11 Tempat Liburan di Jakarta Penghilang Lelah Dan Bikin Fresh Kembali


sisil angelin  April 23, 2018  0 Comments

Mencari tempat liburan di Jakarta yang bisa menjadi pelepas lelah dan stress memang tidaklah mudah karena Jakarta identik dengan kota yang penuh kepadatan, kemacetan, serta polusi. Namun lewat artikel ini ternyata masih ada 11 tempat wisata di Jakarta yang bisa menjadi pelepas lelah Anda bersama keluarga.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

nirwanatrans.com

Siapa yang tidak kenal Taman Impian Jaya Ancol yang adalah tempat liburan di Jakarta yang sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Bukan hanya warga Jakarta saja yang mengenal dan datang ke Ancol tapi juga penduduk Indonesia yang berasal dari kota lainnya juga pernah datang ke Ancol jika mereka sedang mampir ke Jakarta.

Ancol terkenal akan pantainya dan suasana di sekitar pantai baik tempat hiburan maupun wisata kuliner di sekitar pantai yang menyuguhkan suasana angin pantai dan gelombang air lautnya. Dalam area Taman Impian Jaya Ancol ini sebenarnya ada beberapa juga tempat wisata hiburan yang terkenal dan sering di kunjungi oleh warga Jakarta, yakni Dunia Fantasi yang berisi wahana permainan yang menantang dan seru, ada juga kolam atlantis, ada seaworld dan lainnya.

Review kuliner

Sendang Tirta Kamandanu

Dibikin Nangis Ndower Di Mie Kober Setan Gresik

2. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Seperti dibahas sebelumnya kalau ada tempat liburan di Jakarta sebagai tempat wisata yang menjadi bersenang-senang bersama keluarga sambil menguji nyali kita lewat permainan-permainan yang menantang di Dunia Fantasi (Dufan) ada Halilintar, Tornado, Kora-kora, hysteria dan lainnya.
Namun selain memiliki wahana yang menegangkan, tersedia juga beberapa wahana yang bisa dinikmati secara santai, seperti Istana Boneka atau melihat suasana Dufan dari ketinggian dengan Bianglala. Gajah bledug, Rumah Miring atau Baku Toki dan juga berbasah-basahan dengan Arung Jeram.

3. Kepulauan Seribu   

Kepulauan Seribu   

pulauseribu.info

Masih dekat dengan Ancol jika kita menyebrang menggunakan perahu dari pantai Ancol kita bisa menuju ke kawasan Kepulauan Seribu yang merupakan tempat wisata kepulauan di Jakarta yang menjadi tempat favorit warga jakarta yang ingin berwisata di berbagai pulau tanpa harus berjalan jauh dari Jakarta.
Kepulauan Seribu sendiri sebenarnya adalah area di perairan Jakarta yang terdiri dari berbagai pulau yang memiliki ciri khas dan daya tariknya masing-masing dan beberapa diantaranya sudah terkenal sekali dan sering dikunjungi oleh wisatawan Jakarta atau dari kota lain di Indonesia bahkan juga dari wisatawan mancanegara. Beberapa pulau tersebut adalah pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan juga Pulau Pelangi.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

anekatempatwisata.com

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata sarana pendidikan dan rekreasi yang bertujuan melestarikan kebudayaan yang dimiliki Indonesia karena di Taman Mini Indonesia Indah ini terdapat berbagai bentuk rumah adat dari berbagai suku dan provinsi yang ada di Indonesia.
Di lokasi yang sangat luas ini kamu bisa menemukan banyak tempat menarik lainnya seperti Istana Anak Anak Indonesia sekilas mirip seperti istana di negeri dongeng. Selain itu tersedia juga arena wisata air SnowBay Water Park dimana Anda dan keluarga bisa berenang bersama dengan suasana seperti di kolam salju. Tidak kalah menariknya ada juga Theater IMAX Keong Emas yang memutar film kebudayaan Indonesia.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

anekatempatwisata.com

Kebun Binatang Ragunan juga termasuk ke dalam daftar tempat liburan di Jakarta yang yang layak untuk Anda dan keluarga kunjungi. Kebun Binatang Ragunan ini sudah berdiri sejak tahun 1864 dan sampai saat ini kebun binatang ini kira-kira sudah memiliki kurang lebih 2000 jenis hewan.
Kebun Binatang Ragunan selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Selain tempat yang sangat luas dan juga teduh dikarenakan terdapat 20 ribu pohon yang tumbuh subur di kebun binatang ini selain itu tarif masuk ke dalam Kebun Binatang Ragunan ini juga sangat terjangkau, dan karena itu tempat ini memang cocok untuk dijadikan tempat pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Apalagi khusus untuk anak-anak mereka pasti akan bersemangat karena bisa berinteraksi langsung dengan para satwa yang ada di kebun binatang ini. Bagi orang dewasa, selain melihat satwa Indonesia sebenarnya tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas kepenatan karena terasa lebih dekat ke alam.

6. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

kabarwisata.com

Monas (Monumen Nasional) yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno di tahun 1961 dan setelah tertunda penyelesaiannya akhirnya pada era Presiden Soeharto Monas selesai dibangun pada tahun 1975.
Monas memiliki bentuk yang unik tinggi menjulang keatas dimana terdapat bentuk obor api yang terbuat dari emas asli diatasnya tujuannya melambangkan kobaran api semangat rakyat Indonesia yang tidak pernah padam saat waktu menghadapi para penjajah.

Monas sebenarnya bukan hanya sekedar tempat rekreasi saja, ada banyak hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan ketika berada di Monas ini.
Selain tempat rekreasi pada area Monas pada kedalaman 4 meter di bawah Monas, terdapat museum sejarah Indonesia yang terletak di bawah tanah. Kita hanya dapat masuk ke museum ini hanya  melalui 1 terowongan di bawah tanah yang berada di bawah lingkar Monas yang menghadap ke patung pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kudanya.

7. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

nianastiti.com

Berada di area Jakarta Utara, Pantai Indah Kapuk (PIK) yang terkenal sebagai area perumahan mewah ternyata menyediakan tempat wisata alam yang diberi nama Hutan Mangrove atau Hutan Bakau yang berada di area kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan sepenuhnya dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebagai tempat area ekowisata, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk menyajikan lahan konservasi yang tergolong lengkap dengan sarana rekreasi.

Di area ini, Anda dan keluarga bisa berkeliling hutan bakau sambil mengambil foto dengan latar belakang pepohonan yang rindang serta lahan bakau yang indah. Jika Anda ingin menikmati pengalaman yang lebih seru, maka Anda disarankan untuk naik perahu dayung yang tersedia di danau untuk mengitari area sekitar hutan.

Apabila Anda dan keluarga ingin menginap di area Hutan Bakau ini, maka tersedia rumah kayu yang di design berada di atas air yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk bermalam.

8. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi Setu Babakan

bersamauntuksemua.blogspot.co.id

Tempat liburan di Jakarta yang berikut ini adalah sebuah tempat wisata yang kental akan wisata kebudayaannya, yakni kebudayaan Betawi yang memang merupakan suku asli di Kota Jakarta. Nama tempat wisata ini adalah Setu Babakan.
Setu Babakan terletak di daerah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, di tempat ini Anda bisa mengenal lebih dekat tentang kebudayaan betawi seperti rumah adatnya, tarian dan keseniannya, hingga makanan khasnya betawi.
Di Setu Babakan ini untuk menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau yang ada di lokasi ini. Jika Anda suka kuliner, maka di lokasi ini Anda bisa mencicipi kerak telor yang adalah makanan asli betawi.

9. Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua

Pikniek.com

Kota Tua adalah suatu area Tempat Wisata yang terkenal akan suasananya yang masih asli dari bangunan Jakarta tempo dulu saat masa penjajahan Belanda. Kota Tua terletak di didaerah Pinangsia Taman Sari Jakarta Barat. Tempat wisata ini setiap harinya selalu didatangi oleh wisatawan dari Jakarta sendiri atau ada juga yang dari Mancanegara.  Selain tempat yang cocok untuk berfoto-foto dengan background suasana tempo dulu ditempat ini juga ada museum Fatahillah dan tempat berkumpulnya komunitas sepeda ontel.

10. Taman Suropati

Taman Suropati

porosjakarta.com

Di Jakarta yang namanya taman kota saat ini juga bisa dianggap sebagai alternatif tempat wisata alam, terlebih lagi jikalau taman kota tersebut sudah di tanami dengan beragam tumbuhan yang telah di tata dengan sedemikian rupa, misalnya salah satunya adalah Taman Suropati yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.Taman Suropati ini merupakan salah satu Taman Kota yang sudah berusia lama dan termasuk paru-paru kota Jakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, taman ini juga dianggap oleh kalangan anak muda yang kekinian sebagai salah satu Taman Kota yang romantis di Jakarta, jadi jangan heran jika di Taman Suropati ini kadang menjadi ramai didatangi oleh anak muda yang berpacaran.

11. RPTRA Kalijodo

RPTRA Kalijodo

megapolitan.kompas.com

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Kalijodo di bangun oleh Pemrov DKI di masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Berbeda dengan RPTRA lainnya dimana RPTRA Kalijodo yang dulunya terkenal sebagai tempat prostitusi sekarang menjadi lahan RPTRA yang paling luas di Jakarta dan dilengkapi oleh fasilitas umum dan fasilitas olahraga yang paling lengkap dan nyaman.

Ada tempat bermain skateboard, sepeda bahkan ada becak mini dan juga wahana bermain anak-anak dengan tarif yang murah meriah. Jadi bagi warga Jakarta yang belum pernah ke Kalijodo sudah saatnya berkunjung kesana sebagai salah satu tempat liburan di Jakarta.



Leave a Reply

One Response
  1. Andi Fitriani says:

    Thanks infonya mas..