Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

9 Tempat Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong di Bali


Reni  December 3, 2019  0 Comment

Bali adalah pulau yang terkenal dengan wisata alam, kuliner, hingga budayanya. Budaya dan seni di Bali memang masih sangat kental. Tari Barong merupakan budaya atau pertunjukan di Bali yang masih mudah dijumpai hingga saat ini. Pertunjukan Tari Barong khas Bali kini sudah diakui sebagai warisan budaya dunia UNESCO, lho.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali dan menyempatkan melihat seni pertunjukan Tari Barong. Selain menyuguhkan tarian dengan alur cerita yang menegangkan, Tari Barong Bali juga menyelipkan cerita lucu di dalam tariannya.

Di Bali, ada cukup banyak tempat yang dapat Anda datangi guna menyaksikan pertunjukan Tari Barong. Simak sampai habis sebelum Anda berangkat ya.

Berikut Tempat Menyaksikan Pertunjukkan Tari Barong di Bali

1. Batubulan

menyaksikan pertunjukkan tari barong di nali
sahadewabarongdance.com

Batubulan adalah nama salah satu desa yang berada di Sukawari, Kabupaten Gianyar, Bali. Batubulan memang terkenal dengan pertunjukan budayanya. Beberapa seni yang bisa Anda nikmati di Batubulan antara lain Tari Barong, Tari Kecak, dan Tari Lenggong. Batubulan juga merupakan tujuan banyak wisatawan lokal dan asing untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Bali.

Tari Barong Batubulan atau Barong Dance Batubulan bisa Anda saksikan di 3 tempat yang berbeda, yakni Sila Candra Stage, Sahadewa Stage, dan Denjalan Stage. Pertunjukan Tari Barong Batubulan berlangsung mulai pukul 09.00 hingga pukul 10.00 wita. Batubulan bisa menjadi tujuan Anda untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Bali.

2. Taman Budaya GWK

tari barong di bali

Taman Budaya GWK, tempat terkenal dan viral yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan. Taman Budaya GWK juga menyajikan pertunjukan Tari Barong. Buat Anda yang ingin menyaksikan pertunjukan Tari Barong, tentu Taman Budaya GWK bisa menjadi tujuan. Terkenal dengan bangunan patung yang sangat besar, Taman Budaya GWK ini kerap menjadi sasaran wisatawan saat ke Bali.

Selain disuguhkan dengan pertunjukan Tari Barong, pengunjung yang datang juga akan disuguhkan dengan tarian lain seperti Joged Bumbung, Tari Kecak, Tari Lenggong, dan Tari Garuda Wisnu Kencana. Tempat berlangsungnya berbagai tarian seni di Taman Budaya GWK adalah di Amphitheater. Mampu menampung hingga kurang lebih 800 penonton, nggak ada salahnya jika Anda mencoba datang bersama rombongan ke Taman Budaya GWK.

3. Desa Ubud

tari barong di bali
bali-individually.com

Sudah pernah berkunjung ke Desa Ubud? Desa yang cukup terkenal di Bali ini menyajikan suasana alam yang sangat tenang. Ubud Monkey Forest, Bukit Cinta Ubud dan Museum adalah sebagian tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan saat di Ubud. Tetapi, banyak juga pengunjung yang datang untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong. Di Ubud, Anda bisa menyaksikan pertunjukan budaya khas bali yakni Tari Barong. Jadwal pertunjukan Tari Barong di Ubud berbeda-beda setiap harinya. Di depan Pura Padang Kerta, Tari Barong berlangsung pukul 19.00 Wita di hari Senin. Sedangkan di Arma Museum, Tari Barong berlangsung pukul 17.30 Wita di hari Jumat. Dan yang terakhir ada Tari Barong yang berlangsung di Pura Dalem Ubud dan pertunjukan dimulai pukul 19.30 Wita. Desa Ubud bisa menjadi referensi lokasi pertunjukan Tari Barong yang bisa Anda datangi saat ke Bali.

