10 Tempat Bersejarah Di Bali Yang Menarik Untuk Dikunjungi


prita  July 9, 2022  0 Comments

Bali merupakan surganya wisata karena banyak menyimpan keunikan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Bali dikenal memiliki pantai yang indah, gunung yang megah serta budaya yang kental dan tradisi yang masih dipertahankan sampai saat ini. Tak hanya itu, tempat bersejarah di Bali juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Banyak sekali tempat bersejarah yang instagramable di Pulau Dewata ini, sehingga kamu bisa berlibur sambil belajar juga berfoto-foto cantik disini. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Bali dan tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata bersejarahnya, berikut ini adalah daftarnya.

1. Tirta Gangga

Tirta Gangga
travelspromo.com

Tempat bersejarah di Bali yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Tirta Gangga. Destinasi wisata yang berada di Bali Timur ini merupakan taman air Kerajaan Karangasem yang sangat indah.

Disini kamu bisa melihat hamparan kolam air yang jernih lengkap dengan sebuah candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Arsitekturnya bertemakan tradisional Bali yang sangat indah sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

Gotravelly

Pantai Kuta, Destinasi Pantai Legendaris Yang Populer Di Bali

New Dewata Cafe, A Perfect Place To Enjoy Seafood In Jimbaran

2. Istana Taman Air Ujung

Istana Taman Air Ujung
travelspromo.com

Jika kamu mencari tempat bersejarah di Bali yang sering dijadikan sebagai lokasi pre-wedding, maka kamu wajib berkunjung ke Istana Taman Air Ujung. Tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Karangasem ini memiliki segudang pemandangan alam yang indah sehingga cocok untuk kamu yang suka berfoto.

Istana Taman Air Ujung ini memiliki arsitektur yang mengagumkan dengan nilai sejarah yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menjadi latar berfoto kamu. Jika ingin berkunjung kesini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orangnya.

3. Monuman Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi
rentalmobilbali.net

Tempat bersejarah di Bali berikutnya adalah Monumen Bajra Sandhi. Monumen Bajra Sandhi ini merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali dan simbol heroik rakyat melawan para penjajah.

Menariknya, terdapat 17 gerbang pintu masuk dan delapan pilar utama dengan ketinggian 45 meter yang memiliki arti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. Disini kamu bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti museum, perpustakaan, kolam ikan dan kerajinan tangan. Bangunan yang menjulang tinggi ini juga memiliki pepohonan hijau yang ada di sekitarnya sehingga membuat suasananya semakin sejuk. Jangan lupa untuk berfoto di depan bangunan ini ya.

4. Candi Tebing Tegallinggah

Tempat Bersejarah Di Bali
nokenstudio.com

Kalau kamu pecinta alam, maka tempat bersejarah di Bali yang satu ini akan menjadi favoritmu. Candi Tebing Tegallinggah ini merupakan salah satu destinasi yang cukup populer karena keindahannya.

Candi ini terlihat sangat indah karena dipadukan dengan indahnya alam Bali lengkap dengan air terjun. Bangunan ini mirip dengan struktur zaman batu dan memiliki banyak bentuk yang menyerupai jendela. Terdapat pula empat pancuran alami yang dipercaya oleh umat Hindu untuk melakukan ritual Melukat atau pembersihan diri. Disini kamu akan menemukan banyak spot alami yang cantik dan akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan alam.

5. Puri Anom Tabanan

Puri Anom Tabanan
beritatabanan.com

Berlokasi di Tabanan, kamu akan menemukan salah satu tempat bersejarah di Bali yang tak kalah indah, yaitu Puri Anom Tabanan. Puri Anom Tabanan ini masih kental dengan budaya serta nilai sejarah yang tinggi.

