17 Tempat Wisata di Banyuwangi Bagaikan Surga Dunia


sisil angelin  May 9, 2018  0 Comment

Berada di ujung timur pulau Jawa, kabupaten yang juga dijuluki sebagai Kota Gandrung ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga. Jika Anda masih bingung objek wisata mana yang akan Anda kunjungi, Berikut ini kami berikan informasi tentang beberapa tempat wisata di Banyuwangi

1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

TRIP.WEB.ID

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi tiap musim liburan tiba. Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa pantai yang ada di Banyuwangi ynag barangkali cocok untuk dijadikan tempat bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan bersama.

Yang pertama adalah Pantai Plengkung atau yang terkadang disebut “G-Land”. Pantai ini menjadi salah satu tempat surfing terfavorit dari peselancar lokal maupun internasional, karena memiliki ombak ombak tinggi yang menggulung hingga enam meter. Bahkan, Pantai Plengkung ini diklaim sebagai tempat dengan ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Apakah Anda tertarik untuk menjajal tingginya ombak Pantai Plengkung?

Review kuliner

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik Di Banyuwangi

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

2. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Wedi Ireng adalah “Raja Ampatnya Banyuwangi”. Jika Anda melihatnya sendiri, maka Anda akan mengerti mengapa pantai ini mendapat julukan tersebut. Air laut yang berwarna biru jernih tampak jauh lebih indah karena adanya pulau-pulau kecil dengan tebing yang tersebar mengelilingi pulau utama. Memang benar-benar mirip dengan panorama yang bisa Anda temukan di Raja Ampat.

3. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

faktanews.co.id

Yang menjadikan Pantai Watu Dodol menarik adalah adanya batu karang yang sangat besar, dengan diameter mencapai 15 meter dan tinggi sekitar 10 meter. Di atas batu tersebut terdapat bangunan untuk melihat panorama sekitar pantai dan juga patung besar yang disebut Patung Gandrung.

4. Pantai Sukamande

Pantai Sukamande

banyuwangibagus.com

Perlu usaha lebih untuk mencapai pantai ini. Namun, karena medan yang cukup sulit ditempuh, keasrian Pantai Sukamande masih sangat terjaga. Pantai yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri ini merupakan rumah bagi para penyu. Jika Anda beruntung, maka Anda dapat menyaksikan sendiri penyu-penyu dnegan ukuran besar mendarat di pantai untuk bertelur. Bahkan, dari 6 jenis penyu di dunia, Anda dapat menemukan 4 jenis yang kerap muncul di pantai ini, seperti Penyu Slengkrah, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, bahkan si Penyu Hijau Langka.

Baca juga :  8 Tempat Snorkeling Di Banyuwangi yang Recommended 

5. Pulau Merah

Pulau Merah

zahiratransport.com

Pulau merah merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang menjadi favorit para turis baik lokal maupun mancanegara. Termasuk dalam wilayah Dea Sumbergadung, panorama pantai pasir putih yang disebut “Pantai Pulau Merah” ini nampak sangat eksotis dengan adanya sebuah pulau yang terletak di bibit pantai.

Ternyata, tak hanya pemandangan indah saja yang menarik para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Namun juga karena ombak pantai yang menjadi arena surfing yang sangat ideal bagi para peselancar. Tak heran, Pantai Pulau Merah sempat dijadikan tempat dimana International Surfing Competition diselenggarakan.

6. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Exploreindo.com

Selain Pulau Merah, ternyata masih ada lagi pulau lain di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Tabuhan. Dengan luas area mencapai sekitar 5 hektar, pulau ini kaya akan biota laut dan koral yang indah dan beragam di bawah lautnya, belum lagi dengan bersihnya pasir putih yang menyelimuti daratan pulau eksotis ini. Tak heran jika banyak pecinta olah raga air termasuk snorkeling dan diving tertarik untuk mengunjungi pulau ini. Selain itu, terdapat pula berbagai macam olahraga ekstrim yang memicu adrenalin Anda, seperti windsurfing dan kitesurfing.

