Siap Siap Tersesat di 7 Taman Labirin Terbesar di Dunia


prita  March 18, 2020  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan bermain di taman labirin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Terlebih lagi jika kamu pecinta petualangan. Pasalnya, beramain di taman labirin tak hanya butuh keberanian, kamu juga harus memiliki kecerdikan agar bisa keluar dari labirin. Di berbagai belahan dunia, banyak sekali bisa ditemukan taman labirin yang unik. Mulai dari labirin terumit, labirin terpanjang hingga taman labirin terbesar di dunia yang siap menawarkan sensasi petualangan berbeda untuk kamu.

Sekilas Tentang Labirin

Sebelum menengok daftar taman labirin terbesar di dunia, tahukah kamu apa itu labirin? Labirin merupakan sebuah jalur yang rumit dan dipenuhi jebakan-jebakan berujung jalan buntu. Labirin sengaja dibuat untuk menyesatkan orang yang melaluinya. Sejak berabad-abad lalu, labirin menjadi simbol dari teka-teki.

Dalam mitologi Yunani disebutkan bahwa Minotaur, monster berkepala banteng, dikurung di dalam labirin agar tidak bisa keluar untuk selamanya. Konon, Daidalon adalah yang merancang labirin. Di Italia, taman labirin biasa digunakan sebagai tempat bergosip. Namun, saat ini labirin telah berubah menjadi area wisata dan area bermain. Nah, berikut ini adalah deretan taman labirin terbesar di dunia yang bisa membuatmu tersesat di dalamnya jika tak berhati-hati.

Berikut taman Labirin Terbesar di Dunia

1. Peace Maze Castlewellan, Irlandia

Peace Maze Castlewellan
flickr.com

Peace Maze adalah taman labirin terbesar di dunia yang dirancang untuk memperingat upaya perdamaian dan rekonsiliasi Irlandia Utara seabad yang lalu. Peace Maze merupakan taman labirin permanen terbesar di dunia hingga tahun 2007 dikalahkan oleh Perkebunan Dole, jadi Peace Maze berada di peringkat kedua terbesar di dunia.

Baca juga :  6 Tempat Wisata Keluarga di Malang Paling Menyenangkan

Labirin di Peace Maze ini terdiri dari 6000 Pohon Yew yang ditanam oleh seluruh warga Irlandia Utara. Semua kontruksi labirin dirancang dengan baik menggunakan batu-batu pijakan untuk mencerminkan satu per satu langkah yang ditempuh untuk menegakkan perdamaian konflik etno-politik di Irlandia Utara selama akhir tahun 1960an hingga 1990an. Kamu yang berhasil menemukan jalan keluar dari taman labirin ini akan tiba dipusat labirin yang ditandai dengan bel perdamaian. Bel ini merupakan symbol perdamaian yang dicapai melalui Perjanjian Belfast di tahun 1998.

Gotravelly

Sejuknya Taman Paseban, Taman Di Tengah Kota Bangkalan Yang Teduh

Yoyogi Park: Taman Kota Yang Cantik Dalam Segala Musim

2. Reignac-sur-Indre Maze, Perancis

 Reignac-sur-Indre Maze
pinterest.de

Di Perancis kamu juga bisa menemukan taman labirin terbesar di dunia bernama Reignac-sur-Indre Maze. Bukan hanya luasnya yang menjadikan taman ini begitu istimewa, tapi taman ini selalu berbubah bentuk setiap tahunnya. Jadi pengunjung yang datang akan selalu menemukan pengalaman yang berbeda.

Di musim panas, labirin ini akan menampilkan jalur-jalur berliku bunga matahari yang cantik. Saat musim gugur, kamu bisa memanen bunga-bunga matahari tersebut kemudian benih baru akan ditaburkan kembali dengan pola desain yang berbeda. Jadi di tahun berikutnya, bunga-bunga matahari tersebut akan mekar dalam rancangan taman yang berbeda.

3. Labyrint Drielandenpunt, Belanda

Labyrint Drielandenpunt
flickr.com

Tak hanya Perancis, Belanda juga memiliki taman labirin terbesar di dunia yang menakjubkan, yaitu Labyrint Drielandenpunt yang berada di Vaals. Uniknya, taman labirin ini berada di daerah perbatasan tiga negara sekaligus, yaitu Belanda, Belgia dan Jerman. Jika kamu berhasil mecapai pusat dari taman labirin, kamu bisa memandang ke wilayah tiga negara sekaligus.

Labyrint Drielandenpunt dikenal sebagai taman labirin terluas di Eropa. Taman labirin ini dibangun oleh seniman lanskap yang berasal dari Inggris, Adrian Fisher, dengan menggunakan 17.000 semak hornbeam.

