10 Makanan Khas Bojonegoro Dengan Rasa Ngangenin


prita  July 7, 2021  0 Comment

Provinsi Jawa Timur memang dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang sangat kaya akan kulinernya. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sederet kuliner khas yang lezat adalah Bojonegoro. Kota kecil ini memang jarang dilirik wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur, namun Bojonegoro ternyata memiliki banyak makanan tradisional yang lezat. Misalnya seperti 10 Makanan khas Bojonegoro

1. Ledre

Ledre Makanan Khas Bojonegoro
ksmtour.com

Kalau berbicara soal makanan khas Bojonegoro, rasanya belum lengkap kalau tidak mencoba Ledre. Ledre tak hanya dikenal sebagai camilan khas Bojonegoro, tapi juga sering dibeli untuk oleh oleh khas Bojonegoro.

Ledre merupakan jajanan yang terbuat dari bahan sederhana, seperti tepung terigu, tepung beras dan gula yang kemudian dipadukan dengan bahan utamanya berupa pisang raja yang memberikan aroma khas pada sajian ini. Proses pembuatan ledre ini pun cukup unik, yaitu dengan cara digapit. Ledre memiliki cita rasa gurih dan agak manis yang berasal dari pisang rajanya. Kamu bisa menemukan ledre di banyak tempat di kota ini.

Paket Wisata murah

Negeri Atas Angin: Wisata Matoh Di Bojonegoro

Banyak Cerita seru di Warung Billy Bojonegoro

2. Ender Ender

Ender Ender  Khas Bojonegoro
jurnaba.co

Selain ledre, makanan khas Bojonegoro yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Ender Ender. Ender Ender juga menjadi salah satu jajanan khas Bojonegoro yang populer dan banyak diminati dari dulu sampai saat ini.

Ender Ender memiliki bentuk yang lebar dengan cita rasa manis yang nikmat. Jajanan ini menggunakan ubi jalar sebagai bahan dasarnya dan sangat cocok sebagai oleh oleh khas Bojonegoro. Sama halnya dengan ledre, kamu juga bisa menemukan Ender Ender ini dengan mudah di toko camilan di Bojonegoro.

3. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri
resepkoki.id

Makanan khas Bojonegoro yang patut untuk dicoba selanjutnya adalah Gethuk Lindri. Gethuk memang menjadi salah satu jajanan yang cukup familiar di banyak kalangan, hal ini karena gethuk menjadi makanan tradisional khas Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Gethuk merupakan sajian tradisional yang terbuat dari singkong yang kemudian diberi taburan parutan kelapa dengan gula pasir. Untuk rasa dari gethuk ini memang terbilang cukup nikmat karena perpaduan dari manis dan gurih. Di Bojonegoro sendiri, gethuk cukup populer menjadi jajanan tradisional yang masih banyak diminati sampai saat ini.

4. Kue Putu

Kue Putu
aksi.id

Kue Putu juga menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang cukup populer. Kue putu memang banyak ditemukan di banyak kota di Pulau Jawa, khususnya Bojonegoro.

Kue putu terbuat dari bahan tepung beras dengan butiran kasar yang bercampur dengan gula Jawa dan parutan kelapa. Parutan kelapa ini biasanya akan kamu temukan sebagai taburan diatas kue putu yang sudah matang. Kue putu dikukus dengan cetakan unik yang mana terbuat dari bambu yang dipotong kecil dan diberi lubang.

Kue putu memang paling enak jika dinikmati saat masih hangat. Aroma dari kue putu ini memang sangat khas sehingga bisa membuat siapapun yang menciumnya tergoda untuk mencicipinya. Soal harga, kue putu ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 1.000 saja per buahnya. Di Bojonegoro kamu bisa menemukan penjual kue putu di kawasan Alun Alun Pasirian.

