10 Tempat Wisata di Cilacap Menjadi Incaran Para Wisatawan


Reni  August 28, 2018  0 Comment

Apakah Anda ingin pergi liburan tetapi bingung harus liburan kemana? Jangan khawatir, saat ini banyak sekali pilihan tempat liburan yang dapat Anda datangi dan kunjungi salah satunya yaitu Cilacap. Kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang dapat Anda lihat dan kunjungi bersama teman-teman dan juga keluarga tercinta Anda. Namun, dimana saja tempat wisata di Cilacap tersebut? Berikut daftar Tempat Wisata di Cilacap

1. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

teluklove.com

Tempat wisata di Cilacap pertama yang dapat Anda kunjungi yaitu Pantai Widarapayung. Dimana pantai tersebut hanya berjarak sekitar 35 km saja kearah timur Cilacap. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, pantai yang satu ini bisa sangat cocok jika Anda pilih karena gelombang di Pantai Widarapayung tersebut terbilang cukup tinggi sehingga Anda bisa berselancar di sana.

Selain itu, pantai ini memiliki panorama keindahan tersendiri sehingga membuat Anda akan betah berlama-lama disini. Akses jalan menuju pantai tersebut juga terbilang sangat baik sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk berkendaraan menuju Pantai Widarapayung tersebut.

review kuliner

Lawangwangi Creative Space

Selasar Sunaryo Art Space

2. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

oknusantara.com

Pantai Selanjutnya yang dapat Anda kunjungi yaitu Pantai Karang Pandan. Dimana tempat wisata di Cilacap yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan sehingga Anda akan merasa senang ketika berada disini. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan memiliki ombak yang besar sehingga Anda harus sedikit lebih hati-hati.

Namun, apabila Anda ingin kesini Anda harus mengetahui beberapa hal seperti Anda harus menjaga kesopanan dan etika saat berada disini. Megapa demikian? Karena tempat ini telah dijadikan sebagai tempat ziarah sehingga Anda harus menjaga sikap Anda. Tak hanya itu saja, ada beberapa tempat yang memang di anggap keramat, walaupun demikian tempat ini tetap saja ramai di kunjungi oleh orang yang ingin berziarah.

3. Pantai Permisan

Pantai Permisan

youtube.com/watch?v=ViI_Cy0pXdM

Pantai yang satu ini berada di Pulau Nusakambangan dan Pantai Permisan ini juga masih terjaga sekali keasriannya serta kealamiannya sehingga saat berada disini Anda akan merasa sangat nyaman. Selain itu, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih serta deburan ombak yang besar sehingga membuat Pantai Permisan menjadi sangat indah jika di pandang atau dilihat.

Apabila Anda ingin pergi kesini Anda harus menyebrang terlebih dahulu ke Pulau Nusakambangan dari sebuah pelabuhan Lo Manis hingga sampai ke Pelabuhan Sodong hanya dengan menggunakan kapal Feri. Jika Anda sudah sampai ke Pelabuhan Sodong maka selanjutnya Anda bisa menuju ke Pantai tersebut hanya dengan menggunakan bus atau lainnya.

4. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

ksmtour.com

Pantai Teluk Penyu merupakan sebuah tempat wisata yang menjadi primadona kota Cilacap. Mengapa tidak? pantai yang hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota ini menjadi pilihan banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan luar. Pantai Teluk Penyu ini memiliki ombak yang terbilang cukup besar, tetapi bagi Anda yang ingin bermain air seperti menyelam, berenang dan bermain boat Anda bisa melakukannya di pantai tersebut.

Tak hanya itu saja, di Pantai Teluk Penyu ini Anda juga bisa menikmati hindangan seafood yang di jual di restoran-restoran dekat pantai tersebut. Selain itu, bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh dari tempat tersebut seperti aneka ikan asin kering dan basah, Anda juga bisa membelinya ketika berada di sini karena di sepanjang pantai Teluk Penyu tersebut terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam ikan asin tersebut.

5. Pantai Jetis

Pantai Jetis

id.foursquare.com

Pantai yang terletak di Ujung Timur wilayah Cilacap tersebut merupakan pantai yang memiliki panorama keindahan alam yang sangat indah serta deburan ombak tersebut membuat Anda akan merasa nyaman dan betah ketika berada disini.

Selain itu, ketika Anda berada di Pantai Jetis ini Anda juga akan melihat muara kali bodo dimana muara ini merupakan perbatasan dari Kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Kebumen. Jadi, bagi Anda yang sedang berada di kota Cilacap sebaiknya jangan lupa untuk datang kesini, karena Pantai Jetis ini sangat indah dan menawan sekali.

6. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong

netralnews.com

Tempat selanjutnya yang dapat Anda kunjungi ketika liburan adalah Benteng Karang Bolong. Dimana tempat wisata di Cilacap ini memiliki luas 6000 m2 serta memiliki 4 lantai. Masing-masing terdiri dari 2 lantai yang berada langsung di bawah tanah dan kemudian 2 lantai selanjutnya berada di atas permukaan tanah. Selain itu, tempat wisata yang satu ini memang terlihat seperti angker, namun kemengahan tempat ini juga masih bisa terlihat dengan sangat jelas.

Pada saat Anda datang kesini dan memasuki tempat tersebut Anda akan melihat dan menemukan sebuah meriam Belanda yang masih sangat utuh sekali, karena memang dulunya Benteng Karang Bolong ini dijadikan sebagai benteng pertahanan.

Tak hanya itu saja, di dalam benteng tersebut Anda juga akan dapat melihat beberapa ruang seperti ruang senjata, ruang penjara, ruang prajurit, ruang logistik hingga ruang penyiksaan para musuh-musuh.

Benteng Karang Bolong ini juga terdapat lobang-lobang yang dulunya sangat berfungsi untuk mengintai musuh-musuhnya. Oleh karena itu, tempat tersebut sudah menjadi salah satu tempat bersejarah dan dijadikan tempat wisata sehingga Anda bisa datang untuk melihatnya.

7. Benteng Pendem

Benteng Pendem

adeutomo.com

Selanjutnya ada juga Benteng Pendem dimana tempat yang satu ini juga merupakan tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Benteng ini berdiri dengan kokoh di atas tanah seluas 6.5 Ha dan menjadi saksi sejarah pada masa itu, dimana dulunya kekuasaan Belanda sangat kuat sekali mencakar di Indonesia.

Benteng Pendem ini di bangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1861 hingga 1879 dan sekarang benteng ini masih berdiri sangat kokoh sekali. Apabila Anda datang kesini dan masuk ke dalam benteng tersebut Anda juga akan dapat melihat beberapa ruang yang ada disana, dimana ruang-ruang tersebut seperti ruang penjara, gudang penyimpanan senjata, benteng pengintai musuh, ruang amunisi, ruang tembak, terowongan, ruang rapat hingga memiliki 60 kamar.

8. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

kbr.id

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan Pulau Nusakambangan tersebut. Bagaimana tidak? pulau yang terkenal dengan tempat perasingan para narapidana yang memiliki kasus yang besar di Indonesia membuat pulau tersebut sering Anda dengar di media televisi ataupun media cetak.

Pulau tersebut letaknya di bagian selatan Cilacap sehingga bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau ini Anda harus menggunakan kapal nelayan yang berada di Teluk Penyu sehingga memerlukan waktu tempuh sekitar 10 menit saja hingga sampai ke Pulau Nusakambangan tersebut.

Ada apa di pulau tersebut? jika berbicara ada apa tentu pulau ini menawarkan keindahan alam yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Dimana Pulau Nusakambangan ini memiliki panorama alam yang sangat mengagumkan jika Anda lihat.

Selain itu, pulau ini juga memiliki banyak daya tarik, seperti keindahan akan batu karangnya, memiliki gua, benteng, hutan belantara dan juga pantai sehingga Anda tidak akan kecewa jika sudah datang ke pulau tersebut.

9. Wisata Hutan Payau

tempat wisata terdekat

teluklove.com

Wisata Hutan Payau ini terletak di Kelurahan Tritih Kulon. Dimana tempat wisata di Cilacap tersebut dapat Anda kunjungi juga ketika liburan karena Wisata Hutan Payau tersebut menawarkan berbagai macam keindahan yang dapat Anda lihat ketika berada disini.

Selain itu, tempat ini juga memiliki jembatan kayu yang panjangnya sekitar 300 meter sehingga Anda bisa berjalan diatasnya sambil mengamati Hutan Payau tersebut dari dekat. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin menaiki sebuah perahu untuk menyelusuri semua area hutan tersebut Anda bisa menyewanya disini, karena tempat ini akan menyediakannya.

10. Gunung Srandil

Gunung Srandil

bibitserangkai.blogspot.com

Yang terakhir sebagai tempat wisata di Cilacap yang dapat Anda kunjungi yaitu Gunung Srandil. Objek wisata yang satu ini memiliki cerita spiritual yang membuat masyarakat setempat mempercayai bahwa tempat tersebut merupakan petilasan dari Sultan Mukhriti. Tempat ini sebenarnya bukan sebuah gunung tetapi melainkan bukit yang letaknya berada di pesisir pantai laut selatan.

Walaupun demikian, tempat ini sangat ramai sekali dikunjungi orang untuk melakukan ziarah dan menyampaikan permohonan. Konon, kabarnya apabila Anda menyapaikan sebuah permohonan ditempat ini maka penguasa gaib di tempat tersebut akan membantu Anda untuk menyampaikan segala permohonan Anda agar semuanya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Diatas ada beberapa informasi yang sangat berguna untuk Anda mengenai tempat wisata di Cilacap yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman selama liburan.



Leave a Reply