10 Tempat Safari Terbaik Melihat Cheetah di Alam Liar


prita  July 15, 2020  0 Comment

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berwisata melihat langsung seberapa cepat Cheetah berlari, Berikut ini adalah tempat safari melihat Cheetah di alam liar yang wajib Anda sambangi.

Cheetah atau citah dikenal sebagai salah satu mamalia predator yang masuk dalam keluarga kucing selain macan tutul, jaguar, harimau dan kucing. Dalam Bahasa Sansekerta, Citah berarti “Berbintik” yang mana memang sangat cocok dengan corak yang dimiliki oleh cheetah. Cheetah menyandang predikat sebagai hewan darat yang larinya paling cepat di bumi ini. Kecepatan Cheetah mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 3 detik saja. Kecepatan berlari Cheetah ini bahkan melebihi kecepatan mobil sport seperti Lamborghini atau Ferrari.

1. Masai Mara National Reserve, Kenya

masai mara national reserve
discoverafrica.com

Tempat melihat Cheetah di alam liar yang pertama adalah Masai Mara National Reserve. Cagar alam hewan liar yang berada di Narouk County ini memang menjadi salah satu tujuan wisata safari paling populer di Kenya, Afrika. Tak hanya itu, Masai Mara juga menjadi salah satu tujuan untuk melihat satwa liar terbaik di dunia.

Berada di lembah Great Rift, taman nasional ini menyuguhkan padang rumput yang sangat luas dimana di dalamnya hidup banyak sekali hewan liar khas Afrika dan salah satunya adalah Cheetah. Disini Anda bisa melihat secara langsung Cheetah yang sedang berlarian mengejar mangsa atau yang akan dimangsa oleh hewan lain.

Gotravelly

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

Wisata Murah Sambil Mengenal Ratusan Satwa Di Kebun Binatang 

2. Serengeti National Park, Tanzania

serengeti national park
id.pinterest.com

Bersebelahan dengan Taman Nasional Maasai Mara di Kenya, Taman Nasional Serengeti di Tanzania ini juga menjadi tempat melihat Cheetah di alam liar yang terbaik di Afrika. Waktu yang tepat untuk melihat Cheetah di taman nasional ini adalah saat musim migrasi, karena pada saat itu Cheetah akan berkeliaran di kawasan ini.

Saat migrasi, biasanya mereka mencari makan diantara ribuan hewan liar yang juga hidup di kawasan taman nasional ini. Tak hanya itu, Taman Nasional Serengeti menjadi tempat yang sangat ideal untuk mengamati Cheetah karena savananya yang karang ditumbuhi rerumputan dan juga dataran terbuka. Salah satu tempat terbaik untuk mengamati Cheetah di taman nasional ini adalah di The Ndutu Safari Lodge.

3. Etosha National Park, Namibia

Etosha National Park
discoverafrica.com

Namibia memang terkenal sebagai negara yang memiliki populasi Cheetah terbesar di Afrika dan salah satu tempat melihat Cheetah di alam liar yang patut untuk Anda jelajahi adalah Etosha National Park.

Di taman nasional ini memang banyak sekali bisa Anda temukan Cheetah yang hidup bebas, sementara banyak juga dari mereka yang berkeliaran di tanah pertanian yang tersebar di seluruh Namibia.

Taman Nasional Etosha memiliki karakteristik yang cukup kering sehingga spot terbaik untuk menemukan Cheetah ini adalah di dekat lubang air, karena mereka biasa berkumpul disana. Selain itu, Anda juga bisa menemukan mereka di dataran yang luas saat mereka sedang berburu.

4. Okonjima Nature Reserve, Namibia

Okonjima Nature Reserve
atlasandboots.com

Apabila Anda ingin melihat Cheetah dari jarak yang sangat dekat, Anda bisa berkunjung ke Okonjima Nature Reserve di Namibia. Okonjima Nature Reserve merupakan rumah bagi AfriCat Foundation yang juga menjadi pusat rehabilitasi bagi Cheetah.

Meskipun tempat ini bukanlah untuk berwisata safari, namun Okonjima bisa menjadi salah satu tempat untuk melihat cheetah di alam liar. Biasanya, wisatawan singgah sejenak disini untuk melihat Cheetah yang hanya berjarak sekitar 5 meter saja dari mereka sebelum mereka melanjutkan penjelajahan menuju Ethosa National Park.

