10 Oleh Oleh Khas Bojonegoro Yang Sayang Untuk Dilewatkan


Fida  March 29, 2021  0 Comment

Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menawarkan banyak tempat wisata indah dan kuliner lezat. Berkunjung ke Bojonegoro menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk berlibur. Jika berkunjung ke Bojonegoro, sayang rasanya untuk tidak membawa oleh oleh khas saat pulang. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Bojonegoro

1. Ledre

ledre
kompasiana.com

Pernah mendengar sebutan jajanan yang satu ini? Ledre merupakan salah satu oleh oleh khas Bojonegoro yang sayang untuk tidak Anda coba. Kue yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan diantaranya pisang raja, gula pasir, tepung beras, santan, minyak, dan juga telur.

Anda akan merasakan cita rasa yang khas saat mencoba jajanan yang satu ini. Bisanya ledre ditambahkan dengan berbagai perasa buah. Jajanan yang tepat dan bisa Anda pilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

review wisata

Warung Billy Bojonegoro

Garasi Coffee Shop

2. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk
cookpad.com

Salah satu oleh oleh khas Bojonegoro yang banyak dicari oleh wisatawan adalah balung kuwuk. Jajanan yang satu ini termasuk olahan keripik yang dibuat dengan bahan utama ketela pohon. Bojonegoro menjadi salah satu daerah penghasil banyak ketela pohon. Oleh karena itu, jajanan yang satu ini banyak diproduksi dan mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Bojonegoro.

Balung kuwuk memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Banyak daerah di Bojonegoro yang memproduksi jajanan yang satu ini. Balung kuwuk menjadi pilihan tepat saat mencari jajanan sebagai oleh oleh khas Bojonegoro.

3. Unthuk Yuyu

unthuk yuyu
cookpad.com

Bojonegoro menawarkan banyak sekali kuliner lezat, begitu pula dengan jajanannya. Unthuk yuyu menjadi salah satu jajanan yang juga termasuk oleh oleh khas Bojonegoro. Jajanan yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung ketan, vanili, gula, telur, dan lain-lain.

Jajanan unthuk yuyu menawarkan cita rasa yang gurih. Meskipun jika dilihat sekitas tampak memiliki tekstur yang keras, tetapi justru jajanan yang satu ini sangat renyah saat dinikmati. Unthuk yuyu biasa disajikan pada acara besar di Bojonegoro. Jangan lewatkan untuk mencoba jajanan yang satu ini saat berkunjung ke Bojonegoro.

4. Ender-ender

Ender-ender
tokopedia.com

Ender ender merupakan oleh oleh khas Bojonegoro yang cukup unik dan wajib Anda coba. Jajanan yang satu ini merupakan kue kering dengan cita rasa yang sangat khas. Ender ender dibuat dengan bahan dasar ketela.

Anda bisa menikmati ender ender dengan berbagai pilihan rasa seperti manis dan gurih. Bentuknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri. Ender ender sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh oleh di Bojonegoro. Selain kemasannya yang praktis, ender ender juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Cita rasanya yang lezat menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

 5. Kerupuk Klenteng

 Kerupuk Klenteng
shobipoenya.blogspot.com

Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten yang menawarkan banyak makanan khas. Selain mencoba makanannya yang lezat, Anda juga bisa membeli oleh oleh khas Bojonegoro saat berkunjung ke daerah yang satu ini. Kerupuk klenteng menjadi salah satu makanan ringan yang banyak dicari di Bojonegoro.

Kerupuk yang satu ini ramai diminati oleh wisatawan maupun warga lokal. Kebiasaan menikmati kerupuk klenteng saat makan menjadikan kerupuk yang satu ini sangat khas dan banyak diburu. Tidak sedikit wisatawan yang ingin merasakan lezatnya kerupuk klenteng saat berada di Bojonegoro. Bentuknya yang unik dan berwarna-warni menjadi ciri khas kerupuk yang satu ini.

6. Egg Roll Waluh

Egg Roll Waluh
inibaru.id

Salah satu jajanan sekaligus oleh oleh khas Bojonegoro yang bisa Anda coba adalah egg roll waluh. Jika dilihat sekilas, egg roll waluh memiliki tampilan mirip dengan ledre yang juga merupakan jajanan khas Bojonegoro. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan jajanan yang satu ini adalah labu kuning. Nama jajanan yang satu ini diambil dari kata waluh yang berarti labu.

Egg roll waluh memiliki tekstur yang lebih renyah dan mudah hancur jika dibanding dengan ledre. Jajanan yang satu ini diminati oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cita rasanya yang gurih menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.  

7. Keripik Jahe

Keripik Jahe
shopee.co.id

Ada yang suka dengan olahan jahe? Salah satu olahan jahe yang bisa Anda nikmati adalah keripik jahe. Jajanan yang satu ini merupakan salah satu oleh oleh khas Bojonegoro. Ada beberapa bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik jahe diantaranya jahe bubuk, tepung maizena, air jahe, dan beberapa bahan lainnya.

Keripik jahe memiliki tampilan dan rasa yang sangat khas. Uniknya jajanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dari Bojonegoro.

8. Batik Bojonegoro

 Batik Bojonegoro
infobatik.id

Tidak hanya makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh oleh khas Bojonegoro, batik juga menjadi salah satu barang yang banyak diburu oleh wisatawan. Batik Jonegoroan atau batik khas Bojonegoro memiliki motif yang khas dan sangat menarik.

Salah satu batik khas Bojonegoro yang banyak diburu adalah motif Wayang Thengul. Motif yang satu ini merupakan motif asli dari Bojonegoro. Terdapat makna yang tersimpan pada setiap corak yang dibuat. Cerita rakyat yang diangat dalam motif batik yang satu ini biasanya berupa cerita Kerjajaan Majapahit, Panji, atau Wali. Anda bisa membelinya dalam bentuk kain atau yang siap pakai seperti baju atau sarung.

9. Gerabah Malo

 Gerabah Malo
radarbojonegoro.jawapos.com

Seperti saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, Bojonegoro juga memiliki kawasan penghasil gerabah terbaik. Gerabah Malo yang dibuat di kawasan Desa Rendeng menjadi salah satu tempat yang tepat untuk berburu oleh oleh.

Anda akan dimanjakan dengan berbagai bentuk gerabah yang unik dan menarik. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni mulai Rp 3000,- per biji.

10. Kerajinan Batu Onyx

Oleh Oleh Khas Bojonegoro
economy.okezone.com

Salah satu oleh oleh khas Bojonegoro yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang adalah kerajinan batu onyx. Ada berbagai jenis dan bentuk kerajinan yang bisa Anda pilih. Kerajinan batu onyx sangat mudah dijumpai di Bojonegoro. Hal itu dikarenakan banyaknya tambang batu onyx yang ada di Bojonegoro. Salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk berburu kerajinan batu onyx adalah di Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Tidak hanya dipasarkan di daerah Bojonegoro saja, kerajinan yang satu ini juga dipasarkan hingga ke luar Bojonegoro.

Kerajinan yang satu ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Harga yang dipatok berdasarkan ukuran kerajinan dan jenis batu yang digunakan sebagai bahan bakunya.

Itulah 10 oleh oleh khas Bojonegoro yang sayang untuk Anda lewatkan. Oleh oleh manakah yang paling menarik dan ingin Anda beli?  



Leave a Reply