7. Savana Baluran

Savana Baluran

banyuwangibagus.com

Tak hanya melulu pantai saja yang menarik untuk dikunjungi di Banyuwangi, tapi terdapat pula padang rumput atau savana yan menawarkan pengalaman wisata unik bagi Anda dan keluarga, slaah satunya adalah Savana Baluran. Meskipun masih terletak di Pulau Jawa, Anda akan merasa tengah berada di padang rumput Afrika jika berkunjung ke tempat ini.

Bukan hanya permadani rumput luas yang akan menyambut Anda, namun juga ratusan rusa, puluhan kerbau, lutung, elang dan merak yang dibiarkan hidup bebas di area padang rumput akan membuat Anda kagum. Oleh karena itu, Savana Baluran sering dijadikan alternatif wisata bagi mereka yang bosan dengan panorama pantai atau gunung yang sering mereka jumpai.

8. Savana Sadengan

Savana Sadengan

boladiensadventure.blogspot.co.id

Ternyata, tak hanya Baluran saja yang menyajikan pengalaman berwisata seperti di tengah padang rumput Afrika. Masih ada Savana Sadengan yang siap menyambut Anda ketika berlibur di Banyuwangi. Dengan luas mencapai 80 hektar, Savana Sadengan menjadi rumah bagi Banteng, Ajag, Rusa, Babi Hutan, dan bahkan Macan Tutul!

Semua satwa yang tinggal di area Savana Sadengan merupakan penggabungan dari satwa liar yang biasa mencari makan di dalam hutan (sering dicebut sebagai browser) dan juga satwa yang gemar merumput di savana (sering disebut greezer). Untuk menjaga keasriannya, pihak pengelola Savana Sadengan menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh para wisatawan.

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Indonesia Wajib di Kunjungi Sekali Seumur Hidup

9. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

zonalibur.com

Ada beberapa air terjun indah yang bisa diunjungi di Banyuwangi, salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Lider. Kawasan air terjun dengan ketinggian 60 meter ini masih sangat asri dan alami. Suasana sejuk dan teduh ditambah dengan pelangi yang kadang muncul dari percikan air terjun yang terkena sinar matahari menampilkan panorama yang tidak bisa Anda temui setiap hari.

10. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo

PusakaPusaka.com

Air Terjun Kalibendo termasuk ke dalam kawasan Agrowisata Kalibendo, di kaki Gunung Ijen. Tak heran jika suasana di sini sangatlah sejuk. Di sekitar air terjun, Anda dapat menjumpai hamparan perkebunan kopi, cengkeh, dan juga karet. Yang jelas, Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat ini, karena air terjun dengan ketinggian mencapai 10 meter ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dengan air terjun lainnya yang ada di Banyuwangi.

11. Songgon Rafting

Songgon Rafting

banyuwangibagus.com

Bagi anda penyuka tantangan dan olahraga ekstrem, mungkin tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Anda selanjutnya di Banyuwangi. Kali Badeng merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal, terutama bagi merea yang menyukai olah raga rafting. Karena arusnya yang deras dan terdapat banyak bebatuan kecil maupun besar di sepanjang aliran sungai, tempat ini sangat ideal untuk dijadikan arena rafting. Penduduk sekitar menyebutnya Songgon Rafting.

Tak hanya pengalaman mengarungi arus deras dengan perahu karet yang bisa Anda nikmati di sini, namun juga indahnya pemandangan hutan pinus yang ada di kanan kiri sungai. Terlebih lagi, suasana di sekitar sungai masih sangat asri dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk dijadikan alternatif wisata yang membuat Anda melupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang menjemukan.

12. Desa Adat Kemiren

Desa Adat Kemiren

banyuwangibagus.com

Tak hanya wisata alam yang bisa Anda lakukan di Banyuwangi, Sekali-sekali, wisata budaya juga menarik untuk memperluas pengetahuan Anda dan keluarga tentang kekayaan adat budaya bangsa kita. Salah satu tempat dimana Anda bisa berwisata budaya adalah Desa Adat Kemiren. Desa ini merupakan tempat tinggal Suku Osing, yang notabene merupakan suku yang sangat anti pada penjajahan dan penindasan. Penduduk desa ini masih snagat menjaga kelestarian tradisi dan adat mereka, termasuk bahasa, kesenian, dan makanan tradisional.

