10 Tempat Wisata di Kamboja Paling Indah + Rekomendasi Oleh-Oleh


sisil angelin  September 10, 2018  0 Comment

Kamboja mungkin bukan negara yang menjadi kunjungan wisata utama para turis. Pamornya masih kalah dengan negara ASEAN lainnya seperti negara kita, Indonesia, Thailand, Singapura dan Malaysia. Namun siapa sangka, negara yang berbatasan langsung dengan Laos, Vietnam serta Thailand ini mempunyai banyak tempat wisata yang tidak kalah memukau dengan negara ASEAN lainnya. Jadi, bagi yang sudah bosan dengan negara kunjungan wisata mainstream, bisa menjajal Berikut Tempat wisata di Kamboja

1. Angkor Wat

Angkor Wat

YouTube.com

Kuil yang sering disebut mirip dengan Candi Prambanan ini selalu diletakkan di tempat teratas tempat wisata di Kamboja yang wajib dikunjungi. Tidak heran, karena kuil ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Hindu yang paling indah di dunia. Berdasarkan penelitian sejarah, kuil yang terletak di Kota Siem Riep (350 kilometer dari ibu kota Kamboja, Phonm Penh), kuil ini di bangun pada abad ke-12 dan memiliki luas mencapai 400 kilometer persegi. Selain kuil utama, Angkor Wat juga memiliki ratusan kuil kecil yang mengelilinginya. Makanya, bagi wisatawan yang berkunjung ke sana, siapkan waktu sekitar 4 jam agar bisa melihat semua isinya. Angkor Wat hanya memiliki satu pintu utama. Untuk menuju kuilnya, pengunjung harus melewati satu jembatan panjang yang langsung terhubung dengan kuil utama.

review kuliner

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

Ziarah Ke Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

2. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

oneworldoneyear.com

Dari Siem Riep kita kembali dulu ke ibu kota Phonm Phen. Kali ini kita akan menjelajahi sebuah tempat yang pernah membuat Kamboja dijuluki sebagai Hell on Earth. Bukan karena cuacanya yang panas, tapi karena pada antara tahun 1975-1978, terjadi pembunuhan massal terhadap lebih dari 2 juta jiwa penduduk Kamboja. Yang melakukannya adalah pemimpin diktator Kamboja kala itu, yakni Pol Pot. Nah, Tuol Sleng Genocide Museum adalah salah satu tempat pembantaian tersebut. Tempat ini dulunya adalah bangunan SMA, sampai pada masa kepemimpinan Pol Pot, bangunan ini diubah menjadi neraka bagi belasan ribu penduduk Kamboja. Mereka disiksa di tempat ini, kemudian dibawa ke Killing Field yang terletak 30 menit dari Tuol Sleng.
Jika kita ke Killing Field, kita bisa melihat 8.000 tengkorak yang dipajang sebagai peringatan atas sejarah kelam Kamboja pada masa singkat kepemimpinan golongan Khmer Merah. Di Killing Field juga ditemukan 129 kuburan massal. Sebagian besar sudah dibongkar, namun 43 lainnya dibiarkan tetap seperti semula.

Baca juga :  liburan Budget 3 Juta, Kamu Bisa Jalan - jalan ke 5 Negara Berikut

3. Silver Pagoda dan Istana Raja

Silver Pagoda dan Istana Raja

wikipedia.org

Masih berkeliling di Phonm Phen, kita mampir dulu ke Silver Pagoda. Silver Pagoda ini masih berada di dalam kawasan Istana Raja Kamboja. Kenapa tempat ini wajib dikunjungi? Alasan utama tentu saja karena keindahannya. Istana Raja memiliki bangunan khas Kamboja yang cantik, sementara Silver Pagoda, lantainya dilapisi ubin yang terbuat dari perak dan masing-masing ubin beratnya mencapai 1 kilogram. Sementara, di dalam bangunan ini berdiri patung Budha yang terbuat dari emas dengan hiasan berlian sebanyak 9.584 butir dengan berat mencapai 90 kilogram. Bangunan ini adalah tempat beribadah Raja Kamboja. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya datang tepat ketika tempat ini dibuka, yakni pukul 08.00 WIB. Sebab, pukul 11.00 WIB sampai 14.00 WIB, tempat ini tertutup bagi wisatawan, dan baru dibuka lagi setelah pukul 14.00 WIB.