5. Kue Klepon

Kue Klepon
akurat.co

Sebagai teman untuk menikmati kue putu, kue klepon juga bisa menjadi makanan khas Bojonegoro yang tak boleh untuk dilewatkan. Kue Klepon ini memang biasanya dijual berdampingan dengan kue putu dan keduanya sering dinikmati secara bersamaan.

Bahan dasar pembuatan kue klepon ini pun sama dengan kue putu, namun tekstur dan bentuk keduanya berbeda. Kue klepon memiliki bentuk bulat dan didalamnya diberi isian gula merah cair. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan jika belum lengkap makan klepon tanpa kue putu yang nikmat. Jika ingin membeli kue klepon di Bojonegoro, kamu bisa datang ke Pasar Kota Bojonegoro.

6. Nasi Flambe

Nasi Flambe
foodnesia.net

Tak hanya ada jajanan, makanan khas Bojonegoro selanjutnya berupa makanan berat yaitu Nasi Flambe. Nasi Flambe merupakan sajian yang cukup unik namun memiliki rasa yang sangat nikmat.

Nasi flambe ini terdiri dari nasi putih hangat yang disajikan bersama ayam suwir, telur orak arik dan udang goreng. Agar terasa semakin nikmat, kamu bisa menambahkan sambal terasi yang pedas. Meskipun sajian ini terlihat sederhana, namun nasi flambe ini bisa membuat siapapun ketagihan saat mencobanya. Di Bojonegoro, kamu bisa mencicipi nasi flambe yang disajikan di Warung Dumi Express.

7. Serabi

Serabi
lifestyle.okezone.com

Tak hanya kota Solo atau Bandung saja yang terkenal dengan kuliner serabinya, Bojonegoro pun memiliki sajian serabi yang rasanya tak kalah nikmat. Serabi menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang cukup populer.

Serabi merupakan sajian yang terbuat dari bahan dasar beras dan campuran bahan lainnya. Serabi memiliki cita rasa manis dan gurih yang nikmat. Sajian ini biasanya dijual pada pagi hari karena serabi sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Tidak susah untuk menemukan serabi di kota Bojonegoro, salah satu yang paling rekomended adalah Serabi Matahari. Serabi ini terkenal memiliki kenikmatan yang khas dan menjadi buruan banyak orang.

8. Wedang Tape

Wedang Tape
foodnesia.net

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya adalah Wedang Tape. Wedang Tape memang bukan termasuk dalam makanan, namun minuman ini juga menjadi buruan banyak orang dan cukup populer.

Sesuai dengan namanya, minuman ini berbahan dasar tape ketan hitam yang kemudian dicampur dengan santan panas dan bahan lainnya. Minuman ini sangat nikmat jika dinikmati saat malam hari, apalagi saat musim hujan atau cuaca sedang dingin. Minuman ini bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dan hangat. Minuman ini cukup banyak ditemui di sekitar Bojonegoro, salah satu warung yang cukup legendaris adalah Wedang Tape Gardu.

9. Sego Mawut

 Sego Mawut
sweetrip.id

Sego mawut juga menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang cukup populer dan menjadi favorit banyak orang. Sego Mawut ini memang memiliki nama yang unik, disebut demikian karena sajian ini memiliki banyak campuran.

Sego mawut ini disajikan dengan cara digoreng dan terdiri dari nasi putih, telur, aneka sayuran dan mie. Kamu bisa menemukan banyak penjual nasi mawut ini di sepanjang jalan Bojonegoro dengan harga terjangkau.

10. Wader Kali

makanan Khas Bojonegoro
kompas.com

Makanan khas Bojonegoro yang terakhir adalah Wader Kali. Wader kali merupakan jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai-sungai di Bojonegoro.

Ikan wader ini diolah menjadi santapan yang lezat dan biasanya dijadikan lauk. Wader ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi yang kemudian ditambah dengan lalapan. Salah satu warung di Bojonegoro yang cukup rekomended untuk menikmati ikan wader ini adalah Warung Wader Kali Jetak.



Leave a Reply