4. Desa Budaya Kertalangu

pertunjukkan tari barong di bali
baliexpress.jawapos.com

Desa Budaya Kertalangu merupakan nama salah satu desa di Kota Denpasar, Bali. Desa Budaya Kertalangu memiliki panggung khusus yang ditujukan untuk pertunjukan Tari Barong. Seperti pertunjukan Tari Barong di kebanyakan tempat, Desa Budaya Kertalangu juga menyajikan pertunjukan Tari Barong lengkap dengan Tari Kecak dan Joged Bumbung. Pementasan seni di Desa Budaya Kertalangu hanya berlangsung saat ada pesanan atau pengunjung yang datang. Para penari yang terlibat ialah penduduk desa setempat dan tarian berlangsung selama kurang lebih 45 menit. Tak ada salahnya jika Anda mencoba datang ke Desa Budaya Kertalangu untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong.

5. Suwung Kauh Denpasar

tari barong di bali
taribarongbali.wordpress.com

Satu lagi tempat yang bisa Anda datangi untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Bali adalah Suwung Kauh. Berlokasi di daerah Denpasar Bali, Banjar Suwung Kauh juga kerap menjadi tujuan wisatawan lokal hingga mancanegara. Di Banjar Suwung Kauh, pertunjukan tari barong dilakukan setiap hari mulai pukul 09.30 – 10.30 Wita. Bisa Anda coba saat berlibur ke Bali ya.

6. Waribang Kesiman

Tempat melihat tari barong di bali
gosur.com

Panggung Uma Dewi, Jalan Waribang, Desa Kesiman, Kota Denpasar, adalah tepat yang bisa Anda datangi untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong. Tari Barong berlangsung di Sanggar Tari Barong dan Keris. Untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Waribang Kesiman, pengunjung dikenakan tarif Rp 100.000,- per orang. Durasi pementasan berlangsung sekitar 1 jam. Sebelum pementasan dimulai atau setelah pementasan berakhir, pengunjung diperbolehkan foto dengan penari disini. Mulai pukul 09.30 hingga pukul 10.30 Wita setiap harinya, pengunjung akan dimanjakan dengan pentas seni khas Bali. Waribang Kesiman merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Tari Barong.

7. Celuk Gianyar

tari barong di bali
triphobo.com

Sanggar Kesenian Putra Barong Celuk juga menyajikan pertunjukan Tari Barong bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Gianyar, Bali. Sanggar Kesenian Putra Barong Celuk menyajikan tempat dengan bangunan yang khas dan unik. Sebelum pertunjukan dimulai, pengunjung bisa berfoto dengan penari wanita. Hasil foto sebelum pertunjukan dimulai nantinya bisa diambil dalam bentuk foto cetak atau gantungan kunci. Harga gantungan kunci dibandrol Rp 15.000,- dan untuk foto cetak dibandrol Rp 5000,-. Pertunjukan Tari Barong dimulai pukul 09.30 Wita. Mampir ke Celuk Gianyar saat ke Bali menjadi hal yang mengasyikkan.

8. Desa Pakraman Lungsiakan

tari barong bali
dilokasi.com

Pura Puncak Payogan berlamat di daerah Lungsiakan, Ubud, Gianyar, Bali. Seperti pertunjukan Tari Barong pada umumnya, Pura Puncak Payogan juga menyuguhkan Tari Barong dengan durasi yang cukup lama dan didatangi banyak pengunjung. Pengunjung yang datang mulai dari anak anak hingga dewasa. Jadi, tak ada salahnya jika Anda dan keluarga mencoba datang untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Desa Pakraman Lungsiakan ini.

9. Sari Wisata Budaya Bali

tempat wisata di Bali
ceritamamami.com

Di Denpasar, ada tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong. Lokasinya ada di Sari Wisata Budaya Bali. Selain menyaksikan Tari Barong, pengunjung sekaligus disuguhkan dengan adanya Tari Keris atau Kris Dance. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 100.000,-, pengunjung akan dimanjakan dengan kurang lebih 1 jam pertunjukan. Pengunjung diperbolehkan untuk berfoto di photobooth dengan menggunakan kostum khas Bali. Tempat Parkir di Sari Wisata Budaya Bali ini cukup luas, cocok untuk Anda yang datang bersama rombongan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mampir ke Sari Wisata Budaya Bali ya.

Tari Barong adalah salah satu tarian yang banyak diminati dan dicari oleh wisatawan yang datang ke Bali. Namun, tak jarang banyak orang kurang mengetahui lokasi berlangsungnya tarian ini. Setelah membahas tentang 9 Tempat Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong di Bali, kira-kira tempat mana yang akan Anda kunjungi?



Leave a Reply