5 Negara Dengan Rantai Pegunungan Himalaya Yang Super Keren!


prita  August 7, 2021  0 Comment

Negara Dengan Pegunungan Himalaya menjadi impian para traveller dunia. Himalaya merupakan rumah bagi pegunungan tertinggi di dunia dengan empat belas puncak yang tingginya lebih dari 8.000 meter di atas permukaan laut, termasuk Everest dan K2. Nama Himalaya sendiri memiliki arti “abode of snow” atau tempat tinggal salju karena diperkirakan memiliki 15.000 gletser di seluruh kawasannya.

Pegunungan Himalaya ini memiliki bentuk busur dengan panjang 2.400 kilometer yang memisahkan dua Negara, yaitu India di bagian selatan dan dataran tinggi Tibet di sebelah utara. Kawasan Himalaya juga memiliki banyak sungai utama di dunia, seperti Sungai Gangga, Indus, Brahmaputra dan Yangtze yang mengawali perjalanan mereka dari pegunungan ini.

Himalaya juga membantu mengembangkan budaya Asia Selatan dan banyak puncak Himalaya yang dikenal sakral bagi umat Hindu dan Buddha. Salah satunya adalah Gunung Kailash yang memiliki ketinggian mencapai 6.638 meter di atas permukaan laut yang berada di Tibet. Puncak ini merupakan tempat tinggal Dewa Shiwa, yaitu Dewa umat Hindu yang juga dihormati oleh umat Buddha. Pendakian menuju gunung ini memang dilarang, namun peziarah dari beberapa agama percaya jika mengelilingi Gunung Kailasa dengan berjalan kaki merupakan sebuah ritual suci yang bisa membawa keberuntungan. Bagi umat Buddha dan Hindu, harus berjalan searah dengan jarum jam, sementara umat agama Jain dan Bonpo harus mengelilingi gunung ke arah yang berlawanan jarum jam. Tak hanya itu, disini juga ada Danau Manasarowar yang berada di dasar Gunung Kailash dan menjadi sumber Sungai Brahmaputra.

Keindahan dari Pegunungan Himalaya ini tentu tak perlu diragukan lagi, terlebih jika kamu para pendaki gunung. Menaklukan Himalaya tentu menjadi impian hampir semua pendaki. Pegunungan yang luasnya hampir setengah dari Pulau Jawa ini memang dimiliki oleh lima Negara. Kelima Negara tersebut juga bisa menjadi titik awal untuk menuju ke puncaknya. Mana sajakah Negara tersebut? Berikut ini adalah daftar 5 negara dengan Pegunungan Himalaya.

1. Nepal

Nepal
gadventures.com

Negara dengan Pegunungan Himalaya yang pertama adalah Nepal. Nepal memang dikenal sebagai pemilik dari pegunungan ini karena jika kamu ingin mendaki Gunung Everest, kamu harus mengurus izin visa ke Nepal.

Sebenarnya Gunung Everest ini dimiliki oleh dua Negara, yaitu Nepal dan Tibet. Namun, karena pendakian melalui Tibet terlalu sulit, maka banyak pendaki yang lebih suka naik melalui jalur Nepal. Perjalanan menuju Everest dari Nepal ini memakan waktu hingga 17 hari dari Kathmandu.

Untuk tiba ke Everest Base Camp di Nepal, kamu bisa mengambil penerbangan ke Lukla dari Kathmandu dan pindah ke Namche Bazaar kemudian baru memulai trekking ke Everest Base Camp dari 3.440 meter di atas permukaan laut ke 5.210 meter di atas permukaan laut. Dalam perjalanan dari Gorak Shep menuju Kala Pattar, kamu bisa mendapatkan pemandangan terbaik Gunung Everest.

Gotravelly

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

2. Bhutan

Bhutan
goodnewsfromindonesia.id

Selain Nepal, Bhutan juga menjadi salah satu Negara dengan Pegunungan Himalaya yang indah. Bhutan merupakan sebuah Negara kecil yang berada di tengah Pegunungan Himalaya.

Meskipun Negara ini hanya seluas Pulau Madura, namun Bhutan memiliki Gunung Gangkhar Puensum yang tingginya mencapai 7.500 meter di atas permukaan laut dan menempati peringkat 40 sebagai gunung tertinggi di dunia. Meskipun begitu, pendakian Gunung Gangkhar Puensum ini baru berhasil dilakukan pada tahun 1998.

