Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Terbaik di Dunia Melihat Gajah di Alam Liar


Fida  June 3, 2020  0 Comment

Saat berbicara tentang hewan, Anda tentu tidak asing dengan Gajah. Gajah merupakan salah satu hewan yang memiliki ukuran tubuh sangat besar jika dibandingkan hewan lain. Ciri khas dari hewan Gajah yakni memiliki belalai yang berfungsi untuk bernafas sekaligus mengambil benda. Secara tradisional, ada 2 jenis gajah diakui yakni Gajah Afrika dan Gajah Asia. Karakter yang dimiliki oleh hewan yang satu ini memang cukup unik, salah satunya bisa mengenali baik buruknya mood manusia dengan mudah.

Untuk melihat dan berinteraksi dengan gajah di alam liar, ada beberapa taman nasional hingga tempat konservasi yang bisa Anda datangi. Berikut

10 tempat untuk melihat gajah di alam liar.  

1. Kui Buri National Park, Thailand

kui buri national park
thainationalparks.com

Thailand menjadi salah satu negara yang memiliki tempat untuk melihat gajah di alam liar. Salah satu tempatnya dikenal dengan sebutan Kui Buri National Park. Pengunjung yang datang diperbolehkan meliat gajah liar yang bebas hidup disana. Ada kurang lebih 320 gajah liar di Kui Buri National Park.

Saat menyusuri Kui Buri National Park, perjalanan Anda akan dipandu oleh pemandu. Bagi Anda yang penasaran dengan keseharian Gajah, Anda dapat dengan puas melihatnya di taman ini. Tidak hanya gajah, Anda bisa menemukan berbagai hewan lain di Kui Buri National Park seperti rusa dan elang.

2. Periyar National Park, India

periyar national park
go4travelblog.com

Tidak hanya ada di Thailand, Anda juga bisa menemui tempet terbaik untuk melihat gajah liar di India yakni di Periar National Park. Luas dan asrinya hutan di kawasan Periyar National Park menjadikan banyak gajah sangat lestari disana. Periyar National Park memiliki ratusan gajah liar yang bisa dilihat secara langsung.

Saat berada disana, pengunjung bisa melakukan tur menggunakan jeep untuk bertemu ratusan gajah di Periyar National Park. Taman ini memiliki luas sekitar 925 kilometer persegi. Selain sebagai tempat pelestarian gajah, Periyar National Park juga berfungsi sebagai cagar harimau, babi hutan, serta rusa.

 3. Amboseli National Park, Kenya

amboseli national park
civitatis.com

Saat ingin menikmati banyaknya kerumunan gjah liar langsung di alamnya, Anda bisa datang ke Amboseli National Park. Salah satu taman untuk melihat gajah liar ini ada di Country Kajiado, Kenya. Ada sekitar 1000 gajah liar yang hidup di taman seluas 400 kilometer persegi ini.

Pengunjung yang datang ke Amboseli National Park bisa menikmati bayaknya kerumunan gajah di alam liar. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan khas Amboseli National Park, yakni pemandangan Gunung Kilimanjaro. Karena lokasinya yang indah, Amboseli National Park juga menjadi salah satu taman tujuan fotografer.

4. Chobe National Park, Botswana

safari melihat gajah di alam liar
tripsavvy.com

Pernah membayangkan ratusan ribu ekor gajah berada di satu tempat? Chobe National Park memiliki sekitar 120 ekor gajah. Banyak pengunjung yang satang untuk menikmati sensasi melihat gajah liar disana.

Chobe National Park juga dikenal sebagai salah satu dari lima tempat safari terbaik di dunia. Di Chobe National Park, pengunjung bisa melihat berbagai ukuran gajah dari yang kecil hingga paling besar. Banyaknya kerumunan gajah yang hidup lestari di alam juga menjadikan kepuasan tersendiri saat melihatnya.

5. Way Kambas, Indonesia

way kambas
pesona.travel

Sudah tidak asing dengan tempat bernama Way Kambas? Salah satu tempat dimana pengunjung bisa melihat gajah di alam liar saat berada di Indonesia. Taman Nasional Way Kambas memiliki kurang lebih 200 ekor gajah yang hidup di alam liar, jumlah yang cukup kecil jika dibandingkan penangkaran gajah lainnya.