13. Teluk Hijau

Teluk Hijau

blog.reservasi.com

Keindahan teluk Hijau memang tak pernah gagal untuk memanjakan mata para pengunjungnya. Betapa tidak pasir putih berpadu dengan air laut yang jernih dan kebiruan dikelilingi oleh hijaunya hutan yang masih sangat terjaga dan asri. Hal menarik yang bisa Anda temukan di pantai ini adalah masih adanya banyak satwa liar yang unik namun tidak berbahaya yang kadang nampak berkeliaran di sekitar teluk.

Baca juga :  10 Lokasi Main Flying Fox Paling Menantang Di Indonesia

Selain itu, terdapat pula air terjun yang langsung mengalir menuju ke arah pantai yang dapat dimanfaatkan untuk membilas tubuh para wisatawan selepas bermain air laut. Saking indahnya, banyak yang mengatakan bahwa air terjun ini dulunya pernah menjadi tempat singgah para bidadari yang ingin mandi. Karena keindahannya, tak heran jika teluk hijau selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama selama musim liburan. Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan, bukan?

14. Teluk Biru (Blue Bay)

Teluk Biru

osingdeles.com

Ada Teluk Hijau, ada pula Teluk Biru di Banyuwangi. Meskipun namanya mirip, namun teluk ini berbeda dengan teluk hijau yang sudah kita bahas sebelumnya. Teluk Biru terkenal karena keindahan bawah lautnya yang memukau setiap penyelam. Tak heran bila tempat ini menjadi salah satu alternatif favorit para penyelam untuk mengeksplore kekayaan biota bawah laut di Banyuwangi.

15. Bedul

Bedul

warung–campur.blogspot.co.id

Bedul merupakan tempat dimana Anda dapat menikmati wisata mangrove. Terletak di Desa Sumbersari, kawasan wisata ini memperoleh namanya dari banyaknya ikan bedul yang muncul di perairan sekitar Segoro Anakan Bedul. Ikan bedul sebenarnya adalah jenis ikan gabus dengan sirip yang khas di punggungnya. Untuk menelusuri kawasan wisata ini, Anda dapat menyewa perahu milik warga sekitar.

16. Rowo Bayu

Rowo Bayu

asliindonesia.net

Sesuai dengan namanya, Rowo Bayu merupakan sebuah rawa dengan tanaman dan hutan lindung yang masih terjaga keasriannya. Lingkungan yang masih sangat terjaga membuat banyak satwa liar tinggal di sini. Luas telaganya memang hanya 50 meter saja, namun hutan dan tanaman lindung di sekitarnya tumbuh dengan sangat lebat. Hal ini membuat sinar matahari tidak banyak masuk ke area Rowo Bayu, sehingga suasana sejuk dan teduh pun tercipta.

17. Kawah Ijen

Kawah Ijen

agentwisatabromo.com

Ternyata, tak hanya pantai yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga selama liburan. Kawah pun bisa menjadi alternatif wisata yang bisa Anda kunjungi jika Anda sudah bosan dengan suasana pantai. Kawah Ijen, contohnya. Salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang cukup ramai pengunjung ini memang menawarkan panorama pegunungan yang sangat indah. Terlebih lagi karena keberadaan kawah dengan api biru atau sering disebut sebagai blue fire yang sangat langka dan hanya ada dua saja di dunia. Namun, untuk dapat menyaksikan indahnya fenomena api biru ini, Anda harus menunggu dari dini hari hingga fajar.

Banyuwangi memang merupakan kabupaten yang terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ketujuh belas objek wisata yang telah kami sebutkan tadi hanyalah beberapa dari sekian banyak tempat wisata di Banyuwangi yang dapat Anda kunjungi. Kesemuanya menawarkan pengalaman yang unik dan menarik, yang tentunya tak akan membuat Anda kecewa.



Leave a Reply