Baca juga :  20 Kota Terindah di Yunani Pesonanya Menarik Hati

4. Longleat Hedge Maze, Inggris

Longleat Hedge Maz
keren-nesia.blogspot.com

Longleat Hedge Maze berada di taman sebuah rumah megah di Inggris, yaitu Longleat. Rumah ini berlokasi cukup dekat dengan Desa Horningsham dan Kota Warminister. Taman labirin ini memegang rekor sebagai labirin terbesar di dunia dan labirin paling panjang di dunia. Hal ini dikarenakan taman ini memiliki labirin acak yang berliku sejauh 2,72 kilometer yang terhampar di lahan seluas lebih dari 1,5 hektar. Tentunya siapapun bisa terjebak didalamnya.

Taman labirin ini dirancang dan dibuat di tahun 1975 dan terdiri dari 16.000 pohon yews. Pengunjung butuh waktu sekitar 1 jam untuk keluar dari labirin ini. Satu-satunya cara agar tidak tersesat di taman labirin ini dengan naik ke salah satu dari enam jembatan kayu yang tersebar di taman untuk mengamati jalur labirin dari atas. Setelah berhasil melewati tantangan-tantangan dari labirin ini, kamu bisa bersantai di Menara observasi yang sengaja dibangun sebagai pusat taman labirin sekaligus untuk menikmati keindahan taman ini.

Longleat Hedge Maze ini dikelola dengan cukup baik. Dibutuhkan sekitar enam orang tukang kebun untuk merawat dan memangkas pagar-pagar tanaman secara teratur. Tak jarang, tukang kebun yang masih baru bertugas bisa tersesat di dalam taman labirin terbesar di dunia ini.

5. Dole Pineapple Maze, Hawaii

Dole Pineapple Maze
designcurial.com

Taman labirin yang satu ini sejatinya adalah sebuah perkebunan yang berada di Wahiawa, Hawaii. Perkebunan ini memiliki luas lahan mencapai dua hektar, tak heran jika Dole Pineapple Maze memegang rekor Guinness sebagai taman labirin terbesar di dunia.

Taman labirin ini pertama kali dibuka di tahun 1998 dan menyedot perhatian banyak wisatawan. Beda halnya dengan taman labirin lain yang umumnya memiliki satu jalan keluar, labirin di perkebunan ini memiliki banyak rute jalan keluar. Di tahun 2007, Dole Pineapple Maze melakukan perluasan lahan untuk mempertahankan gelarnya sebagai labirin tanaman di dunia. Saat ini, Dole Pineapple Maze ditumbuhi lebih dari 14.000 tanaman.

Baca juga :  11 Film Hollywood Shooting di Indonesia

Taman labirin ini dirancang sebagai area permainan dengan delapan titik yang akan didatangi oleh pengunjung dan kebun nanas adalah pusat labirinnya. Biasanya pengunjung membutuhkan waktu untuk menemukan jalan keluar dan rekor tercepat yang pernah diraih adalah tujuh menit.

6. Ashcombe Maze, Australia

Ashcombe Maze
dreamtours.com.au

Ashcombe Maze memang tak sebesar taman labirin di berbagai dunia lainnya. Namun, Ashcombe Maze dikenal sebagai labirin tertua dan terbesar di Australia. Taman labirin yang berada di Victoria ini dibuat di tahun 1970an dan dirancang dengan gaya era Victoria. Taman labirin ini dibuat menggunakan semak Cupresses Macrocarpa yang tebal dan tinggi.

Ashcombe Maze menjadi tempat untuk atraksi Big Gnome Hunt, yaitu dimana orang dewasa ataupun anak-anak berkeliling untuk mencari dan menuliskan nama-nama setiap gnome yang berhasil mereka temukan dalam taman labirin. Keunikan lain yang bisa kamu temukan di salah satu taman labirin terbesar di dunia ini adalah adanya labirin lavender yang terdiri dari lebih dari 3000 tanaman lavender. Selain itu, ada juga labirin mawar yang terdapat 1200 mawar didalamnya dari 200 varietas.

7. Samso Labyrinten, Denmark

Samso Labyrinten
scandinaviantraveler.com

Taman labirin terbesar di dunia yang terakhir adalah Samso Labytinten yang berada di Samso, Denmark, yaitu sebuah pulau bertenaga angin. Taman labirin ini memiliki lahan seluas 15 hektar dan dibentuk dari sekitar 50.000 pohon dan semak-semak, sehingga membuatnya menjadi sebuah taman labirin kolosal yang sangat rumit.

Taman labirin ini terkenal sangat rumit bahkan bagi para penjelajah labirin paling ahli. Pada 186 titik dalam area taman, ditempatkan teka-teki yang harus dipecahkan oleh pengunjung. Lalu, jawaban yang benar akan mengarah pada salah satu dari delapan titik akhir seperti piramida, labirin hati dan lingkaran batu.

Itulah tujuh taman labirin terbesar di dunia yang bisa kamu coba jelajahi. Tak hanya besar, taman-taman labirin tersebut juga dikenal memiliki tantangan yang cukup rumit dan rute yang panjang. Berani menjelajahinya?



Leave a Reply