4. Museum Nasional Kamboja

Museum Nasional Kamboja

Pixabay.com

Tempat wisata di Kamboja berikutnya adalah Museum Nasional Kamboja yang juga terletak di Phonm Phen. Berbeda dengan Tuol Sleng Genocide Museum yang menyimpan duka mendalam bagi masyarakat Kamboja, museum ini justru sebaliknya. Dari luar, warna dinding museum ini sudah cerah. Ada taman yang mengelilinginya sehingga membuat tempat ini terlihat semakin cocok untuk berswafoto. Di dalamnya, museum ini menyimpan berbagai karya seni dari seluruh wilayah Kamboja. Bisa dibilang, koleksi museum ini merupakan yang terlengkap dan terbesar di antara museum-museum lain di Kamboja.

5. Thmey Market

Thmey Market

loveservegive.blogspot.com

Belum lengkap berwisata di suatu negara tapi pulang tidak membawa apa-apa. Bagi yang hobi berbelanja dan ingin membawa oleh-oleh, di Kamboja ada satu tempat yang menjadi langganan para turis, yakni Thmey Market. Di pasar besar ini menjual berbagai macam barang, mulai dari souvenir khas Kamboja, pakaian, sepatu, aksesoris bahkan sampai buah-buahan dan sayuran. Harganya pun sangat terjangkau. Makanya jangan heran kalau ketika berkunjung ke sini, tempatnya super ramai yaa..Hati-hati dengan barang bawaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oke?

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Kamboja yang Paling Diburu Wisatawan

6. Sihanoukville

Sihanoukville

bhq.web.id

Lelah dengan hiruk pikuk kota, waktunya kita mengunjungi tempat wisata alam di Kamboja, yakni pantai. Kendati bukan negara kepulauan, tapi ada sejumlah tempat wisata di Kambojayang berupa pantai. Salah satunya adalah Sihanoukville ini. Bahkan kata para turis, tempat ini sudah seperti Bali-nya Kamboja. Dari Phonm Phen, kita harus menempuh sekitar 4 jam perjalanan. Namun dijamin tidak akan menyesal karena pemandangannya yang indah, lengkap dengan hamparan pasir putih dan ombak Lautan Pasifik. Di Sihanoukville ini ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi, yakni Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach.

7. Cardomom Mountain

Cardomom Mountain

conservation.org

Kunjungan kita ke tempat-tempat wisata di Kamboja berlanjut ke Cardomom Mountain. Tempat ini adalah wisata cagar alam. Pegunungan Cardomom ini adala satu-satunya padang gurun yang ada di wilayah Asia Tenggara. Makanya, Cordomum Mountain ini sangat dijaga oleh pemerintah dan warga agar tidak sampai rusak. Bisa dibilang, Cordomum Mountain ini merupakan salah satu kebanggaan Kamboja selain Angkor Wat dan Silver Pagoda. Apalagi berbeda dengan dua bangunan itu, Cordomum Mountain tidak diciptakan manusia, namun alam.

8. Kuil Bayon

Kuil Bayon

JalanJalanKita.com

Satu lagi tempat wisata di Kamboja yang memiliki nilai mistis sekaligus religius. Tempat ini bernama Kuil Bayon. Setiap sisi kuil ini dipenuhi dengan pahatan wajah yang berbeda-beda. Jika dihitung, terdapat 200 tahapan wajah. Di antara semua pahatan tersebut, satu pahatan yang terkenal adalah pahatan wajah seorang pria yang tengah tersenyum. Warga menduga, wajah tersebut adalah wajah salah satu Raja Kamboja terdahulu, Jayayarman VII.

9. Koh Ker

Koh Ker

sukapemandangan.blogspot.com

Koh Ker dulunya adalah ibu kota Kerajaan Khmer, yang sempat berkuasa pada tahun 928 Masehi hingga 944 Masehi. Di dalam kota ini, para wisatawan bisa berfoto dengan latar bangunan megah atau pun patung-patung dan kuil yang tersebar di kota ini. Salah satu kuil yang menarik perhatian para pengunjung adalah Kuil Piramida yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. Sayangnya, kuil ini letaknya sangat terpencil dan akses menuju ke sana cukup sulit.

Baca juga :  5 Taman Nasional Terbaik di Kamboja, Keindahan Alam Luar Biasa

10. Kratie

Kratie

Booking.com

Terakhir, mari kita menjelajah sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Mekong. Kota ini layak menjadi salah satu tempat wisata di Kamboja karena jika berkunjung ke sini, para wisatawan disuguhi berbagai bangunan kuno yang dulunya milik orang Perancis ketika menjajah Kamboja. Selain itu, wisatawan juga bisa berkesempatan melihat lumba-lumba yang sangat langka, yakni lumba-lumba Krawaddy. Lumba-lumba ini hanya mau hidup di Sungai Mekong lho.
Nah, itu tadi tempat wisata di Kamboja yang paling indah. Kalau sudah berkunjung ke sana, jangan lupa berbagi cerita ya!



Leave a Reply