12 Tempat Wisata Alam di Jakarta Sejuk Rekomended


sisil angelin  May 4, 2018  2 Comments

Tempat wisata alam di Jakarta sangatlah banyak. Meskipun sering disebut kota metropolitan yang full dengan bangunan tinggi, ternyata Jakarta tetap menyisihkan beberapa areanya sebagai tempat sejuk untuk berwisata. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Hello-PET.com

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Seribu? Salah satu panorama indah di Jakarta memang sudah mahsyur di seluruh nusantara. Bahkan, bisa dibilang tempat wisata ini menjadi tujuan destinasi terbaik di Jakarta.

Terdapat beberapa pulau tanpa penghuni yang sangat elok di tempat tersebut, seperti Pulau Bidadari, Pulau Putri, Putri Tidung, Pulau Pramuka, dan masih banyak lagi. Bukan hanya pulaunya yang indah, panorama bawah lautnya pun tidak kalah hebat dengan daratannya.

Berbagai biota laut termasuk terumbu karang tampak indah. Tak heran jika banyak orang yang senang menjadikan tempat ini sebagai tujuan diving terbaik.

Museum Macan: Museum Yang Masuk Dalam World Greatest Place 2018

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

Jelajahi Pulau Tidung

2. Taman Suropati

Taman Suropati

KSMTour.com

Taman yang berada di kawasan elite Menteng ini memang sangat asri. Banyak pepohonan di tempat ini yang tertata rapi sehingga tidak hanya memberikan pemandangan yang indah, namun udara yang sejuk. Belum lagi tatanan paving yang membuat jalanan setapak di sepanjang taman ini menjadi lebih nyaman dipandang mata.

Tak heran jika taman ini sering dijadikan masyarakat sebagai tempat untuk bersantai, berfoto, dan bahkan berkuliner di sepanjang jalan taman. Beberapa patung para anggota PBB yang dibangun di tempat ini pun bisa dijadikan sebagai background foto Anda. Tidak hanya itu, di malam hari Anda juga bisa menikmati berbagai sajian musik dari seniman yang datang untuk menghibur pengunjung.

Baca juga :  20 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek Asri Dan Sejuk

3. Taman Menteng

Taman Menteng

JejakPiknik.com

Setali tiga uang dengan Taman Suropati, di daerah Menteng Jakarta Barat juga terdapat taman yang tidak kalah eloknya. Bahkan, bukan hanya pepohonan yang memberikan kesejukan, di tempat ini juga terdapat berbagai arena permainan yang akan memanjakan putra putri Anda. Belum lagi adanya jogging track dan air mancur.

Jika dilihat dari kegunaannya, taman ini mempunyai dua buah fungsi, yaitu sebagai arena olahraga dan tempat rekreasi. Di bagian utara taman terdapat dua buah lapangan futsal dan satu buah lapangan basket. Hampir setiap sore tempat ini selalu diadakan pertandingan antara dua tim olahraga. Ada juga area untuk skareboarding, sepeda BMX, hingga parkour (olahraga dari Prancis).

Sementara, di tempat yang lain digunakan untuk duduk-duduk atau hanya berjalan santai. Beberapa kursi dari besi, di mana bagian atasnya diberi kanopi dan tanaman yang merambat di tiang.

4. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng

Anandastoon.com

Sebagai paru-paru kota Jakarta Barat, hutan ini menawarkan kesejukan udara yang luar biasa. Hal ini tidak mengherankan karena di tempat ini berdiri sekitar 4.000 pohon rindang dengan 60 varietas yang berbeda. Plusnya lagi, di tempat ini juga disediakan arena bermain anak, danau, pujasera, hingga jogging track.

Buat Anda yang mempunyai hobi memancing, di tempat ini juga disediakan arena untuk memancing ikan. Karena banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai tujuan wisata keluarga, di hutan ini telah didirikan berbagai fasilitas umum, seperti toilet umum, mushola, dan pastinya tempat parkir.

5. Setu Babakan

Setu Babakan

tabloidwisata.com

Setu Babakan merupakan nama sebuah danau cantik dengan ukuran cukup luas yang ada di Jagakarsa, Jakarta Selatan, lebih tepatnya di kampung Betawi. Anda pastinya sangat mengenal salah satu kampung Betawi tersebut.

Baca juga :  10 Tempat Makan yang Enak di Jakarta Selatan

Sehingga, saat mengunjungi tempat ini, Anda bukan hanya menikmati keindahan danau dengan menyusurinya menggunakan perahu angsa, namun juga bisa mengenal berbagai budaya asli Betawi yang unik dan menarik. Berbagai kuliner khas Betawi seperti kerak telur pun juga tersedia di tempat ini. So, jadikan Setu Babakan sebagai salah satu tujuan destinasinya Anda di masa liburan.

