9 Candi Terkenal di Mojokerto, Mistis dan Melegenda


Reni  August 25, 2019  0 Comments

Salah satu tolak ukur yang dapat menunjukkan peradaban dari sebuah bangsa adalah bisa dilihat dari benda cagar budaya yang mereka miliki. Dan salah satu bentuk dari benda cagar budaya tersebut adalah candi. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali candi yang tersebar di berbagai daerah, candi di Mojokerto salah satunya. Terdapat beberapa candi di Mojokerto yang bisa Anda jadikan pilihan untuk wisata edukasi dan kesejarahan.
Mojokerto merupakan salah satu daerah yang kaya akan peninggalan sejarah. Dan bagi Anda yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap nilai kesejarahan, candi di Mojokerto bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda kunjungi. Dan berikut ini merupakan informasi lengkapnya untuk Anda.

Memahami Pengertian Candi


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai candi di Mojokerto, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu mengenai pengertian candi itu sendiri. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa tinggi rendahnya peradaban dari suatu bangsa dapat diukur dari benda cagar budaya mereka. Bangsa yang besar dan memiliki peradaban yang tinggi, pasti bisa mengelola dan merawat benda cagar budaya mereka dengan baik.
Candi di Mojokerto menjadi bukti bahwa Indonesia sebagai suatu negara memiliki kekayaan cagar budaya yang sangat tinggi. Oleh karena itu, benda cagar budaya tersebut harus dirawat, dijaga, dan dilestarikan dengan baik. Candi sendiri merupakan istilah yang berasal dari candika grha. Istilah ini memiliki arti rumah Dewi Candhika, yang merupakan Dewi Maut atau Dewi Kematian Durga.
Karena berhubungan dengan dewi kematian, candi memang selalu dihubungkan sebagai suatu tempat untuk mendharmakan para raja yang telah meninggal di masa lampau. Candi ini merupakan bangunan yang memiliki corak sangat kuat dari agama Hindu dan juga Budha. Secara umum, istilah candi tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut suatu tempat ibadah saja, akan tetapi juga sebagai tempat istana, pertirtaan gapura, dan sebagainya.


Mojokerto menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali nilai kesejarahan. Dan salah satu buktinya adalah adanya peninggalan candi di Mojokerto.

Berikut candi di Mojokerto


1. Candi Kedaton

Candi Kedaton
image credit : @anika_wahyu


Candi di Mojokerto yang pertama adalah Candi Kedaton. Candi ini berlokasi di Jalan Pendopo Agung, Sidodadi, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Sebagai salah satu benda cagar budaya, candi ini merupakan salah satu yang paling misterius dikalangan para arkeolog dan juga para sejarawan. Mengapa demikian?
Hal ini dikarenakan hingga saat ini para arkeolog sendiri belum dapat menemukan format yang pasti dari bentuk Candi Kedaton itu sendiri. Selain itu, hasil penggalian atau ekskavasi yang dilakukan di candi ini hanya menunjukkan bahwa candi ini dulunya merupakan tempat tinggal dari para bangsawan pada Kerajaan Majapahit.

Gotravelly

Gapura Wringin Lawang, Megahnya Gerbang Kerajaan Majapahit

Menengok Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Museum Majapahit Trowulan


2. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo
image credit : @rajesh_gindwani


Kemudian, candi di Mojokerto selanjutnya adalah Candi Jolotundo. Candi ini terletak di kompleks Gunung Penanggungan. Candi ini termasuk salah satu peninggalan yang berupa patirtan.
Sebagai bentuk peninggalan situs patirtan, candi ini juga memiliki sumber air atau mata air yang memiliki kualitas air yang sangat baik dan jernih sekali. Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali masyarakat sekitar candi yang mengambil air di situs Jolotundo ini karena dipercaya airnya memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh.


3. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu
image credit : @mojokertocity


Candi Bajang Ratu juga merupakan salah satu candi di Mojokerto yang cukup terkenal. Candi ini bangunannya terbuat dari susunan batu bata merah yang mana candi ini pada masa Kerajaan Majapahit digunakan sebagai sebuah pintu masuk menuju kerajaan tersebut. Candi Bajang Ratu ini terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.