Way Kambas merupakan salah satu taman nasional pertama di Indonesia lho, yakni sudah ada sejak tahun 1937. Meskipun berusia cukup tua, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) menyuguhkan pemandangan yang luar biasa yakni hutan hujan dan luasnya padang savana.

6. Taman Nasional Kaudulla, Sri Lanka

berwisata melihat gajah di alam liar
news.detik.com

Sri Lanka juga memiliki tempat terbaik untuk melihat gajah liar, salah satunya di Taman Nasional Kaudulla. Taman yang satu ini memiliki kawasan yang masih sangat asri dan alami. Selain itu, Taman Nasional Kaudulla juga sangat terawat.

Ada banyak gajah yang hidup bebas di Taman Nasional Kaudulla. Diperkirakan ada kurang lebih 200 hingga 300 ekor gajah yang hidup di Taman Nasional Kaudulla. Saat terbaik untuk berkunjung dan melihat kawanan gajah di Taman Nasional Kaudulla adalah di Bulan September dan Oktober. Tidak hanya gajah, masih banyak hewan lain yang hidup lestari seperti buaya, rusa, dan burung-burung.

7. Elephant Jungle Sanctuary, Thailand

destinasi  melihat gajah di alam liar
klook.com

Thailand menjadi salah satu negara yang memiliki cukup banyak tempat untu melihat gajah liar di alam bebas. Salah satu tempat penangkaran gajah di Thailand berada di Elephant Jungle Sanctuary. Meskipun memiliki cukup banyak cabang, namun yang berada di Chiang Mai adalah pusatnya.

Elephant Jungle Sanctuary didirikan pada tahun 2014. Awalnya, penangkaran ini terbentuk karena keprihatinan suku Karen dan warga Chiang Mai akan nasib gajah-gajah. Kini, Elephant Jungle Sanctuary menjadi salah satu tempat favorit di Thailand untuk melihat gajah di alam liar.

8. Elephant Hills, Thailand

safari melihat gajah di alam liar
fullsuitcase.com

Selain Elephant Jungle Sanctuary, Elephant Hills juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat gajah liar di Thailand. Suasana Elephant Hills menggabungkan antara hutan tropis Thailand dan safari di Afrika.

Pengunjung yang datang ke Elephant Hills dapat melakukan banyak hal seperti memberi makan gajah hingga berinteraksi dengan gajah secara bebas. Lokasinya yang berada di tengah hutan juga menjadikan kawasan sekitar Elephant Hills sangat alami.

9. Phang Nga Elephant Park, Thailand

wisata melihat gajah di alam liar
phangngaelephantpark.com

Masih berada di Thailand, tempat terbaik untuk melihat gajah liar selanjutnya berada di Phang Nga Elephant Park. Taman yang sudah dibuka sejak tahun 2015 ini bertujuan sebagai konservasi dan Pendidikan gajah.

Tidak sedikit wisatawan yang satang ke Phang Nga Elephant Park ini. Pengujung yang datang bisa langsung berinteraksi dengan gajah-gajah disana. Terdapat pilihan bagi pengunjung yang datang yakni tur setengah hari atau satu hari penuh. Phang Nga Elephant Park menjadi tempat untuk melihat gajah liat di Thailand yang saynag untuk dilewatkan.

10. Aek Nauli Elephant Conservation Camp, Indonesia

safari melihat gajah di alam liar
pariwisatasumut.net

Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) berlokasi di Sumatera Utara, Indonesia. Salah satu tempat konservasi gajah di Indonesia ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, terlebih saat liburan tiba.

Aek Nauli Elephant Conservation Camp dibuka sejak Desember 2017. Taman konservasi dengan luas 300 hektare ini menyimpan cukup banyak gajah yang dibiarkan hidup di alam liar. Selain bisa melihat dari dekat, pengunjung Aek Nauli Elephant Conservation Camp juga bisa berinteraksi langsung dengan gajah yang ada disana.



Leave a Reply