6. Taman Cattleya

Taman Cattleya

Vibizmedia.com

Taman yang berada di pusat kawasan padat penduduk, Slipi, terpatnya tak jauh dari Mall Taman Anggrek Jakarta Barat. Sama halnya dengan taman lainnya di Jakarta, tempat ini juga menawarkan kesejukan udara sekaligus kesegaran pemadangan karena adanya pepohonan yang rindah.

Belum lagi arena olahraga dan danau yang berada di tengahnya. Dengan kata lain, jika Anda bosan dengan aktivitas padat harian Anda, silakan mengunjungi tempat ini untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

7. Hutan Kota Tanah Tingal

Hutan Kota Tanah Tingal

play7108.takeyourchance99.loan

Hutan yang berada di kawasan Ciputat, tak jauh dari pintu tol Pondok Rajin, ini sebenarnya merupakan kebun pribadi milik penduduk setempat. Namun, setelah sang pemilik meninggal, lahan tersebut kemudian dibebasfungsikan dan dijadikan sebagai hutan kota.

Di tempat ini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari sekadar jalan-jalan sambil menikmati pemandangan, foto-foto, berkemah, hingga outbound. Bahkan, Anda juga bisa berenang di tempat di. Plusnya lagi, hutan ini mempunyai sebuah danau yang digunakan sebagai penampung air hujan dan penyedia air bersih bagi warga setempat.

8. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark

duniaspasi.blogspot.co.id

Kalau Anda pernah ke Ancol, maka dengan mudah Anda menemukan tempat ini. Dengan lahan seluar 34 hektar, pihak pengelola Ancol menjadikannya sebagai tempat terbuka hijau dan ramah lingkungan. Tempat ini dibagi menjadi beberapa zona yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan seru, seperti bermain sepeda, jogging keliling taman, bermain kano, outbound, mengenal rumah energi maupun rumah lebah, berwisata kuliner, hingga belajar memanah.

Baca juga :  Anak Mall? Nih 10 Makanan enak di Grand Indonesia Wajib Coba

9. Pantai Festival

Pantai Festival

6foto-foto-foto.blogspot.co.id

Tidak hanya kawasan ramah lingkungan Allianz Ecopark, di Ancol juga terdapat Pantai Festival yang juga menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang rindu akan nuansa bahari. Pemandangan air yang tenang yang dipadukan dengan jajaran kapal nelayan, plus latar belakang pencakar langit, menjadi nilai plus dari pantai ini.

Karena ombaknya cukup tenang, di tempat ini juga aman digunakan untuk berenang. Bersepeda di sepanjang pesisir atau berjalan kaki di atas jembatan dermaga juga bisa menjadi aktivitas mengasyikkan di tempat ini.

10. Tribeca Park

Tribeca Park

centralparkjakarta.com

Taman yang terletak di Central Park Jakarta ini akan lebih indah jika dinikmati pada malam hari. Sebab, berbagai hiasan lampu akan membuat wisata alam di Jakarta  bak istana dongeng. Bahkan, taman ini juga semakin dipercantik pada saat moment-moment tertentu, seperti Idul Fitri, Natal, atau Kemerdekaan Indonesia. Tak heran jika banyak orang berkunjung ke tempat ini sambil membawa anak-anak yang ingin berjalan-jalan maupun hewan peliharaan.

11. Twin House

Twin House

Venuerific.com

Ingin menikmati taman hijau sambil menyantap kuliner khas Indonesia maupun western? Di sinilah tempatnya. Restoran mungil yang terletak di kawasan Cipete Raya ini memang dikonsep cukup unik. Dengan taman hijau di sekitar restoran akan membuat setiap pengunjungnya seperti sedang bertamasya ke Eropa. Plusnya lagi, pengunjung juga bisa membawa serta hewan peliharaannya ke tempat ini karena arena bermain yang disediakan cukup luas.

12. Jimbaran Outdoor Lounge

wisata alam jakarta

jakarta.panduanwisata.id

Meskipun berada di dalam sebuah hotel mewah, restoran ini juga layak dijadikan sebagai tempat wisata alam Jakarta yang  cukup unik. Dengan latar kayu dan rotan yang menyebar di tengah hutan, setiap pengunjung dipersilakan menyantap menu khas Meksiko sambil menikmtai kesegaran alam serta alunan musik yang diberikan. Meskipun dananya cukup tinggi, namun tempat ini layak dijadikan sebagai salah satu tempat wisata alam di Jakarta.



Leave a Reply

2 Comments
  1. paket tour dieng says:

    terimaksih informasinya sangat membantu..
    saya suka dengan destinasi wisatanya