Negara yang berada di Antara Tiongkok dan India ini memang dikenal sebagai Kerajaan Himalaya. Disebut demikian karena belum banyak ditemukan situs mistik dan spiritual yang belum dijelajahi oleh wisatawan. Sebagai surganya Himalaya, Bhutan tentu menawarkan berbagai jenis rute trekking di kawasan Himalaya. Rute paling populer adalah Jhomolhari Trek. Dibutuhkan waktu sekitar 13 hari untuk menjelajahi daerah trekking paling menakjubkan di wilayah pegunungan Himalaya ini.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mendaki, kamu pun bisa berwisata trekking Himalaya sekitar satu minggu dengan jalur Thimphu, Punakha dan Paro. Selama perjalanan, pemandangan Himalaya yang menakjubkan tentu akan menemanimu. Kamu pastinya akan merasakan pengalaman yang luar biasa melihat secara langsung budaya Bhutan.

3. India

India
britannica.com

Jika berbicara soal Negara dengan Pegunungan Himalaya, Nepal dan Bhutan memang selalu menjadi tempat pertama yang mungkin terpikirkan. Namun, ada juga Negara-negara lain yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati Pegunungan Himalaya, yaitu India.

India menawarkan pengalaman untuk menikmati pemandangan Pegunungan Himalaya yang berbeda, terutama di kawasan India Utara yang berada di sisi barat dan selatan Himalaya. India juga memiliki lebih dari 15 gunung di Himalaya, termasuk Pegunungan Kangcheunjunga, salah satu gunung tertinggi ketiga di dunia. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Kinnaur, yaitu pusat Buddha di Himanchal. Disini juga kamu bisa menemukan banyak biara kuno yang dibangun pada abad ke-11. Seperti Biara Kee, Biara Dhankar dan Biara Tabo. Bahkan, di Kunnaur, di wilayah barat Himalaya masih ada beberapa kuil berukiran kayu yang unik dan tidak ada di kawasan lain.

4. Pakistan

Pakistan
photography.tutsplus.com

Setiap bagian dari Pegunungan Himalaya tentu memiliki pesonanya masing-masing. Salah satu Negara dengan Pegunungan Himalaya yang patut untuk kamu sambangi selanjutnya adalah Pakistan.

Jika dibandingkan dengan Himalaya di Nepal, Tibet dan India, Himalaya di Pakistan mungkin kurang ramai. Meskipun begitu, ternyata gunung tertinggi kedua di dunia, yaitu Gunung Godwin-Austen berada di Pakistan. Gunung yang dikenal dengan nama K2 ini memiliki tinggi mencapai 8.611 meter di atas permukaan laut. K2 ini memang dikenal tidak semudah Everest karena banyak sekali pendaki yang gagal mencapai puncaknya.

Kamu bisa berkunjung ke Jalan Raya Karakoram yang merupakan cara terbaik untuk menikmati pemandangan Himalaya. Kamu juga bisa mendaki melintasi gletser di Himalaya Pakistan, tepatnya di Passu yang berada di Pakistan Utara. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan perjalanan ke Taman Nasional Deosai yang akan membawamu ke jajaran Himalaya untuk melihat langsung satwa liar yang hidup di timur laut Pakistan.

5. Tibet

Tibet
insidehimalayas.com

Negara dengan Pegunungan Himalaya yang terakhir adalah Tibet. Tibet memang menjadi salah satu Negara yang memiliki Pegunungan Himalaya ini, selain Nepal. Meskipun pendakian menuju Gunung Everest melalui Tibet ini tidak mudah, namuan banyak masyarakat Tibet yang beberapa kali mencoba dan berhasil.

Kamu bisa mengawali perjalanan menuju Southern to Shigatse, yautu kota terbesar kedua di Tibet. Pada ketinggian 5.200 meter di atas permukaan laut, ada Everest Base Camp untuk pendaki gunung juga wisatawan. Inilah yang menjadi titik tertinggi yang dapat dijangkau oleh wisatawan umum untuk melihat puncak Gunung Everest.

Jika kamu tidak ingin mendaki ke puncaknya, kamu bisa menginap di Everest Base Camp ini di hotel tenda yang dikelola oleh masyarakat Tibet setempat. Dengan menginap disini, kamu bisa melihat matahari terbenam dan matahari terbit yang sangat indah dari puncak dunia. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Biara Rongbuk, yaitu biara tertinggi di dunia.

Itulah tadi daftar 5 negara dengan Pegunungan Himalaya yang menakjubkan dan wajib untuk kamu kunjungi. Kelima Negara dengan pemandangan Pegunungan Himalaya tersebut memang bisa menjadi destinasi wisata yang mampu menarik wisatawan dari berbagai dunia. Segera agendakan perjalanan kamu kesana ya.



Leave a Reply