Terdapat ritual dan bangunan bersejarah yang digunakan untuk melaksanakan tradisi. Pertama, disini kamu bisa menemukan Suci Ageng dan tiga bangunan suci lainnya yang merupakan tempat khusus untuk persembahyangan Putri Anom. Kemudian, terdapat pula Saren Agung tempat penyelenggaraan Upacara Manusia. Lalu, terdapat pula Pakraman yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan, serta beberapa bangunan bersejarah lainnya. Ditambah lagi, ada pertunjukan bersejarah yang dipertontonkan kepada pengunjung.

6. Puri Klungkung

Puri Klungkung
winnymarlina.com

Tempat bersejarah di Bali yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Puri Klungkung atau yang juga dikenal sebagai Kertha Gosa. Puri Klungkung ini merupakan bangunan kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Didirikan pada abad ke-17, tempat ini menyimpan berbagai pesan moral yang terdapat pada lukisan wayang yang berada di langit-langit bangunan. Pada bangunan ini memiliki ornamen tradisional Bali yang dilengkapi dengan taman indah yang bisa kamu kunjungi.

7. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran
orami.co.id

Siapa yang tak kenal dengan Desa Penglipuran? Desa yang berada di Kabupaten Bangli ini merupakan sebuah desa yang masyarakatnya masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional Bali. Tak heran jika desa ini jadi salah satu tempat bersejarah di Bali yang wajib dikunjungi.

Disini kamu akan menemukan bangunan kuno yang atapnya dibuat dari bambu yang tertata alami dan rapi menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di desa ini kamu juga akan menemukan pura yang besar dan indah. Pura ini digunakan sebagai tempat keagamaan sehingga menambah nilai sejarah dan nilai artistik desa. Tak hanya dikenal sebagai tempat yang instagramable, Desa Penglipuran ini juga masuk sebagai salah satu desa paling bersih di dunia, lho.

8. Desa Tenganan

Desa Tenganan
adira.co.id

Tempat bersejarah di Bali selanjutnya adalah Desa Tenganan. Sama halnya dengan Desa Penglipuran, Desa Tenganan ini juga menjadi salah satu desa yang masyarakaynya masih mengacu pada budaya tradisional Bali.

Desa yang juga dikenal sebagai Desa Bali Aga ini memang memiliki deretan rumah, adat ataupun peraturan adat desa yang masih kental. Desa ini juga sangat instagramable, maka kamu bisa berfoto-foto disana. Selain berfoto, disini kamu juga bisa menjelajah dan mempelajari indahnya budaya Bali yang masih kental.

9. Lapangan Puputan Margarana Renon

Lapangan Puputan Margarana Renon
yukwisatadora.blogspot.com

Jika kamu mencari tempat bersejarah di Bali yang berada di Denpasar, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Lapangan Puputan Margarana Renon. Tempat ini memang menjadi kebangaan masyarakat Bali dan banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan disini.

Lapangan ini dibangun pada tahun 1983 yang mana tujuan pembangunannya adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam melawan penjajah. Lapangan ini memiliki jogging track sehingga seringkali dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk berolahraga. Selain itu, kamu juga bisa duduk santai di sekitar lapangan ini. Terkadang, lapangan ini sering diadakan pertunjukan seni budaya Bali, lho.

10. Museum Bali

Museum Bali
denpasarkota.go.id

Tempat bersejarah di Bali yang terakhir adalah Museum Bali. Museum yang dimulai dari sebuah gedung yang dibangun pada tahun 1910 ini memang masih bertahan sampai saat ini.

Bisa dibilang Museum Bali ini merupakan bangunan gedung tertua di Bali karena secara resmi didirikan pada tahun 1931. Berlokasi di pusat kota Denpasar, bangunan ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Museum Bali ini menjadi salah satu museum paling unik di Indonesia yang menyimpan ragam koleksi yang jumlahnya mencapai puluhan ribu yang terdiri dari ragam jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Museum ini juga bisa jadi salah satu destinasi wisata edukasi yang menyenangkan dan instagramable sehingga wajib untuk kamu kunjungi.



Leave a Reply

One Response
  1. Rizky says:

    Bali adalah salah satu destinasi wisata yang membuat saya selalu ingin mengunjunginya kembali