Jelajahi 10 Tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah


prita  June 11, 2021  0 Comment

Purworejo merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang mungkin tidak sepopuler kota wisata lainnya, namun kota ini ternyata menyimpan banyak sekali potensi wisata yang bisa dijelajahi. Kota Purworejo berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta dan sangat mudah dijangkau dengan transportasi darat. Nah, bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Purworejo,

Berikut ini adalah rekomendasi tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah

1. Curug Lumbung

Curug Lumbung
dakatour.com

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang wajib untuk kalian kunjungi adalah Curug Lumbung. Wisata yang terbilang masih baru ini cukup menyedot perhatian banyak wisatawan karena keindahannya.

Curug ini memiliki dinding sungai yang terdapat ornament khasnya. Kamu pun bisa bermain air di sungainya dan berfoto dengan latar sisi kanan kiri sungai yang indah. Dinding setinggi 7 meter ini akan berubah warna cokelat saat memasuki musim penghujan, namun kamu harus berhati-hati karena banyak bebatuan licin.

review wisata dan kuliner

Sumber Air Purworejo Mata Air Ketenangan

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

2. Curug Muncar

Curug Muncar
coretandjawani.blogspot.com

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah selanjutnya adalah Curug Muncar. Wisata air terjun ini sangat populer dan kerap menjadi destinasi utama wisatawan saat berkunjung ke Purworejo.

Air terjun setinggi 900 meter diatas permukaan laut ini memang memiliki medan yang berat untuk menuju kesana, namun selama perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Disini kamu akan dimanjakan dengan keindahanair terjun dan bermain air dibawahnya. Air terjun ini terkenal memiliki air yang sejuk dan menyegarkan. Pastinya bisa membantumu untuk sejenak menenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

3. Curug Gunung Cenderung

Curug Gunung Cenderung
spadepicnic.wordpress.com

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah berikutnya juga masih berupa air terjun. Curug ini juga dikenal dengan nama Curug Kyaiu Kate, yang diambil dari nama sesepuh yang menanti di lokasi.

Tak kalah dengan curug lainnya yang ada di Purworejo, curug ini juga memiliki pemandangan yang indah. Curug Gunung Cenderung dikelilingi oleh tebing yang penuh rimba pinus dan tumbuhan rimbu lainnya. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras dengan aliran sungai dibawahnya.

Disini juga ada rute trekking yang cukup jauh dan cocok bagi kamu yang suka tantangan dan kegiatan yang memacu adrenalin. Tak hanya itu, air terjun ini juga sering dijadikan sebagai spot memancing oleh warga sekitar.

4. Hutan Alam

Hutan Alam
smol.id

Hutan Alam juga masuk dalam daftar tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang layak untuk dikunjungi. Hutan Alam ini dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat sehingga terlihat lebih baik dan nyaman.

Hutan Alam biasanya digunakan sebagai tempat berkemah dan kegiatan outbound. Hal ini karena kawasan ini terdapat hutan pinus yang cantik dan sangat bersahabat untuk segala usia. Selain digunakan sebagai kegiatan berkemah dan outbound, tempat ini juga menjadi tempat hunting foto yang menarik. Tak jarang Hutan Alam ini dijadikan spot berfoto karena sangat instagramable.

5. Wisata Rimba Pinus

Wisata Rimba Pinus
hutanpinuspucungrotocangkring.business.site

Purworejo memang dianugerahi dengan banyak hutan dengan pohon pinus yang rimbun namun juga cantik. Selain Hutan Alam, kamu juga bisa berkunjung ke Wisata Rimba Pinus untuk bisa menikmati indahnya hutan pinus.

Sama halnya dengan Hutan Alam, Wisata Rimba Pinus ini juga telah dikelola oleh pemerintah setempat. Terbukti kawasan ini menjadi lebih terjaga, lebih indah dan banyak menarik wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah.

Wisata Rimba Pinus ini memiliki hawa yang sejuk dan dingin ditambah dengan pemandangan deretan hutan pinus yang indah. Wisata ini juga sering dijadikan sebagai spot foto prewedding. Tak hanya itu, berbagai kegiatan outbound dan perkemahan juga bisa dilakukan disini. Kamu juga bisa menemukan kebun bintang mini disini, lho.

6. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang
trivindo.com

Purworejo tak hanya dianugerahi dengan wisata hutan dan air terjun saja, lho. Kota ini ternyata juga memiliki wisata pantai yang layak untuk kamu kunjungi. Salah satu pantai yang wajib kamu datangi saat berlibur kesana adalah Pantai Ketawang.

Pantai ini memiliki suasana asri dan kondisi alamnya masih alami. Meskipun pantai ini masih jarang dikunjungi, namun keindahannya sungguh tidak mengecewakan. Kamu disini bisa bermain omba pantai yang tidak terlalu besar atau hanya sekedar berfoto-foto di tepian pantainya. Kawasan pantai ini juga sering dijadikan sebagai arena balap kuda yang diselenggarakan oleh warga setempat. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

7. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang
kaskus.co.id

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah selanjutnya juga masih berupa wisata pantai. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Jatimalang karena lokasinya yang berada di Desa Jatimalang.

Pantai ini menawarkan keindahan pantai dengan air laut biru dan pasir yang lembut. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, namun masih cukup aman untuk bermain di sekitarnya. Menariknya lagi, wisata pantai ini menawarkan panorama yang indah saat sore hari dimana matahari akan terbenam. Pantai ini berada sekitar 18 kilometer dari pusat kota dan memiliki akses yang mudah untuk semua kendaraan.

8. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji
inibaru.id

Tak hanya ada wisata alam, Purworejo juga memiliki wisata sejarah yang cukup menarik untuk kamu kunjungi. Kamu bisa berkunjung ke Museum Tosan Aji untuk mengetahui sejarah tentang Purworejo.

Disini kamu bisa menemukan berbagai macam senjata atau pusaka yang terbuat dari logam besi yang dulunya mendapat tempat terhormat atau dihargai dimata orang-orang zaman dahulu. Berbagai pusata bisa kamu temukan di museum ini, seperti tombak, pedang, keris hingga menur. Museum ini menjadi tempat favorit banyak siswa untuk melakukan wisata sejarah dan edukasi di Purworejo.

9. Masjid Agung Purworejo

Masjid dekat sini
suratkabar.id

Selain wisata alam dan wisata sejarah, kamu juga menemukan wisata religi di kabupaten Purworejo ini. Masjid Agung Purworejo ini menjadi tempat ibadah umat muslim sekaligus tempat wisata religi.

Menariknya, masjid ini memiliki bedug paling besar di dunia yang terbuat dari kayu jati yang diberi lubang di tenganya. Bedug yang berusia sama dengan masjid tersebut dikenal dengan naa Beduk Pandawa. Beduk ini berdiameter 194 centimeter atau hampir 2 meter, sementara pada bagian depannya berukuran sedang dan pada bagian belakangnya berukuran 180 centimeter.

10. Puncak Geger Menjangan

Tempat Wisata terdekat
amazingpurworejo.blogspot.com

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang terakhir adalah Puncak Geger Menjangan. Kawasan ini memang terkenal memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh keluarga, seperti kolam renang, kolam pemancingan dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kamu penyuka tantangan, kamu bisa coba menyusuri jalan setapak sejauh 1,8 kilometer yang cukup menantang untuk mendaki bukit setinggi 175 meter diatas permukaan laut. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan hijau yang menyegarkan mata.



Leave a Reply