4. Candi Brahu

Candi Brahu
image credit : @didiartca


Selanjutnya, candi di Mojokerto salah satunya adalah Candi Brahu. Candi ini berada dalam satu kompleks dengan kawasan situs Trowulan yang merupakan bekas dari Ibu Kota Kerajaan Majapahit.
Candi ini memiliki corak agama Budha. Pada saat ekskavasi Candi Brahu ini juga ditemukan beberapa macam benda kuno yang berupa logam, alat upacara, dan benda lain yang terbuat dari emas dan juga arca-arca kuno.


5. Candi Tikus

Candi Tikus
image credit : @rizalarmada


Candi Tikus merupakan salah satu candi dengan bentuk yang indah untuk Anda kunjungi ketika bertandang ke daerah Mojokerto. Candi ini memiliki lokasi di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Trowulan, Mojokerto. Nama tikus sendiri diberikan oleh masyarakat karena dulunya ketika ditemukan, candi ini merupakan sarang dari banyak hewan tikus.
Disekliling candi ini terdapat patirtan atau kompleks pemandian yang indah. Walaupun tergolong cukup kecil akan tetapi candi ini tergolong sangat indah untuk dipandang.


6. Gapura Wringin Lawang

Gapura Wringin Lawang
image credit : @cewealpukat


Selanjutnya, candi yang memiliki bentuk seperti gapura. Candi ini diberi julukan Gapura Wringin Lawang. Dulunya, candi ini dipercaya sebagai gerbang atau pintu masuk untuk menuju rumah kediaman Mahapatih terkenal di Majapahit yaitu, Gadjah Mada.
Candi ini juga tersusun dari tumpukan batu bata merah yang memiliki luas dasar 13 meter x 11 meter dan memiliki tinggi sekitar 15,5 meter.


7. Candi Minak Jinggo

Candi Minak Jinggo
image credit : http://jurnalmojo.com


Candi Minak Jinggo dapat dikatakan sebagai salah satu candi yang paling unik hal ini dikarenakan candi ini dibangun dengan batu andesit dan bukan dari batu bata bewarna merah. Candi ini memiliki ukiran-ukiran yang penuh dengan makna. Cerita yang ada di dalam candi Minak Jinggo ini merupakan cerita tentang Adipati dari Blambangan yaitu, Minak Jinggo dan juga Damarwulan.
Menurut penuturan para sejarawan, candi ini merupakan tempat pemujaan bagi para raja dan juga kerabat dari Kerajaan Majapahit. Candi ini berlokasi di Dusun Unggahan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.


8. Candi Jedong

Candi Jedong
image credit : @mojokertocity


Candi Jedong merupakan candi yang berlokasi di Wotannmasjedong, Ngoro, Mojokerto, jawa Timur. Candi ini juga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit dan menjadi bukti nyata betapa besarnya kerajaan tersebut dimasa lalu.
Candi ini terdiri dari dua bangunan yaitu, Candi Jedong 1 dan juga Candi Jedong 2, diantara kedua candi ini dihubungkan dengan adanya tembok yang memiliki panjang sekitar 50 meter.


9. Candi Bangkal

Candi Bangkal
image credit : @inijawatimur


Dan candi yang terakhir adalah Candi Bangkal. Candi ini memiliki lokasi di Candiharjo, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Candi ini juga merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Candi ini saat ini berada di tengah-tengah komplek persawahan. Candi ini memiliki panjang sekitar 10 meter, tinggi 10 meter, dan juga lebar bangunan sekitar 6,25 meter.


Nah, itulah 9 candi di Mojokerto yang bisa Anda kunjungi sebagai pilihan untuk melakukan wisata kesejarahan yang syarat dengan nilai edukasi yang cukup tinggi. Sudah sewajarnya jika kita juga turut menjaga dan melestarikan candi-candi tersebut sebagai bentuk cinta dan bangga kita terhadap cagar budaya yang dimiliki oleh bangsa kita sendiri.



Leave a Reply

One Response
  1. Teguh Rostinanto says:

    Dapat dijadikan tujuan Karya wisata atau Kegiatan Tengah Semester untuk siswa sekolah …..sehingga kita secara nyata dapat mengetahui kebesaran masa lalu (sejarah) bangsa Indonesia…..

    Untuk pemandunya agar di siapkan yang menguasai tentang candi ” nya.

    Salam