10 Tempat Wisata Menarik di Bojonegoro


Reni  September 27, 2018  0 Comment

Tempat wisata di bojonegoro memiliki sejuta keindahan alam yang masih sangat alami karena belum banyak terjamah. Kebanyakan dari tempat wisata tersebut berada di lokasi yang tersembunyi sehingga belum banyak orang yang mengetahui keberadaan berbagai tempat wisata yang indah di Bojonegoro. Dari mulai situs bersejarah, situs wisata, air terjun dan spot foto yang unik dimiliki oleh salah satu kota yang memiliki julukan kota minyak di Jawa Timur ini. Jika Anda dan keluarga sedang berencana ke kota ini, tidak perlu khawatir karena ada berbagai tempat wisata yang menjadi pilihan.

1.  Kayangan api

Kayangan api

alamasedy.com

Kayangan api merupakan salah satu tempat wisata yang dianggap cukup sakral oleh masyarakat sekitar. Letaknya di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem. Desa ini masih sangat asri karena areal hutan yang dimiliki lebih luas dibandingkan dengan area desa yang ditinggali oleh masyarakat. Konon tempat ini menjadi tempat persemayaman Mbah Kriyo Kusumo (Mpu Supa) atau yang juga dikenal sebagai Mbah Pandhe, seorang pembuat pusaka dari kerajaan Majapahit.

Ketika tiba di lokasi ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan gapura yang memiliki tiang berjajar. Tepat di bagian tengah tiang terdapat lingkaran batu panas yang mengeluarkan api abadi. Api abadi yang ada di kayangan api ini hanya boleh diambil untuk upacara tertentu seperti upacara jumenengan yang dilakukan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Untuk mengambil api ini juga diperlukan sebuah ritual khusus yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Baca juga :  Rekomendasi 8 Wisata Terbaik di Milan untukmu!

Pada bagian barat kayangan api terdapat sebuah kubangan lumpur yang memiliki kandungan belerang. Hal ini semakin memperkuat kepercayaan masyarakat sekitar jika Mpu Supa masih melakukan aktivitas hingga saat ini. Sumber api abadi yang ada di kayangan api merupakan sumber api terbesar yang ada di Asia Tenggara. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kayangan api, wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan jati yang hijau dan rimbun.

Paket wisata murah

TGC Coffee: Coffee Shop Cozy Di Tengah Kota Surabaya

Warung Billy Bojonegoro

2. Bendungan pacal

Bendungan pacal

youtube.com

Bendungan ini merupakan bendungan yang dibangun ketika masa penjajahan Belanda pada tahun 1933. Di sekitar bendungan terdapat perbukitan hijau dan hutan jati yang membuat bendungan pacal memiliki magnet tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasinya terletak di Desa Pacal, sekitar 35 km arah selatan dari pusat kota Bojonegoro. Tampak begitu megah dan kokoh, bendungan ini memiliki luas 3.878 km dan kedalamannya mencapai 25 m.

Ritual waranggono tayub dan larung sengkolo secara rutin dilakukan di waduk pacal setiap bulan oktober. Bendungan pacal memiliki beberapa fasilitas wisata seperti kolam pemancingan, restoran dan warung, perahu dayung dan juga penginapan. Lokasi wisata ini merupakan pilihan tempat berlibur yang tepat bersama keluarga.

3. Agro belimbing ngringinrejo

Agro belimbing ngringinrejo

wongjonegoro.blogspot.com

Bojonegoro memiliki satu tempat wisata unik yang tidak dimiliki tempat wisata lainnya yaitu agro belimbing ngringinrejo. Agro belimbing ini merupakan sebuah kebun belimbing yang sangat luas dan dijadikan tempat wisata. Kegiatan menarik yang dilakukan oleh para wisatawan adalah memetik buah belimbing secara langsung. Jika sudah lelah berjalan-jalan mengelilingi kebun ini, wisatawan bisa beristirahat di gazebo yang sejuk. Gazebo ini dikelilingi buah belimbing rindang yang sudah berusia 25 tahun.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bojonegoro Dengan Rasa Ngangenin

Di sepanjang perjalanan menuju agro belimbing ngringinrejo wisatawan akan disuguhkan pemandangan desa yang masih sangat alami. Warung makan desa dan para penjual belimbing juga akan ditemui di sepanjang perjalanan. Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? lokasinya berada sekitar 15 km sebelah barat Kabupaten Bojonegoro.

4. Batu semar

Batu semar

travelingyuk.com

Batu semar merupakan sebuah batu raksasa yang sengaja ditanam di depan pendopo Kabupaten Bojonegoro. Ketinggian batu mencapai 3 meter dengan panjang 4 meter serta beratnya mencapai 80 ton. Beberapa pihak menyatakan jika batu ini memiliki berat hingga 200 ton. Batu semar di boyong langsung dari hutan di Dusun Bendotan dan sejatinya akan dibuat sebagai prasasti di alun-alun kota Bojonegoro yang melambangkan tekad untuk terus berkarya.

Masyarakat Bojonegoro mempercayai jika batu semar ini memiliki ikatan spiritual secara khusus dengan Eyang Gendo Sari yang merupakan penguasa Gunung Pandan. Taman alun-alun Bojonegoro terlihat lebih lengkap dan asri dengan kehadiran batu semar.

5. Wana tirta dander

Wana tirta dander

ndesonews.blogspot.com

Wana tirta dander merupakan tempat wisata wahana yang cukup lengkap. Terdapat sebuah lapangan golf dan kolam renang yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Untuk tiba di lokasi ini wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 15 km ke arah selatan dari pusat kota. Biasanya wana tirta dander akan ramai dikunjungi pada saat akhir pekan maupun hari libur.

6. Masjid al birru pertiwi

Masjid al birru pertiwi

Yukpiknik.com

Masjid al birru pertiwi merupakan salah satu masjid yang ada di Dander. Arsitektur masjid ini yang sangat menawan membuat para wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk beribadah dan berfoto dengan latar belakang bangunan masjid. Memiliki kubah berwarna emas, masjid ini memiliki 3 lantai yang berfungsi sebagai tempat parkir, tempat jamaah pria dan tempat jamaah wanita yang ada di lantai 3.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Bojonegoro Yang Sayang Untuk Dilewatkan

7. Klenteng hok swie bio

Klenteng hok swie bio

Tempo.co

Klenteng hok swie bio juga merupakan salah satu tempat wisata religi yang dapat dikunjungi di Bojonegoro. Seperti kebanyakan klenteng, bangunan ini didominasi dengan warna merah dan kepala naga sebagai salah satu bagian yang penting. Saat mendekati Imlek, klenteng ini akan ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin berziarah. Bagi yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena klenteng ini memiliki tempat peristirahatan yang bisa dijadikan tempat menginap.

8. Makam buyut dalem

Makam buyut dalem

Tempatwisatakeluarga.com

Makam buyut dalem merupakan makam dari Pangeran Raden Aryo Dalem yang merupakan seorang adipati bojonegoro dari tahun 1614 hingga 1619. Makam ini terawat dengan sangat baik. Pada bulan september setiap hari rabu wage secara rutin diadakan ritual sedekah bumi. Ritual ini akan dimulai dengan mayu alang-alang yang diselenggarakan pada hari rabu pahing.

9. Bendungan gerak

Bendungan gerak

threesakti.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya yang juga sangat menarik dikunjungi di Bojonegoro adalah Bendungan Gerak. Bendungan ini memiliki berbagai fungsi yaitu pengendalian banjir, irigasi dan sebagai sumber air untuk masyarakat sekitar dan mendukung kegiatan industri. Bendungan gerak juga memiliki fungsi untuk menjaga ekosistem sungai bengawan solo. Pemandangan lokasi bendungan yang sangat indah sayang untuk dilewatkan. Sehingga masyarakat dan wisatawan pun berdatangan hanya untuk sekedar melihat pemandangan langit berawan dan matahari tenggelam.

10. Soto ayam bu mar

Soto ayam bu mar

jonegoroan.com

Setelah lelah berjalan-jalan dan berwisata di kota Bojonegoro, Anda bisa istirahat sejenak sambil mencicipi kuliner khas Bojonegoro. Soto ayam bu mar bisa menjadi salah satu pilihan wisata kuliner. Soto ayam ini memiliki citarasa yang khas dengan kuah santan yang gurih dan segar. memiliki rasa yang berbeda dari kebanyakan soto lainnya karena ada bumbu khusus yang dicampurkan. Ada 2 cabang soto ayam bu mar yang bisa dikunjungi yaitu di Jalan Teuku Umar dan Jalan Mastrip. Demikian beberapa ulasan singkat mengenai tempat wisata di bojonegoro.



Leave a Reply