Ziarah Ke Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | Religious Place
28 Dec 2019


Ziarah Ke Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim
Menutup akhir tahun 2019 dengan melakukan perjalanan religi, berkunjung ke Sunan Maulana Malik Ibrahim yang merupakan satu dari Sembilan wali Allah penyebar Islam di pulau Jawa

How to Get There

Jika menggunakan kendaraan Umum, arahkan bus menuju terminal Bunder atau Terminal Osowilangun

Dari terminal Bunder : Gunakan Mikrolet Warna Kuning, berhenti di perempatan GNI, dari sini bisa berjalan kaki menuju Makam Malik Ibrahim

Dari terminal Osowilangun: Gunakan Mikrolet jurusan pasar turi - Gresik , berwarna biru muda. Berhenti di pelabuhan Gresik, lanjut dengan kaki atau menggunakan mikrolet warna Biru tua berhenti tepat di depan makam Malik Ibrahim

 

Dalam kota, bisa menggunakan mikrolet warna kuning, Biru Tua dan juga warna merah, Ketiga mikrolet tersebut berhenti di Makam maulana malik Ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim


What to Do

Jelang akhir tahun ingin menutupnya dengan sesuai dengan baik, dengan harapan awal tahun depan diawali dengan kebaikan pula. Begitu pula dengan jalan jalan, jika biasanya destinasi alam menjadi incaran, di akhir tahun tetiba ada keinginan besar untuk wisata Religi. Tanpa nunggu lama, Weekend menjelang akhir tahun 2019 saya dan suami wisata religi ke Sunan Malik Ibrahim Dan Sunan Giri yang berada di kota Gresik, Jawa Timur. Dua dari sembilan Wali penyebar Islam di tanah Jawa atau lebih akrab dikenal dengan Wali Songo.

Pagi hari, kami awali dengan mengunjungi Sunan Maulana Malik Ibrahim juga dikenal dengan Sunan Gresik. Letaknya berada di daerah Gapuro Sukolilo, bersebelahan dengan Makam pahlawan. Tak jauh dari alun alun Gresik.

Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mengunjungi Sunan Malik Ibrahim, sudah tak terhitung. Kebetulan letaknya juga tak jauh dari tempat tinggal saya. Setiap kali datang kemari, aura yang terasa masih sama, yakni kedamaian. Selalu banyak kendaraan terpakir didepan makam, kebanyakan dari mereka datang dari luar kota bahkan luar Jawa.

 

makam sunan maulana malik ibrahim


 

Memasuki Masjid Yang bersebelahan dengan Makan, disana banyak penziarah beristirahat. Dan dari makam terdengar alunan suara Tahlil, Tahmid dan mengaji bersamaan dari para peziarah yang sukses bikin saya merinding.

Setelah berwudhu, saya langkahkan kaki menuju makam Maulana malik Ibrahim. Sebuah gapura tua berarsitektur Jawa menjadi gerbang memasuki area makam. Dengan ucapan salam dan basmalah saya memasuki makam.

Makam Malik Ibrahim terbuat dari marmer putih.Bersih dan mengkilap.Bersebelahan dengan beberapa makam lainnya. Batu nisan Beliau berukir tulisan dari ayat ayat Al Quran.

makam sunan maulana malik ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim


makam sunan maulana malik ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim




Makamnya sendiri dikelilingi oleh pagar almunium. Disekeliling makan terdapat tumpukan Al-Quran dan beberapa buku Tahlil Yasin. Saya ambil salah satu buku Tahlil. Perlahan, membacanya dengan hikmat. Berbarengan dengan saya beberapa rombongan membaca dengan khidmat. Semakin lama, rombongan peziarah yang datang semakin banyak, membuat area makam penuh dengan penziarah.

Setelah membaca, saya melangkahkan kaki menuju kanan makam. Disana terdapat air minum yang bersumber dari area makam. Air alami ini berada dalam dua gentong tanah liat berukuran besar. Disini juga tersedia gelas plastik untuk minum. Setelah membaca Al-Quran banyak penziarah datang kemari untuk minum. Mereka percaya air alami ini membawa berkah tersendiri. Bahkan beberapa membawa botol kemudian diisi untuk dibawa pulang.

makam sunan maulana malik ibrahim


Setelah mengunjungi makam, saya juga berkunjung disekitar makam Maulana Malik Ibrahim. Disini terdapat banyak sekali  makam tua. Terlihat dari warna yang menghitam dan juga hijaunya lumut.

Area makam ini adalah deretan makam para petinggi atau bupati Gresik Pertama kota Gresik dan juga penerusnya pada zaman dulu. Meski dipenuhi makam tua, anehnya, ketika berada disini tidak ada rasa begidik ngeri, justru kekaguman terasa. Deretan gapura berrsitektur Jawa berukuran besar juga makam yang megah. Tulisan tulisan Jawa yang menghiasi gapura, Makam dan juga beberapa dinding menarik untuk ditelisik.

makam sunan maulana malik ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim

makam sunan maulana malik ibrahim




Area makam juga terasa rindang asri. Deretan pohon kamboja bersamaan dengan mekarnya bunga mengayomi area makam. Dan bersebelahan dengan area makam bupati Gresik terdapat tamna makam pahlawan.

Oh ya, Setelah mengunjungi makam, jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner lezat disini. Letak makam berada di kampung arab. Jadi disini banyak sekali penjual makanan Timur Tengah. Bahkan di Gresik sendiri, kawasan ini dikenal sebagai pusatnya kuliner Timur Tengah dengan sajian rasa rempah yang cocok dilidah.

 

 

Tips and Trick

- Gunakan pakaian sopan dan tertutup

- Untuk wanita gunakan penutup kepala

- bersikaplah sopan selama si area makam

 

Where to Stay
Disekitar makam banyak hostel dan juga hotel berbintang yang bisa digunakan menjadi pilihan
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY