Telisik 10 Candi di Jawa Barat Yang Sarat Akan Sejarah


Fida  May 29, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Berbagai tempat wisata yang ditawarkan diantaranya tempat wisata alam, wisata religi, hingga tempat wisata bersejarah. Seperti halnya Candi di Jawa barat menarik sekali untuk di telisik.

Saat berkunjung ke Jawa Barat, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah yang ditawarkan. Adanya candi di Jawa Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak jarang wisata candi di Jawa Barat dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, Berikut daftarnya

1. Candi Blandongan

Candi Blandongan
ihategreenjello.com

Salah satu tempat wisata candi di Jawa Barat yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Candi Blandongan. Candi yang satu ini berlokasi di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Candi yang satu ini melakukan pemugaran sekitar tahun 2000 hingga 2010. Anda akan dimanjakan dengan bentuk bangunan candi yang khas dan masih sangat alami. Candi yang satu ini juga dikenal menjadi tempat ditemukannya amulet. Amulet merupakan salah satu atribut dalam agama Buddha.

gotravelly

Ngga Cuma Lumpur Lapindo, Sidoarjo Juga Punya Situs Candi Pari Yang Bersejarah

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

2. Candi Serut

Candi Serut
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Candi Serut, Candi yang satu ini merupakan peninggalan agama Budha yang berlokasi di kampung Gunteng, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pada saat awal ditemukan, candi yang satu ini dalam keadaan miring dan diduga telah roboh. Dapat dikatakan begitu karena peneliti menemukan tumpukan batu bata tepat di sebelah candi. Di dalam Candi Serut, peneliti menemukan adanya lubang segi empat berukuran 1 x 1 meter. Lubang yang satu ini diperkirakan merupakan sebuah sumur.

3. Candi Bojong Menje

 Candi Bojong Menje
liputan6.com

Diantara banyaknya candi, Candi Bojong Menje menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Candi yang satu ini bisa Anda kunjungi di Dusun Bojongmenje, Kecamatan Rancaekek, Kota Bandung, Jawa Barat.

Penemuan candi yang satu ini terjadi pada bulan Agustus 2002. Proses penemuannya adalah karena adanya warga yang tidak sengaja menemukan sebuah rongga di dalam tanah yang sekelilingnya terdapat tumpukan batu bata. Sejak saat itu, dilakukan eskavasi oleh para arkeolog serta kawasan ini diresmikan sebagai candi dan dilakukan penelitian lebih lanjut.

4. Candi Jiwa

Candi Jiwa
jejakpiknik.com

Candi Jiwa merupakan salah satu candi di Jawa Barat yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Candi yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang khas yakni bagian atasnya menyerupai bentuk bunga padma atau bunga teratai.

Bentuk candi yang satu ini sangat unik dan belum pernah ditemukan di berbagai candi di Indonesia. Bentuk candi yang menyerupai teratai yang mekar dan terapung di atas air tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Anda dapat menikmati tempat wisata bersejarah sekaligus menikmati bentuk yang unik dan pemandangan indah.

5. Percandian Batujaya

Percandian Batujaya
kumparan.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan lokasi percandian Batujaya. Kompleks percandian yang satu ini menyimpan banyak candi Budha di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakis Jaya. Anda dapat mengunjunginya di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Kawasan situs kompleks percandian yang satu ini awalnya diteliti oleh tim arkeologi fakultas sastra UI pada tahun 1984. Awalnya tim arkeolog tersebut meneliti karena banyak warga yang menemukan benda-benda purbakala di kawasan ini. Saat ingin menikmati wisata bersejarah yakni candi di Jawa Barat, komplek percandian Batujaya tentu sayang untuk Anda lewatkan.

6. Candi Tanggulun

Candi Tanggulun
sejarahlengkap.com

Diantara banyaknya candi di Jawa Barat, Candi Tanggulun menjadi salah satu yang bisa Anda datangi. Candi yang satu ini berlokasi di Desa Tanggulun, Kecamatan Ibun, Bandung, Jawa Barat.

Candi yang satu ini diperkirakan merupakan peninggalan agama Hindu karena terdapat batu lumpang atau yoni. Batuan tersebut berbentuk bujur sangkar dengan ukuran tinggi 50 cm dan lebar mencapai 40 cm., Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa batu tersebut merupakan kaki dari sebuah candi. Hingga saat ini belum terungkap dengan jelas adanya bebatuan tersebut.

7. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
sanjayatour.com

Candi Cangkuang yang satu ini berlokasi di kawasan Kampung Pulo, Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Lokasi dari candi ini bersebelahan dengan makam bersejarah yaitu Embah Dalem Arif Muhammad. Kawasan makam kuno pemuka agama Islam yang satu ini dipercaya sebagai leluhur penduduk desa Cangkuang.

Candi yang satu ini ditemukan pada tahun 1966 oleh para peneliti. Hingga saat ini, pengunjung dapat datang dan menikmati bentuk bangunan yang ada. Saat berkunjung ke Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Candi Cangkuang untuk berwisata sejarah.

8. Situs Karangkamulyan

 Situs Karangkamulyan
tapak.id

Situs yang satu ini berlokasi di desa Karangkamulyan, Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Situs ini juga dikenal merupakan peninggalan kerajaan Galuh yang bercorak Hindu Budha.

Situs Karangkamulyan juga terkenal dengan ceritanya yakni mengenai Ciung Wanara yang berhubungan dengan kerajaan Galuh. Banyak yang mengatakan bahwa Ciung Wanara memiliki kesaktian dan keperkasaan yang tidak dimiliki oleh orang biasa. Anda dapat menikmati cerita sejarah sekaligus bangunan yang ditawarkan saat berkunjung ke Situs Karangkamulyan. Anda dapat menyempatkan mampir ke tempat wisata bersejarah yang satu ini saat berkunjung ke Jawa Barat.

9. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang
m.merdeka.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mendatangi tempat wisata bersejarah, salah satu candi di Jawa Barat dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum. Anda dapat mengunjungi nya di kawasan Desa Karyamukt, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Adanya situs Gunung Padang diperkirakan sebagai tempat pemujaan bagi para masyarakat yang bermukim di kawasan ini. Menurut para peneliti, hal tersebut terjadi sekitar 2000 tahun sebelum Masehi. Tertarik untuk mengunjungi dan menikmati uniknya situs yang satu ini?

10. Candi Tridharma

Candi Tridharma
gotravelly.com

Salah satu candi yang cukup populer adalah Candi Tridharma. Candi yang satu ini dibangun sejak tahun 2000 dan berencana akan difungsikan sebagai tempat ibadah umat Budha. Namun karena beberapa alasan, candi yang satu ini akhirnya tidak dapat dibangun dengan tuntas. Karena hal itu, banyak yang mengatakan bahwa candi ini tidak terpakai atau terbengkalai.

Karena terbengkalai, Candi Tridharma ditumbuhi rumput dan lumut. Tetapi hal itu justru membuat candi yang satu ini tampak sangat alami dan seperti dibangun dari ratusan tahun yang lalu. Anda dapat mengunjungi Candi Tridharma di kawasan Kampung Gunung Putri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.



Leave a Reply