobudur, ada cukup banyak pilihan candi terkenal di Magelang yang menarik untuk didatangi, salah satunya adalah Candi Ngawen. Candi yang satu ini bisa Anda datangi di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurut para arkeolog, candi yang satu ini didirikan oleh wangsa Dinasti Syailendra pada abad ke-8.

Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang lebih terjangkau untuk masuk dan menyusuri kawasan candi ini. Selain bangunan candi yang unik, di sekeliling candi juga terdapat hamparan rumput hijau yang menjadikan pemandangan semakin indah.

3. Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari
wisatane.com

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata candi terkenal di Magelang, candi Gunung Sari dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Candi yang satu ini berlokasi di Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di atas bukit gunung sari menjadikan pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Candi Gunung Sari masih terlihat sangat alami dan untuk menyusurinya pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Meskipun bentuk bangunan candi sudah banyak yang roboh, tetapi candi yang satu ini tetap menarik untuk didatangi.

4. Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir
borobudurnews.com

Candi Gunung Wukir menjadi salah satu candi terkenal di Magelang dengan bentuk bangunan yang unik dan khas. Anda dapat mengunjungi candi yang satu ini di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Karena lokasi candi yang berada di atas bukit, maka tidak heran jika pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang mengesankan serta pemandangan yang indah.

Bagi Anda pecinta foto, candi yang satu ini menawarkan bentuk bangunan yang menarik dan instagramable. Tidak heran jika candi Gunung Wukir membuat banyak wisatawan datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahannya. Saat berkunjung ke Magelang, indahnya candi yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

5. Candi Lumbung

 Candi Lumbung
pariwisataindonesia.id

Ada cukup banyak pilihan candi di Magelang yang menawarkan keindahan bangunan serta pemandangan alam di sekelilingnya. Salah satu candi yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Candi Lumbung. Candi yang satu ini berlokasi di Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Candi Lumbung pernah mengalami pemugaran pada tahun 2011-2012 karena ancaman banjir lahar hujan Merapi. Untuk menyusuri indahnya candi yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Candi yang satu ini menjadi rekomendasi candi di Magelang yang bisa Anda kunjungi.

6. Candi Pawon

Candi Pawon
saintd.co

Candi Pawon merupakan salah satu candi di Magelang yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Candi yang satu ini berlokasi di Dusun Brojonalan, Desa Wonorejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pengunjung akan dimanjakan dengan megahnya bentuk bangunan yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Candi Pawon dipercaya sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra. Kata pawon memiliki arti pawuan yang berarti abu. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau untuk berlibur dan menyusuri candi yang satu ini.

7. Candi Asu

Candi Asu
travel.detik.com

Salah satu pilihan candi di Magelang yang sayang untuk dilewatkan adalah Candi Asu. Candi yang satu ini berlokasi di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Candi yang satu ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Di kawasan Candi asu terdapat 2 candi lainnya yakni Candi Pendem dan Candi Lumbung. Menurut prasasti prasasti, Candi Asu merupakan tempat suci untuk melakukan pemujaan kepada arwah leluhur maupun arwah raja dan dewa. Untuk masuk dan menyusuri kawasan candi yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Tertarik untuk mengunjungi Candi Asu?

8. Candi Mendut

Candi Mendut
alodiatour.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Candi Mendut. Salah satu candi di Magelang yang cukup populer ini merupakan candi bercorak Budha yang berlokasi di Jalan Mayor Usen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi candi yang hanya berjarak 3 km dari Candi Borobudur menjadikan kawasan ini kerap dipilih untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Candi yang satu ini dibangun pada masa Kerajaan Dinasti Syailendra pada tahun 824 masehi. Bangunannya yang masih kokoh dan megah hingga saat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Magelang, candi Mendut menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

9. Candi Selogriyo

Candi di Magelang
nativeindonesia.com

Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Magelang, Candi Selogriyo dapat menjadi tujuan yang bisa Anda datangi. Candi yang satu ini berlokasi di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Karena lokasinya yang berada di puncak sebuah bukit, tidak heran jika pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk serta pemandangan menarik. Untuk berkunjung dan menyusuri kawasan candi, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Candi dengan luas sekitar 300 meter persegi ini memiliki bentuk bangunan yang masih sangat alami dan terjaga.

10. Candi Umbul

Candi di Magelang Selain Borobudur
travel.kompas.com

Pernah mendengar sebutan Candi Umbul? Candi Umbul merupakan situs purbakala yang berupa pemandian air panas. Candi yang satu ini dibangun pada zaman Wangsa Syailendra dan masih sangat terjaga hingga saat ini.

Anda dapat mengunjungi Candi Umbul di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun menawarkan bangunan yang unik dengan pemandangan indah, pengunjung tetap dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Anda dapat mencoba sensasi berendam air hangat di kawasan candi yang satu ini. Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Magelang, Candi Umbul tentu sayang untuk Anda lewatkan.



Leave a Reply