5. Kruger National Park, Afrika Selatan

kruger national park
kruger-2-kalahari.com

Di Afrika Selatan, Anda juga bisa menemukan sebuah tempat melihat Cheetah di alam liar yaitu di Kruger National Park. Taman Nasional seluas 19.485 kilometer persegi ini ditinggali oleh beragam satwa liar dan salah satunya adalah Cheetah.

Berlokasi di provinsi Limpopo dan Mpumalanga, Kruger National Park dihuni setidaknya 200 ekor Cheetah yang berlarian tanpa mempedulikan manusia yang melintas di sekitarnya. Karena jumlahnya yang cukup banyak inilah yang membuat Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk bertemu langsung dengan Cheetah disini.

6. Kgalagadi Transfrontier Park, Afrika Selatan

 Kgalagadi Transfrontier Park
flickr.com

Selain Kruger National Park, Afrika Selatan juga memiliki tempat safari melihat cheetah di alam liar lainnya, yaitu di Kgalagadi Transfrontier Park. Taman Nasional ini berada diantara Afrika Selatan dan Botswana dengan luas area hingga 38.000 meter persegi.

Taman Nasional Kgalagadi ini memang disebut-sebut sebagai safari terbaik untuk melihat Cheetah di Afrika. Tak heran jika Kgalagadi menjadi favorit wisatawan yang sangat menyukai kehidupan alam liar.

7. Kafue National Park, Zambia

kafue national park
kafuenationalpark.com

Tempat melihat Cheetah di alam liar selanjutnya adalah Kafue National Park di Zambia. Taman nasional ini membentang melewati tiga provinsi sekaligus yaitu Provinsi North Western, Provinsi Central dan Provinsi Southern.

Kafue National Park merupakan taman nasional tertua dan terluas di Zambia. Tak hanya itu, taman nasional seluas 22.400 kilometer persegi ini menduduki peringkat kedua sebagai taman nasional terbesar di Afrika.

Sebagai taman nasional terbesar dan tertua di Zambia, tentunya disini Anda bisa bertemu dengan beragam satwa liar yang hidup bebas disini salah satunya adalah Cheetah. Kafue National Park memang memiliki pemandangan yang indah khas safari, seperti bukit-bukit hingga Sungai Kafue yang mengalir dengan derasnya tentu akan menghadirkan pengalam seru saat menyusurinya.

8. Central Kalahari Game Reserve, Botswana

Central Kalahari Game Reserve
eartharkphotosafaris.com

Botswana juga menjadi salah satu negara yang memiliki sebuah tempat safari melihat cheetah di alam liar, yaitu Central Kalahari Game Reserve. Lokasi Central Kalahari memang agak terpencil, namun taman nasional ini cukup besar.

Central Kalahari memiliki padang rumput luas yang datar, sehingga mampu membuat Anda menemukan Cheetah dengan mudah di habitat asli mereka. Untuk menjelajah taman nasional ini, Anda hanya bisa menggunakan mobil off-road.

9. Linyanti Region, Botswana

Linyanti Region
theafricaspecialists.com

Masih di Botswana, selain di Central Kalahari Game Reserve, tempat melihat Cheetah di alam liar juga bisa Linyanti Region. Linyanti berada di sebelah barat Chobe National Park dan merupakan sebuah alam liar dengan padang yang luas.

Tempat ini menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa liar dan salah satunya adalah Cheetah. Disini Anda bisa melihat Cheetah berlarian mengejar mangsa atau melihat mereka sedang berkerumun.

10. Makgadikgadi Pans National Park, Botswana

makgadikgadi pans national park
naturalworldsafaris.com

Tempat safari melihat cheetah di alam liar yang terakhir juga masih ada di Botswana, yaitu di Makgadikgadi Pans National Park. Taman nasional seluas 12.000 kilometer persegi ini berada di timur laut Botswana.

Makgadikgadi Pans National Park merupakan sebuah padang rumput kering dan cukup sepi. Tempat ini juga tidak memiliki banyak mata air karena dikelilingi oleh Gurun Kalahari. Biasanya, Cheetah akan terlihat melakukan perjalanan dari kedua daerah tersebut atau berlarian menangkap mangsa. Karena lokasinya yang sangat luas, maka disarankan Anda harus meluangkan banyak waktu untuk menjelajahi taman nasional ini.



Leave a Reply